Contoh Usaha Kecil-Kecilan yang Menghasilkan Untung Besar

Siapa bilang usaha dengan modal minim tidak bisa mendatangkan keuntungan yang besar? Buktinya banyak orang yang merintis usaha dengan modal kecil namun mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit. Modal bukan satu-satunya syarat untuk memulai usaha bahkan seharusnya tidak dijadikan alasan untuk tidak memulainya. Namun nyatanya banyak yang ciut dan ragu untuk membuka usaha karena merasa tidak mempunyai modal yang cukup besar.

usaha modal sedikit untung banyak
Gambar: pixabay.com

Banyak para pengusaha sukses dan terkenal yang memulai usaha mereka dengan modal pas-pasan, sebut saja Bob Sadino dan mantan menteri kelautan Ibu Susi Pujiastuti. Berkat memanfaatkan peluang dan ketekunan, keberhasilanpun menghampiri mereka. Jadi, jangan berkecil hati ya untuk kalian yang ingin memulai usaha namun memiliki modal yang terbatas. Berikut alfabetis.com berikan referensi ide usaha kecil-kecilan dirumah yang menguntungkan.

Contoh Usaha Modal Kecil Untung Besar

Dijaman sekarang bisnis sudah menjadi lifestyle, mulai anak sekolah, kuliahan sampai ibu rumah tangga tidak mau ketinggalan untuk mencari peruntungan dari bisnis. Banyak sekali bisnis yang bisa dilakukan oleh siapa saja yang tidak membutuhkan keahlian dan modal yang besar. Beberapa jenis usaha berikut mungkin bisa kalian coba untuk memulai usaha dengan modal yang minim.

1. Bisnis Dropship

Sejak kebiasaan belanja online mulai merebak, bisnis satu inipun mulai menjamur dan digemari. Dropship merupakan bisnis modal kecil yang menjanjikan. Alih-alih dengan modal kecil, dropship malah tidak membutuhkan modal dana atau uang sama sekali. Setidaknya kita hanya bermodal koneksi internet dan smartphone saja.

Sistem kerja dari dropship adalah kita mencari supplier yang berkualitas, kemudian tugas kita hanya memasarkan produk sang supplier. Jika ada calon konsumen, kita tinggal meneruskan pesanan kepada si supplier tadi. Setelah itu tugas kita sebenarnya selesai, karena untuk pengiriman akan dilakukan oleh supplier dengan menggunakan nama brand atau toko kita. Enak sekali bukan? Kita juga bebas menentukan harga atau margin untuk keuntungan. Bisnis ini tidak membutuhkan modal karena kita tidak perlu menyetok barang untuk dijual. Selain itu kita juga tidak akan repot sama sekali.

Baca Juga: Contoh Proposal HUT RI 17 Agustus 2020 Lengkap

Meski terlihat sangat simple dan asik, namun usaha dropship bukan berarti tanpa rintangan. Mencari supplier yang bagus agar pelanggan puas dan sesuai keinginan adalah sesuatu yang tidak mudah. Apalagi kita tidak melihat langsung barang yang kita jual dan dikirim kepada costumer. Sebelum melakukan dropship sebaiknya kita mencari tau dahulu spesifikasi barang yang kita jual, lebih bagus lagi jika kita mencobanya sebelum memasarkannya.

2. Membuat Produk Pre Order

Tidak jauh berbeda dengan bisnis dropship, bisnis pre order ini juga merupakan usaha yang menjanjikan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal. Bagi yang belum tau cara kerja bisnis pre order yaitu kita memasarkan gambar produk kita terlebih dahulu di internet, kemudian jika calon konsumen tertarik kita menarik uang pembayaran di awal untuk kemudian barang kita buatkan. Biasanya pre order ada beberapa sesi atau schedule, yaitu sesi pemesanan, pembayaran, pembuatan dan pengiriman. Jadi calon pelanggan harus extra sabar untuk mendapatkan produk pre order ini.

Produk yang bisa dijual dengan sistem pre order contohnya produk fashion seperti kaos-kaos distro, baju-baju wanita, aksesoris atau produk yang membutuhkan keahlian seperti lukisan, pajangan, hiasan dan lain sebagainya.

3. Jasa Laundry Kiloan

usaha yang menjanjikan modal kecil
Gambar: pixabay.com

Usaha rumahan modal kecil yang menguntungkan selanjutnya adalah usaha laundry kiloan. Bisnis ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk ibu-ibu rumah tangga yang mempunyai waktu luang. Dengan bermodalkan mesin cuci (boleh yang biasa dipakai sehari-hari di rumah) dan sedikit modal lain seperti pewangi dan timbangan kita sudah bisa membuka usaha laundry.

Baca Juga: Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat No HP Tanpa Diketahui

Jaman sekarang orang-orang ingin simple dan tidak mau repot, termasuk urusan mencuci. Jadi bisnis laundry ini mempunyai prospek yang bagus, apalagi jika lokasinya dekat dengan asrama atau kost mahasiswa, karyawan, dan perumahan orang-orang sibuk.

4. Menjual Snack dan Makanan Ringan

Selanjutnya ada usaha kecil-kecilan dirumah yang menguntungkan yaitu menjual snack dan makanan ringan. Bisnis rumahan ini sedang ngetrend dilakukan pada saat ini. Maklum saat pandemi seperti sekarang orang-orang cukup kebingungan untuk mencari penghasilan karena banyak orang yang terkena PHK atau diliburkan dikantor. Salah satu bisnis sampingan mereka adalah menjual makanan dan cemilan-cemilan.

Contoh usaha kecil-kecilan makanan yang bisa dijual biasanya cemilan-cemilan instan seperti bakso instan, kue-kue, frozen food, minuman dan lain-lain. Karena makanan dan minuman tidak tahan lama, oleh karena itu target market untuk usaha ini biasanya untuk orang-orang terdekat. Promosi biasanya dilakukan di media sosial seperti Facebook, Instagram, WhatsApp dan lain-lain.

5. Menjual Pulsa Elektrik dan Paket Data

Bisnis ini sudah sejak lama dilakukan oleh banyak orang. Namun tidak ada salahnya jika kalian mau mencoba peruntungan juga. Apalagi semakin kesini kebutuhan akan pulsa dan paket data internet masyarakat semakin besar, sehingga bisnis ini salah satu yang masih memungkinkan mendapatkan keuntungan.

Baca Juga: 200+ Quote Kenangan Masa Kecil Untuk Nostalgia

Menjual pulsa dan paket data bisa dibilang termasuk usaha kecil-kecilan untuk remaja karena modal yang harus disipankan tidak terlalu besar dan karena anak muda biasanya lebih banyak relasi para pengguna aktif handphone dan internet.

6. Menjual Makanan Sarapan di Pagi Hari

Jika kebetulan lokasi tempat tinggal anda dekat dengan lokasi perkantoran, sekolah maupun pusat keramaian lain mungkin jenis usaha yang satu ini bisa anda coba. Menjual menu-menu sarapan.

Ide usaha ini memang terdengar sederhana, sekilas seperti tidak menjanjikan. Namun siapa sangka, disaat jam-jam sibuk pagi hari tempat sarapan selalu diburu banyak orang. Terlebih jika berada di lokasi yang strategis, usaha jenis ini akan menjadi usaha rumahan modal kecil untung besar.

7. Jasa Les Private

Bagi anda yang mempunyai keahlian mungkin bisa membuka usaha kecil rumahan dengan memanfaatkan skill anda. Membuka les private atau kursus bisa menjadi alternatif ide usaha dengan modal sedikit lainnya. Les private tidak selalu tentang ilmu pendidikan layaknya memberi les kepada anak-anak sekolah, bisa juga les musik, komputer atau keahlian lainnya.

Karena sudah punya ilmunya, usaha ini tidak membutuhkan banyak modal. Paling tidak hanya menyiapkan properti pendukungnya saja.

Itulah beberapa contoh usaha kecil yang menjanjikan dengan modal minim. Semoga bisa menjadi referensi dan memberikan ide segar untuk anda yang sedang ingin memulai usaha. Meski tidak dengan modal yang besar, semua usaha bisa dilakukan dengan baik. Kuncinya adalah tekun, fokus, konsisten dan pantang menyerah dengan banyaknya rintangan.

SHARE
Terbaru Lebih lama

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email