Kata-Kata Mohon Maaf Lahir Batin Terbaik Lengkap

Di moment-moment seperti Ramadhan dan Hari Raya, ucapan mohon maaf lahir batin menjadi yang paling sering digunakan. Baik itu secara lisan, maupun secara tulisan. Memang, pada saat-saat tersebut adalah saat paling pas untuk meminta maaf dan saling memaafkan.

Kutipan Kalimat Mohon Maaf Lahir Batin Untuk Caption
Kutipan Kalimat Mohon Maaf Lahir Batin Untuk Caption

Ucapan mohon maaf lahir batin biasanya diberikan kepada orang tua, saudara, tetangga, teman maupun sahabat serta para relasi. Meski tidak diberikan secara langsung atau lisan, bisa juga diberikan melalui pesan singkat, chat ataupun media sosial. Berikut alfabetis.com berikan kumpulan kalimat-kalimat bijak untuk meminta maaf pada moment hari raya, ramadhan dan nisfu sya'ban.

Ucapan Maaf Lahir Batin Untuk Hari Raya

Berikut kumpulan kalimat-kalimat mohon maaf lahir batin untuk perayaan hari raya. Bisa dipakai saat hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha.

  1. Idul Fitri menjadi momentum bagi kita untuk memulai menjadi pribadi yang lebih baik. Taqobbalallahu minna waminkum. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri.
  2. Jiwa-jiwa kembali putih seakan terlahir kembali. Jutaan syukur menggema di langit Illahi. Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan yang hakiki. Selamat Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.
  3. Berbuat khilaf adalah sifat. Meminta maaf adalah kewajiban. Dan kembalinya fitrah adalah tujuan. Mohon maaf lahir dan batin.
  4. Kepada bapak dan ibu, selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin. Dengan penuh kesungguhan semoga bapak dan ibu memaafkan. Semoga disana selalu diberikan kesehatan dan keselamatan, dan naungan perlindungan dari Allah Swt.
  5. Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Maafkan aku yang telah melukaimu. Karena hanya maafmu yang dapat menghapus laraku. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.
  6. Di beningnya hati ada keruhnya prasangka, disantunnya sapa ada celanya kata. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri.
  7. Mengetahui isi hati seseorang adalah hal yang tidak mungkin. Tetapi isi hati akan tergambar melalui sikap dan perkataan. Selamat hari raya idul fitrih, mohon maaf lahir dan batin.
  8. Usai nya bulan ramadhan semoga menjadi awal baru yang lebih indah untuk kita semua. Dengan keimanan yang sekian kali lebih kuat. Dan hubungan kita yang semakin lekat. Minal aidin wal faizin, kepada bapak dan ibu, mohon maaf lahir dan batin.
  9. Orang yang paling mulia adalah orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain. Bersihkan diri, sucikan hati di hari yang Fitri ini. Mohon maaf lahir dan batin.
  10. Dengan hati yang tulus dan ikhlas, mari hapus dosa yang lalu dengan cara saling memaafkan, dan mulailah lembar baru untuk setahun ke depan. Selamat Hari Raya. Minal Aidzin Wal Fa’idzin, mohon maaf lahir dan batin.
  11. Untuk lisan yang tak terjaga, janji yang tidak terpenuhi, hati yang kerap berperasangka, dengan penuh keikhlasan mohon maaf lahir batin.
  12. Minal aidin fal faizin mohon maaf lahir dan batin, untuk seumur hidup saya yang belum bisa menjadi anak yang membanggakan. Semoga Allah swt selalu melimpahkan rahmat dan berlindungannya kepada bapak dan ibu sekalian.
  13. Ketika tangan tak mampu menjabat, kaki tak dapat melangkah. hanya hati yang mampu berbisik, mohon maaf atas segala kesalahan. Taqabalallahu minna wa minkum, selamat Hari Raya Idul Fitri.
  14. Tidak ada pemberian yang indah dan perilaku mulia selain meminta maaf dan memaafkan di hari nan suci ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal Aidzin Wal Fa’idzin. Mohon maaf lahir dan batin.
  15. Setelah sebulan penuh kita berpuasa, sekarang telah datang hari kemenangan. Apabila ada kesalahan dan hal yang tidak berkenan di hati mohon kiranya dimaafkan. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.
  16. Meski mengetuk pintu dan berjabat tangan seakan tidak mungkin untuk dilakukan. Namun kata maaf akan bisa terucap menembus jarak yang begitu jauh memisahkan. Mohon maaf lahir dan batin, serta selamat menyambut kemenangan. Menjadi hamba yang beruntung dan mendapatkan ganjaran yang di janjikan.
  17. Untuk lisan yang tak terjaga, janji yang tak terpenuhi, hati yang kerap berprasangka. Dengan penuh keikhlasan mohon maaf lahir dan batin.
  18. Perkayalah saudaraku dengan keilmuan. Hiasi pula hatinya denga kesabaran. Muliakan wajahnya dengan ketaqwaan. Perindah fisiknya berupa kesehatan. Terimalah amal ibadahnya dengan berlipat ganda. Karena hanya Engkau Dzat penguasa sekalian alam. Minal Aidzin Al Fa’idzin, mohon maaf lahir dan batin.
  19. Baju baru, sudah ada. Celana baru, sudah ada. Kopiah baru, sudah ada. Sepatu baru, juga sudah ada. Namun yang belum ada adalah maaf darimu atas segala kesalahanku. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.

Baca Juga:

Ucapan Maaf Lahir Batin Untuk Menyambut Puasa

Berikut kumpulan kalimat-kalimat mohon maaf lahir batin untuk diberikan kepada orang lain saat menyambut bulan suci Ramadhan. Dimana biasanya kita saling bermaafan untuk menyongsong bulan yang agung.

  1. Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, dan tingkah menoreh luka, sudinya melapangkan hati untuk menerima ucapan menyambut Ramadhan kami. Mohon maaf lahir batin.
  2. Jika berbuat dosa, mintalah ampunan kepada Allah. Jika berbuat salah, minta maaflah kepada orangnya. Mohon maaf lahir dan batin.
  3. Ramadhan, salah satu bulan yang paling dinanti. Berlomba berbuat kebaikan dan mengakui kesalahan. Mohon maaf lahir batin dan selamat menunaikan ibadah puasa.
  4. Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.
  5. Sebelum cahaya padam, sebelum hidup berakhir, sebelum pintu taubat tertutup, sebelum Ramadhan yang suci datang, saya mohon maaf lahir dan batin bila ada salah yang disengaja maupun tidak disengaja.
  6. Salah adalah sifat dasar manusia. Tak ada manusia yang tidak pernah berbuat salah. Jelang Ramadhan, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah diperbuat.
  7. Baju yang indah tak ada bolong maupun noda. Semoga di Ramadhan tahun ini ibadah kita indah, tak ada yang bolong, tidak pula ternoda. Mohon Maaf lahir batin. Selamat berpuasa.
  8. Tak terasa waktu berlalu, bulan Ramadhan yang suci siap datang. Sebagai mahluk-Nya, kami mohon maaf lahir dan batin. Semoga Ramadhan ini penuh berkah dan maghfirah.
  9. Ramadhan, satu bulan penuh ampunan. Allah yang Maha Pengampun saja mau memaafkan hamba-Nya yang penuh dosa. Maukah kalian juga memaafkan? Mohon maaf lahir batin.
  10. Kalimat yang terucap bisa menggores luka lebih dalam, daripada sebuah pukulan. Menjelang Ramadhan, tiada dengki yang boleh merasuki. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  11. Tiada kebahagiaan tanpa syukur. Tiada rasa syukur tanpa sabar. Tiada sabar tanpa maaf. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  12. Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Di bulan yang suci ini saya memohon maaf lahir dan batin. Mari kita bersama-sama menuju kemenangan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  13. Ramadhan bulan yang suci. Tak pantas jika di bulan Ramadhan nanti, hati ini masih dinodai dengan kesalahan. Mohon maaf lahir dan batin.
  14. Lidah memang tak bertulang. Tiada kita berasa patah ketika berucap. Hati orang lain yang mungkin patah karena lidah yang berucap. Mohon maaf lahir batin atas segala perkataan yang menyakitkan.
  15. Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  16. Bulan suci Ramadhan telah tiba. Waktu ketika orang-orang mengharap ridha Sang Pencipta. Masa-masa indah ketika menerima maaf dengan lapang dada. Mohon maaf lahir batin.
  17. Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, mohon maafkan lahir dan juga batin.
  18. Jika semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadhanlah pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  19. Kalimat yang terucap, bisa menggores luka lebih dalam daripada sebuah pukulan. Menjelang Ramadhan, tiada dengki yang boleh merasuki. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  20. Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadhan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  21. Tiada amal tanpa keikhlasan tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir bathin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang Ramadhan.
  22. Luka sayatan pisau bekasnya lebih mudah hilang. Tapi, ucapan dan perilaku yang menyayat hati mungkin masih berbekas. Mohon maaf atas ucapan dan perilaku yang melukai hati.
  23. Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  24. Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadhan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka dan sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  25. Mengingat kata yang salah, hati yang berprasangka, janji yang terlupakan, sikap dan sifat yang menyakitkan, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  26. Ya Allah, perkayalah saudaraku ini dengan keilmuan. Hiasi hatinya dengan kesabaran. Muliakan wajahnya dengan ketakwaan. Perindahlah fisiknya dengan kesehatan. Serta terimalah amal ibadahnya dengan kelipatgandaan, karena hanya Engkau zat penguasa seluruh alam. Amin ya rabbal'alamin. Marhaban Ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.
  27. Marhaban ya Ramadhan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  28. Ke kota Jogja hari Selasa, pulang pagi naik kereta. Sehari lagi kita puasa, mohon maaf lahir dan batin ya.
  29. Saatnya membersihkan jiwa yang berjelaga, saatnya kembali kepada-Nya, mensyukuri indahnya kemurahan-Nya. Saatnya merenenungi diri bersama kita leburkan kekhilafan, dengan shaum dan amalan shalih dan keikhlasan dalam jiwa. Mohon dimaafkan lahir dan batin atas semua kesalahan. Selamat berpuasa.
  30. Jika hati saling terpaut, rasa cinta terjalin indah. Bila salah dan khilaf terjadi, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

Baca Juga:

Ucapan Maaf Lahir Batin Untuk Nisfu Sya'ban

Berikut kumpulan kalimat-kalimat mohon maaf lahir batin ketika malam nisfu sya'ban. Malam nisfu sya'ban adalah malam penutupan buku amal selama satu tahun. Biasanya umat muslim melakukan amalan-amalan termasuk saling memaafkan.

  1. Andai tangan tak kuasa menjabat, setidaknya kata masih dapat terungkap. Setulus hati mengucapkan mohon maaf lahir dan batin
  2. Sudah masuk malam Nisfu Sya’ban, sebelum buku catatan amal disetorkan, saya pribadi mohon maaf lahir batin.
  3. Mohon maaf lahir batin atas lisan yang tajam, ucapan yang menusuk, hati yang kotor, perilaku yang menyinggung dan sikap yang tidak sopan dalam doa-doa Anda di malam nisfu Syaban ini.
  4. Apabila jiwa sebening air, maka janganlah membuat keruh. Apabila hati seputih awan, maka jangan membuat mendung. Raih keberkahan bersama dengan saling memaafkan. Mohon maaf lahir batin.
  5. Kami mengucapkan permintaan maaf yang tulus sepanjang waktu telah terlampaui dari kesalahan sengaja maupun tidak di malam nisfu Syaban ini. Mohon maaf lahir dan batin.
  6. Terkadang lidah ini salah berucap, terkacang hati dan juga pandangan ini tidak selalu sejuk. Dari lubuk hati yang paling dalam, saya ucapkan mohon maaf lahir batin.
  7. Mohon sekiranya memberi maaf dari apa yang sudah kami kerjakan atas kesalahan pada malam NISFU SYA'BAN ini. Mohon maaf lahir batin.
  8. Mungkin lisan tak mampu lepas dari dosa, hati tidak bisa keluar dari rasa kesalahan. Setiap manusia pasti penuh dengan salah khilaf dan manusia terbaik adalah yang berani mengakuinnya. Di malam nisfu sya'ban ini saya mohon maaf lahir batin.
  9. Sungguh kemuliaan seorang hamba bila hatinya senantiasa dekat Allah, bibirnya selalu beridzikir dan perilakunya menampakkan akhlak yang sholih apalagi bulan Syaban yang dijalaninya. Mohon maaf lahir batin ya.
  10. Ijinkan lidah yang kelu ini memohon ampun atas segala kesalahan baik masa lampau dan yang akan datang. Kiranya niat baik ini bisa menjadi sarana persaudaraan kita lagi atas kelalaian yang ku perbuat. Mohon maaf lahir batin.
  11. Seiring terbenam mentari di akhir bulan Rajab, tibalah kini bulan Sya’ban. Pesan ini sebagai ganti jabat tangan mustajab, tuk memohonkan maaf dari kekhilafan. Marhaban yaa Sya’ban. Meminta maaf dari ku yang pernah berbuat salah. Mohon maaf lahir batin.
  12. Kami mengucapkan permintaan maaf yang tulus sepanjang waktu telah terlampaui dari kesalahan sengaja maupun tidak di malam nisfu Syaban ini. Mohon maaf lahir batin.
  13. Sekarang adalah hari yang terakhir dari pembukuan amal kita selama satu tahun. Nanti malam adalah malam Nisfu Sya’ban, jadi sebelum buku catatan amal distorkan saya sekeluarga mohon maaf lahir batin atas segala kesalahan yang kami perbuat baik yang disengaja maupun tidak.

Demikian itulah kumpulan kata-kata mohon maaf lahir batin yang bisa alfabetis.com rangkum untuk kalian gunakan. Semoga memberikan tambahan referensi untuk kalian yang kebingungan dengan ucapan untuk meminta maaf pada moment hari raya atau menjelang ramadhan tiba. Cocok juga untuk caption Instagram, postingan facebook atau cuitan twitter dan lain-lain.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email