Wajib Baca

Kumpulan Quotes Tere Liye Terbaik Lengkap

Tere Liye adalah seorang penulis pria yang lahir di pulau Sumatera pada tanggal 21 Mei 1979. Dia adalah anak ke 6 dari 7 bersaudara yang berasal dari keluarga petani sederhana. Tere Liye sudah menghasilkan banyak buku dan novel yang menjadi best seller dan otomatis membuatnya terkenal. Karyanya a…

Rekomendasi Gunung di Jawa Barat yang Ramah untuk Pemula

Gunung di Jawa Barat yang Cocok Untuk Belajar Mendaki

Gunung di pulau jawa menjadi yang terbanyak diantara pulau-pulau lain di Indonesia. Deretan gunung-gunung tersebut pun sudah sangat populer dan selalu menjadi tujuan wisata para pendaki dari seluruh penjuru Indonesia, termasuk di Jawa Barat.

Tipe daratan Jawa Barat yang terdiri dari perbukitan menjadikannya menjadi salah satu yang memiliki deretan gunung-gunung indah dengan pemandangan yang asri dan sejuk.

Gunung tertinggi di dataran Jawa Barat adalah Gunung Ciremai yang berada di Kuningan / Majalengka. Dengan ketinggian 3.078 MDPL (Meter Di Atas Permukaan Laut). Gunung Ciremai menjadi salah satu primadona bagi para pendaki yang ini merasakan berada di atap Jawa Barat.

Tapi tidak semua pendaki memiliki ketertarikan terhadap gunung-gunung yang tinggi. Seperti contohnya para pemula yang baru memulai hobi di dunia pendakian. Mereka akan memilih gunung-gunung dengan ketinggian sedang untuk dijadikan tujuan oleh para pendaki pemula atau yang baru belajar mendaki.

Berikut beberapa gunung di Jawa Barat yang sudah cukup populer dan sering dijadikan tujuan mendaki oleh para pemula.

1. Gunung Papandayan

Gunung Papandayan Terletak di Kabupaten Garut, tepatnya di kecamatan Cisurupan. Gunung yang satu ini sangat populer di Jawa Barat. Ada banyak keistimewaan yang ditawarkan oleh Gunung Papandayan. Meski ketinggiannya tidak terlalu tinggi yakni 2.665 MDPL, Gunung Papandayan menawarkan pemandangan yang luar biasa.

Terdapat kawah yang masih aktif, yang terus mengalir dan masih mengeluarkan bau belerang yang menyengat. Hamparan bunga edelweis, camp ground yang nyaman, dan satu lagi yang tidak ada di tempat lain adalah hutan mati.

Hutan dengan pepohonan gundul yang sudah mati bekas erupsi dahsyat Gunung Papandayan beberapa ratus silam.

Gunung di Jawa Barat yang Mudah untuk Didaki

Treking ke Gunung Papandayan dari pintu masuk sampai camping ground untuk para pemula kurang lebih 3-4 jam, tergantung kecepatan masing-masing.

Baca Juga: Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula Agar Aman dan Nyaman

2. Gunung Galunggung

Gunung Galunggung terletak di Tasikmalaya. Ada satu gunung sangat tidak kalah cantik dan sangat ramah untuk pemula. Ya Gunung Galunggung.

Ketinggiannya 2.168 MDPL, menjadikan gunung galunggung tidak terlalu tinggi untuk di daki. Apalagi medan yang sangat mudah menjadikan gunung galunggung menjadi favorite para pendaki pemula.

Mendaki Gunung Galunggung cukup menaiki tangga yang sudah dibuat oleh pengurus sampai ke puncak atau kawah Gunung Galunggung. Tapi meski begitu, cukup membuat dengkul gemetar lho. Jadi pastikan tetap menyiapkan fisik yang prima sebelum mendaki.

Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Jawa Barat
Sumber Gambar: zoetami.com

Baca Juga: Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dibawa Pemula

3.Gunung Lembu

Gunung yang satu ini berada di Purwakarta, tepatnya desa Panyindangan kecamatan Sukatani. Mungkin tidak terlalu populer untuk sebagian orang, padahal Gunung Lembu menawarkan pemandangan yang tidak kalah keren dan tidak biasa.

Yaitu waduk jatiluhur, waduk terbesar di Indonesia terlihat dari puncak gunung lembu. Dengan ketinggian yang pendek yakni hanya 780 MDPL, gunung / bukit lembu menjadi favorite para pendaki pemula. Khususnya pendaki lokal.

Gunung Lembu di Purwakarta, Jawa Barat

Eitsss, jangan meremehkan ketinggiannya yang pendek itu. Walau kurang dari 1.000 MDPL tetapi medan yang akan dilalui cukup terjal lho, tetap siapkan fisik dan stamina yang baik.

Selain Gunung Lembu, terdapat gunung-gunung lain yang saling berdampingan. Antara lain Gunung Bongkok dan Gunung Parang. Keduanya tidak kalah keren dan menawarkan pemandangan yang berbeda-beda juga ramah pemula.

4. Gunung Gede Pangrango

Lokasinya mengitari 3 kota yakni Sukabumi, Bogor, dan Cianjur. Gunung yang satu ini sebetulnya tidak spesifik untuk pemula saja sih. Karena gunung gede memiliki ketinggian yang lumayan, yakni 2.9958 MDPL. Selain itu, Gunung Gede menjadi salah satu gunung favorite para pendaki, termasuk yang sudah senior. Tapi, para pemula pun bisa direkomendasikan untuk mendaki Gunung Gede.

Baca Juga: Kumpulan Destinasi Wisata Paling Terkenal di Bogor

Mendaki gunung gede melalui jalur Gunung Putri misalnya. Jalur ini memilki tingkat kesulitan yang kecil dibanding jalur lain seperti Cibodas atau Selabintana. Sehingga para pemula pun bisa mendaki gunung gede dengan mudah.

Pemandangan yang ditawarkan Gunung Gede bisa dikatakan lengkap seperti gunung-gunung pada umumnya. Kita bisa menikmati matahari terbit dari Puncak Kawah Gunung Gede, atau menikmati heningnya malam di alun-alun suryakencana dengan hamparan edelweis yang menawan.

Gunung Gede Pangrango di Jawa Barat
Alun-alun Suryakencana di Gunung Gede

5. Gunung Batu

Terletak di Jonggol, tepatnya di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Gunung yang satu ini mungkin lebih cocok disebut dengan bukit, karena ketinggiannya yang hanya 875 MDPL.

Selalu menjadi alternatif para pendaki yang rindu dengan treking, atau para pendaki pemula yang baru memulai hobi mendaki. Apalagi lokasi yang tidak jauh dari Jakarta membuat Gunung Batu Jonggol selalu ramai ketika akhir pekan tiba.

Itulah diantaranya beberapa rekomendasi gunung di Jawa Barat yang cocok didaki oleh pemula atau yang baru belajar mendaki gunung. Selain gunung-gunung tersebut diatas, sebenarnya masih banyak gunung yang bisa direkomendasikan untuk para pemula. Tapi paling tidak daftar diatas yang paling populer, dan bisa menjadi referensi untuk teman-teman pendaki pemula.

Meski gunung-gunung diatas memiliki ketinggian yang standar, tapi teman-teman pendaki tetap harus mempersiapkan stamina yang prima ya.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email