Ads 720 x 90

30 Tempat Wisata Paling Populer di Bali

Bali, kota wisata teramai di Indonesia. Salah satu tujuan wisata favorit dan impian sebagian orang. Bukan hanya warga negara Indonesia, tetapi Bali juga merupakan tempat liburan favorit warga asing atau luar negeri. Tempat wisata Bali memang sudah standar International, maka tak heran jika banyak orang luar negeri yang jauh-jauh datang ke Bali untuk berlibur.

Jika datang ke Bali, kita akan sulit membedakan mana warga asli dan pendatang. Saking banyaknya pendatang dari luar negeri yang bahkan lebih mendominasi di tempat-tempat wisata Bali. Ada banyak sekali wisata yang bisa dikunjungi di Bali, yang paling terkenal adalah hamparan laut atau wisata bahari. Namun selain itu, masih banyak wisata lain yang sangat menarik di Bali. Berikut kami rangkum wisata-wisata terkenal dan paling terpopuler di Bali tahun 2020.

1. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Ikon Baru Wisata Bali

GWK atau Garuda Wisnu Kencana memang sudah ada sejak lama. Namun baru-baru ini pemugaran kawasan nya baru saja selesai, yaitu pembangunan patung raksasa. Menjadikan GWK menjadi tempat wisata hits di Bali. Garuda Wisnu Kencana sendiri artinya adalah Burung Garuda Kendaraan Dewa Wisnu. Di tempat ini pengunjung akan merasakan kemegahan monumental serta kekhusukan spiritual di tengah lanskep yang sangat keren.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: blog.airyrooms.com

Karena lokasinya yang berada di ketinggian yakni di atas bukit batu kapur padas yang mana menghadap ke pesisir selatan pulau Bali, sehingga panorama di sekitar GWK sangat indah. Pengunjung bisa melihat pantai kuta dan bandara ngurah rai dari atas sana. Lokasinya berada di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80364. Tiket masuk ke GWK cukup mahal yakni Rp. 125.000,- (dewasa) dan Rp. 100.000,- (anak-anak). Sedangkan untuk tiket masuk area patung pengunjung harus menambah Rp. 200.000,-. Dengan harga itu kita bisa menyaksikan pertunjukan-pertunjukan yang setiap hari diadakan di GWk, seperti tarik kecak, tari barong, dll.

2. Pantai Pandawa, Pantai Tersembunyi yang Mempesona

Tidak jauh dari lokasi GWK terdapat satu pantai yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga, Pantai Pandawa namanya. Salah satu pantai dengan lokasi yang tersembunyi, bahkan warga sekitar menyebutnya pantai rahasia. Meskipun sudah tidak rahasia lagi, karena kepopuleran pantai ini sudah sejajar dengan pantai lain seperti Kuta.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: mongabay.co.id

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Pandawa sebagai tujuan wisatanya. Lokasinya yang berada di balik tebing tinggi nan indah, serta panorama di sekitarnya membuat pantai ini lebih kental dengan nuansa alam. Lokasinya berada di Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Tiket masuk Pantai Pandawa cukup terjangkau, yaitu Rp. 8.000,-/orang saja.

3. Pantai Kuta, Pantai Paling Terkenal di Bali

Berbicara tentang wisata di pulau Bali, tidak akan lepas dengan objek wisata pantai satu ini, Pantai Kuta. Ya, siapa sih yang tidak pernah mendengar nama pantai ini. Pantai cantik yang terkenal dengan pasir putih dan sunset nya yang indah, dah lokasinya yang berada di pusat keramaian Bali.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: tripadvisor.com

Pantai kuta berlokasi di Jl. Pantai Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia. Karena lokasi yang sangat strategislah yang mungkin juga menjadi penyebab lokasi ini tak lekang oleh waktu kepopulerannya. Lokasinya berdekatan dengan Bandara, Mall, Hotel dan tempat keramaian di Bali. Untuk masuknya sendiri sangat terjangkau lho bahkan gratis, cukup dengan membayar parkir saja jika membawa kendaraan.

4. Pura Luhur Tanah Lot, Wisata Terfavorit di Bali

Yang satu ini juga pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita, terlebih bagi yang sudah pernah ke Bali. Tanah Lot, salah satu wisata terkenal di Bali. Sebuah Pura atau tempat suci agama Hindu di tepi pantai yang berdiri di atas batu karang yang kokoh. Daya tarik nya selain keunikan lokasi pura tersebut, adalah sunset nya yang cantik dan mempesona. Sunset tanah lot merupakan salah satu sunset terbaik di Bali.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: blog.airpaz.com

Lokasi tempat wisata ini berada di Beraban, Kediri, Tabanan Regency, Bali 82121. Untuk tiket masuknya yaitu Rp. 20.000,- (dewasa) dan Rp. 10.000,- (anak-anak).

5. Pura Luhur Uluwatu, Pura Cantik Dengan Pemandangan Eksotis

Hampir sama dengan Pura Luhur Tanah Lot, Pura Uluwatu juga merupakan tempat peribadatan umat Hindu yang lokasinya ada di tepi pantai. Hanya panorama yang ditawarkan berbeda, yang mana Pura Luhur Uluwatu berada di atas anjungan batu karang yang terjal dan tinggi serta menjorok ke laut. Pemandangan dari atas Pura Uluwatu sungguh sangat luar biasa. Dimana deburan ombak terlihat dari ketinggian.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: blog.airpaz.com

Pengunjung akan merasakan nuansa alam sekaligus magis karena pura ini sangat kental dengan budaya dan sejarah di Bali. Lokasinya berada di Pecatu, South Kuta, Badung Regency, Bali. Untuk tiket masuknya adalah Rp. 20.000,-/ orang. Kecuali jika ingin menyaksikan tari kecak outdoor yang sering diadakan di Pura Uluwatu, pengunjung harus menambah Rp. 100.000,- / orang.

6. Pantai Sanur, Pantai Sunrise di Bali

Pantai lain yang cukup terkenal di Bali adalah Pantai Sanur. Pantai yang berada dekat pusat kota Denpasar ini memiliki daya tarik tersendiri. Diantaranya adalah pantai pasir putih yang membentang luas dengan ombak yang tenang sehingga cocok untuk bermain air. Selain itu Pantai Sanur tidak terlalu ramai seperti Pantai Kuta, sehingga sangat cocok untuk bersantai dengan kaluarga.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: kulkulbali.co

Satu lagi daya tarik dari Pantai Sanur adalah tempat terbaik melihat matahari terbit atau sunrise di Bali. Cocok untuk kalian yang menginap di area Pantai Sanur. Selain itu di Sanur tepatnya Pelabuhan Sanur menjadi tempat penyebrangan menuju pulau lain di Bali, yakni Nusa Penida, Lembongan dan Ceningan.

7. Pantai Seminyak, Pantai Sunset Terbaik di Bali

Pantai ini terletak di sebelah utara pantai Kuta. Nuansanya hampir sama dengan pantai Kuta, tetapi karena lokasinya agak jauh dari pusat keramaian Kuta, pengunjung pantai Seminyak tidak sebanyak pantai Kuta. Di Pantai Seminyak menjadi tempat nongkrong terfavorit di Bali karena menjamurnya tempat-tempat makan, hotel dan Villa di sekitar pantai. Sambil melihat matahari terbenam, menjadikan bersantai di Pantai Seminyak sungguh menyenangkan.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: blogkulo.com

8. Pura Ulun Danu Beratan, Pura Paling Iconic di Bali

Bicara soal pura di Bali adalah pusatnya. Berhubung masyarakat di pulau dewata mayoritas beragama hindu, jadi pura adalah tempat suci untuk peribadatannya. Pura juga menjadi daya tarik wisatawan, yang ingin melihat lebih dekat proses spiritual umat hindu di Bali. Pura dijadikan tempat wisata sudah sangat biasa di Bali.

Seperti pura yang satu ini, Pura Ulun Danu Beratan di Bedugul. Pura ini menjadi salah satu pura yang menjadi tujuan wisatawan. Lokasinya yang berada di kaki gunung tepat di samping danau beratan, sehingga sangat sejuk dan asri.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: balicheapesttours.com

Pura ini menjadi salah satu ikon wisata Bali, bahkan sempat terpampang sebagai gambar di uang pecahan 50 ribu. Lokasinya berada di Danau Beratan, Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali 82191. Tiket masuk nya adalah Rp. 20.000,- /orang.

9. Pantai Lovina, Tempat Melihat Lumba-lumba dari Dekat

Pantai Lovina merupakan salah satu wisata Pantai BaliDaya tarik dari pantai ini sehingga berbeda dengan pantai-pantai lain di Bali adalah keberadaan lumba-lumba di sekitar pantai. Pengunjung bisa menyewa kapal nelayan untuk mendekat ke lokasi si dolphino tersebut. Lokasinya berada di Bali utara yaitu di desa Kalibukbuk, kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: eoasia.com

Biaya untuk melihat lumba-lumba ke tengah laut dengan menyewa kapal nelayan kurang lebih 100-150K/orang. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Lovina dan melihat lumba-lumba adalah pagi hari.

10. Pantai Jimbaran, Suraganya Olahan Seafood di Bali

Mendengar nama Jimbaran mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Ya, Jimbaran adalah nama salah satu pantai di Bali. Selain tempat menikmati wisata alam dan sunset nya yang cantik, di Jimbaran juga terkenal dengan hidangan seafooodnya yang sohor di Bali. Hidangan yang paling khas di resto-resto Pantai Jimbaran adalah seafood bakarnya. Bagi yang doyan makan dan ingin wisata kuliner khas seafood, wajib hukumnya mengunjungi Pantai Jimbaran ini.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: ksmtour.com

Lokasinya berada di wilayah kabupaten Badung, hanya kurang lebih 10 menit dari Kuta maupun dari bandara.

11. Tanjung Benoa, Pusatnya Olahraga Air di Bali

Tidak terhitung banyaknya pantai-pantai di Bali. Tapi setiap pantai di Bali memiliki keunikannya sendiri-sendiri, jadi tidak membuat pengunjung bosan. Contohnya pantai yang satu ini, Tanjung Benoa Watersport. Sesuai namanya tempat ini adalah surganya olahraga air. Jika berkunjung ke Tanjung Benoa, dijamin pengalaman yang anda dapatkan akan berbeda dan seru.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: water-sports-bali.com

Wahana watersport di Tanjung Benoa antara lain Snorkeling, Parasailing, Seawalker, Banana Boat, Jet Ski dan masih banyak lagi. Biaya untuk melakukan aktifitas seru itu bervariasi mulai dari Rp. 70.000 sampai Rp. 600.000,- / wahana. Lokasi tempat wisata ini berada di Bali Selatan yaitu berdekatan dengan kawasan Nusa Dua Bali.

12. Waterboom Bali, Wisata Air Seru untuk Anak dan Dewasa

Sama halnya seperti waterboom di tempat lain, waterboom Bali menyediakan wahana-wahana air yang seru. Wahana di Waterboom Bali tergolong lengkap dan bisa untuk segala usia termasuk dewasa. Contoh wahana yang bisa dilakukan oleh orang-orang dewasa yaitu Flow Rider, yaitu arus atau ombak buatan yang bisa dipakai surfing. Jadi pengunjung bisa merasakan serunya bermain surfing tanpa tenggelam. Seru ya! Wahana semacam itu sudah banyak ditiru di waterboom lain, dan waterboom bali adalah salah satu pelopornya.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: wandernesia.com

Lokasi waterboom Bali berada di Jl. Kartika Plaza, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361. Tiket masuknya berikut wahana-wahananya berkisar 300-800 ribu.

13. Bali Safarie Marine Park, Tempat Wisata Keluarga di Bali

Kalau anda datang ke Bali bersama keluarga dan membawa anak-anak, wisata satu ini wajib ada di list. Yaitu Bali Safarie Marine Park, merupakan tempat wisata keluarga yang mengedepankan edukasi dan lingkungan. Bali Safarie Marine Park dikelola untuk Taman Safari Group yang juga mengelola Taman Safari Indonesia di Cisarua Bogor dan Taman Safari 2 di Jawa Timur.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: kintamani.id

Satwa yang ada di Bali Safarie Marine Park adalah jenis satwa dari tiga wilayah (Indonesia, India, dan Afrika), di antaranya adalah jalak putih, burung hantu, beruang madu, harimau Sumatra, rusa tutul, beruang Himalaya, nilgai, black buck, kuda nil, greavy zebra, onta punuk satu, burung unta, babbon, blue wildebeest, dan singa. Pastinya di tempat ini pengunjung terutama anak-anak bisa banyak belajar mengenal alam beserta satwa-satwa.

Karena luasnya yang mencapai 40 hektar, lokasi BSMP berada di tiga desa di Kabupaten Gianyar Bali. Yaitu Desa Lebih, Desa Serongga dan Desa Medahan. Untuk tiket masuknya yaitu Rp. 175.000 (dewasa) dan Rp. 135.000,- (anak-anak).

14. Bukit Campuhan, Wisata Perbukitan yang Indah di Ubud

Bergeser ke Barat Bali, sebuah daerah yang sejuk yang sering dijadikan tempat untuk ngadem oleh wisatawan, ialah Ubud. Di ubud sendiri sangat banyak sekali tempat wisata yang bagus dan sangat wajib dikunjungi oleh wisatawan. Meski tidak setenar wisata-wisata laut di selatan Bali, tapi tempat-tempat di Ubud sangat recommended. Salah satunya adalah sebuah bukit diantara 2 sungai di ubud, yaitu Bukit Campuhan.

Untuk sebagian orang, mungkin Bukit Campuhan masih sangat asing. Namun bagi sebagian orang / wisatawan Bukit Campuhan menjadi tujuan wisata yang harus dikunjungi jika ke Bali khususnya ke Ubud. Apalagi bagi wisatawan yang senang berjalan kaki atau trekking, Bukit Campuhan sangat cocok sekali. Panorama yang bisa dinikmati dari Bukit Campuhan sangat indah, hijau khas perbukitan.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: plus.kapanlagi.com

Bukit Campuhan ini sangat cantik dikunjungi pagi hari saat matahari terbit. Biasanya banyak wisatawan yang menjadikan Bukit Campuhan sebagai lokasi Jogging pagi. Karena udara pagi yang sangat segar ditambah panorama sunrise yang cantik membuat siapa saja menjadi betah berlama-lama disana. Lokasi tepatnya berada di Jl. Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali 80571. Tidak dikenakan tiket masuk untuk mengunjungi Bukit Campuhan alias gratis.

15. Terasering Tegalalang, Wisata Ala Pedesaan di Ubud

Salah satu tempat wisata di Ubud yang sudah cukup dikenal adalah Terasering Tegalalang. Terasering atau undakah area pesawahan yang sangat luas dan cantik dipandang mata. Apalagi jika padi yang ditanam sedang hijau-hijau nya, tempat ini sangat instagramble. Banyak orang datang kesana selain untuk menikmati suasana pesawahan khas pedesaan juga untuk mengabadikan lewat gambar.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: topbalicitrawisata.co.id

Terasering Tegalalang merupakan terasering terbaik di Bali. Tidak dikenakan biaya untuk mengunjungi terasering Tegalalang, hanya biaya parkir saja.

16. Mandala Wisata Wenara Wana atau Monkey Forest di Ubud

Sebuah tempat wisata yang berada di Ubud tepatnya di Jl. Monkey Forest, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571 menawarkan pengalaman wisata yang berbeda. Mandala Wisata Wenara Wana atau yang lebih dikenal dengan sebutan Monkey Forest adalah sebuah cagar alam yang berada di Ubud. Di tempat tersebut memiliki setidaknya 749 ekor monyet ekor panjang (Macaca fascicularis). Yaitu terdiri dari 63 jantan dewasa, 34 jantan muda, 219 betina dewasa, 29 betina muda, 167 juvenile 1 (2-3 tahun), 118 juvenile 2 (1-2 tahun), 63 Infant old (5-12 bulan) dan 56 infant.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: funlifecrisis.com

Pengunjung akan merasakan hawa segar ketika berkunjung ke Monkey Forest karena kawasan ini berada di area hutan lindung. Di dalam hutan ini tersebut terdapat juga pura suci umat Hindu yaitu Pura Dalem Adung Padangtegal. Tiket masuk untuk berkunjung ke Mandala Wisata Wenara Wana atau Monkey Forest adalah Rp. 80.000,- (dewasa) dan Rp. 60.000,- (anak-anak).

17. Pura Besakih, Pura Hindu Terbesar di Bali

Berlibur ke pulau dewata Bali rasanya tidak lengkap jika tidak berkunjung ke pura. Tempat suci umat Hindu di Bali, yang mana mayoritas masyarakat Bali beragama Hindu. Pura banyak di temui di Bali, termasuk salah satu pura terbesar di Bali dan konon juga terbesar di Indonesia. Pura Besakih menjadi saksi sejarah penyebaran agama Hindu di Bali.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: liputan6.com

Pengunjung diperbolehkan untuk mengunjungi pura terbesar di Bali ini. Banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang datang untuk sekedar melihat dan menikmati suasana di sekitar pura. Lokasinya berada di lereng Gunung Agung yang juga merupakan gunung tertinggi di Bali. Tidak harus membayar biaya untuk masuk ke Pura Besakih alias gratis. Tentunya dengan tidak mengganggu aktifitas di pura seperti sembahyang atau acara adat lainnya.

18. Pura Lempuyang, Pura Paling Instagramable di Bali

Masih tentang pura, ada satu pura yang sangat cantik pemandangan disekitarnya. Yaitu Pura Lempuyang. Pura Lempuyang berada di bagian timur pulau dewata, tepatnya di Kabupaten Karangasem. Lokasinya berada di dataran tinggi, di lereng Gunung Lempuyang dengan ketinggian 1175 mdpl. Pura Lempuyang menjadi salah satu pura tertua dan dihormati di Bali.

Akhir-akhir ini Pura Lempuyang menjadi sohor karena kecantikan pemandangan disekitarnya yang viral. Yakni foto dengan latar gunung yang megah menambah indah pemandangan. Para wisatawan pun berbondong-bondong datang untuk membuktikan sendiri salah satu spot instagramble di Bali tersebut. Meski harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, yaitu sekitar 2 jam perjalanan dari kota Denpasar.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: balicitizen.com

19. Desa Penglipuran, Desa Adat yang Ada di Bali

Destinasi wisata unik di Bali selanjutnya adalah Desa Penglipuran. Bali tidak selalu tentang pantai nya saja, ada banyak destinasi lain yang bisa menjadi alternatif wisata saat di Bali. Salah satunya Desa Penglipuran ini. Desa Penglipuran merupakan desa adat yang ada di Bali, tepatnya berada di Kabupaten Bangil.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: travelingyuk.com

Desa ini selalu menjadi tujuan wisata banyak orang karena warga desa penglipuran yang masih memegang teguh adat istiadat dan budaya tradisional Bali. Hal itu menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang dan belajar tentang sejarah kebudayaan Bali. Desa ini sangat asri dan bersih, bahkan Desa Wisata Penglipuran dinobatkan sebagai salah satu desa terbaik dunia lho! Keren ya. Tiket masuk untuk mengunjungi Desa Adat Penglipuran adalah Rp. 15.000,- (dewasa) dan Rp. 10.000,- (anak-anak).

20. Pura Tirta Empul, Pancuran Air Suci yang Melegenda

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Bali. Sejak lama sudah banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk berkunjung. Salah satu nya yang terkenal dan melegenda adalah pancuran air suci yang ada di Tirta Empul. Para pengunjung yang datang diperbolehkan untuk mandi dengan air suci yang berasal dari mata air murni itu. Tentu dengan peraturan yang harus dipatuhi.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: travelingyuk.com

Untuk tiket masuknya yaitu Rp. 30.000 per orang. Lokasi Pura ini berada di Jl. Tirta, Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali 80552, tidak jauh dari Istana Kepresidenan Tampaksiring.

21. Gunung Batur, Salah Satu Gunung Api di Bali

Terlepas dari wisata bahari nya yang beraneka ragam dan tersohor, konon Bali juga berada di jalur cincin api. Terdapat beberapa Gunung Berapi di Bali, dan dua diantaranya yang terkenal adalah Gunung Batur dan Gunung Agung. Kedua gunung tersebut sangat spesial bagi warga Bali, dimana Gunung Agung dianggap perwujudan Purusha (laki-laki) dan Gunung Batur dianggap sebagai wujud Pradhana (perempuan).

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: gunung.id

Gunung Batur terletak di sebelah barat laut Gunung Agung, yaitu berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Dengan ketinggian 1717 mdpl, Gunung Batur sering menjadi tujuan wisata para penikmat alam maupun pendaki. Banyak juga pendaki yang melakukan hiking tektok alias tidak menginap, hanya untuk menikmati matahari terbit atau sunrise di Gunung Batur.

22. Air Terjun Kanto Lampo, Air Terjun Berundak Indah di Bali

Siapa bilang Bali hanya punya pantai saja. Dari mulai Gunung sampai Air Terjun ada lho di Bali. Wisata di Bali memang sangat seru dan lengkap jika kita mau mengexplore. Salah satunya Air Terjun Kanto Lampo di Gianyar. Lokasinya tepat berada di Br. Kelod Kangin, Desa Beng, Kecamatan/ Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Berjarak sekitar 30 KM dari kota Denpasar.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: kintamani.id

Keunikan dan daya tarik dari Air Terjun Kanto Lampo yaitu dari karakteristiknya. Meski tidak terlalu tinggi tapi spot Air Terjun ini sangat instagramble sekali. Berupa bebatuan yang tersusun artistik. Ditambah sejuknya air terjun dan pemandangan sekitar yang hijau memanjakan mata. Tiket masuk Air Terjun Kanto Lampo hanya Rp. 5000,- saja. Mruah sekali kan?

23. Nusa Penida, Pulau Cantik nan Memukau di Bali

Mungkin banyak yang sudah tau soal destinasi yang satu ini. Karena konon Nusa Penida menjadi tujuan wisata terbaik dunia untuk para backpacker. Bagi yang belum tau, inilah pulau indah yang ada di Bali, Nusa Penida. Bagi yang bosan dengan wisata pantai di Bali, boleh nih melipir ke sebelah tenggara Bali. Cukup menyebrang dengan speed boat selama 1 jam saja, terdapat satu pulau yang sangat cantik yaitu Nusa Penida.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: tripadvisor.com

Nusa Penida merupakan pulau berpenghuni, yang tidak terlalu besar. Dengan waktu 2 hari, anda bisa mengexplore seluruh bagian dari Nusa Penida. Destinasi wisata di Nusa Penida sendiri sangat banyak dan sudah dikenal oleh wisatawan, diantaranya: Broken Beach, Angel Billabong, Klingking Beach, Tebing Palungan, Crystal Bay, Pantai Atuh, Pantai Suwehan, Bukit Teletubbies, Goa Giri Putri dan Vihara Dewi Kwan Im.

24. Nusa Lembongan dan Ceningan

Selain Nusa Penida, ada 2 pulau kecil cantik lain yang harus menjadi list destinasi wisata anda di Bali, yaitu Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. 2 pulau ini sama-sama berada di tenggara Bali, yaitu di Kabupaten Klungkung. Untuk menuju Nusa Lembongan dan Ceninganharus menggunakan kapal dari Nusa Penida ataupun dari Bali. Kedua pulau itu berdempetan hanya dipisahkan jembatan penghubung.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: saltinourhair.com

Destinasi wisata yang terkenal di Nusa Lembongan antara lain: Pantai Tanjung Sanghyang, Dream Beach, Selagimpak, Selambung, Sunset Beach, Pemalikan, Lebaoh (pantai pusat rumput laut) dll.

25. Desa Pinggan, Negeri di Atas Awan nya Bali

Alternatif tempat liburan yang tidak kalah menarik di Bali yaitu mengejar matahari terbit atau sunrise di Desa Pinggan, Kintamani. Tempat ini cocok untuk para petualang yang senang menjelajah. Tidak lupa harus yang biasa bangun pagi ya. Bagaimana tidak, kita harus berkendara sekitar 2 jam dari kota Denpasar untuk sampai di Desa Pinggan. Moment paling keren mengunjungi desa pinggan adalah pagi hari sebelum matahari terbit, sekitar pukul 06.00 sunrise akan mulai terlihat.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: kintamani.id

Bagi yang ingin merasakan udara pegunungan di Bali, dan jauh dari hiruk pikuk keramaian Bali bisa coba datang ke Desa Pinggan ini di Kintamani. Pemandangan alam dan Gunung Batur terlihat sangat indah, belum lagi kabut pagi yang menyelimuti seperti negeri di atas awan. Lokasinya berada di Sukawana, Kintamani, Bangli, Bali 80652.

26. Bali Bird Park, Taman Burung Terbesar di Indonesia

Tempat wisata di Bali selanjutnya adalah Bali Bird Park. Tempat ini cocok untuk pengunjung yang datang bersama anak-anak, karena disana anak-anak bisa berinteraksi dengan berbagai macam burung dan unggas. Tentu tempat ini menjadi sarana edukasi untuk sang buah hati. Tidak hanya anak-anak, tempat ini juga menjadi favorit orang dewasa terutama pecinta burung.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: pegipegi.com

Taman Burung ini memiliki luas sekitar 2 hektare dengan koleksi sekitar 1000 satwa jenis unggas yang berasal dari 250 spesies dan sejumlah besar adalah langka dan dilindungi, salah satunya adalah ikon Bali, Jalak Bali. Burung khas Papua yaitu Burung Cendrawasih, Burung Elang and Burung Rajawali, burung koleksi dari Amerika Selatan seperti Makaw dan Toucan, dan juga Burung Beo dan lainnya yang berasal dari Afrika. Lokasi tempat wisata ini berada di Jl. Serma Cok Ngurah Gambir, Singapadu, Batubulan, Gianyar, Bali. Tiket masuk nya adalah Rp. 150.000,- (dewasa) dan Rp. 75.000,- (anak-anak).

27. Air Terjun Blangsinga, Destinasi Favorit Baru di Bali

Selain memiliki gugusan pantai yang cantik, Bali juga ternyata memiliki banyak air terjun yang gak kalah cantik. Bagi yang bosan dengan wisata Bali yang itu-itu saja, mungkin bisa mencoba mengexplore lokasi wisata Bali yang lain. Air Terjun Blangsinga salah satunya. Berlokasi di Jl. Raya Blangsinga, Saba, Kec. Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali 80581. Sekitar 15 km dari pusat Kota Denpasar atau 25 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: nativeindonesia.com

Panorama alam yang bisa dinikmati di sekitar air terjun blangsinga sungguh sangat memanjakan mata. Air terjun ini memiliki debit air yang besar, dibaliki tebing-tebing batu yang indah dan tinggi. Tiket masuk untuk menikmati air terjun indah ini sangat terjangkau, hanya Rp. 15.000,- saja.

28. Pantai Melasti, Pantai Indah Tersembunyi Dibalik Tebing

Selanjutnya kembali mengulas pantai yang ada di Bali. Salah satu pantai yang unik yang berada di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Bali. Kurang lebih 15 menit ditempuh dari Jimbaran. Pantai ini sangat unik dan tidak biasa, karena lokasinya yang berada di balik tebing kapur. Lokasinya ini justru menambah daya tariknya, karena untuk sampai disana pengunjung harus melewati tebing kapur yang tinggi namun instagramble.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: superadventure.co.id

Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan laut dari atas tebing yang tentunya sangat indah. Selain itu spot instagenic lain selain batu kapur yang indah, disana juga terdapat pura disamping laut. Spot tersebut selalu menjadi buruan para pengunjung, yang ingin mendapatkan foto cantik nan eksotis.

29. Taman Nasional Bali Barat, Surga Bawah Laut Bali

Taman nasional Bali Barat berada di bagian paling barat Bali, laut lepasnya berbatasan dengan pulau Jawa bagian timur. di Taman Nasional Bali Barat pengunjung bisa merasakan pengalaman yang sangat lengkap, karena disana memadukan wisata darat dan laut. Berbagai spesies fauna dan flora yang dilindungi menjadi daya tarik tersendiri. Termasuk juga aktifitas-aktifitas bawah laut bagi pecinta olahraga menyelam, disanalah surganya.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: travelingyuk.com

Taman nasional Bali Barat ini mempunyai luas 77,000 hektar. Terdapat beberapa pulau kecil juga yang termasuk, yaitu Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan.

30. Danau Batur, Danau Indah dan Sejuk di Kintamani Bali

Kalau diatas sudah dibahas tentang Gunung Batur, nah dikaki Gunung Batur terdapat danau indah yang merupakan salah satu tempat wisata instagrambale di Bali. Jika anda berkunjung ke wilayah Kintamani, wajib hukumnya untuk mengunjungi Danau Batur ini. Danau Batur ini merupakan area kaldera dari Gunung Batur yang masih aktif.

Wisata Bali Paling Terkenal dan Menarik
Sumber gambar: kumparan.com

Lokasinya berada di Desa Penelokan Utara, Kintamani dan masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Bangli. Berjarak kurang lebih 65 kilometer dari kota Denpasar. Dari Bandara Ngurah Rai, tempat ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Itulah diantaranya daftar tempat atau destinasi wisata paling populer di Bali tahun ini. Tempat-tempat wisata yang kami ulas merupakan tempat wisata yang paling terkenal dan recommended di kunjungi di Bali. Semgoa bisa menjadi tambahan info dan referensi untuk anda yang berencana untuk berlibur ke Bali. Wisata di Bali sangat bervariasi, tidak hanya pantai-pantai nya saja. Anda bisa menexplore wisata-wisata lain yang terkenal di Bali yang tentunya tidak bisa namun tetap menarik.

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email