25 Tempat Wisata Terkenal di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan salah satu kota besar yang ada di Indonesia. Selain itu Jogja juga merupakan salah satu kota wisata, yang sering menjadi tujuan berlibur banyak orang. Mungkin Jogja bisa dikatakan yang teramai selain Bali, Bandung, Jakarta serta kota-kota wisata lain di Indonesia.

Wisata-wisata yang ada di Yogyakarta sangat bervariasi. Terkenal dengan wisata sejarah, karena masih terdapat banyak candi peninggalan kerajaan di Jogja. Contoh yang terkenal adalah Candi Prambanan dan Borobudur di Magelang tidak jauh dari Jogja. Selain itu wisata-wisata alam di Jogja bagus dan keren-keren, misalnya wisata perbukitan di Bantul, pantai di Gunungkidul, dan lain-lain. Tidak lupa wisata kota dan wisata kuliner Jogja yang sangat terkenal.

Wisata-wisata di Jogja semakin hari semakin bermunculan dan tidak habis-habis, menambah panjang list wisata terbaru yang ada di Jogja. Berikut kami rangkum wisata-wisata terkenal di Jogja yang paling baru dan terpopuler tahun 2020.

1. Bukit Panguk Kediwung, Spot Sunrise di Jogja

Urutan pertama ini kami rekomendasikan tempat yang sangat keren untuk memulai petulangan di kota gudeg Yogyakarta. Yaitu spot sunrise yang berada di Mangunan Bantul, Bukit Panguk Kediwung. Tepatnya berlokasi di dusun Kediwung, Kelurahan Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Daya tarik yang ditawarkan oleh tempat itu adalah menikmati keindahan sunrise di atas awan. Sunrise ini bisa terlihat jelas, karena Bukit Panguk Kediwung yang menghadap ke timur.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: garasijogja.com

Waktu terbaik mengunjungi Bukit Panguk Kediwung tentu pagi hari, sebelum matahari terbit. Dan paling cocok dikunjungi ketika musim kemarau. Harga tiket masuk ke Bukit Panguk Kediwung ini sangat terjangkau, yakni hanya 2.500,-/orang. Menjadi salah satu tempat wisata Jogja murah meriah. Pasti sangat puas, karena dengan budget minimalis bisa mendapatkan view yang maksimalis.

2. Jurang Tembelan Kanigoro, Spot Foto Instagramble di Jogja

Masih di Bantul, dan tidak jauh dari Bukit Panguk Kediwung. Ialah Jurang Tembelan Kanigoro, sebuah tempat wisata yang menawarkan pengalaman bernarsis ria di spot-spot foto dibalik pemandangan alam. Wisata di Bantul itu sangat banyak sekali, dan saling bertetangga atau berdekatan antara satu dengan yang lain.

Selain Bukit Penguk Kediwung dan Jurang Tembelan, ada lagi Kebun Buah Mangunan yang sudah lebih lama terkenal, lalu ada Bukit Mojo Gumilem, dan lain-lain.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: masbei.com

Wisata-wisata tersebut sangat cocok dikunjungi sekalian, karena tarifnya pun sangat murah. Jogja memang terkenal dengan harga-harga yang terjangkau. Dan Jurang Tembelan adalah salah satu contoh tempat wisata Jogja murah meriah. Tiket masuknya free, hanya membayar parkir dan membayar spot jika ingin berfoto, dengan tarif seikhlasnya.

3. Kebun Buah Mangunan, Wisata Bukit Terkenal di Jogja

Selanjutnya saya akan ulas wisata yang cukup terkenal, khususnya di deretan tempat-tempat wisata di Mangunan. Kebun Buah Mangunan menjadi salah satu pendahulu wisata di sekitar Mangunan. Lokasinya sangat dekat dengan tempat wisata yang lain, seperti Jurang Tembelan dan lain lain, sehingga panorama yang ditawarkan hampir sama. Yaitu pemandangan bentang alam yang indah dan hijau, kalau sunrise bisa seperti lautan awan.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: tripjogja.co.id

Tiket masuk Kebun Buah Mangunan sangat terjangkau, yakni Rp. 5000,- saja.

4. Pantai Indrayanti, Pesona Pantai Selatan di Gunung Kidul

Beralih ke Gunung Kidul, sebuah kabupaten di provinsi DI Yogyakarta. Lokasi Gunung Kidul cukup jauh dari kota Jogja, sekitar 2 jam jaraknya apabila berkendara. Gunung Kidul terkenal dengan pantai-pantai yang bagus dan eksotis, salah satunya pantai Indrayanti ini. Lokasi tepatnya berada di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: camerawisata.com

Sama halnya seperti tipe pantai selatan lain, view di Pantai Indrayanti ini sangat cantik. Hamparan pasir yang membentang luas, menjadikan tempat ini menjadi lebih keren. Nama lain dari Pantai Indrayanti adalah Pantai Pulang Sawal / Pulsa, tetapi kebanyakan orang lebih mengenalnya dengan sebutan Pantai Indrayanti. Harga tiket masuk Pantai Indrayanti adalah Rp. 10.000,-/orang.

5. Goa Pindul, Tempat Cave Tubing Seru di Jogja

Selanjutnya masih dari Gunung Kidul, yaitu wisata Goa Pindul. Wisata adrenalin yang seru ini harus anda coba jika ke Jogja. Berupa aktifitas tubing menyusuri sungai, tapi bukan bukan tubing biasa melainkan Cave Tubing. Yaitu Tubing di dalam goa bawah tanah, dengan pemandangan yang mengagumkan.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: lekatour.com

Goa Pindul terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Biaya yang perlu di siapkan untuk berwisata seru dan menantang di Goa Pindul sekitar 50-100 ribu.

6. Pantai Timang, Wahana Kereta Gantung di Atas Deburan Ombak

Rekomendasi selanjutnya adalah Pantai Timang, masih pantai yang berada di Gunung Kidul. Daya tarik dari pantai ini bukan hamparan pasir ataupun lautan, melainkan sebuah kereta gantung atau gondola yang bisa dinaiki untuk menyebrang ke pulau sebrang yakni pulau timang.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: nativeindonesia.com

Aktivitas menyeberang dengan gondola ini tergolong ekstrem, karena tepat di bawahnya merupakan kumpulan air laut biru dengan ombak ganas. Jadi butuh keberanian yang besar untuk menaikinya. Apalagi ketinggiannya sekitar 9 – 11 meter, dan lagi jarak dari Pantai Timang ke Pulau Timang lumayan jauh, yakni 100 meter. Untuk menaiki gondola yang keren namun ekstrim ini membutuhkan budget sekitar 100-150K, cukup mahal ya. Untuk alamat Pantai Timang sendiri yaitu di Dusun Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

7. Pantai Nguluran, Teras Kaca di Atas Tebing

Salah satu tempat wisata pantai Jogja yaitu tepatnya di Gunung Kidul ini menawarkan pengalaman yang berbeda. Daya tarik dari Pantai Nguluran adalah teras kaca nya. Yaitu sebuah spot foto di atas tebing setinggi 30 M.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: nyero.id

Konon spot foto seperti ini baru ada satu-satunya di Jogja bahkan di Indonesia. Siap-siap antri panjang jika kesana, apalagi kalau akhir pekan. Jangan khawatir, teras kaca tersebut terbuat dari komposisi kaca dan galvalum dengan konstruksi besi yang kuat dan kokoh sehingga lebih safety. Untuk menikmati pemandangan alam dan teras kaca di Pantai Nguluran pengunjung harus membayar Rp. 20.000,- ditambah tiket masuk kawasan sebesar Rp. 5.000,-/orang.

8. Air Terjun Sri Gethuk, Air Terjun di Gunung Kidul Jogja

Air Terjun Sri Gethuk berlokasi di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gunung Kidul yang terkenal gersang dan panas, tapi tidak di lokasi air terjun ini. Udara sejuk dan segarnya air terjun bisa pengunjung nikmati.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: djavavista.co.id

Tiket masuk untuk menikmati segarnya air terjun sri gethuk adalah Rp. 10.000,-, sedangkan jika ingin menyewa pelampung dikenakan biaya tambahan Rp. 5000,- saja.

9. Puncak Becici, Salah Satu Spot Sunset di Jogja

Beralih lagi ke Bantul dekat wisata Mangunan, terdapat salah satu spot keren yaitu Puncak Becici. Tempat wisata ini sudah cukup terkenal sejak lama. Bahkan pernah dikunjungi oleh mantan presiden AS barack obama. Menurutnya, Puncak Becici merupakan tempat romantis menikmati sore. Apalagi ketika rona merah di upuk barat sudah terlihat. Yes Puncak Becici merupakan salah satu tempat menikmati sunset di Jogja.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: jogjaspace.com

Tiket masuk ke Puncak Becici sangat murah meriah, yakni hanya Rp. 2.500,- / orang.

10. Bukit Lintang Sewu Dlingo Bantul

Bukit Lintang Sewu masih berlokasi di kumpulan wisata Mangunan, Bantul. Lintang yang artinya Bintang. Sesuai namanya di Bukit Lintang Sewu kita bisa melihat gemerlap bintang. Bukan hanya di angkasa, gemerlap bintang juga terhampar di bawah sana, yaitu lampu kota yang terlihat jelas dan sangat indah.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: travel.kompas.com

Tiket masuk Bukit Lintang Sewu hanya Rp. 2000,- saja.

11. Hutan Pinus Pengger, Tempat Melihat City Light Jogja

Layaknya Bukit Bintang Bandung dan konsep yang hampir sama seperti Bukit Lintang Sewu, di Hutan Pinus Pengger kita bisa menikmati indahnya gemerlap bintang berupa lampu kota dari ketinggian. Meski Hutan Pinus Pengger lebih sebetulnya dulu hadir dan terkenal di banding Lintang Sewu.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: travelingyuk.com

Biasanya pengunjung datang ke tempat ini sore atau malam hari. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata Jogja malam hari. Tiket masuk Hutan Pinus Pengger adalah Rp. 3000,-.

12. Candi Prambanan, Candi Terpopuler di Jogja

Candi Prambanan merupakan candi peninggalan Hindu. Konon Candi Prambanan merupakan salah satu candi tercantik di Asia Tenggara. Bangunannya tinggi menjulang sengan arsitektur dan ornamen yang bagus. Candi Prambanan menjadi candi yang paling terkenal dan diminati di Jogja. Salah satunya karena candi ini sangat melegenda dengan cerita rakyat nya.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: tiket.com

Tiket masuk ke Candi Prambanan yaitu Rp. 40.000,- (dewasa) dan Rp. 15.000,- (anak-anak).

13. Candi Ratu Boko, Candi Sunset di Jogja

Tidak jauh dari Prambanan atau kurang lebih 3KM di sebelah selatan, ada sebuah bangunan purbakala dan dikenal dengan sebutan Candi Ratu Boko. Dari sekian banyak daya tarik yang dimiliki oleh situs ini ada satu hal yang membuat pengunjung rela menunggu lama. Yaitu pesona Matahari Terbenam yang begitu cantik yang bisa didapatkan dari tempat ini.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: brobali.com

Situs Ratu Boko terletak di Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Tiket masuknya adalah Rp. 25.000,-.

14. Tebing Breksi, Bekas Tambang yang Jadi Tempat Instagramble

Masih berdekatan dengan lokasi Candi Prambanan, ada sebuah tempat wisata unik dan menarik. Ialah Candi Breksi, bekas lahan tambang yang di sulap menjadi tempat wisata keren. Lokasinya berada di Gn. Sari, Desa Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55572.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: dutawisata.co.id

Siapa sangka tempat tambang yang dulu menjadi mata pencaharian warga sekitar, bisa berubah menjadi tempat wisata yang cukup di minati oleh para wisatawan. Tiket masuk Tebing Breksi cukup terjangkau yakni Rp. 10.000,-/ orang.

15. Candi Ijo, Candi Tertinggi di Jogja

Dikatakan candi tertinggi karena lokasinya yang berada di wilayah perbukitan. Tidak jauh dari Tebing Breksi terdapat sebuah candi yang disebut Candi Ijo. Karena berada di dataran tinggi, candi ini juga sangat cocok dikunjungi saat matahari terbenam atau sunset. Dengan pemandangan sekitar perbukitan yang indah dan sejuk.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: hipwee.com

Lokasinya berada di Kikis, Sambirejo, Prambanan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55572.

16. The Lost World Castle, Wisata Unik di Jogja

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: nativeindonesia.com

Salah satu wisata yang recommended untuk di kunjungi adalah The Lost World Castle. Salah satu tempat wisata di Jogja yang berada di lereng Gunung Merapi. Pengunjung bisa menikmati wahana-wahana yang tersedia disana. Uniknya wahana-wahana tersebut di buat dari sisa batu erupsi Gunung Merapi. The Lost World Castle di bangun di sebuah desa yang musnah akibat letusan Merapi beberapa tahun silam, yaitu desa Kuharjo.

Meski berada di lokasi rawan bencana, tapi tidak menyurutkan para pengunjung untuk berkunjung kesana. Terbukti pengunjung The Lost World Castle selalu ramai, apalagi ketika akhir pekan dan libur nasional. Tiket masuknya yaitu Rp.25.000,- /orang.

17. The World Landmarks - Merapi Park, Keliling Dunia di Jogja

Masih di lereng Gunung Merapi dan tidak jauh dari The Lost World Castle, terdapat wisata baru yang menjadi buruan para wisatawan. Merapi Park, merupakan sebuah taman yang menyediakan spot foto berupa landmark-landmark negara di dunia. Seperti Menara Eiffel Paris, Menara Pisa Italia, Kincir Angin Belanda, dan lain-lain. Konsep ini sudah banyak ditiru di berbagai tempat wisata di berbagai kota, dan Merapi Park adalah salah satu pelopornya.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: hargatiket.net

Tempat ini beralamat di Jl. Kaliurang No.KM. 22.5, Banteng, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582. dekat dengan Museum Merapi, jadi jika anda berkunjung jangan lupa untuk mampir ke museum juga. Tiket masuk Merapi Park adalah Rp. 20.000,-/orang.

18. Bukit Klangon, Spot Foto dengan Latar Gunung Merapi

Masih di sekitar atau lereng Gunung teraktif di Indonesia, Merapi. Terdapat satu lagi tempat wisata yaitu Bukit Klangon. Tempat ini menyediakan spot foto dengan latar Gunung Merapi yang sangat jelas, di ambil dari gardu pandang yang sudah disediakan. Spot foto kekinian ini sangat cocok untuk menambah cantik feed instagram anda.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: joss.co.id

Meski lokasi nya sangat rawan, apalagi Gunung Merapi sedang aktif-aktifnya dari tahun 2018-2019 ini, tetapi tidak menyurutkan minat para pengunjung. Malah banyak juga pengunjung yang bermalam / camping di tempat ini. Tiket masuknya masih sangat terjangkau yaitu sekitar 5-10K saja.

19. Kalibiru, Spot Foto Panggung Paling Populer di Jogja

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: jogja.tribunnews.com

Melipir ke daerah Kulon Progo Jogja, terdapat salah satu tempat wisata alam Jogja. Barangkali sudah sering dong melihat foto dengan view seperti di atas? Foto yang banyak bertebaran di internet tersebut adalah di Jogja, tepatnya di Kalibiru, Kulon progo. Sebuah tempat wisata populer dengan konsep spot foto diatas perbukitan. Misalnya spot foto panggung yang fenomenal, sepeda gantung, dll. View dari Kalibiru lebih bagus, karena langsung menghadap waduk sermo yang menambah indah pemandangan.

Tiket masuk untuk ke Kalibiru adalah Rp. 5000,- di luar biaya spot. Jadi jika ingin berfoto harus membayar lagi /spot, rata-rata 10-25ribu. Lokasi wisata kalibiru berada di Clapar, Kalibiru, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653.

20. Bukit Wisata Pulepayung, Surganya Pecinta Selfie di Jogja

Masih dekat dengan wisata Kalibiru, disisi perbukitan lain ada yang namanya tempat wisata Bukit Pulepayung. Konsep yang ditawarkan hampir sama, yaitu spot foto dari ketinggian atau perbukitan dengan view lembah atau panorama alam yang indah ditambah dengan Waduk Sermo. Hanya saya desain yang berbeda-beda, seperti yang menjadi daya tarik disini adalah spot Jembatan Surga, Lolipop, Spot Angkasa, Ayunan Sangkar, dll.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: Jogja.tribunnews.com

Lokasi tempat wisata ini berada di Soropati, RT.007/RW.003, Clapar 2, Hargotirto, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta 55653. Untuk tiket masuknya adalah sama dengan Kalibiru, Rp.5000,- untuk loket, dan biaya lain untuk setiap spot.

21. Air Terjun Kedung Pedut, Surga Tersembunyi di Kulon Progo

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: alodiatour.com

Salah satu destinasi wisata di wilayah Kulon Progo Jogja selain Kalibiru, Pulepayung, Waduk Sermo. Ialah Air Terjun Kedung Pedut, salah satu air terjun yang ada di Jogja. Yang khas dari Air Terjun ini ialah warna airnya yang cantik, perpaduan warna putih jernih dan warna hijau tosca. Lokasi air terjun ini berada di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, DI Yogyakarta 55674.

22. Jalan Malioboro, Jantung Kota Jogja

Nah, kalau yang satu ini sih tidak perlu dibahas lagi. Karena semua orang yang ke Jogja bahkan yang belum pernah ke Jogja pasti sudah tau, minimal sudah sering mendengar. Ya, Jl. Malioboro salah satu jalan protokol di Jogja yang paling ramai, baik oleh wisatawan maupun oleh warga sekitar. Lokasi jalan yang sangat strategis dan dekat dengan aktifitas warga di Jogja. Pusat pemerintahan, pusat ekonomi, dan wisata.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: indozone.id

Terdapat beberapa objek bersejarah di dekat Jl. Malioboro antara lain Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg. Dan tidak jauh dari sana terdapat Keraton Yogyakarta.

23. Keraton Yogyakarta, Tempat Bersejarah di Jogja

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: cnnindonesia.com

Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi dari kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Meski sudah menjadi bagian dari RI, sampai sekarang keraton masih berfungsi untuk tempat tinggal sultan dan keturunannya yang masih menjalankan tradisi. Selain itu Keraton Yogyakarta juga dijadikan tempat wisata, menjadi salah satu tempat wisata Jogja dekat Malioboro.

Sebagian kompleks keraton dijadikan museum yang menjadi tujuan para wisatawan. Museum menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

24. Taman Sari, Bekas Taman Istana yang Megah

Tidak jauh dari Keraton Yogyakarta terdapat sebuah tempat yang dulu kala dijadikan Taman Istana. Tempat tersebut bernama Taman Sari. Kini Taman Sari menjadi tempat wisata, karena tempatnya yang unik dan setiap sudutnya seakan penuh cerita sejarah. Meski bangunannya tetap kuno, tapi justru itulah yang menjadi daya tariknya.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: hargatiket.net

Taman Sari ini sangat luas, bahkan saking luasnya perlu waktu yang lama untuk menjelajah satu per satu. Terdapat bagian-bagian yang menjadi favorit para wisatawan, seperti Masjid Bawah Tanah atau Sumur Gumiling. Ruangan tersebut sangat unik, selain itu sangat instagramble untuk berswafoto.

25. Candi Borobudur, Candi Terbesar dan Terpopuler

Secara geografis Candi Borobudur berada di Magelang, Jawa Tengah. Namun karena jaraknya yang dekat ke Jogja, sehingga tidak jarang wisatawan memasukan list Candi Borobudur saat berlibur ke Jogja. Apalagi Candi Borobudur sangat wajib dikunjungi ketika berlibur ke Jogja, karena popularitas candi ini tidak bisa diragukan lagi.

Wisata Jogja Terbaru dan Terpopuler
Sumber gambar: tripadvisor.com

Lokasi Candi Borobudur ada di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Dengan tiket masuk yaitu Rp. 40.000,-/orang.

Itulah diantaranya kumpulan destinasi-destinasi wisata terkenal di Jogja. Selain yang diulas di atas tentu masih banyak tempat wisata lain di Jogja, karena selalu bermunculan yang baru. Segera rencanakan liburan anda ke Jogja, jangan lupa untuk mengunjungi list tempat wisata terkenal di Jogja.

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email