12 Makanan Untuk Cegah Virus Corona Kaya Vitamin dan Gizi

Dunia tengah digegerkan dengan kemunculan virus Corona penyebab penyakit COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). Tak sedikit orang yang terinfeksi dan menimbulkan korban jiwa. Virus ini sangat cepat menular dan telah menyebar ke seluruh dunia. Bagaimana cara mencegah virus Corona? Salah satu yang paling sederhana adalah mengkonsumsi makanan dan minuman pencegah virus Corona.

Penelitian mengatakan bahwa cara untuk melawan virus Corona adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem imun yang kuat akan membuat sel-sel di dalam tubuh mampu melawan berbagai kuman jahat. Dan cara untuk memperkuat daya tahan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi.

Makanan dan Minuman yang Mencegah Coronavirus
Gambar: pixabay.com

Makanan Sehat Pencegah Virus Corona

Memperbaiki daya tahan tubuh dan imunitas adalah kunci utama untuk mencegah virus Corona. Untuk mendapatkannya, Anda harus mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Alfabetis.com akan rangkum daftar makanan, minuman, sayuran dan buah berkhasiat untuk menangkal virus Corona dan menjaga kesehatan tubuh.

1. Kelompok Buah Sitrus

Jeruk mengandung vitamin C cukup tinggi yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan ini diperlukan untuk melawan berbagai bibit penyakit. Selain jeruk, semua kelompok buah sitrus atau citrus pun memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Contoh buah sitrus: jeruk, lemon, jeruk nipis, limau, anggur.

2. Ikan

Daging ikan mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk tubuh. Omega 3 dapat melawan penyakit autoimun, peradagan, dan mengurangi gejala sindrom metabolik. Selain itu daging ikan sangat mudah didapatkan dan bisa dimasak dengan berbagai cara. Rasanya enak dan tidak alot seperti daging hewan lain.

Kelompok ikan yang disarankan: sarden, tuna, salmon.

3. Bawang Putih

Sulfur yang terkandung di dalam bawang putih berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, manfaat bawang putih yang lain adalah bisa menurunkan tekanan darah dan memperlambat proses pengerasan pembuluh darah. Jadi pastikan untuk menambahkan bawang putih sebagai bumbu rempah di dalam setiap masakan Anda.

4. Jahe

Saat wabah virus Corona menyerang, berbagai jenis rempah tiba-tiba saja menjadi populer. Ini karena rempah-rempah dipercaya sebagai makanan alami untuk mencegah Coronavirus. Salah satu rempah tersebut adalah jahe. Manfaat besar dari jahe antara lain mampu menurunkan kolestrol dan mengurangi peradangan di dalam tubuh. Jahe pun memiliki kandungan curcumin, senyawa beta-karoten, dan capsaicin yang bisa memperkuat sistem imun.

Baca Juga: Waspada! Inilah Cara Penyebaran Virus Corona COVID-19

Untuk menikmatinya, cukup rebus jahe dan minum airnya. Bisa juga dijadikan bumbu pelengkap makanan. Anda akan merasakan sensasi hangat di tenggorokan sesaat setelah mengkonsumsinya.

5. Yoghurt

Produk olahan susu ini dikenal memiliki banyak varian rasa. Namun untuk hasil maksimal dalam pencegahan virus Corona, pilihlah yoghurt plain alias tawar, yaitu yang tidak memiliki kandungan gula. Untuk menggantikan rasa manis, Anda dapat menggunakan tambahan madu atau buah-buahan alami.

6. Bayam

Bayam mengandung banyak beta karoten, antioksidan, dan vitamin C. Jika dikonsumsi secara rutin, bayam akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan berbagai kuman berbahaya.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kekebalan Daya Tahan Tubuh dan Imunitas

Yang paling enak adalah memasaknya menjadi sayur dan tambahkan jagung manis sebagai pelengkap. Kuah beningnya terasa sangat segar ketika melewati tenggorokan.

7. Kepiting

Seafood favorit semua orang. Selain nikmat dan bikin nagih, kepiting mengandung banyak zat besi. Kandungan ini dapat merangsang sistem imun untuk bekerja lebih optimal.

8. Brokoli

Sayuran brokoli mengandung vitamin A, C, E, mineral, dan antioksidan. Antioksidan sendiri berperan penting dalam menangkal proses oksidasi dan mampu menangkal radikal bebas. Sayuran ini dapat membantu mencegah penularan virus berbahaya seperti Corona.

Baca Juga: Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Pastikan untuk mencuci brokoli hingga bersih sebelum mengolahnya. Anda bisa merebus dan menjadikannya pendamping di menu makanan lain. Namun pastikan untuk tidak terlalu lama memasaknya agar kandungan nutrisinya terjaga.

9. Pepaya

Buah berwarna jingga ini mengandung folat, enzim papain, potasium, dan vitamin C. Semuanya bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Pepaya relatif mudah didapatkan. Anda bisa langsung mengkonsumsinya, tidak perlu diolah atau dicampur dengan bahan lain. Rasanya manis, segar, dan ternyata bisa melancarkan pencernaan juga.

10. Jambu Biji

Buah ini mengandung antioksidan, kalium, dan betakaroten. Selain itu jambu biji memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bagus untuk meredakan sembelit. Makanlah satu jambu biji per hari untuk membantu menurunkan gula darah dan kadar kolestrol.

Baca Juga: Makanan Sehat Untuk Menambah Berat Badan Supaya Gemuk

Jambu biji dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan cara mengendalikan gula darah dan kolestrol. Kemampuan ini disebabkan karena adanya kandungan kalium yang penting untuk reaksi listrik dalam tubuh, termasuk jantung.

11. Paprika Merah

Siapa sangka ternyata kandungan vitamin C dalam paprika merah lebih banyak 2 kali lipat daripada jeruk atau lemon. Sayur yang kaya nutrisi ini tentu bisa menjadi makanan sehat yang mencegah virus Corona. Anda bisa menambahkan potongan paprika merah ke dalam olahan masakan lain.

12. Suplemen

Suplemen vitamin anti Corona yang bagus adalah jika mengandung vitamin B3, B5, B6, C, E, zinc picolinate, dan sodium selenite. Zat tersebut dapat meningkatkan kinerja sistem imun dalam melawan berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun virus, lalu memperbaiki sel-sel yang rusak.

Pastikan untuk memilih suplemen yang tepat. Tanyakan pada dokter atau apoteker terlebih dulu. Jangan asal memilih jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Kebanyakan makanan alami pencegah virus Corona berasal dari kelompok buah dan sayur. Semuanya memiliki kandungan nutrisi yang mampu memperkuat daya tahan tubuh dan sistem imun agar kekebalan tubuh sanggup melawan virus jahat. Sayangi diri dan keluarga Anda dengan menerapkan pola hidup sehat.

Demikian ulasan mengenai makanan sehat penangkal virus Corona yang ampuh. Biasakan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, imbangi dengan olahraga dan tidur yang cukup. Semoga kita semua terhindari dari berbagai kuman berbahaya.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email