20 Tempat Wisata Terkenal di Papua Barat

Keragaman suku, ras, budaya, hayati, hewani, dll, menjadikan wisata di Indonesia sangat beragam. Mulai dari wisata alam hingga heritage atau wisata sejarah.

Semuanya itu menarik dan menjadikan para wisatawan ingin berkunjung ke Indonesia. Terlebih masyarakat Indonesia sendiri, pastinya selalu ingin menjelajah setiap jengkal negeri ini. Yang sangat luas sebagai negara kepulauan.

Salah satu daerah di Indonesia yang mungkin cukup menarik perhatian dan banyak diminati adalah ujung timur Indonesia.

Yes, Papua. Kecantikan alam bumi cendrawasih ini sangat menarik perhatian siapa saja, untuk bisa datang kesana. Baik itu penduduk pribumi maupun warga asing.

Terkenal dengan wisata alam nya yang memukau. Papua memang memiliki segudang tempat wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya dibagian barat papua, atau Papua Barat.

Papua Barat atau disingkat dengan sebutan Pabar adalah sebuah provinsi Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Papua. Ibu kotanya adalah Manokwari.

Provinsi ini sebelumnya bernama Irian Jaya Barat yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 45 Tahun 1999. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 18 April 2007, nama provinsi ini diubah menjadi Papua Barat.

Provinsi ini memang memiliki potensi yang luar biasa. Misalnya dalam bidang pertanian, pertambangan, dan tentu saja pariwisata. Secara geografis berisi deretan gunung dan danau, sehingga bisa dimanfaatkan untuk pariwisata andalan di Papua Barat.

Berikut ini kami rangkum, beberapa tempat wisata terbaik dan paling favorit di Papua Barat yang bisa dijadikan referensi oleh teman-teman semua.

1. Raja Ampat, Wisata Bahari yang Mendunia di Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: irwanto.info

Keindahan bawah laut di Raja Ampat sudah terkenal ke seluruh pelosok negeri, bahkan dunia. Raja Ampat menjadi salah satu wisata yang paling sering dikunjungi di Papua Barat.

Keistimewaannya antara lain karena terdapat banyak sekali pulau-pulau kecil di perairan Raja Ampat. Kurang lebih ada 610 pulau kecil yang berada di areanya, tetapi hanya sekitar 35 pulau saja yang dihuni oleh penduduk.

Keistimewaan lain dari pemnadangan bawah lautnya, terumbu karang di Raja Ampat memiliki kualitas kelas dunia. Bahkan konon terbanyak dan terlengkap. Dari 537 jenis karang yang ada di dunia ini, 75 persennya berada di perairan ini.

Selain itu, setidaknya ada 1.104 jenis ikan, 669 jenis moluska dan 537 jenis hewan karang yang terdapat di seluruh wilayah perairannya.

Luar biasa sekali bukan? Pantas saja menjadi yang ter-favorit di Papua bahkan mungkin Indonesia.

Baca Juga: Rekomendasi Gunung di Jawa Barat yang Ramah Untuk Pemula

2. Situs Purbakala Tapurarang, Wisata Sejarah di Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: itinku.com

Berbagai macam peninggalan sejarah ikut andil dalam meperkaya wisata di tanah air kita, Indonesia. Seperti salah satu nya wisata sejarah di tanah papua ini. Situs purbakala Tapurarang namanya.

Situs yang terletak di Disrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, ini merupakan peninggalan zaman prasejarah. Situs ini berupa sebuah lukisan telapak tangan manusia dan binatang di sebuah tebing bebatuan yang sangat terjal.

Situs ini menjadi salah satu destinasi wisata di papua barat yang wajib dikunjungi, karena sangat menarik dan unik.

3. Taman Nasional Teluk Cendrawasih, TN laut terluas di Indonesia

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: kaskus.id

Selain Raja Ampat, tempat ini juga sudah sangat mendunia di kalangan pecinta alam bawah laut, khususnya pecinta kegiatan diving.

Tempat Wisata Teluk Cendrawasih memiliki struktur geologi yang unik dan sejarah oceanographic yang sangat penting. Dan merupakan taman nasional laut terluas dan terbesar di Indonesia. Karena 89.8% wilayah Taman Nasional nya berupa lautan.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih berada di 5 wilayah dan dua propinsi, yaitu Kabupaten Teluk Wondana dan Kabupaten Manokwari di Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Nabire, Kabupaten Yapen dan Kabupaten Waropen di Provinsi Papua.

4. TWA Gunung Meja, Tempat Hiking di Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: pesonawisataindonesia.com

Kawasan TWA Gunung Meja merupakan salah satu kawasan konservasi dengan fungsi hidrologis yang berperan sebagai catchment area dan memenuhi kebutuhan air sebagian masyarakat Kota Manokwari.

Letaknya sangat strategis karena berada dekat dengan Wilayah kota Manokwari dan memiliki nilai keindahan alam yang artistik dan situs sejarah perang dunia II.

Di tempat itu pengunjung bisa melakukan aktivitas trekking, hiking dan lain-lain. Pengunjung akan sangat dimanjakan oleh flora hutan tropis yang sangat beragam dan memiliki bentuk unik.

5. Desa Sawinggrai, Desa Wisata Terbaik di Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: asset.kompas.com

Desa Sawinggrai berada di distrik Raja Ampat, Papua Barat. Desa ini termasuk salah satu desa wisata paling terkenal di Raja Ampat.

Yang paling menarik untuk dikunjungi karena di Desa Sawinggrai pengunjung bisa menikmati pesona cenderawasih. Mulai dari burung cendrawasih, dan juga icon cendrawasih Papua bisa Anda saksikan di desa wisata Sawinggrai ini.

6. Pulau Mansinam, Tujaun Wisata Religi di Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: zonalima.com

Pulau Mansinam berada di Teluk Doreh yang merupakan bagian wilayah ibukota Papua Barat, Manokwari.

Pulau Mansinan merupakan tujuan wisata religi, untuk umat beragama kristen.

Keistimewaan pulau yang berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Manokwari ini bukan terletak pada panorama alamnya. Mansinam adalah saksi sejarah dimana sebuah peradaban baru dimulai di pulau ini, Manokwari, dan pada akhirnya menyebar hingga ke seluruh daratan Papua.

7. Pegunungan Arfak, Wisata Bukit Indah di Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: webicdn.com

Pegunungan Arfak yang terletak di Kabupaten Pegaf, Papua Barat memiliki potensi pariwisata yang menjanjikan. Dengan terdapatnya Dua danau yang terbentang di Kecamatan Anggi menjadi objek wisata yang luar biasa indah bila digarap dengan baik.

8. Pagoda Sapta Ratna, Tempat Menikmati Sunset Terbaik di Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: tripadvisor.com

Pagoda Sapta Ratna merupakan pagoda Cina Budha yang berada di Sorong Papua Barat. Selain arsitekturnya cantik, lokasinya yang berada disebuat bukit, menjadikan tempat ini sangat sejuk dan memiliki panorama yang luar biasa.

Apalagi jika sudah saatnya matahari terbenam, Pagoda Sapta Ratna adalah tempat terbaik menikmati sunset dan melihat kota sorong dan atas menara pagoda.

9. Taman Nasional Lorentz, Taman Nasional Terluas di Asia Tenggara

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber photo: indozone.id

Taman Nasional ini merupakan salah satu cagar alam yang berlokasi di antara Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Fak-Fak Papua Barat.

Dengan luas 2.4 juta ha membuat Taman Nasional Lorentz menjadi taman nasional terbesar di Asia Tenggara, yang juga pada tahun 1999 dikukuhkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO.

10. Pulau Rumberpon, Serpihan Surga di Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: wisatadirektori.com

Pulau Rumberpon berada di bagian utara Kabupaten Teluk Wondama, berbatasan dengan Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Pulau Rumberpon menawarkan suasana yang tenang, baik pulaunya maupun suasana air laut. Membuat pengunjung yang datang kesana seperti berada di pulau pribadi.

11. Pulau Pianemo, Icon Wisata di Raja Ampat Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: rencongpost.com

Yes, jika melihat album foto wisata di Raja Ampat, Papua Barat. Mungkin pandangan kita akan tertuju kepada foto Pianemo Island. Karena selalu menjadi ciri khas wisata Raja Ampat.

Selain Pantai nya yang indah, juga penampakan panorama dari balik bukit nya sangat mempesona. Ialah gugusan bukit karst yang sangat menawan dan instagramable.

Baca Juga: Panduan Mendaki Gunung Bagi Pemula

12. Tembok Berlin, Wisata Kuliner Terbaik di Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: backpackerjakarta.com

Ke Papua Barat, selain menikmati wisata alam nya yang bak surga. Jangan lupa untuk mencicipi kulinernya juga ya traveler.

Tempat Wisata Kuliner di Papua Barat yang paling terkenal antara lain Tembok Berlin. Kok seperti di Jerman ya?

Ya .. Nama “Tembok Berlin” memang diambil dari nama tembok yang dulu memisahkan Jerman Barat dan Jerman Timur, meski yang ada di sini sama sekali tidak terlihat seperti itu.

Tembok Berlin di Sorong, Papua Barat adalah tembok pembatas antara pantai dengan jalan raya tepi pantai yang bentuknya memanjang. Di sore hari, kawasan ini sering dijadikan lokasi berkumpulnya turis dan penduduk untuk melihat matahari terbenam dan pada malam hari tempat ini akan beralih menjadi tempat makan, khususnya seafood.

13. Pulai Waigeo, Pulau Terbesar di Raja Ampat Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: pedomanwisata.com

Dari ke empat pulau di perairan Raja Ampat, Pulau Waigeo paling besar. Pulau Waigeo juga dikenal sebagai Amberi, atau Waigiu, yang terletak di provinsi Papua Barat dekat kota Sorong.

14. Air Terjun Batanta, Air Terjun Menawan di Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber photo: seputarwisata.com

Berkunjung ke Raja Ampat, jangan lupa untuk menghampiri Air Terjun Batanta, karena sangat indah loh.

Pulau Batanta merupakan salah satu pulau besar yang ada di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat.

Berada di tengah hutan belantara, air terjun dengan ketinggian 10 meter ini memang terlihat sangat megah. Belum lagi dengan bebatuan yang ada di sekitarnya, menambah sosok dari kawasan alam ini semakin asri.

15. Danau Framu, Surga Tersembunyi di Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: jalanblog.wordpress.com

Berada di Ayamaru, kab. Maybrat, Provinsi Papua Barat. Sekitar 216 kilometer arah barat dari Kota Sorong

memiliki luas 980 Hektare yang mana terbentang membelah sebagian besar kampung-kampung di dataran Ayamaru.

Danau Framu, menjadi satu dari sekian banyak objek wisata yang ada di Papua Barat. Meskipun tidak sedikit piblik lebih mengenal dan lebih sering memuja Raja Ampat, tapi bukan berarti Danau Framu tidak memiliki keistimewaan.

16. Taman Burung Aimas, Wisata Ramah Anak di Papua Barat

Tujuan Wisata Terbaik di Papua Barat Tahun Ini
Sumber gambar: kakikecill.files.wordpress.com

Aimas, Kabupaten Sorong, bisa dijadikan tempat yang tepat untuk berlibur dan menambah pengetahuan seputar Unggas, karena terdapat taman burung yang menyimpan berbagai jenis burung dan jarang kita lihat. Apalagi jika berlibur dengan keluarga dan anak.

Taman Burung Aimas namanya, berlokasi di Jl. Osok, Distrik Aimas, Kab. Sorong. Terdapat banyak sekali burung di penakaran sana, diantaranya burung Cendrawasih, Burung Kaka Tua Raja, Mambruk, Parkit, Cicak Rowo, Beo, Merak, Alap-alap, Nuri, dan lain-lain.

Baca Juga: 12 Peralatan Mendaki Gunung yang Wajib Dibawa Pemula

17. Misool, Pulau Eksotis di Papua Barat

Terletak di Kepulauan Raja Ampat, Misool punya daya tarik tersendiri.

Pulau Misool berada di salah satu segitiga karang dunia. Itu mengapa panorama bawah laut Misool menjadi salah satu yang paling indah di Papua Barat, bahkan di dunia.

18. Pulau Matan, Pulau Tenang di Papua Barat

Eksistensinya memang tidak se-terkenal misool atau pun pianemo di Raja Ampat, meski sama-sama berada di Kab. Raja Ampat. Sehingga jika datang kesana, kita seakan berada di pulau pribadi. Suasana nya sangat tenang dan jauh dari keramaian. Cocok untuk menyepi nih.

Pulau Matan berlokasi di Kepulauan Sembilan, Raja Ampat.

19. Wayag Island, Destinasi Wajib Jika ke Raja Ampat

Masih bicara deretan destinasi wisata andalan di Raja Ampat, yang juga menjadi icon pariwisata Raja Ampat. Pulau Wajag Namanya.

Wayag merupakan pulau terjauh dari Raja Ampat. Oleh karena itu, untuk tiba di tempat ini, diperlukan enam hingga tujuh jam perjalanan dengan speedboat dan harus berangkat pada malam atau subuh.

20. Danau Anggi Gigi, Sepasang Danau Misteri di Pedalaman Papua Barat

Tempat wisata ini memang belum begitu terkenal, tapi cukup menarik. Terdapat 2 danau kembar, yang sering disebut dengan danau laki-laki dan perempuan di pedalaman papua barat. Tepatnya berada di Pegunungan Arfak.

Nama lengkap dari kedua danau ini adalah Anggi Giji dan Anggi Gida. Seperti nama manusia ya.

Banyak cerita legenda yang berkembang di Masyarakat mengenai asal-muasal danau tersebut ada.

Nah, itulah sekitar 20 referensi tempat wisata terkenal di Papua Barat. Semoga bisa memberikan sedikit tambahan informasi, untuk Anda yang akan berwisata ke bumi cendrawasih.

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email