30 Tempat Wisata Terkenal di Sukabumi

Tidak jauh dari Jakarta dan Bogor ada sebuah daerah yang memiliki kekayaan wisata yang luar biasa, daerah tersebut bernama Sukabumi. Sekitar 40% dari luas Sukabumi berbatasan dengan laut, yakni samudera hindia di selatan. Lalu 60%-nya lagi berbatasan dengan daratan yaitu Kabupaten Lebak di sebelah barat, Kabupaten Bogor di utara dan Kabupaten Cianjur di timur. Sukabumi juga diapit 2 gunung yang aktif, yaitu Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak.

Untuk destinasi wisatanya sendiri di Sukabumi terbilang lengkap, terutama wisata alamnya. Mulai dari dataran tinggi atau perbukitan, laut, air terjun, danau dan tidak ketinggalan wisata kotanya. Sukabumi seringkali dijadikan tujuan wisata para wisatawan, sehingga tempat-tempat wisata di Sukabumi selalu ramai apalagi saat musim liburan.

Berikut list tempat wisata terkenal di Sukabumi yang bisa dijadikan tujuan berlibur bersama keluarga, sahabat, rekan-rekan kerja maupun lainnya.

1. Wana Wisata Situ Gunung, Danau Indah di Kaki Gunung

Kumpulan Tempat Wisata Sukabumi
Sumber gambar: Instagram @dwphotography86

Tempat wisata ini sudah sangat terkenal dan selalu menjadi tujuan para wisatawan yang datang ke Sukabumi. Baik itu wisatawan dari luar kota maupun wisatawan lokal Sukabumi juga sering menghabiskan waktu libur atau akhir pekan di Wana Wisata Situ Gunung. Apalagi sekarang sudah terdapat fasilitas dan spot tambahan di Situ Gunung, yakni Suspension Bridge atau Jembatan Gantung yang menjadikan tempat tersebut semakin diburu para wisatawan.

Lokasinya berada di Desa Gede Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Tiket masuknya seharga Rp. 16.000,- (weekday) dan Rp. 18.500,- (weekend). Ada fasilitas menaiki perahu berkeliling danau di Danau Situ Gunung dengan tarif 10-15K saja.

2. Situ Gunung Suspension Bridge, Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia

Merupakan tempat wisata Sukabumi yang sedang hits dan populer. Jembatan gantung ini masih berlokasi di Wana Wisata Situ Gunung. Baru dibuka sekitar tahun 2019 awal dan baru diresmikan akhir tahun 2019. Jembatan gantung ini menjadi yang terpanjang di Indonesia, memiliki panjang 243 meter, lebar 1,2 meter dan tinggi 107 meter. Jembatan ini menghubungkan lokasi danau Situ Gunung dengan Air Terjun Sawer. Keunikan jembatan membuat para wisatawan ingin datang dan merasakan sendiri sensasi menaiki Jembatan Gantung fenomenal di Indonesia tersebut.

Wisata Jembatan Gantung Sukabumi
Sumber gambar: Instagram @ariadisyukur

Tarif masuk dan menyebrang Jembatan Gantung Situ Gunung adalah Rp. 50.000. Tarif tersebut juga sudah termasuk welcome drink berupa makanan dan minuman tradisional yang tersedia di lokasi dan bisa disantap oleh para pengunjung.

3. Bukit Baros, Tempat Sejuk Dekat Pusat Kota Sukabumi

Wisata Hutan Pinus Sukabumi
Sumber gambar: gayahiduppria.com

Tempat wisata bernuansa alam ini berlokasi di Kampung Cihuis RT 11/04 Desa Sasagaran, Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi. Hanya sekitar 30 menit dari pusat kota Sukabumi, pengunjung sudah bisa menikmati wisata alam yang sejuk. Berlokasi di daerah perbukitan dengan kebun pinus yang sejuk, tempat ini pun menjadi salah satu tempat yang Instagenic di Sukabumi. Oleh karena itu selalu banyak wisatawan yang datang, baik lokal maupun dari luar kota.

Sebenarnya tempat ini merupakan pabrik penghasil keju. Namun karena lokasinya yang asik dan adem, sehingga dibuka untuk kunjungan para wisatawan. Tiket masuknya adalah Rp. 30.000,- , dan bisa ditukar dengan snack (keju atau yogurt).

4. Ujung Genteng, Pantai Indah di Selatan Sukabumi

Wisata Pantai Ujung Genteng Sukabumi
Sumber gambar: Instagram @sandy.san205

Salah satu pantai tercantik di Sukabumi adalah Pantai Ujung Genteng. Seperti sudah disinggung bahwa 40% luas Sukabumi berbatasan dengan lautan, dan Ujung Genteng merupakan salah satunya.

Pantai Ujung Genteng memiliki garis pantai yang panjang, sehingga asik untuk wisatawan bermain air. Lokasinya berada di Selatan Sukabumi sekitar 100KM dari pusat kota Sukabumi. Cukup jauh sih, belum lagi dengan medan jalan yang sulit. Tapi pasti akan terbayar dengan apa yang didapat setelah sampai ke pantai cantik di sana. Ada banyak pantai yang bisa dikunjungi di Ujung Genteng, mulai dari Minajaya, UG, Pangumbahan, Cibuaya, Ombak 7 dan lain sebagainya.

5. Selabintana, Tempat Liburan Keluarga di Sukabumi

Tempat wisata ini bisa dibilang tempat wisata paling dekat dengan pusat kota Sukabumi. Hanya berjarak sekitar 5 KM atau sekitar 15 menit saja dari kota Sukabumi. Sebetulnya Selabintana ini merupakan sebuah resort dengan halaman yang luas seperti padang rumput, sehingga sering dibuka umum untuk dijadikan tempat santai.

Wisata Santai Keluarga di Sukabumi
Sumber gambar: Instagram @mawarphotography

Pengunjung biasanya datang bersama keluarga, untuk sekedar ngadem atau menghabiskan waktu dengan keluarga dan botram (makan-makan). Tidak jarang para wisatawan datang dari luar kota untuk merasakan kesejukan dan bersantai di tempat itu. Di sana juga tersedia kolam renang untuk para wisatawan.

Tiket masuk cukup membayar Rp. 10.000,- /orang. Sangat murah kan?

Tarif itu belum termasuk parkir dan biaya lain-lain, seperti sewa tikar, menggunakan kolam renang dan lainnya. Lokasinya berada di Jl. Selabintana KM. 7, Sundajaya Girang, Kecamatan Sukabumi, Sukabumi, Jawa Barat 43151.

Baca Juga: 99+ Wisata di Bogor yang Paling Hits

6. Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG), Taman Bumi yang Mendunia

Ciletuh Geopark, Wisata Sukabumi Standar Dunia
Sumber gambar: trubus.id

Siapa tidak kenal dengan wisata yang satu ini. Tempat wisata yang lebih dikenal dengan sebutan Ciletuh Geopark ini sedang menjadi wisata andalan di Sukabumi. Setiap akhir pekan bahkan setiap hari, para wisatawan berdatangan untuk mengunjungi Ciletuh Geopark.

Taman bumi Ciletuh sudah diakui dunia, dengan nama lengkap Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG). Di sana wisatawan sangat dimanjakan oleh pemandangan yang sangat menawan. Yang menjadi andalannya adalah kumpulan air terjun yang banyak dan cantik-cantik. Di sana juga terdapat pantai dan wisata perbukitan, sangat lengkap.

7. Curug Sawer, Air Terjun Indah di Situ Gunung

Selain terdapat danau atau situ, di Situ Gunung juga terdapat air terjun cantik dengan nama Curug Sawer. Kalau dulu kala untuk menuju Curug Sawer itu pengunjung perlu berjalan kaki melewati lembah dengan jalanan yang terjal, tapi sekarang tidak lagi berkat adanya Jembatan Gantung Situ Gunung.

Curug Sawer Situ Gunung Suspension Bridge
Sumber gambar: Instagram @ihsannuryadin

8. Pantai Karang Gantungan, Destinasi Wisata Sukabumi Viral 2020

Baru-baru ini muncul satu tempat wisata yang sedang menjadi perbincangan dan buruan para wisatawan. Tempat tersebut berupa pantai dengan pemandangan yang sangat cantik, berupa hamparan pasir putih dengan view batu karang di tengah-tengahnya. Pantai ini digadang-gadang sebagai Tanah Lot-nya Sukabumi, pantai Karang Gantungan namanya.

Pantai Karang Gantungan, Pantai Viral di Sukabumi
Sumber gambar: Instagram @irwansyh177

Lokasinya berada di Jl. Surade, Purwasedar, Kec. Surade, Kab. Sukabumi. Karena merupakan lokasi baru, tiket masuknya pun masih sangat terjangkau yakni cukup membayar parkir kendaraan saja. Namun jangan aneh, kalau jalan menuju objek wisata ini masih sangat terbatas fasilitas dengan jalanan yang rusak.

Baca Juga: Wisata Yogyakarta Paling Populer dan Terbaru

9. Curug Awang, Niagara Mini Cantik di Kawasan CPUGG

Seperti sudah disinggung di atas, bahwanya wisata andalan yang ada di Ciletuh berupa kumpulan air terjun. Sangat banyak air terjun yang bisa dikunjungi para wisatawan yang datang ke Ciletuh. Salah satu Air Terjun yang cantik di Ciletuh yaitu Curug Awang.

Wisata Air Terjun di Sukabumi
Sumber gambar: Instagram @ryanwijaya69

Air terjun ini berlokasi di Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, 43177. Tipe air terjun ini tinggi nan luas membentuk tirai, seperti niagara mini. Terlebih jika air sungai sedang besar, keindahan Curug Awang pun semakin nyata.

10. Puncak Darma, Melihat View Teluk Ciletuh dari Ketinggian

Salah satu destinasi wisata di Ciletuh yang paling menjadi buruan para wisatawan adalah Puncak Darma. Lokasi perbukitan ini memiliki pemandangan yang sangat cantik dan fenomenal. Yaitu berupa teluk Ciletuh yang terlihat dari ketinggian.

Ciletuh Geopark, Surga Dunia yang ada di Sukabumi
Sumber gambar: Instagram @zulfan_zulfahri

Puncak Darma berlokasi di Ciwaru antara Jl. Loji - Palangpang. Jika menuju Ciletuh dengan menggunakan jalur Loji, maka kita akan lebih dulu tiba di Puncak Darma. Tiket masuknya Rp. 3000,- dan parkir motor Rp. 2000,-.

11. Curug Cimarinjung, Air Terjun Paling Terkenal di Kawasan CPUGG

Salah satu air terjun yang paling banyak dikunjungi diantaranya Curug Cimarinjung. Air terjun ini berlokasi diantara Puncak Darma dan Pantai Palangpang, yaitu masih di Ciwaru. Tipe air terjun yang deras dengan dinding batu yang sangat indah, seperti di film Jurassic Park.

Wisata Sukabumi Terkeren dan Paling Terkenal
Sumber gambar: piknikdong.com

Tiket masuknya pun sangat terjangkau, yakni hanya Rp. 3000,- /orang untuk sumbangan kebersihan.

Baca Juga: Gunung Jawa Barat dengan Track yang Mudah Untuk Pemula

12. Curug Sodong, Air Terjun Kembar di Kawasan CPUGG

Curug Sodong, Curug Kembar di Ciletuh
Sumber gambar: innagroup.co.id

sama halnya seperti Cimarinjung, air terjun ini juga salah satu yang paling banyak dikunjungi. Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Cimarinjung dan masih berada di wilayah Ciwaru. Tiket masuk untuk ke Curug Sodong cukup membayar parkir sebesar Rp. 5000 rupiah/motor.

13. Curug Puncak Manik, Air Terjun Tersembunyi di Kawasan CPUGG

Curug Puncak Manik, Surga Tersembunyi di Ciletuh Geopark
Sumber gambar: camerawisata.com

Air terjun ini berlokasi di Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi air terjun ini tersembunyi dan perlu perjuangan untuk sampai kesana. Sebetulnya bisa menggunakan 2 jalur, namun yang lebih sering digunakan adalah jalur baru. Jalur lama berupa jalanan naik turun yang terjal dan harus menyebrang sungai besar. Sedangkan untuk jalur baru merupakan anak tangga yang sangat panjang, konon ada 1000 anak tangga. Oleh karena itu air terjun Puncak Manik sering disebut dengan sebutan curug seribu tangga.

14. Curug Cikaso, Air Terjun Paling Indah di Sukabumi

Kalau bicara wisata Sukabumi, pastinya tidak akan jauh-jauh dari wisata air terjun. Berbagai macam jenis air terjun sepertinya sangat lengkap di sana. Salah satu air terjun yang konon paling cantik di Sukabumi yaitu Curug Cikaso. Dan katanya juga, Curug Cikaso menjadi salah satu curug terindah di Jawa Barat.

Curug Terindah di Sukabumi dan Jawa Barat
Sumber gambar: pegipegi.com

Air terjun dari aliran sungai Cikaso ini berlokasi di Desa Cibitung, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Kalau dari kota Sukabumi searah dengan jalan menuju Ujung Genteng, hanya perlu berbelok sebelum sampai di terminal Surade.

Nama asli Curug ini adalah Curug Luhur, hanya untuk wisatawan dan warga setempat lebih sering menyebut dengan sebutan Curug Cikaso karena merupakan aliran anak sungai Cikaso. Tiket masuknya adalah Rp. 3000,- di loket masuk, kemudian jika ingin menggunakan perahu menuju curug harus menambah Rp. 10.000,- /orang.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Mendaki Gunung dengan Baik

15. Curug Cigangsa, Air Terjun Unik di Selatan Sukabumi

Sebagian orang menyebutnya Curug Batu Suhunan. Merupakan satu air terjun unik yang ada di Sukabumi. Keunikannya yaitu berupa undakan bebatuan yang tersusun rapi, sehingga menambah kecantikannya.

Curug Unik di Sukabumi
Sumber gambar: roninasrudin.blogspot.com

Alamatnya berada di Surade, Sukabumi selatan. Tepatnya di Ds. Pasiripis, Surade, Sukabumi, Jawa Barat 43179. Kalau dari pusat kota Sukabumi jalurnya searah Curug Cikaso dan Ujung Genteng. Cukup jauh, sekitar 90 KM dari pusat kota.

16. Panenjoan, Mega Amphiteater Raksasa di Kawasan CPUGG

Merupakan spot yang iconic di CPUGG atau Ciletuh Geopark selain Puncak Darma. Lokasinya berada di Tamanjaya, Ciemas, Kab. Sukabumi. Spot ini berupa bukit dengan view yang sangat indah, hijau, luas membentang dan menjadi salah satu tempat instagenic di Ciletuh Geopark.

Mega Amphitheater Ciletuh Geopark
Sumber gambar: jadiberita.com

Panenjoan juga sering disebut Mega Amphitheater raksasa yang menampilkan pertunjukan alam yang sangat mempesona. Dari Panenjoan, kita bisa melihat 3 desa bahkan jika sedang cerah terlihat juga samudera hindia atau lekukan Pantai Palangpang di balik bukit.

Panejoan Ciletuh Geopark Sukabumi
Sumber gambar: Instagram @yudirisdianto

Panenjoan merupakan pintu gerbang wisata Ciletuh jika penggunjung datang ke menggunakan jalur waluran.

17. Ryzzy Azzahra Waterpark, Taman Air Terkenal di Sukabumi

Taman Bermain Air Terbesar Pertama di Sukabumi
Sumber gambar: travelingan.net

Lokasinya ada di Jl. Selabintana KM 5, Karawang, Sukabumi, Jawa Barat 43151, hanya sekitar 5KM dari pusat kota. Untuk sampai kesana bisa menggunakan kendaraan umum atau angkutan online. Rizzy Azzahra merupakan waterpark pertama di Sukabumi yang berstandar nasional, sehingga cukup banyak peminatnya. Tiket masuknya adalah Rp. 25.000 (weekday), 40.000 (weekend) untuk anak-anak. Sedangkan untuk dewasa Rp. 30.000 (weekday) dan Rp. 50.000 (weekend).

Baca Juga: Kumpulan Wisata di Bandung Terbaru dan Sedang Viral

18. Sakurate, Tempat Makan Unik ala Kapal Pesiar

Merupakan sebuah resto yang menyajikan menu makanan dengan nuansa jepang dengan konsep resto yang sangat unik. Tempatnya didesain menjadi sebuah kapal pesiar yang besar, lalu ditempatkan di sebuah kolam yaitu di kolam renang Rizzy Azzahra. Lokasinya sama dengan kolam renang Rizzy yaitu di Selabintana, Sukabumi.

Tempat Makan Unik di Sukabumi
Sumber gambar: pesenmakan.id

19. Pondok Halimun, Hamparan Kebun Teh Indah di Sukabumi

Tempat wisata yang sudah sangat terkenal di Sukabumi. Biasa digunakan untuk tempat ngadem para wisatawan, termasuk juga warga lokal. Lokasinya yang berada di dataran tinggi, tepat di lereng Gunung Gede Pangrango menjadikan udara di sana sangat sejuk dan dingin, terlebih jika malam hari.

Tempat Camping Sejuk di Sukabumi
Sumber gambar: klikhotel.com

Tempat tersebut sering digunakan untuk camping, karena terdapat camping ground di sana. Atau jika hanya berkunjung sebentar, biasanya para wisatawan berenang di aliran sungai yang jernah dan dingin sekitar Pondok Halimun. Tiket masuknya adalah Rp. 8.000/motor.

20. Curug Cibereum, Air Terjun di Kaki Gunung Gede Pangrango

Air Terjun di Kaki Gunung Gede Pangrango
Sumber gambar: udaindra.blogspot.com

Pintu masuk untuk menuju Curug Cibeureum adalah dari Pondok Halimun dengan loket yang berbeda. Karena masuk ke kawasan TNGGP, maka tiket masuknya adalah Rp. 18.500 (weekend). Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 jam sebelum sampai ke lokasi Curug. Melewati jalanan hutan dan sesekali melewati jalur terjal yang naik turun.

Baca Juga: 99+ Wisata Jakarta yang Wajib Dikunjungi

21. Pelabuhan Ratu, Wisata Pantai Paling Terkenal di Sukabumi

Siapa tidak kenal dengan objek wisata Sukabumi yang satu ini. Palabuhanratu, merupakan wisata pantai paling terkenal di Sukabumi. Pantai ini pun selalu ramai jika akhir pekan atau musim liburan tiba. Menjadi buruan para wisatawan untuk short escape terutama warga lokal Sukabumi hingga Jabodetabek.

Wisata Sukabumi Murah Meriah
Sumber gambar: okezone.com

Ada banyak deretan pantai yang ada di Palabuanratu yang bisa dikunjungi wisatawan. Diantaranya Pantai Citepus, Karanghawu, Cikembang, Cimaja dan lain-lain.

22. Pantai Pangumbahan, Tempat Penakaran Penyu Pantai Selatan

Pantai Pangumbahan merupakan salah satu pantai di deretan pantai Ujung Genteng. Pantai ini biasa digunakan untuk penakaran penyu. Biasanya setiap hari sabtu sore ada ritual pelepasan penyu yang selalu menjadi tontonan para wisatawan. Tiket masuk Pantai Pangumbahan adalah Rp. 5000,-/orang.

Pantai Pangumaban Ujung Genteng, Penakaran Penyu Sukabumi
Sumber gambar: pegipegi.com

23. Goa Buni Ayu, Wisata Caving di Sukabumi

Wisata di Sukabumi tidak hanya air terjun dan laut saja lho, menyusuri gua juga bisa dilakukan di Sukabumi. Di Gua Buni Ayu wisawatan bisa menguji adrenalin dengan menyusuri goa secara vertikal maupun horizontal. Konon Caving Buni Ayu adalah yang terbaik di Jawa Barat.

Wisata Adrenalin di Sukabumi
Sumber gambar: kintana-adventure.com

Lokasinya berada di Cipicung, Kerta Angsana, Nyalindung, Sukabumi, Jawa Barat 43187. Untuk tarifnya sendiri sangat bervariasi tergantung paketnya.

Baca Juga: Kumpulan Wisata Bali Recommended dan Anti Mainstream

24. Curug Bibijilan, Tempat Seru Untuk Shower Climbing

Curug bibijilan adalah air terjun yang ada di sekitar Gua Buni Ayu. Jika kita melakukan caving, maka akan keluar di sekitar Curug Bibijilan. Peserta caving biasanya langsung mandi di air curug yang jernih dan segar itu. Tapi, bagi pengunjung biasa pun bisa datang ke Curug Bibijilan tanpa harus caving dulu kok. Tarif masuknya adalah Rp. 5000,-/orang.

Curug Bibijilan Goa Buni Ayu
Sumber gambar: zoetami.com

Curug Bibijilan juga sering dipakai untuk olahraga adrenalin shower climbing, yaitu memanjat tebing curug. Namun untuk melakukan olahraga ini perlu kordinasi dengan pengurus untuk perlengkapan yang safety. Ada beberapa air terjun di Bibijilan, hanya yang paling banyak dikunjungi adalah aliran yang paling atas. Sebelum sampai di Curug, pengunjung yang datang terlebih dahulu disuguhkan suasana hutan pinus yang sejuk.

Shower Climbing di Curug Bibijilan
Sumber gambar: embunpagitours.com

25. Curug Cirajeg, Niagara Mini yang Unik di Tengah Sawah

Mungkin nama curug ini tidak terlalu familiar di telinga kita, namun Curug Cirajeg sejak lama menjadi objek wisata yang diminati oleh wisatawan lokal Sukabumi. Namanya mulai dikenal sekitar tahun 2017. Daya tarik dari Air Terjun ini adalah pemandangan lanskap sekelilingnya, berupa hamparan terasering sawah yang sangat indah nan hijau.

Cirajeg, Curug Unik di Sukabumi Tengah Sawah
Sumber gambar: Instagram @aditia.putra.21

26. Curug Caweni, Air Terjun Legenda di Selatan Sukabumi

Curug Caweni terkenal dengan cerita mistisnya yang melegenda. Air terjun ini sudah terkenal sejak dulu kala, setidaknya untuk warga lokal. Namun karena tidak diurus dengan baik, akhirnya terbengkalai deh. Sejak awal tahun 2019, curug ini ditata oleh warga setempat sehingga lebih nyaman untuk dikunjungi.

Curug Caweni, Curug Legenda Mistis di Sukabumi
Sumber gambar: Instagram @sahuleksa

Sekarang curug ini menjadi salah satu lokasi wisata hits dan banyak yang berkunjung, bukan hanya warga lokal melainkan dari luar daerah juga. Lokasinya berada di Kp. Cidolog, Kab. Sukabumi. Untuk tiket masuk cukup bayar parkir saja.

27. Muara Cikaso, Menyusuri Sungai Cikaso dengan Perahu

Muara Sungai Cikaso Tegal Buleud Sukabumi
Sumber gambar: Instagram @rizkiifebriann

Jika berkunjung ke Curug Cikaso, jangan lupa untuk sekalian mengunjungi muara sungai Cikaso. Untuk kesana biasanya pengunjung menaiki perahu sampan dari lokasi Curug Cikaso selama 1 jam. Tarifnya sekitar 200-300 ribu per perahu bisa diisi hingga 10 orang, tergantung kepintaran bernegoisasi. Perahu akan berhenti di muara cikaso di Tegal Buleud, Kab. Sukabumi, yaitu pertemuan antara sungai dengan laut.

28. Santa Sea Waterpark, Tempat Liburan Anak di Sukabumi

Kolam Renang Tempat Bermain Anak di Sukabumi
Sumber gambar: Instagram @santaseawaterpark

Sama halnya dengan taman bermain air yang ada di Selabintana, di Sukabumi juga ada variasi tempat liburan anak lain yaitu Santa Sea Waterpark. Konsepnya hampir sama dengan Ryzzy Azzahra, meski fasilitas tentu ada keunggulannya masing-masing. Waterpark dengan tema pirates ini sering menjadi buruan para wisatawan, terutama anak-anak di hari libur. Alamatnya berada di Kp. Lio Santa, Sukabumi.

29. Mata Air Panas Cisolok, Mata Air Panas Alami

Mata Air Panas Pemandian Gesyer Cisolok
Sumber gambar: Instagram @imanfsy

Tempat wisata pemandian air panas alami yang ada di Sukabumi berlokasi di Cisolok, Palabuhanratu. Warga setempat menyebutnya Gesyer Cisolok.

30. Kampung Adat, Wisata Budaya di Sukabumi

Melengkapi wisata apabila berkunjung ke Sukabumi, para wisatawan bisa berwisata budaya juga lho. Terdapat 3 kampung adat atau kasepuhan yang ada di Sukabumi, yaitu Sinarresmi, Ciptamulya dan Ciptagelar. Ketiga tempat ini berada di lokasi yang cukup berjauhan, namun masih dalam satu kecamatan yaitu Cisolok di kaki Gunung Halimun.

Kampung Adat Kasepuhan di Cisolok, WIsata Budaya Sukabumi
Sumber gambar: Instagram @sundabagja

Setiap tahun selalu ada acara adat yang digelar di sana yang menjadi daya tarik para wisatawan, antara lain acara adat saat panen atau disebut seren taun.

Beragam kegiatan wisata yang bisa dilakukan oleh wisatawan di Sukabumi, sehingga tidak membosankan jika berkunjung kesana. Tempat-tempat wisata alam menjadi primadonanya di sana, dan terbukti wisata alam Sukabumi sangat menawan dan luar biasa. Sukabumi adalah tempat yang pas untuk dikunjungi ketika akhir pekan atau liburan panjang, baik dalam rangka liburan keluarga, liburan dengan teman ataupun gathering perusahaan.

Bagaimana? Sudah siap berkunjung ke Sukabumi?

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email