Olahraga yang Aman dan Nyaman Saat Puasa

Apakah bisa olahraga saat sedang berpuasa? Jawabannya tentu saja bisa. Ya, berolahraga saat puasa boleh dilakukan bahkan sangat dianjurkan untuk tetap menjaga kebugaran tubuh saat berpuasa. Apalagi disaat pandemi seperti sekarang ini, tubuh dituntut untuk tetap fit serta imunitas stabil demi terhindar dari segala jenis penyakit termasuk virus covid-19.

Waktu Ideal Olahraga Saat Puasa
Gambar: pexels.com

Meskipun tidak makan dan minum seharian seharusnya tidak dijadikan alasan untuk tetap produktif, termasuk olahraga. Hanya saja kita harus memperhatikan tips aman untuk olahraga saat puasa. Diantaranya adalah pemilihan jenis olahraga yang akan dilakukan serta pemilihan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Karena apa? Karena kondisi tubuh saat berpuasa berbeda dengan kondisi di hari-hari biasa, sehingga harus disesuaikan.

Lalu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan olahraga yang tepat saat berpuasa di bulan suci Ramadhan ini? Berikut alfabetis.com berikan informasinya untuk anda.

5 Jenis Olahraga yang Aman Untuk Orang Berpuasa

Jenis olahraga penting menjadi perhatian agar tubuh kita tidak kewalahan, apalagi sedang berpuasa. Biasakan untuk mengenali tubuh kita sendiri, seberapa kuat untuk melakukan olahraga.

Jenis olahraga yang direkomendasikan saat berpuasa adalah latihan ringan sampai sedang. Yang tidak membutuhkan kekuatan dan kardio yang tinggi. Berikut contoh-contoh olahraga yang bisa dilakukan saat berpuasa.

  1. Jalan Santai
  2. Pentingnya Olahraga Untuk Tubuh Tetap Sehat Saat Puasa
    Gambar: pexels.com

    Memang sebaiknya menghindari olahraga yang bisa membuat kita berkeringat. Jalan santai bisa menjadi pilihan. Jalan santai baik untuk kesehatan jantung dan membiarkan otot tetap bergerak tanpa harus mengeluarkan keringat berlebihan. Cocoknya jalan santai dilakukan sore hari agar lebih teduh dan dekat dengan waktu buka puasa.

    Baca Juga: 25+ Cara Jitu untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

  3. Jogging
  4. Manfaat Olahraga Untuk Orang yang Berpuasa
    Gambar: pexels.com

    Sama halnya dengan jalan santai, jogging juga merupakan tipe olahraga yang ringan sampai sedang. Jogging sendiri adalah jalan dengan ritme yang lebih cepat. Jogging bisa dilakukan dimana saja, misalnya disekitar komplek, lapangan atau menggunakan treadmill.

  5. Yoga
  6. Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Puasa
    Gambar: pexels.com

    Olahraga ringan yang sangat cocok ketika berpuasa selanjutnya adalah yoga. Olahraga ini tidak membutuhkan alat apapun dan bisa dilakukan di mana saja bahkan di kamar tidur sekalipun. Cocok banget kan disaat kondisi pandemi yang mengharuskan kita di rumah aja seperti sekarang. Manfaat dari olahraga ini sangat baik untuk kesehatan jiwa raga. Bisa membuat tubuh segar, bugar dan rileks tanpa perlu mengeluarkan tenaga yang besar.

    Baca Juga: Cara Sederhana Meningkatkan Kekebalan Tubuh Agar Tidak Mudah Sakit

  7. Bersepeda Sore Hari
  8. Tips Tetap Berolahraga Saat Puasa
    Gambar: pexels.com

    Olahraga ringan dan juga menyenangkan yang bisa dilakukan saat puasa adalah bersepeda. Olahraga ini menjadi salah satu olahraga yang digemari dan pas dilakukan saat orang berpuasa. Manfaat dari olahraga ini selain mengencangkan otot-otot, menyehatkan jantung juga bisa mengontrol pikiran agar lebih tenang dengan melihat-lihat sekitar saat bersepeda.

  9. Latihan Angkat Beban
  10. Durasi yang Tepat Berolahraga Saat Puasa
    Gambar: pexels.com

    Mungkin bagi yang awam akan mengira olahraga ini olahraga yang berat dan menguras energi. Padahal tidak selalu lho. Kita bisa memilih beban yang tidak terlalu berat dan sesuai kekuatan otot kita. Lakukan gerakan secara perlahan dan santai. Olahraga ini enak dilakukan saat berpuasa karena mudah dan praktis, cukup berdiam di tempat dan tidak perlu banyak bergerak kesana-kesini.

Baca Juga: 20+ Nutrisi Penting Untuk Menjaga Tubuh dari Paparan Virus Covid-19

Itulah contoh dan jenis olahraga yang bisa kalian coba ketika sedang berpuasa. Jika kamu bukan orang yang biasa berolahraga, sebaiknya mulai dengan melakukan olahraga ringan seperti mengerjakan pekerjaan rumah atau pemanasan di rumah. Selanjutnya bisa dengan olahraga ringan sampai sedang seperti ulasan di atas. Namun bagi yang bersikeras ingin melakukan olahraga dengan intensitas yang lebih berat, sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa ya.

Waktu dan Durasi Olahraga yang Aman Saat Berpuasa

Waktu juga tidak kalah penting untuk menjadi pertimbangan ketika akan berolahraga di bulan ramadan. Lalu kapan waktu terbaik untuk berolahraga saat puasa? dan kapan waktu yang dilarang untuk berolahraga saat puasa?

Para ahli kesehatan banyak memberikan rekomendsi waktu untuk olahraga saat puasa. Ada yang berpendapat bahwa waktu terbaik untuk olahraga adalah setelah sahur, sebelum berbuka, dan ada juga yang merekomendasikan setelah berbuka. Semuanya sah-sah saja, tinggal dikembalikan kepada kondisi tubuh masing-masing. Karena setiap waktu diatas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca Juga: 10+ Jenis Olahraga Ringan di Kantor Bagi Kamu yang Super Sibuk

Misalnya untuk melakukan olahraga sebelum berbuka puasa, lakukan antara 30-60 menit sebelum adzan magrib. Alasannya tentu saja karena tidak lama lagi tubuh sudah bisa diberi asupan makanan dan minuman untuk mengganti energi yang dihabiskan saat olahraga. Tapi yang harus dipertimbangan saat priode waktu ini, tubuh kita biasanya sedang lelah karena kadar gula sedang rendah-rendahnya.

Begitupun untuk yang lebih memilih berolahraga selepas sahur dan berbuka, ketika tubuh sudah mendapatkan asupan energi dari makanan. Sebaiknya melakukan olahraga minimal 2 jam setelah buka atau sahur ya. Karena jika langsung beraktifitas berat setelah makan dan minum bisa menimbulkan gangguan kesehatan dan membuat perut tidak nyaman.

Sedangkan waktu yang buruk dan tidak dianjurkan untuk melalukan olahraga saat puasa adalah tengah hari. Karena biasanya saat itu tubuh sedang lelah dan olahraga akan memicu tubuh menjadi lebih lelah dan dehidrasi.

Durasi waktu untuk olahraga saat puasa direkomendasikan 30 menit dulu ketika awal-awal puasa. Selanjutnya saat tubuh sudah terlatih, bisa ditambah jadi 60 menit atau 1 jam perhari.

Selain berolahraga, banyak faktor pendukung lain untuk menjadikan tubuh kita tetap bugar selama berpuasa. Antara lain dari asupan gizi dan makanan, minuman serta istirahat yang cukup. Apalagi ketika bulan suci ramadan biasanya tidur kita sangat terbatas, sehingga harus menjadi pertimbangan juga ketika akan melakukan olahraga.

Demikianlah informasi tentang olahraga untuk yang sedang berpuasa. Semoga bisa menambah informasi bagi kalian terutama yang hobi berolahraga untuk tidak risau dan bingung bagaimana cara berolahraga yang baik dan aman saat puasa.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email