25 Air Terjun Terindah dan Paling Terkenal di Indonesia

Indonesia memiliki potensi wisata yang luar biasa. Sebagian besar wisata di Indonesia adalah wisata alam, karena pesona alam Indonesia yang memang sangat megagumkan. Bahkan banyak wisatawan yang sengaja datang ke Indonesia untuk menikmati wisata-wisata alam Indonesia.

Selain laut dan gunung, wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan adalah air terjun. Indonesia memiliki banyak sekali air terjun indah yang menawarkan pesonanya masing-masing. Air terjun banyak dijadikan pilihan liburan oleh wisatawan yang senang bermain air dan senang menikmati suasana alam.

Kumpulan Air Terjun Eksotis dan Terbaik di Indonesia

Berikut alfabetis berikan referensi wisata air terjun Indonesia yang wajib dikunjungi.

1. Air Terjun Coban Sewu, Air Terjun Paling Indah di Jawa Timur

Air terjun terindah di Indonesia yang pertama adalah air terjun Coban Sewu. Air terjun yang sering juga disebut dengan sebutan air terjun Tumpak Sewu ini terletak di Provinsi Jawa Timur, yaitu perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kab. Malang. Lebih tepatnya berada di Dusun Jagalan, Ds. Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

Kumpulan Air Terjun Terindah di Indonesia
Gambar: indozone.id

Keindahan air terjun ini sudah tidak diragukan lagi dan sudah tersohor untuk para traveler. Daya tariknya adalah spot foto panorama dari atas air terjun. Terlihat keindahan air terjun tumpak sewu yang tinggi dan lebar seperti tirai.

Kumpulan Air Terjun Terbaik di Indonesia
Gambar: Instagram @sarahanddominik

Selain menikmati air terjun dari atas, pengunjung juga bisa turun untuk melihat keindahan air terjun coban sewu dari sisi lain. Namun untuk turun perlu perjuangan menaiki anak tangga yang lumayan banyak dan terjal. Ketinggian air terjun Coban Sewu sekitar 120 meter, dan merupakan salah satu air terjun yang ada di kaki gunung Semeru. Kalau cuaca sedang cerah, kita bisa lihat pemandangan gunung tertinggi pulau jawa itu dari lokasi air terjun ini.

2. Air Terjun Sendang Gile, Air Terjun Cantik di Lombok

Terletak di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, propinsi Nusa Tenggara Barat. Ternyata lombok tidak hanya memiliki pantai-pantai yang eksotis, ada banyak wisata air terjun yang menarik di Lombok. Salah satunya adalah air terjun Sendang Gile.

Kumpulan Air Terjun Terpopuler di Indonesia
Gambar: journeyera.com

Air terjun ini berada di kaki gunung Rinjani, salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Bahkan lokasi air terjun ini merupakan pintu masuk pendakian gunung Rinjani.

3. Air Terjun Sri Gethuk, Air Terjun Paling Terkenal di Yogyakarta

Siapa tidak tau dengan air terjun yang satu ini. Setidaknya untuk para traveler, air terjun Sri Gethuk merupakan destinasi favorit dari kumpulan wisata yang ada di Jogja. Seperti sudah menjadi rahasia umum bahwa Jogja merupakan salah satu kota wisata teramai di Indonesia. Hampir semua objek wisata Jogja selalu menjadi buruan para wisatawan, termasuk air terjun Sri Gethuk ini.

Kumpulan Air Terjun Terkenal di Indonesia
Gambar: yogya-backpacker.com

Lokasinya terletak di Ds. Bleberan, Kec. Playen, Kab. Gunungkidul, DI Yogyakarta. Meski lokasi air terjun ini cukup jauh dari pusat kota Jogja dan sedikit tersembunyi, namun tidak menyurutkan para pengunjung untuk datang dan memadati tempat wisata alam tersebut. Pemandangan indah hijau pepohonan menjadi daya tariknya, berikut aliran air terjun yang unik karena memiliki tingkat bebatuan yang berbeda.

4. Air terjun 2 Warna, Air Terjun Terindah Sumatera utara

Kumpulan Air Terjun Tertinggi di Indonesia
Gambar: Instagram @ucok_silampung

Alasan mengapa disebut air terjun Dua Warna karena air di tempat itu memiliki gradasi warna, yaitu putih dan biru tosca. Keunikan air terjun ini pun menjadi daya tariknya. Terletak di Desa Durin Sirugun, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Air terjun ini berada persis di area kaki Gunung Sibayak dan berada pada ketinggian 1270 meter di atas permukaan laut.

5. Curug Cikaso, Air Terjun Paling Indah di Jawa Barat

Beralih ke Jawa Barat, salah satu provinsi yang memiliki kekayaan wisata air terjun. Salah satu yang terindah di Jawa Barat adalah air terjun (curug:basa sunda) Cikaso. Curug Cikaso berada di kabupaten Sukabumi, yaitu tepatnya di Desa Ciniti, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, 43172.

Baca Juga: 99+ Tempat Wisata Populer di Sukabumi

Kumpulan Air Terjun Terupdate di Indonesia
Gambar: Instagram @curug_cikaso

Keindahan air terjun ini memang sangat memukau. Terdapat tiga kucuran air yang jatuh di curug tersebut dengan nama yang berbeda-beda. Kucuran pertama bernama Curug Aseupan, lalu Curug Menong dan yang terakhir Curug Aki. Pemandangan di sekitar yang hijau dan menyejukan mata, ditambah perpaduan kolam air yang berwarna tosca menambah indah panorama Curug Cikaso.

6. Air Terjun Pantai Banyu Tibo, Air Terjun Unik di Pacitan

Merupakan salah satu air terjun unik di Indonesia. Keunikannya karena lokasi air terjun ini ada di tepi laut, yang mana airnya langsung jatuh ke pantai. Jadi para pengunjung yang datang bisa menikmati dua wisata sekaligus jika kesana, yaitu air terjun dan pantai. Seru ya!

Daftar Air Terjun Terindah di Jawa Timur
Gambar: mytrip123.com

Lokasinya terletak di Jawa Timur yaitu di Kab. Pacitan. Lebih tepatnya di Desa Widoro, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Sekitar 1 jam dari pusat kota Pacitan.

7. Air Terjun Tanggedu, Air Terjun Viral di Sumba

Sumba merupakan surga tersembunyi yang dimiliki Indonesia. Keindahan alam Indonesia timur diketahui sangat memukau, namun tidak banyak orang yang bisa menjelajahnya. Sumba selalu menjadi destinasi impian para traveler, terutama yang ada di pulau lain seperti pulau jawa.

Daerah yang ada di Nusa Tenggara Timur itu memiliki kekayaan alam dan wisata, salah satunya adalah air terjun yang indah. Air terjun Tenggadu namanya. Terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Air Terjun Paling Terkenal di Sumba Timur
Gambar: hipwee.com

Air terjun ini menjadi salah satu objek wisata yang selalu ramai dan wajib ketika wisatawan berkunjung ke Sumba Timur. Daya tarik dari air terjun ini adalah kesegaran air terjun yang jernih dan indah berwarna kebiruan.

8. Air Terjun Banyumala, Alternatif Wisata di Bali

Wisata di Bali ternyata bukan hanya wisata pantainya saja yang mendunia. Bagi yang belum tau di Bali banyak terdapat air terjun yang bisa dijadikan alternatif destinasi liburan. Salah satunya adalah air terjun Banyumala.

Baca Juga: 100+ Tempat Wisata Terbaru dan Terpopuler di Bali Tahun ini

Memang belum banyak yang tau tentang air terjun yang ada di Bali, tapi tidak bagi para petualang. Air terjun Banyumala di Bali tidak kalah menarik dengan air terjun di tempat lain, dan menjadi salah satu yang terindah di Indonesia pilihan alfabetis.

Daftar Air Terjun Indah di Pulau Bali
Gambar: Instagram: @krisnabalinusatours

Lokasinya berada di Banjar Asah Panji, Ds. Wanagiri, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng, Bali. Lokasinya berada di dataran tinggi Bali dengan kumpulan bukit yang mengelilingi menjadikan lokasi ini sangat sejuk dan asri.

9. Air Terjun Sipiso-piso, Air Terjun Keren Sumatera Utara

Daftar Air Terjun Terindah di Sumatera Utara
Gambar: Instagram @orangmudabatak_

Salah satu air terjun yang terletak di provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Ds. Tongging, Kec. Merek, Kab. Karo, Prov. Sumatera Utara. Berada di ketinggian 1300 meter diatas permukaan laut, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter dan kucurannya membentuk garis vertikal sempurna.

10. Air Terjun Madakaripura, Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur

Air terjun yang cukup terkenal di Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Lokasinya berada di kabupaten probolinggo, salah satu dari banyak air terjun di lereng Gunung Bromo dan Semeru. Biasanya orang yang datang ke Air Terjun Madakaripura adalah para wisatawan yang telah mengunjungi Gunung Bromo.

Air Terjun Tertinggi di Jawa Timur
Gambar: nativeindonesia.com

Memiliki ketinggian 200 meter, air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Jawa Timur dan tertinggi kedua di Indonesia.

11. Curug Citambur, Air Terjun Tertinggi di Jawa Barat

Salah satu air terjun terindah diantara banyak air terjun indah di Jawa Barat adalah Curug Citambur. Akses menuju air terjun ini sedikit tersembunyi dan sulit dijangkau, sehingga tidak banyak yang mengexplore surga tersembunyi di Cianjur ini.

Air Terjun Terindah di Jawa Barat
Gambar: mongabay.co.id

Alamatnya terletak di Desa Karangjaya, Kec. Pasirkuda, Kab. Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Dari Cianjur kota masih ke selatan sekitar 3 jam atau 80 KM-an.

12. Curug Sanghyang Taraje, Air Terjun Megah di Jawa Barat

Masih di Jawa Barat, air terjun yang tidak kalah keren yaitu Curug Sanghyang Taraje di Garut. Sanghyang adalah sebutan kehormatan untuk dewa atau raja zaman dulu. Sedangkan Taraje dalam bahasa sunda berarti tangga. Sehingga arti umum curug ini artinya tangga yang digunakan oleh dewa-dewa menuju kayangan. Banyak mitos tentang air terjun ini dan konon sedikit angker.

Daftar Air Terjun Terbaik di Jawa Barat
Gambar: backpackerjakarta.com

Lokasinya berada di Perbatasan Desa Pakenjeng dengan Desa Jatiwangi, Kec. Pakenjeng, Kab. Garut, Prov. Jawa Barat.

13. Air Terjun Moramo, Air Terjun Unik di Sulawesi Tenggara

Beralih ke pulau Sulawesi, terdapat tempat wisata air terjun yang cukup menarik. Tipe air terjun dengan undakan yang bertingkat menambah keindahan air terjun ini. Ketinggiannya sekitar 100 meter, dan terdapat 7 undakan yang masing-masing membentuk kolam. Air terjun ini cocok sekali untuk kalian yang senang basah-basahan, berenang dengan air yang segar.

Air Terjun Terindah di Pulau Sulawesi
Gambar: udaindra.blogspot.com

Lokasinya berada di kawasan Hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, yaitu tepatnya di Desa Sumber Sari, Kec. Moramo, Kab. Konawe Selatan, Prov. Sulawesi Tenggara.

14. Air Terjun Grojogan Sewu, Air Terjun Indah di Jawa Tengah

Setelah tadi mengulas air terjun di Jawa bagian barat dan timur, sekarang giliran Jawa bagian tengah. Tidak kalah dengan prov lain, Jawa Tengah juga menyimpan banyak sekali destinasi wisata air terjun. Salah satu yang terindah dan terkenal adalah Air Terjun Grojogan Sewu di Karanganyar.

Daftar Air Terjun Terindah di Jawa Tengah
Gambar: Instagram @mascuomo

Grojogan Sewu terletak di Desa Sepanjang, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Prov. Jawa Tengah. Jarak dari kota Karanganyar sekitar 27KM atau kurang lebih 1 jam perjalanan.

15. Curug Pelangi Cimahi, Air Terjun Terpopuler Jawa Barat

Selanjutnya kita kembali lagi ke Jawa Barat, karena saking banyaknya air terjun yang indah yang bisa direkomendasikan di Jawa Barat. Salah satu yang terindah itu adalah Curug Cimahi. Terletak di Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40551. Sekitar 10KM dari kota Cimahi atau 20KM dari kota Bandung.

Baca Juga: 100+ Tempat Wisata Paling Menarik dan Terkenal di Bandung

Daftar Air Terjun Terkenal di Jawa Barat
Gambar: Instagram @sigit_sugiyono
Air Terjun Unik di Jawa Barat
Gambar: hargatiket.net

Curug Cimahi sering disebut juga Curug Pelangi, karena terdapat lampu kelap-kelip di sekitar air terjun yang mana jika hari gelap air terjun yang jatuh seakan memiliki warna. Fasilitas di objek wisata ini sudah sangat mendukung dan tertata. Terdapat deck yang bisa dijadikan spot foto dengan latar air terjun dari atas atau ketinggian.

16. Air Terjun Tegenungan, Air Terjun Cantik di Bali

Daftar Air Terjun Populer di Bali
Gambar: natantransport.com

Selain Air Terjun Banyumala, ada lagi air terjun indah lainnya di Bali yang selalu menjadi buruan wisatawan. Air Terjun Tegenungan namanya. Lokasinya terletak di Desa Kemenuh, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar, kurang lebih 30 km dari pusat kota Denpasar. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 15 meter. Meski tidak terlalu tinggi, namun air terjun ini cukup menarik karena memiliki air yang deras dan juga jernih.

17. Air Terjun Tama’lulua, Air Terjun Terkenal di Sulawesi Selatan

Air terjun indah selanjutnya berada di pulau Sulawesi, tepatnya Sulawesi Selatan. Bagi kalian yang kebetulan mengunjungi Sumsel tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi air terjun yang keren ini. Namun untuk menikmati keindahan surga dunia ini pengunjung harus treking dengan medan yang cukup menantang. Jangan khawatir, semua akan terbayar ketika sudah sampai di lokasi air terjun Tama'lulua.

Daftar Air Terjun Terbaik di Sulawesi
Gambar: superadventure.co.id

Air terjun Tama'lulua sering juga disebut Air Terjun Bossolo. Lokasinya terletak di Desa Bontomanai, Kec. Rumbia, Kab. Jeneponto, Sulawesi Selatan, 92371.

18. Air terjun Saluopa, Air Terjun Terbaik Sulawesi tengah

Masih dari Sulawesi, selanjutnya kita beralih ke Sulawesi Tengah. Terdapat air terjun yang tidak kalah indah, yaitu Air Terjun Saluopa. Ternyata Sulawesi menyimpan banyak air terjun keren lho, meskipun tidak begitu eksis di Indonesia. Jika berkunjung ke Pulau Sulawesi, jangan lupa menjajal wisata air terjunnya ya.

Daftar Air Terjun Unik di Sulawesi
Gambar: Backpackerjakarta.com

Air terjun Saluopa berlokasi di Tonusu, Kec. Pamona Puselemba, Kab. Poso, Sulawesi Tengah. Keunikan air terjun ini adalah bentuknya yang bertingkat-tingkat. Ada sekitar 12 tingkat, dan disetiap tingkat diberi tangga untuk para pengunjung.

19. Curug Malela, Air Terjun Paling Terkenal di Jawa Barat

Siapa tidak kenal dengan air terjun yang satu ini. Setidaknya pernah mendengar namanya kan?

Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat
Gambar: holamigo.id

Curug Malela merupakan pilihan selanjutnya dari deretan air terjun indah di Jawa Barat. Lokasinya yang berada di dekat pusat ibukota Jawa Barat, menjadikan air terjun ini sangat populer. Lokasinya berada di Bandung Barat, tepatnya di Kampung Manglid, Ds. Cicadas, Kec. Rongga, Kab. Bandung Barat, Prov. Jawa Barat.

Baca Juga: Daftar Rekomendasi Pendakian Gunung di Jawa Barat

20. Curug Leuwi Hejo, Air Terjun Segar di Jawa Barat

Masih di Provinsi Jawa Barat, kita beralih ke kota hujan Bogor. Kota dengan koleksi air terjun yang sangat banyak dan bervariasi, sampai-sampai sering disebut kota seribu curug. Salah satu air terjun indah yang ada di Bogor dan selalu menjadi buruan wisatawan adalah Curug Leuwi Hejo.

Daftar Air Terjun Terindah di Bogor Jawa Barat
Gambar: nativeindonesia.com

Nama Curug Leuwi Hejo sangat terkenal dikalangan warga Bogor maupun wisatawan luar kota terutama Jabodetabek. Curug ini selalu menjadi tujuan wisatawan yang datang ke Bogor, lokasinya berada di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Kota Bogor.

Daya tarik dari Curug ini adalah air terjun dengan kolam jernih berwarna tosca yang bisa pengunjung gunakan untuk berenang.

21. Curug Sawer, Air Terjun Indah di Situ Gunung Sukabumi

Dari Bogor kita beralih ke kota tetangganya, yakni Sukabumi. Sama halnya dengan Bogor, Sukabumi juga memiliki banyak sekali wisata air terjun. Salah satu yang tidak kalah terkenal adalah Curug Sawer. Lokasinya yang berada di tempat wisata terkenal Sukabumi yaitu Situ Gunung menjadikan Curug Sawer tidak pernah absen dari daftar list wisata di Sukabumi. Apalagi dengan adanya jembatan gantung fenomenal di Situ Gunung, wisata inipun semakin naik eksistensinya.

Daftar Air Terjun Terindah di Sukabumi Jawa Barat
Gambar: jejakpiknik.com

Curug Sawer bisa direkomendasikan sebagai air terjun indah Indonesia karena memiliki air terjun yang cantik dengan air deras, jernih juga segar.

22. Curug Jenggala, Curug Cantik dan Romantis di Jawa Tengah

Tidak kalah dengan Jawa Barat, Jawa Tengah juga memiliki wisata air terjun yang bervariasi. Salah satu kabupaten yang memiliki koleksi air terjun adalah Kab Banyumas atau Purwokerto. Terdapat banyak sekali air terjun yang di kabupaten Banyumas, salah satunya adalah Curug Jenggala.

Daftar Air Terjun Terpopuler di Jawa Tengah
Gambar: backpackerjakarta.com

Pemandangan di Curug Jenggala sangat indah, apalagi didukung banyak spot foto yang sengaja dibuat oleh pengelola. Meski tidak terlalu tinggi, curug ini sangat indah dan menarik. Memiliki 3 kucuran air, dan kucuran yang paling tengah yang paling deras.

Baca Juga: 100+ Tempat Wisata Terkenal di Papua Barat. Raja Ampat Terpopuler?

23. Air Terjun Benang Kelambu, Air Terjun Unik di Lombok

Selain air terjun sendang gile yang mempesona di Lombok, ada juga nih air terjun Benang Kelambu. Air terjun ini masih bersumber dari aliran di kawasan Gunung Rinjani, salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Keindahan air terjun ini memang tidak biasa, dimana kucuran air terjun tumpah disela semak dan terlihat seperti tirai atau benang kelambu.

Daftar Air Terjun Terindah di Lombok NTB
Gambar: travel.kompas.com

Lokasi air terjun ini berada di dataran tinggi, untuk kesana pengunjung akan melewati serta perlu berjalan kaki untuk sampai ke pintu masuknya. Alamatnya terletak di Desa Aik Berik, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, 83552.

24. Air Terjun Sigura-gura Sumut, Air Terjun Tertinggi di Indonesia

Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi di Sumatera yang juga memiliki banyak air terjun. Selain beberapa air terjun yang sudah diulas di atas, ada lagi air terjun yang indah di Sumatera Utara yaitu Air Terjun Sigura-gura. Selain indah Air Terjun sigura-gura juga tinggi. Tingginya sekitar 250 meter dan menjadi air terjun tertinggi di Indonesia.

Daftar Air Terjun Tertinggi di Sumatera
Gambar: beepdo.com

Air terjun Sigura-gura terletak di Desa Pintu Pohan Dolok, Kec. Pintu Pohan Meranti, Kab. Toba Samosir, Prov. Sumatera Utara.

25. Air Terjun Lembah Anai, Air Terjun Populer di Sumatera Barat

Jika kalian pernah berkunjung ke daerah Bukit Tinggi atau Padang mungkin pernah melihat panorama Air Terjun yang satu ini ketika lewat. Ya, air terjun ini memang unik karena lokasinya ada di samping jalan dengan hanya berjarak beberapa meter saja dari bahu jalan.

Daftar Air Terjun Terpopuler di Sumatera
Gambar: Instagram @nidaharyadii

Air terjun ini berada di kaki Gunung Singgalang, tepatnya di tepi Jalan Raya Padang Bukit Tinggi, Ds. Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar, Prov. Sumatera Barat.

Barangkali itu dulu kumpulan air terjun terindah di Indonesia yang bisa alfabetis berikan. List akan terus di update jika ada tambahan referensi dan rekomendasi. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari informasi tentang destinasi liburan dan list air terjun terbaik di Indonesia. Indonesia sangat kaya, terutama dari segi keindahan alamnya. Semoga kecantikan wisata di Indonesia tetap terjaga untuk bekal anak cucu kita kelak.
SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email