Ads 720 x 90

25 Tempat Wisata Terkenal di Jakarta

Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia menjadi kota metropolitan teramai di Indonesia. Pusat pemerintahan, pusat perekonomian Indonesia sebagian besar terletak di Jakarta. Kota favorit para pengadu nasib untuk mencari peruntungan di ibukota.

Meski kota yang sangat sibuk, Jakarta juga menyimpan tempat-tempat wisata menarik untuk para pengunjung. Banyak dari wisata-wisata yang populer di Jakarta dan selalu menjadi buruan para pengunjung. Sebut saja wisata permainan Dunia Fantasi atau Dufan, Ancol, Kebun Binatang dan lain-lain. Tempat-tempat wisata tersebut menjadi variasi dan alternatif untuk para pendatang yang berkunjung ke Ibukota.

Wisata-wisata di Jakarta terdiri dari wisata kota, wisata sejarah, wisata modern dan wisata alam. Tipe-tipenya cocok untuk menjadi tempat wisata seharian di Jakarta. Berikut adalah daftar destinasi wisata Jakarta yang paling terkenal dan terpopuler tahun ini, yang bisa dikunjungi wisatawan:

1. Kepulauan Seribu, Gugusan Pulau Cantik di Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: superadventure.co.id

Mengapa di jadikan referensi yang pertama? Karena destinasi ini sedang menjadi favorit para pelancong yang berlibur ke Jakarta. Bukan hanya oleh para wisatawan luar kota, Pulau Seribu juga tidak jarang menjadi destinasi wisata untuk warga lokal Jakarta. Karena lokasinya yang dekat dan pemandangan pulau nya yang indah, sehingga cocok untuk liburan singkat yang menarik.

Pulau seribu bisa di akses melalui Pelabuhan Muara Angke Kaliadem menggunakan kapal motor komersil, atau dari Pantai Marina Ancol menggunakan speed boat. Bisa di sesuaikan dengan budget masing-masing. Untuk pulau-pulau nya sendiri sangat banyak, baik pulau berpenghuni ataupun pulau tidak berpenghuni. Diantaranya yang mungkin sudah dikenal yaitu Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Semak Daun dan masih banyak lagi. Sesuai namanya, kepulauan seribu memang terdiri dari beribu pulau.

2. Taman Mini Indonesia Indah, Keliling Indonesia di Satu Tempat

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: iosmovil.com

Taman Mini Indonesia Indah atau disingkat TMII merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Jakarta. Jelas, karena wisata yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 70-an saat pemerintahan Soeharto. TMII menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta Timur. Lokasinya berada di JL. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia.

Tempat ini menyuguhkan wisata budaya untuk para pengunjung, yaitu berupa rangkuman kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang di tampilkan dalam anjungan dengan arsitektur traditional dari masing-masing provinsi. Disana terdapat miniatur rumah adat, aneka busana, tarian dan tradisi-tradisi setiap daerah. Area seluas kurang lebih 150 hektar ini terdiri dari beberapa bagian. Diantaranya selain anjungan ada bangunan-bangunan keagamaan, sarana rekreasi, taman, museum, theater, perpustakaan dan lain-lain.

Buka setiap hari dari senin sampai minggu. Untuk tiket masuknya Rp. 20.000,- di pintu masuk, sedangkan untuk menikmati fasitas dan wahana lain harus membayar kembali dengan tarif rata-rata 5 - 50 ribu.

3. Pantai Ancol, Wisata Pantai Murah di Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: ancol.com

Kata siapa di Jakarta tidak bisa menikmati pantai dengan biaya yang murah. Di Ancol ini pengunjung bisa menikmati pantai yang asik untuk bermain air, dengan biaya yang tidak menguras kantong. Biaya masuknya hanya Rp. 25.000,- meskipun pantai ini masuk ke kawasan Ancol Dreamland atau Taman Impian Jaya Ancol. Murah bukan?

Di Pantai Ancol pengunjung bisa menikmati pantai yang landai, pantai ini menjadi salah satu pantai terlengkap di Indonesia. Jika datang kesana tunggu lah sampai sore, karena sunset di Pantai Ancol ini sangat cantik. Lokasinya berada di Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

4. Dunia Fantasi, Taman Bermain Pertama di Indonesia

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: tribunnews.com

Dunia Fantasi atau Dufan menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta Utara. Lokasinya masih berada di kawasan Ancol Dreamland atau Taman Impian Jaya Ancol. Tempat wisata ini menjadi tempat wisata dengan tema taman bermain wahana tertua di Indonesia. Dijalankan tahun 80-an, wisata ini menjadi pelopor dan pendahulu wisata-wisata serupa yang sudah mulai menjamur. Seperti Trans Studio Mall Bandung, Jungle Land, dll.

Berbagai macam wahana bisa pengunjung coba di dufan, wahana-wahana yang memacu adrenalin yang seru dan menantang. Wahana disana sangat lengkap dan modern, tersedia untuk anak-anak dan dewasa. Misalnya Children Rides, Teasure Land, Bianglala, Histeria, Roller Coster, Poci-poci, Ontang-anting, Rajawali, Burung Tempur, Alap-alap, Niagara, Halilintar, Tornado dan lain-lain.

5. Pantai Marunda, Alternatif Pantai Untuk Sunset di Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
ihategreenjello.com

Selain Ancol, pantai lain yang bisa menjadi alternatif wisata di ibukota Jakarta adalah Pantai Marunda. Pantai ini berlokasi di Marunda, Kec. Cilincing, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14150. Disana pengunjung biasanya datang untuk bersantai sore sambil menikmati matahari terbenam. Pantai ini sangat sederhana, karena belum lama ini baru di buka. Tapi meski begitu fasilitas di Pantai Marunda cukup memadai, tersedia tempat parkir, mushola, kamar mandi, rumah makan dan lain-lain.

Tiket masuk ke wisata yang satu ini sangat terjangkau yakni hanya 5 -10 ribu saja.

6. Taman Wisata Alam Hutan Mangrove PIK, Sisi lain Kota Metropolitan

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: jejakpiknik.com

Salah satut tempat menarik yang ada di Ibukota adalah Taman Wisata Alam Hutan Mangrove yang berada di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Tempat wisata ini dikenal dengan nama Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Tempat ini sangat populer dan sering menjadi lokasi tujuan wisatawan. Tempat wisata ini termasuk ke dalam hitan konservasi mangrove yang sangat indah dan instagramable.

Tempat ini cocok dikunjungi untuk bersantai atau hunting foto. Tapi harus diketahui, kalau di tempat wisata hutan mangrove tidak diperbolehkan untuk membawa kamera selain handphone ya. Jika pun ingin berfoto atau hunting foto secara profesional ada biaya perizinan yaitu sebesar 1 juta. Untuk tiket masuknya sendiri adalah gratis, hanya membayar parkir saja. Berikut jika ingin menggunakan fasilitas yang ada disana seperti perahu, kano dan lain-lain, harus membayar uang sewa.

7. Kebun Binatang Ragunan, Taman Satwa Tertua di Indonesia

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: cekhargatiket.com

Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia. Didirikan tahun 1864 di atas tanah dengan luas 10 hektar di daerah Cikini, Jakarta Pusat. Namun tahun 1964 di pindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan hingga sekarang. Luasnya sekarang sekitar 140 hektar. Kebun Binatang Ragunan menjadi destinasi favorit pengunjung baik warga lokal jakarta maupun pendatang dari luar kota. Apalagi ketika liburan sekolah, Kebun Binatang Ragunan selalu padat oleh pengunjung. Selain karena tempat nya yang menarik, tiket masuknya pun sangat murah. Yakni hanya Rp. 4000,- saja. Murah meriah kan?

Kebun Binatang Ragunan sangat cocok di kunjungi dengan anak-anak atau buah hati. Disana mereka bisa bermain dan mengenal satwa-satwa yang mungkin belum pernah ditemui anak-anak. Terdapat berbagai koleksi satwa langka disana, yang terdiri dari sekitar 295 spesies. Alamatnya lengkap Kebun Binatang Ragunan berada di Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Kec. Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

8. Kota Tua Jakarta, Tempat Menarik dan Bersejarah di Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: nativeindonesia.com

Kota Tua merupakan satu kawasan di Jakarta yang sangat unik. Wilayah khusus yang memiliki luas hanya 1,3 Kilometer Persegi ini sering juga disebut Batavia Lama (Old Batavia). Kawasan Kota Tua Jakarta sangat kental dengan nuansa historis, bangunan-bangunan yang ada disana menambah kesan itu. Bangunan-bangunan tua memang masih berdiri kokoh disana, dan menjadi spot cantik para pengunjung.

Kota Tua merupakan tempat menarik yang harus dikunjungi ketika datang ke Ibukota Jakarta. Destinasi ini pun menjadi favorit para wisatawan karena berkunjung kesana sangat seru dan tidak membosankan, bahkan bagi yang sudah sering sekalipun. Aktifitas seru yang bisa dilakukan di Kota Tua selain berfoto ria antara lain bersepeda, menambah pengetahuan di museum-museum, dan lain-lain. Tidak tikenakan tiket masuk untuk pengunjung kota tua, hanya jika ingin memakai fasilitas seperti sepeda keliling kota maka harus membayar sewa.

9. Museum Fatahillah, Museum Sejarah Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: jejakpiknik.com

Museum Fatahillah atau yang bernama asli Museum Sejarah Jakarta adalah sebuah museum yang ada di Jakarta. Museum ini berisi koleksi perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik, juga ada keramik, gerabah, dan batu prasasti. Koleksi-koleksi tersebut di pamerkan dan bisa dilihat-lihat oleh pengunjung.

Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah Jakarta maka museum Fatahillah adalah tempatnya. Bangunan Museum ini berada di lokasi wisata Kota Tua. Bangunannya yang masih bergaya kuno yaitu arsitektur khas belanda masih kokoh hingga sekarang. Bangunan tersebut pada jaman dahulu dijadikan sebagai kantor balai kota Batavia. Untuk tiket masuknya adalah Rp. 5000,- saja. Murah sekali kan? Tidak sebading dengan ilmu dan pengetahuan yang akan kita dapatkan ketika berkunjung kesana.

10. Museum Wayang, Tempat Wisata Budaya di Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: jktgo.imgix.net

Kata siapa wisata-wisata di Jakarta itu hanya sekedar wisata kota khas metropolitan seperti Mall, Theme Park, Waterpark, dll. Di Jakarta juga bisa berwisata sejarah dan budaya lho. Museum Wayang adalah salah satu yang wajib di kunjungi. Seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang masih berlokasi di kawasan Kota Tua Jakarta. Menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta Barat. Yaitu alamat lengkapnya berada di Jl. Pintu Besar Utara No.27, RT.7/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110.

Di Museum Wayang terdapat koleksi Wayang yang sangat lengkap dari berbagai belahan Indonesia. Ada yang terbuat dari kulit, kayu dan bahan lainnya. Koleksi yang ada di Museum Wayang hampir sekitar 4.000 wayang, terdiri dari wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber dan gamelan. Selain itu Wayang dari luar negeri juga dipamerkan disini, seperi dari Republik Rakyat Tiongkok, Kamboja dan lain-lain.

11. Monumen Nasional, Simbol Semangat dan Ikon Ibukota Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: nusantaratv.com

Siapa tidak kenal dengan tempat yang satu ini. Salah satu tempat bersejarah yang juga menjadi landmark atau ciri khas dari DKI Jakarta. Ya, Tugu Monas atau Monumen Nasional. Merupakan sebuah monumen yang di bangun untuk mengenang perjuangan dan perlawanan rakyat Indonesia saat melawan pemerintah kolonial Belanda. Monumen ini memiliki tinggi 132 meter (422 kaki) yang dibangun pada 17 agustus 1961 di bawah komando presiden Ir. Soekarno. Bagian terunik dari Monumen Nasional adalah lidah apa di puncak yang dilapisi lembaran emas. Hal itu untuk melambangkan semangat rakyat Indonesia yang menyala-nyala.

Pengunjung yang datang ke Tugu Monas bisa menikmati megahnya bangunan monumen ini dari luar maupun dari dalam. Di dalam Monas terdapat beberapa ruangan yang merupakan museum. Diantaranya Museum Sejarah Nasional yang berada di bagian dasar monumen, ruang kemedekaan, dan pelataran puncak dan api kemerdekaan. Untuk menjangkau puncak di ketinggian 115 meter, pengunjung harus menggunakan lift. Dari atas puncak Monas pengunjung bisa melihat kota Jakarta lebih dekat dengan teropong. Bahkan bila cuaca sedang cerah, Gunung Salak di Bogor pun akan terlihat dari puncak Monas.

Tiket masuk Monas adalah Rp. 20.000 (dewasa) dan Rp. 10.000 (anak-anak). Lalu untuk naik ke pelataran puncak harus membayar lagi sebesar Rp. 7.500 (dewasa) dan Rp. 3.500 (anak-anak).

12. Museum Nasional Indonesia, Museum Pertama dan Terbesar di Asia Tenggara

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: jakartatraveller.com

Wisata museum di jakarta sangat banyak dan bervariasi. Wisata di Jakarta itu bisa di bilang wisata yang sangat lengkap. Selain berwisata kota, pendatang juga bisa berwisata sejarah di Jakarta. Koleksi museum di Jakarta yang selanjutnya adalah Museum Nasional Indonesia atau disebut juga Museum Gajah. Di dirikan tahun 1778 menjadikan museum ini museum pertama dan tertua serta terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Di museum ini terdapat koleksi benda-benda kuno dari seluruh Nusantara. Mencakup etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah, buku langka dan benda berharga. Contohnya seperti prasasti dan barang-barang kuno lainnya. Alamat museum berada di Jl. Merdeka Barat No. 12 Jakarta Pusat. Tidak jauh dari tempat-tempat terkenal di Jakarta seperti Monas, Istana Presiden, Masjid Istiqlal dan lain-lain.

13. Masjid Istiqlal, Masjid Termegah di Asia Tenggara

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: ksmtour.com

Masjid Istiqlal merupakan Masjid Nasional Republik Indonesia. Berada di Jakarta Pusat di sebelah timur Banguna Monumen Nasional atau Tugu Monas. Masjid Istiqlal di dirikan tahun 1951 dan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Ir. Soekarno. Sedangkan arsitek nya adalah seorang kristen protestan yaitu Frederich Silaban. Masjid yang konon merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara ini menjadi daya tarik wisatawan yang datang ke Jakarta. Terutama bagi para muslim. Lantai utama Masjid Istiqlal mampu menampung jamaah hingga 16.000 orang. Sementara, pada sisi kanan, kiri, dan belakang terdapat lantai bertingkat 5 yang mampu menampung jamaah hingga 61.000 orang.

Bukan hanya masyarakat Indonesia bahkan pengunjung dari mancanegara juga banyak yang datang ke Masjid Istiqlal. Termasuk sang mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama, pernah mengunjungi Masjid Istiqlal pada tahun 2010. Daya tarik dari Masjid ini untuk wisatawan tentu karena arsitektur nya yang cantik dan menarik. Arsitektur bergaya Islam Modern International menjadikan bangunan Masjid Istiqlal menjadi lebih menarik. Masjid ini di jadikan simbol perjuangan dan kemerdekaan Indonesia, dan dibangun karena rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia.

14. Gereja Katedral Jakarta, Gereja Megah di Pusat Kota Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: lionmag.net

Setelah membahas Masjid Istiqlal sebagai masjid termegah di Jakarta, selanjutnya ada Gereja Katedral. Juga merupakan gereja termegah di Jakarta sekaligus salah satu yang tertua. Di dirikan tahun 1901 saat pemerintahan Belanda. Arsitektur geraja ini sangat megah dengan gaya Eropa. Lokasinya yang berada di sebelah (berdampingan dengan) Masjid Istiqlal membuat kedua bangunan tersebut dijadikan simbol perdamaian.

Gereja katedral juga sering dikunjungi oleh pengunjung-pengunjung dari luar Jakarta. Entah untuk beribadah ataupun untuk melihat-lihat. Di Gereja Katedral juga terdapat museum yang bisa dikunjungi oleh para pendatang. Alamat Gereja Katedral ada di Jl. Katedral No.7B, Ps. Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710.

15. Kelenteng Jin De Yuan, Kelenteng Tertua di Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: sejarahdunia388.blogspot.com

Masih membahas tentang tempat peribadatan, mengingat Indonesia adalah wilayah multikultur dan multi agama sehingga bangungan-bangunan sejarah yang merupakan bangunan suci tempat ibadah sangat banyak dan tentunya menarik untuk di telaah lebih dalam. Adalah Keleteng Jin De Yuan atau Kim Tek Le atau disebut juga Vihara Dharma Bhakti, merupakan kelenteng yang sudah ada sejak tahun 1650. Seperti bangunan kelenteng pada umumnya, Kelenteng Jin De Yuan di dominasi warna merah dan emas.

Selain dijadikan tempat peribadatan oleh umatnya, kelenteng ini juga menjadi daya tarik masyarakat sekitar untuk di kunjungi. Banyak orang yang datang terutama pendatang dari luar daerah untuk melihat salah satu kelenteng tertua di Indonesia, yang sebelum PD II kelenteng ini menjadi satu dari empat kelenteng besar di bawah pengelola Kong Koan atau Dewan Tionghoa. ALamat dari Kelenteng Jin De Yuan (Kim Tek Le) ada di Jl. Kemenangan III, Petak Sembilan No. 19, RW.2, Glodok, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11120.

16. Museum Tekstil, Destinasi Wajib Para Pecinta Batik

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: manual.co.id

Destinasi wisata di Jakarta yang selanjutnya adalah Museum Tekstil. Salah satu dari banyak nya museum yang bisa menjadi referensi untuk dikunjungi ketika datang ke Ibukota. Museum Tekstil adalah sebuah museum yang melestarikan dan memamerkan karya seni yang berkainan dengan industri pertekstilan Indonesia. Beberapa koleksi yang ada di Museum tekstil antara lain koleksi kain batik, koleksi kain tenun, koleksi campuran, koleksi busana dan tekstil kontemporer, dan lain-lain. Kurang lebih ada 2000 koleksi yang ada di sana.

Museum ini diresmikan tahun 1976 oleh Ibu Tien Soeharto. Awalnya gedung dari Museum Tekstil merupakan bekas markas Barisan Keamanan Rakyat pada masa perjuangan kemerdekaan. Sampai sekarang gedung Museum Tekstil masih menempati bangunan tua di Jl. K.S. Tubun / Petamburan No. 4 Tanah Abang, Jakarta Barat.

17. Museum Macan, Museum Baru yang Instagramble di Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: casaindonesia.com

Tempat ini menjadi tambahan destinasi wisata di Jakarta. Tempat wisata yang baru di buka di tahun 2017 ini sudah berhasil menyedot minat para pengunjung untuk datang kesana. Museum Macan namanya berlokasi di Jakarta Barat yaitu tepatnya di AKR. Tower Level MM, Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Museum ini menjadi yang pertama di Indonesia yang menyajikan karya-karya seni modern komtemporer Indonesia sampai International. Berbagai karya seni dari seniman-seniman terkenal Indonesia maupun mancanegara dipamerkan disana.

Nama Museum Macan sendiri adalah kependekan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini menjadi sangat hits dan terkenal karena memiliki spot-spot yang instagramble. Banyak wisatawan baik lokal maupun dari luar daerah yang jauh-jauh datang untuk mengunjungi Museum Macan. Untuk tiket masuknya adalah Rp. 100.000,- (dewasa) dan Rp. 80.000,- (anak-anak). Museum ini buka setiap hari kecuali hari senin.

18. Planetarium Jakarta, Tempat Seru Untuk Wisata Dengan Anak

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: travelspromo.com

Tempat selanjutnya adalah Planetarium dan Observatorium Jakarta. Tempat wisata yang berada di Jakarta Pusat ini adalah wahana untuk menambah pengetahuan tentang benda-benda langit dan luar angkasa. Lokasinya berada di Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10330. Planetarium dan Observatorium Jakarta dibangun tahun 1964 oleh pemerintah RI yang merupakan ide atau gagasan dari Ir. Soekarno. Tujuannnya agar masyarakat Indonesia memiliki pengetahun mengenai dunia luar angkasa dan penomena-penomena langit.

Di Planetarium Jakarta pengunjung bisa menyaksikan pertunjukan visual yang berkenaan dengan informasi tentang luar angkasa. Setiap pertunjukan biasanya berdurasi 60 menit. Beberapa judul film seperti Tata Surya, Galaksi Bima Sakti, Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan, dan lainnya di putar secara bergantian disana.

19. Waterboom PIK, Wahana Air Untuk Liburan Keluarga

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: loket.com

Brand yang satu ini menjadi salah satu yang terkenal dengan wisata wahana airnya. Ya Waterboom, cabang perusahaan ini sendiri hanya ada 2 di Indonesia yaitu di Bali dan di Jakarta. Di Jakarta sendiri Waterboom berada di sekitar Pantai Indah Kapuk (PIK). Alamatnya yaitu di Jl. Pantai Indah Barat No.1, RT.7/RW.2, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara. Di tempat ini pengunjung bisa puas bermain air dengan wahana-wahana yang menarik. Bermain di Waterboom PIK akan memberikan pengalaman seru, karena tersedia wahana untuk anak-anak maupun dewasa. Apalagi pengelolaan Waterboom ini sangat baik.

Wahana-wahana yang tersedia di Waterboom PIK antara lain wahana seluncuran seperti Splashdown, The Boomerang, Race Track, dan lain-lain. Ada juga fitur atraksi lain seperti Euro Buggy, Boombastic, dan lain-lain. Untuk tiket masuk ke Waterboom PIK di bandrol Rp. 270.000 (weekend) dan 170.000 (hari biasa). Sedangkan untuk anak-anak Rp. 200.000 (weekend) dan Rp. 100.000 (hari biasa).

20. Kidzania Jakarta, Tempat Bermain dan Edukasi Anak di Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: grid.id

Berlibur bersama si kecil tentu orang tua harus memilih destinasi yang ramah anak-anak. Kidzania ini adalah salah satunya. Merupakan tempat berlibur dengan konsep bermain sambil belajar untuk anak usia kanak-kanan hingga sekolah dasar. Berupa replika sebuah kota yang memiliki komponen yang lengkap seperti jalan raya, bangunan-bangunan hingga toko-toko ritel dan berbagai kendaraan. Disana anak-anak bisa memainkan 100 profesi lebih yang diberikan sarana prasarana seperti aslinya, misalnya dokter, arsitektur, pembalap dan lain-lain. Sehingga orang tua pun bisa melihat bakat sang buah dari minat yang di mainkannya.

Tempat rekreasi indoor ini berlokasi di pusat perbelanjaan Pasific Place lantai enam dan memiliki luas 7,500 meter persegi. Alamat lengkapnya di (Pacific Place) Jl. Jend. Sudirman No.Kav. 52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12190. Untuk tiket masuknya bervariasi, untuk balita Rp. 50.000 (Senin – Jum’at) – Rp. 100.000 (Sabtu – Minggu). Sedangkan untuk anak-anak Rp. 225.000 (Senin – Jum’at) – Rp. 275.000 (Sabtu – Minggu). Kemudian untuk orang tua / dewasa Rp. 175.000 (Senin – Jum’at) – Rp. 225.000 (Sabtu – Minggu).

21. Setu Babakan, Pusat Budaya Betawi di Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: inews.id

Setu Babakan atau Situ Babakan merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta. Tempat ini merupakan kampung betawi traditional yang tersisa di Jakarta. Disana masih menjaga kelestarian budaya betawi asli, hingga bangunan-bangunan rumahnya. Di tengah tergerusnya nilai budaya oleh nilai-nilai bisnis dan ekonomi di kota segemerlap ibukota Jakarta, Setu Babakan sebagai langkah mempertahankan nilai-nilai budaya itu.

Setu Babakan di dirikan tahun 2000, menjadi daftar tempat wisata di Jakarta Selatan. Wisata budaya yang bisa dinikmati di Setu Babakan antara lain rumah-rumah adat, pertunjukan seni Lenong, Tari Topeng, Upacara adat seperti Penganten Sunat, Khatam Quran dan lain-lain. Lokasi Setu Babakan berada di Srengseng Sawah, Kecamatan Jagaraksa, Jakarta Selatan.

22. Rumah Si Pitung, RUmah Panggung Betawi yang Tersisa di Jakarta

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: kumparan.com

Rumah Si Pitung, salah satu lokasi wisata budaya betawi di Jakarta. Rumah Si Pitung merupakan salah satu rumah adat betawi yang masih tersisa di Jakarta dan merupakan cagar budaya. Bangunan Rumah Si Pitung, merupakan representasi masyarakat betawi kuno yang berada di pesisir-pesisir pantai. Meski ada cerita yang dipercaya sebagian masyarakat, bahwa rumah tersebut pernah di tinggali salah satu jawara terkenal betawi yakni si Pitung.

Alamat Rumah Si Pitung yaitu di Jl. Kampung Marunda Pulo, RT.02 / RW.07, Marunda, Cilincing, RT.2/RW.7, Marunda, Kec. Cilincing, Kota Jkt Utara, DKI Jakarta 14150.

23. Museum BI, Tempat Bersejarah Dunia Perbankan Indonesia

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: manual.co.id

Wisata Museum lainnya di Jakarta yaitu Museum BI atau Museum Bank Indonesia. Merupakan salah satu museum yang menempati bangunan bekas Bank Indonesia dan merupakan bangunan Cagar Budaya. Bangunan tersebut pertama kali di Bangun tahun 1828. Untuk museumnya sendiri diresmikan tahun 2009 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Alamat Museum Bank Indonesia berlokasi di Jalan Lada 3, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110, atau dekat wilayah kota tua.

Museum ini menyediakan informasi mengenai seluk beluk Perbankan di Indonesia, dari mulai sebelum kedatangan bangsa barat sampai terbentuknya Bank Indonesia pada tahun 1953. Disana juga di informasikan bagaimana peran Bank Indonesia dalam perjalanan bangsa Indonesia. Penyajian informasi sudah lebih modern dengan bantuan teknologi sehingga ditampilkan secara visual.

24. Ocean Dream Samudra, Bermain Dengan Satwa Air

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: leblogdugrandcerf.over-blog.com

Ocean Dream Samudra merupakan salah satu tempat wisata yang berlokasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol atau Ancol Dreamland. Merupakan thempark ke 3 yang ada di Ancol, dimana mengusung konsep konservasi alam. Ocean Dream Samudra juga merupakan oceanarium terbesar yang ada di Indonesia. Disana pengunjung bisa berinteraksi dengan berbagai macam satwa secara lebih dekat. Acara yang disajikan di Ocean Dream Samudra antara lain pentas lumba-lumba, pentas singa laut, akuarium ikan laut dan tawar serta taman sebagai habitat beragam jenis burung.

Lokasi nya berada di Jalan Lodan Timur No. 7, Ancol, Jakarta Utara. Untuk tiket masuknya adalah Rp 160.000 per orang.

25. Trans Snow World, Taman Salju Terbesar di Indonesia

Wisata Paling Terkenal di Jakarta Terbaik dan Terbaru
Sumber gambar: nova.grid.id

Merupakan wisata yang terbilang baru kemunculannya. Sebenarnya lokasinya ada di Bekasi, namun dikenal sebagai salah satu tempat wisata Jakarta karena lokasinya tidak terlalu jauh dari Ibukota. Trans Snow World merupakan taman salju yang sangat cantik dan menarik untuk dijadikan tujuan wisata, apalagi ketika membawa si kecil liburan. Disana kita bisa bermain salju layaknya di daerah bersalju betulan. Dengan mengunjungi Trans Snow World, sekarang tidak perlu ke luar negeri untuk bermain salju guys. Tempat ini menjadi tempat wisata instagramable di Jakarta.

Lokasinya berada di Jl. Ir. H. Juanda No.180, RT.003/RW.011, Margahayu, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17113. Untuk tiket masuknya lumayan mahal ya, sekitar 275.000 per orang.

Itulah daftar tempat wisata paling terkenal dan paling hits yang ada di Jakarta. Tempat-tempat yang wajib dikunjungi karena merupakan tempat wisata anti mainstream di Jakarta. Mulai dari wisata Kota, Mall, Alam sampai wisata Budaya dengan mengunjungi cagar budaya dan museum-museum. Semoga bisa memberikan referensi bagi kalian yang ingin berlibur tidak biasa di Jakarta. Tempat-tempat wisata Jakarta cocok untuk wisata sehari atau one day trip.

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email