13 Cara Ampuh Mencegah Virus Corona COVID-19 Agar Tidak Menyebar

Tahun 2020 dibuka dengan sebuah kejutan yang tidak menyenangkan. Muncul sebuah penyakit baru bernama COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) yang disebabkan oleh sebuah virus bernama Corona. Awalnya hanya kota Wuhan di Cina yang terjangkit, namun lama-lama menyebar ke berbagai tempat. Tidak tanggung-tanggung, seluruh negara di dunia ikut tertular virus ini hanya dalam jangka waktu 3 bulan saja!

Tips Agar Tidak Tertular Corona Covid-19
Gambar: pixabay.com

Melihat proses penyebarannya yang begitu cepat, kita haruslah waspada dan hati-hati dalam melakukan berbagai aktifitas. Coronavirus sangat mudah menular antar manusia. Pasti tidak mau kan terpapar dari orang asing ketika bepergian ke luar rumah. Saat ini belum ada vaksin untuk mencegah virus Corona, maka kita mesti melakukan tindakan pencegahan mandiri.

Tips Menghindari Penularan Virus Corona

Virus ini sangat berbahaya jika orang yang tertular memiliki kondisi berikut:

  • Punya penyakit bawaan yang berat (jantung, diabetes, paru-paru, dan sebagainya)
  • Memiliki daya tahan tubuh rendah
  • Memiliki kondisi autoimun
  • Sudah lanjut usia (orang tua)
  • Anak kecil dan balita karena kekebalan tubuhnya belum sempurna

Supaya tidak tertular virus Corona, satu-satunya cara yang bisa dilakukan saat ini adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana yang cukup mudah. Asal rutin dan disiplin dilakukan, kemungkinan penyebaran virus Corona bisa diminimalisir.

1. Rajin Cuci Tangan

Tangan beresiko tinggi mengalami kotor setelah memegang sesuatu. Permukaan benda rentan dihinggapi berbagai kuman setelah disentuh banyak orang. Kita tidak pernah tahu apakah benda yang telah disentuh bersih dari virus atau tidak. Droplet atau percikan hasil batuk dan bersin dari seseorang bisa dengan mudah menempel di mana saja.

Oleh karena itu rajinlah mencuci tangan setelah menyentuh benda atau setelah bepergian. Jangan pernah menyentuh wajah sebelum mencuci tangan, terutama area mulut, hidung, dan mata. Cuci tangan menggunakan sabun di bawah air mengalir. Pastikan seluruh permukaan tangan terkena sabun dengan durasi minimal 20 detik.

2. Menggunakan Hand Sanitizer

Ingat, cairan pembersih tangan instan atau hand sanitizer hanya boleh digunakan saat darurat, misalnya saat tidak ada sabun atau air mengalir. Menurut penelitian, cuci tangan dengan sabun masih jauh lebih bersih dibanding menggunakan hand sanitizer. Pastikan memilih produk yang memiliki kandungan alkohol minimal 70% agar ampuh membasmi virus. Hindari berjabat tangan karena itu adalah salah satu cara penularan virus Corona yang efektif.

3. Memperkuat Daya Tahan Tubuh dan Imunitas

Sistem imun berperan penting dalam melawan berbagai kuman berbahaya. Kekebalan tubuh yang rendah mengakibatkan imunitas tidak sanggup memberantas virus. Cara menjaga daya tahan tubuh yang ampuh adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi tinggi.

Baca Juga:

Zat-zat yang terkandung di dalam makanan akan membantu meningkatkan kinerja sistem imun sehingga tubuh bisa melawan virus. Pastikan konsumsi yang bergizi tinggi sebagai salah satu upaya agar tidak tertular virus Corona.

4. Hindari Menyentuh Wajah

Tangan selalu menyentuh banyak benda dan kita tidak tahu apakah ada virus yang menempel atau tidak. Jangan menyentuh area wajah seperti mata, hidung, atau mulut karena dari sanalah virus bisa masuk ke dalam tubuh. Sebelum menyentuh wajah, pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun terlebih dulu.

5. Lakukan Aturan Batuk atau Bersin yang Benar

Tutup hidung dan mulut menggunakan lengan baju atau siku bagian dalam. Berhenti menutupnya menggunakan tangan karena itu hal yang salah. Nanti virus akan menempel ke telapak tangan Anda. Bisa juga ditutup pakai tisu, lalu segera buang setelah dipakai. Saat batuk atau pilek, ada droplet atau tetesan cairan yang keluar dan bisa jadi mengandung virus. Sangat berbahaya jika dropletnya menempel atau terhirup tidak sengaja oleh orang lain.

6. Rutin Olahraga

Selain menyehatkan, manfaat olahraga adalah menjaga daya tahan tubuh sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai macam penyakit. Gerakan yang dilakukan saat berolahraga dapat merangsang semua bagian tubuh untuk bergerak agar lebih fleksibel. Ini menjadikan tubuh lebih lincah dan leluasa untuk melakukan semua hal.

Baca Juga:

Rajin berolahraga membuat tubuh lebih sehat. Tidak perlu gerakan sulit atau pergi ke gym, Anda bisa melakukan gerakan olahraga sehari-hari yang ringan untuk dicoba di rumah seperti naik turun tangga, sit up, push up, dan sebagainya. Asal disiplin dan rutin dilakukan, gerakan sekecil apapun akan membawa efek yang luar biasa.

7. Bersihkan Benda yang Sering Disentuh

Gagang pintu, kunci, handphone, tuas motor, stir mobil, pegangan pada bus atau kereta, dan tombol lift adalah contoh dari benda yang sering terkena sentuhan banyak orang. Rajinlah membersihkan dengan cara mengelap permukannya menggunakan cairan disinfektan supaya tidak terkena virus Corona.

8. Jangan Pergi ke Wilayah Terjangkit

Pandemi virus Corona terjadi di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia. Tunda keinginan Anda untuk pergi ke wilayah yang banyak terdampak virus. Jangan sampai tertular dan membawa virus ini di dalam tubuh ke kampung halaman.

9. Isolasi Diri Saat Kembali dari Wilayah Terjangkit

Jika kondisi memaksa Anda untuk tetap pergi ke wilayah dengan wabah virus Corona, lakukanlah isolasi mandiri secara sadar, minimal 14 hari. Diam di dalam rumah dan jangan keluar menemui tetangga. Jika memungkinkan, diamlah di dalam satu kamar khusus untuk meminimalisir kontak dengan anggota keluarga lain.

10. Berjemur

Jangan salah paham. Berjemur tidak lantas langsung membunuh virus Corona di udara atau dalam tubuh. Namun rutin berjemur setiap hari dapat memberikan vitamin D pada kulit yang terkandung dalam sinar UV matahari. Asupan vitamin inilah yang dapat memperkuat daya tahan tubuh dan merangsang sistem imun untuk melawan bibit penyakit.

Untuk daerah tropis seperti Indonesia, berjemur yang sehat dilakukan antara jam 8 - 10 pagi dengan durasi 10-20 menit. Jika terlalu berlebihan malah akan membakar kulit. Ini adalah salah satu cara sederhana supaya tidak terkena virus Corona.

11. Social Distancing

Jaga jarak fisik dengan orang sakit (terutama batuk pilek) minimal sejauh 1 meter. Ketika seseorang batuk atau bersin, mereka akan mengeluarkan cairan yang mungkin mengandung virus. Jika Anda berada terlalu dekat, ditakutkan cairan tersebut tidak sengaja terhirup. Dengan melakukan social distancing, Anda ikut mencegah penularan virus Corona.

12. Pakai Masker Saat Sakit

Jika sedang sakit, pakailah masker agar percikan yang keluar saat batuk pilek tidak mengenai orang lain. Kalau masker medis sedang langka, masker kain bisa digunakan sebagai alternatif di saat darurat.

13. Segera Berobat Jika Sesak Nafas, Batuk atau Demam

Kesulitan bernafas, demam tinggi dan disertai batuk adalah beberapa gejala awal dari virus Corona. Segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

Itulah beberapa cara sederhana mencegah penyebaran virus Corona. Terlihat sepele namun sebenarnya berdampak besar jika disiplin dilakukan. Anda harus mulai menjaga kesehatan demi kebaikan diri sendiri dan orang di sekitar agar virus Corona tidak menular.

Demikian ulasan lengkap tentang tips agar tidak tertular virus Corona yang manjur. Selalu jaga kebersihan lingkungan dan terapkan pola hidup sehat. Tingkatkan terus daya tahan tubuh agar sistem imun bisa melawan berbagai kuman jahat.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email