Kumpulan Ucapan Hari Lahir Pancasila 1 Juni Terbaik 2020

Pancasila bagi rakyat Indonesia bukan hanya sekedar lambang, yaitu merupakan ideologi dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Pancasila sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari 2 suku kata, yakni panca (lima) sila (prinsip atau asas). Artinya Pancasila adalah pedoman dan prinsip bangsa Indonesia dalam menjaga kedaulatan serta keutuhan bangsa dan negaranya.

Kata-Kata Bijak Hari Lahir Pancasila

Begitu sakralnya Pancasila sehingga wajar jika kita sebagai warga negara Indonesia wajib memahami bahkan kalau bisa mengamalkannya. Hari lahir Pancasila ditandai dengan pendeklarasian pada 1 Juni 1945, baru ditetapkan menjadi hari libur nasional di Indonesia pada tahun 2017 oleh presiden Joko Widodo.

Sebagai warga negara yang memiliki jiwa nasionalisme, sudah seharusnya kita ikut merayakan hari lahir pancasila. Tidak lupa kita tularkan semangat berbangsa dan bernegara kepada orang-orang sekitar kita. Salah satunya bisa dilakukan dengan cara mengirim ucapan-ucapan kepada keluarga, saudara, kerabat, sahabat, kawan maupun lainnya. Berikut alfabetis.com berikan beberapa kalimat ucapan atau kata-kata bijak hari lahir Pancasila yang bisa menambah semangat juang.

Kata-Kata Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 Terbaik

Pancasila itu keberagaman, keberagaman yang dihormati oleh dunia. Saya Indonesia. Saya Pancasila.
Selamat hari lahir Pancasila. Mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk Indonesia yang lebih baik dimasa mendatang.
Aku selalu bangga berada disini. Sebuah negara yang berhasil melahirkan bangsa dengan keanekaragaman yang mungkin tidak akan ditemukan dinegara lain. Selamat hari lahir Pancasila teman-temanku sekalian. Mari jadikan perbedaan antara kita menjadi semangat gotong royong.
Selamat hari lahir Pancasila. Ada baiknya kita muhasabah atau refleksi apakah Pancasila sudah menjadi nilai dalam hidup keseharian kita? Atau baru jargon belaka atau sekedar jadi alat politik kita?
Sekarang banyak prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan dan ketuhanan, lima bilangnya. Namun bukan panca dharma, tetapi saya namakan ini dengan dengan petunjuk seseorang teman ahli bahasa, namanya ialah Pancasila. Sila artinya azas atau dasar dan di atas kelima dasar itulah kita mandirikan nega Indonesia, kekal dan abadi. ~ Ir. Soekarno.
Pancasila itu sakti. Dilawan dgn makar dan pemberontakan selalu menang. Diadu dgn argumen selalu menang. Diperdebatkan dalam lembaga konstitusional (pemilu dan sidang MPR) selalu unggul. Hai warga bangsa, hai geerasi muda, Pancasila adalah kesepakatan luhur berbangsa dan bernegara. Selamat hari lahir Pancasila.
Selamat hari Pancasila. Teruskan cita-cita luhur pendiri bangsa, jangan sampai Pancasila hanya menjadi legenda semata.
Selamat hari lahir Pancasila. Satukan hati, pikiran, ucapan dan tindakanmu ke dalam satu tarikan nafas perjuangan mewujudkan Pancasila.
Semangat Pancasila adalah semangat persatuan dan kesatuan yg diaplikasikan dalam kehidupan ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, mewujudkan Kemanusiaan yg adil dan beradab di seluruh sektor kehidupan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Selamat Hari Lahir Pancasila 2018! -doesadja2.
Pancasila lahir sebagai Pijakan bangsa, Pancasila ada sebagai perekat bangsa, Pancasila mengalir dalam tiap darah masyarakat Indonesia, Saya Indonesia Saya Pancasila. Selamat hari Lahir Pancasila.

Baca Juga: Kata-Kata Selamat Hari Kemerdekaan 17 Agustus yang Nasionalis

Beda Agama, beda Bahasa, beda Warna Kulit, Tapi satu dalam Jiwa Indonesia dan Semangat Pancasila.
Pancasila bukan agama, tidak betentangan dengan agama dan tidak digunakan untuk menggantikan kedudukan agama. –Gusdur
Pancasila sebagai ideologi negara adalah sebuah simbol dari keberagaman suatu bangsa. Dimana bangsa ini layak untuk selalu dihormati oleh dunia. Darinya lahirlah kami, ya kami Indonesia. Dan kami pula Pancasila. Selamat Hari Pancasila yang ke 1 Juni 2020!
Hal yang paling terpenting dalam suatu Negara adalah bukan siapa pemimpinnya melainkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia.
Aku selalu bangga berada di sini, ya sebuah negara yang telah berhasil melahirkan bangsa dengan keanekaragaman yang mungkin tidak akan ditemukan pada negara lain.
Hari Pancasila merupakan hari lahirnya Pancasila sebagai satu-satu nya Ideologi dan Dasar Negara yang hanya dimiliki oleh Indonesia di dunia ini. Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020!
Pancasila itu tidak pernah memihak kepada agama tertentu tetapi juga tidak bertentangan dengan salah satunya.
Sejatinya memang bukan hanya sekadar menghafalkan kelima sila yang ada dalam Pancasila. Negara tercinta ini tidak hanya membutuhkan itu saja. Tugas kita kali ini adalah harus dapat menerapkan semua nilai yang terkandung pada setiap sila yang ada sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa.
Mari cintai Pancasila dengan menerapkan perilaku yang menjunjung tinggi kebersamaan, musyawarah, persamaan derajat, dan saling tolong menolong (gotong royong). Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020!
Jangan coba coba melupakan sejarah. Dengan memperingati hari lahirnya pancasila, kita perkokoh Persatuan dan Kesatuan menuju bangsa Indonesia yang berkarakter.

Baca Juga: Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Kartini yang Nasionalis

Dalam berbagai bidang kita memang boleh saja untuk memiliki pendapat yang berbeda satu sama lain. Namun satu hal yang perlu dinomorsatukan dalam hal ini adalah kepentingan dari bangsa ini. kita harus bisa mementingkan kepentingan bangsa daripada kepentingan pribadi dalam berpendapat. Mari berjuang bersama jaga kesatuan dan persatuan di atas keanekaragaman yang ada pada negara ini! Semangat!
Tetaplah bersemangat Pancasila! Nasionalisme Indonesia adalah nasionalisme yang membuat kita menjadi perkakasnya yang mahakuasa dan menjadikan hidup lebih baik dan sejahtera. Selamat hari lahir Pancasila.
Kebaikan masa depan bangsa adalah ketika jiwa-jiwa penghianatan terhadap Pancasila terkikis habis.
Seringkali aku bertanya, bagaimana jadinya negara Indonesia tercinta ini tanpa kehadiran dari Pancasila. Ya mungkin saja, tanpa dasar negara kita tak akan pernah merasakan kenyamanan seperti saat ini. Bukan sekadar untuk kita hafalkan begitu saja lima sila yang terkandung di dalamnya. Selamat hari lahir Pancasila.
Mari kita kembali menanamkan dalam hati dan jiwa kita bahwa Indonesia sebagai bangsa yang ber-ideologi Pancasila. Selamat memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020!
Jiwa ketuhanan yang maha esa adalah pilah utama negara ini berdiri kokoh dan maju. Sisi kemanusiaan bukanlah milik siapa-siapa melainkan nilai tertinggi mensikapi sebuah peradaban manusia.
Aku hanya berharap dari Hari Pancasila ini tidak akan ada lagi tindakan korupsi yang merajalela. Dan semua tingkah laku pribuminya selalu dalam nilai-nila Pancasila.
Dari sudut nyata, kita tidak mampu membangunkan kultur kepribadian kita dengan sebaik-baiknya jikalau tidak ada rasa kebangsaan yang sehat. Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020!
Pancasila adalah cara pandang dalam mencapai kesejahteraan bangsa.
Selamat Hari Pancasila. Sebuah hari dimana ideologi mampu menyatukan keanekaragaman bangsa menjadi satu dan saling bersatu dalam satu kesatuan. Ya kesatuan Indonesia.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Terima Kasih Untuk Hari Guru

Selamat Hari Pancasila. Sebuah hari dimana ideologi mampu menyatukan keanekaragaman bangsa menjadi satu dan saling bersatu dalam satu kesatuan. Ya kesatuan Indonesia.
Pancasila tidak hanya dijadikan untuk hafalan semata tetapi amalkanlah nilai-nilai luhur yang ada di Pancasila. Selamat memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020!
Keadilan bukanlah teori yang harus di hapal tetapi keadilan sosial adalah cita-cita luhur bangsa.
Kawan, selalu ingatlah hari ini adalah kelahiran dari dasar negara Indonesia, sebagai salah satu landasan cita-cita dari para pejuang bangsa di masa lampau. Lalu kita sebagai penerus maka selalu wajib untuk selalu meneruskan cita-cita dari bangsa ini. Menjadi sebuah bangsa yang terbaik di mata internasional sehingga Pancasila tidak akan pernah menjadi legenda saja untuk anak cucu kita nanti. Selamat Hari Pancasila!
Sila artinya azas atau dasar dan di atas kelima dasar itulah kita mandirikan nega Indonesia, kekal dan abadi. – Ir. Soekarno
Bangsa yang besar adalah bangsa yang siap berbenah dan terus memperbaiki, siap maju dan melaju bukan mengambil jalan kemunduran, Merdeka !!!
Pancasila memang selalu berhasil menjadi semangat bagi Indonesia untuk selalu bersatu dalam kesatuan. Bahkan untuk hidup beragama saja Pancasila selalu mengajarkan untuk selalu bertoleransi satu dengan yang lain.
Mari kita kembali tanamkan di dalam hati juga jiwa kita bahwa Indonesia.
Mari kita kembali tanamkan di dalam hati juga jiwa kita bahwa Indonesia sebagai bangsa yang berideologi Pancasila. Saya ucapkan Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila 2020!

Itulah diantaranya kumpulan kutipan-kutipan hari Pancasila yang bisa dibagikan demi menyulut semangat rekan-rekan semua. Semoga bisa menadi referensi dan bisa digunakan untuk mengucapkan selamat hari lahir Pancasila kepada kerabat, ataupun dibuat caption di media sosial.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email