20 Tempat Wisata Terkenal di Bogor

Dikenal dengan sebutan Kota Hujan. Kota yang tidak jauh dari ibukota negara (Jakarta) ini, memiliki potensi yang luar biasa dalam hal pariwisata. Tidak jarang, Bogor menjadi 'pelarian' orang-orang ibukota untuk melepas penat ketika akhir pekan.

Kota Bogor yang dikelilingi perbukitan dan air terjun, menjadi daya tarik bagi siapa saja yang datang kesana. Terdapat 2 gunung yang mengapit, yaitu Gunung Gede Pangrango dan Gunung Salak. Meski secara geografis bukan berada di wilayah Bogor saja, namun terlihat jelas dari Bogor.

Soal pariwisata, Bogor tidak diragukan lagi. Sebut saja Puncak, tempat liburan di Bogor paling populer. Yang selalu menjadi tujuan kebanyakan orang apabila ke Bogor. Di puncak sendiri, tempat wisatanya banyak dan bervariasi. Selain ada kebun binatang taman safari, ada juga wisata bukit, danau dan air terjun. Dijamin lengkap deh...

Pun di tempat lain selain di Puncak, banyak sekali wisata air terjun nya. Sehingga banyak orang memanggil dengan sebutan kota sejuta curug / air terjun.

Berikut ini akan kami rangkum, Info tujuan wisata di Bogor paling kekinian. Untuk referensi teman-teman, yang kebetulan akan menuju kota Hujan.

1. Devoyage, Eropa Mini di Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: travelingyuk.com

Merupakan tempat wisata baru di Bogor. Devoyage menjadi pilihan tepat bagi kamu yang gemar berburu spot foto instagramable sambil refreshing.

Memiliki luas 1,5 hektar, tempat ini dipenuhi bangunan-bangunan bergaya arsitektur Eropa. Dari landmark terkenal Menara Eiffel hingga Sungai Venesia. Sesuai motonya, “Holiday, Selfie, and Foodies” di sini terdapat titik foto yang akan memanjakan kamu.

Alamatnya berada di Jl. Raya Bogor No.240, RT.05/RW.12, Mulyaharja, Kec. Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16135. Dan untuk tiket masuknya adalah 25.000 saat weekday, dan 35.000 untuk weekend.

2. The Ilusion, Wisata Foto 3 Dimensi di Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar gogonesia.com

Konsep wisata The Ilusion sebenarnya sama seperti kebanyakan yang sudah ada di kota lain. Yaitu upside down atau foto terbalik, dan lukisan 3D. Menjadi salah satu destinasi wisata di Bogor yang sedang hits.

The Illusion merupakan lokasi wisata yang berada di kawasan Komplek Bogor Nirwana Residence tepatnya di Jungle Mall. Di dalam lokasi wisata ini terdapat banyak lukisan 3 Dimensi yang akan menjadikan foto Anda terlihat luar biasa.

Untuk tiket masuknya adalah 60.000 di hari biasa (weekday), sedangkan untuk akhir pekan (weekend) sebesar 70.000.

3. Little Venice Kota Bunga, Miniatur nya Venesia di Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar jejakpiknik.com

Berlokasi di Puncak, yang sudah berbatasan dengan Cipanas / Cianjur. Bahkan secara geografis masuk ke kabupaten Cianjur.

Lebih tepatnya berada di Jl. Hanjawar, Pacet, Desa Batulawang, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tapi karena sangat berdekatan dengan Puncak Bogor, maka sering disebut-sebut sebagai wisata bogor.

Kota Bunga Little Venice sendiri merupakan sebuah kawasan Villa Estate yang dibangun di atas luas lahan sekitar 125 ha.

Villa dengan konsep yang megah ini awalnya diperuntukkan bagi mereka yang datang menginap. Tetapi, semakin viralnya tempat ini membuat pihak pengelola membukanya untuk umum, bagi mereka yang ingin berburu tempat-tempat yang instagramable.

Untuk tiket masuknya yaitu 25.000, tetapi anda harus merogoh kocek kembali jika ingin menggunakan berbagai fasilitas yang disedikan disana seperti sepeda, perahu, dan lain-lain. Dengan tarif yang bervariasi.

4. Ranggon Hill, Wisata Perbukitan di Kaki Gunung Salak

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar wisatabaru.com

Ranggon Hills atau bukit Ranggon memang termasuk wisata yang baru namun masih mengusung nuansa mainstream karena dikonsep dengan gaya wisata ala Lodge Maribaya atau Pinus Kragilan di Magelang. Tempat ini menyajikan panorama pegunungan dengan spot selfie berupa Rumah Pohon, Jembatan Pohon, dan yang paling difavoritkan adalah berupa bangku dan meja terbang.

Lokasi Ranggon Hills sangat dekat dengan Curug Pangeran yang lebih dulu terkenal. Untuk mencapai ke Ranggon Hills, dari kota Bogor langsung saja menuju Kawasan Gunung Salak Endah yakni melewati ruas Jalan Tenjolaya, Cibatok, atau Cikampak.

Karena keberadaan wisata ini di kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Halimun Salak, maka tiket masuknya cukup lumayan yaitu 30 ribu rupiah.

5. The Highland Park Resort Hotel, Tempat Glamping di Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar cimanggubogor.com

Salah satu pelopor Glamping (Glamour Camping) di Indonesia. Yaitu konsep hotel dengan desain seperti tenda. Jadi seperti camping tapi dengan fasilitas hotel.

Konsep ini banyak diminati, terutama untuk liburan keluarga. Karena banyak yang ingin merasakan suasana baru menginap layaknya camping, tetapi malas dengan keribetan-keribetannya. Nah, dengan glamping ini menjadi lebih minimalis. Meskipun biaya yang dikeluarkan tentu tidak sedikit, tetapi worth it kok.

Di the highland park resort hotel terdapat dua pilihan tenda yang tersedia, yaitu Mongolian dan Apache. Untuk Mongolian tendanya lebih luas dan lokasinya lebih deket ke kolam renang dan resto, sedangakan tipe tenda yang Apache ini tipe superiornya, lebih kecil dan letaknya lebih jauh ke atas. Untuk harga tenda Apache mulai dari Rp. 1.100.000,-an, bisa lebih murah kalau booking jauh-jauh hari dan nginep pas weekday. Untuk Mongolian, harganya sekitar Rp. 1.200.000,-an. Fasilitas di dalam tenda lengkap dengan AC, WIFI, TV kabel, telp, teko listrik, dan kamar mandi.

Alamatnya Jl. Curug Nangka, Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610.

6. House The Hobbit Cisarua Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: jejakpiknik.com

Konsep tempat wisata yang banyak digunakan, bukan hanya di Bogor tetapi juga di kota-kota lain. Yaitu spot foto dengan latar rumah hoobit seperti di film Lord of The Rings. Konsep ini cukup berhasil menarik wisatawan, terbukti tempat-tempat wisata konsep the hobbit selalu ramai dan jadi buruan. Seperti yang di Bogor ini, House the Hobbit Cisarua, Bogor.

Tepatnya beralamat di Jalan Gandamaran, Tugu Selatan, Cisarua, Puncak, Jawa Barat. Tidak begitu jauh dari Taman Safari. Menjadikan tambahan list wisata apabila teman-teman mengunjungi puncak, Bogor.

Untuk biaya masuk sangat terjangkau, yaitu sekitar 10.000/orang. Di dekat lokasi juga terdapat banyak penginapan yang cukup terjangkau.

7. The Jungle Water Adventure

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: transwisatasejahtera.com

The Jungle Water Adventure berlokasi di sebuah kawasan Perumahan Bogor Nirwana Residence (BNR) dengan latar belakang keindahan panorama Gunung Salak. Berbagai macam wahana air yang ditawarkan, sangat cocok buat keluarga terutama yang membawa anak kecil. Ada juga sinema 4D dan Rumah Hantu nya.

The Jungle menjadi wahana wisata favorit di Bogor, terbukti selalu penuh apalagi jika weekend. Tarif masuknya adalah 80.000 saat weekday, dan 95.000 saat weekend. Sedangkan untuk hari libur sekitar 120.000.

Untuk lokasi/ alamat The Jungle berada di Perumahan Bogor Nirwana Residence, Jl. Dreded Pahlawan, Cibeureum, Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Bisa ditempuh kurang lebih 10-20 menit saja dari gerbang tol Bogor.

8. Jungleland Adventure Theme Park

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: tripadvisor.co.id

Selain Jungle Water Park ada juga Jungleland Theme Park. Meski dari namanya sama, namun berada di lokasi dan konsep yang berbeda.

Jungleland adalah wahana bermain yang berada di Bogor. Menjadi salah satu tempat liburan di Bogor terpopuler, karena memiliki 33 wahana permainan yang dapat dinikmati pengunjung. Dengan luas lahan 35 hektar, wisatawan dapat menghabiskan liburan untuk menikmati wahana-wahana yang ada.

Alamatnya berada di Kawasan Sentul Nirwana, Jl. Jungle Land No.1, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810. Untuk biaya masuk Jungleland yaitu 165.000 saat weekday, dan 220.000 saat weekend. Sedangkan untuk high session biasanya beda lagi.

9. Curug Cibaliung, Bermain Air Jernih di Sentul Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: wisatabagus.com

Curug Cibaliung memang belum terlalu terkenal, karena lokasinya yang dalam dan sulit ditemukan. Karena hal ini, Anda masih dapat merasakan kealamian dari tempat ini. Walaupun tidak terlalu tinggi, air terjun ini menawarkan kesejukan serta kejernihan air terjun yang membuat curug ini terlihat semakin cantik dan indah. Untuk yang senang mandi dan berenang, cocok banget nih untuk bermain air di Curug Cibaliung.

Curug ini satu lokasi pintu masuk dengan Curug Leuwi Hejo. Jadi biaya retribusi yang harus dikeluarga untuk ke Curug Cibaliung adalah 15K saat pintu masuk leuwi hejo, dan 5k saat masuk Cibaliung.

10. Rumah Pohon Curug Ciherang

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: lifestyle.okezone.com

Adalah rumah pohon dan jembatan kayu gantung, yang menjadi daya tarik wisata ditempat itu. Ya Curug Ciherang, sebuah wisata air terjun yang ada di Bogor. Dari banyak nya air terjun yang ada di Bogor, air terjun Ciherang menjadi salah satu yang terfavorit. Apalagi di dukung dengan spot-spot kece.

Beralamat di Jonggol yaitu terletak di Desa Sukawangi, Kecamatan Sukamakmur.

Yang menarik dari rumah pohon ini adalah untuk menuju ke rumah pohon tersebut, Anda harus berjalan di atas jembatan kayu dengan pemandangan perbukitan hijau alami yang luar biasa. Tapi harus berhati-hati ya,karena dibawahnya adalah jurang yang sangat dalam. Safety First.

11. The Ranch Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar datawisata.com

Salah satu dari begitu banyak list wisata di Puncak, Bogor. Dari namanya mirip dengan yang ada di Bandung, yaitu The Ranch Bandung. Ternyata menurut informasi memang cabang dari The Ranch Bandung. Tetapi The Ranch Bogor lebih lengkap, dengan banyaknya spot-spot photo.

The Ranch Bogor beralamat di Jalan Raya Puncak-Cianjur, No.428, Leuwimalang, Kopo, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Untuk bisa menikmati keindahan yang ada disini, teman-teman cukup merogoh kocek sebesar 20 ribu rupiah. Jangan bilang mahal dulu, uang 20 ribu ini akan kembali dalam bentuk susu. Atau juga voucher makan dengan minimal pembelian 80 ribu rupiah. bagaimana cukup murah kan?

Hanya untuk wahana lain teman-teman harus mengeluarkan uang kembali, seperti berkuda, panahan, rata-rata 20-25 ribu.

12. Taman Safari Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: hargakatalog.id

Siapa sih yang tidak tau tempat wisata yang 1 ini. Minimal sering mendengar, jikapun belum sempat berkunjung kesana. Ya, Taman Safari adalah salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia.

Keunikan tempat wisata ini dari kebun binatang lainnya di Indonesia adalah pengunjungnya bisa berkeliling ke berbagai tempat untuk bisa melihat dari dekat semua jenis binatang dengan memakai mobil pribadi ataupun naik bus yang sudah disediakan pihak pengelola Taman Safari. Pengunjung juga bisa berinteraksi langsung dengan memberi makan hewan-hewan tersebut.

Lokasi nya berada di Jalan Raya Puncak Nomor 601, Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Untuk harga tiket masuknya sendiri mulai dari 170 - 230 ribu tergantung hari dan usia.

13. Taman Buah Mekarsari Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: wisatablog.com

Salah satu tempat wisata yang sudah cukup terkenal dan menjadi favorit wisatawan ketika berkunjung ke Bogor adalah Taman Buah Mekarsari. Sesuai dengan namannya, tempat wisata ini juga menjadi tempat konservasi dan pengembangan beragam jenis tanaman, khususnya buah-buahan.

Taman Buah Mekarsari merupakan taman buah terbesar di Indonesia. Dimana terdapat lebih dari 100.000 pohon dengan 1.470 jenis tanaman buah.

Taman Buah Mekarsari selalu penuh oleh pengunjung, apalagi ketika hari libur akhir pekan ataupun hari libur sekolah.

Lokasinya berada di Jalan Raya Cileungsi, Jonggol KM 3, Cileungsi. Untuk tiket masuk Taman Buah Mekarsari sangat terjangkau, yakni seharga 15.000 rupiah dan gelang RFID seharga 10.000 rupiah. Gelang RFID ini digunakan untuk mengisi saldo agar dapat bermain di wahana maupun berbelanja di Taman Buah Mekarsari.

14. Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: jejakpiknik.com

Salah satu wisata dengan daya tarik interaksi dengan rusa adalah Penakaran Rusa Cariu. Lokasi nya berada di Desa Bunajaya, Kec. Tanjungsari, Bogor.

Tempat yang dulu dikenal dengan nama Penangkaran Rusa Cariu ini mempunyai luas area sebesar 5 hektar dan di sini, Anda dapat berinteraksi dengan rusa dengan memberi makan serta berfoto ria dengan rusa-rusa tersebut.

Untuk tiket masuknya sangat terjangkau, yakni hanya 10.000 saja. Dengan tambahan membeli ubi-ubian untuk memberi makan rusa, jika ingin.

15. Gunung Pancar, Spot Camping Favorit di Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: pegipegi.com

Gunung Pancar yang terletak di kabupaten bogor Jawa Barat ini, sudah lumayan terkenal. Tepatnya berada di Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa barat. Setiap akhir pekan, banyak orang yang datang ke sana untuk merasakan kesegaran alamnya.

Pepohonan yang menjulang tinggi di kawasan ini memang membuat siapa pun betah untuk berlama-lama. Bahkan ada wisatawan sampai lupa waktu karena terbius kemegahan suasana Gunung Pancar. Ada banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan untuk menikmati Gunung Pancar ini. Dari mulai olahraga, foto-foto, hammock-an, outbond sampai camping.

Untuk harga tiket masuk kawasan ini adalah 5 ribu rupiah untuk weekday. Dan di weekend, harga akan naik menjadi 7.500 rupiah. Untuk biaya parkirnya membayar 5 ribu untuk motor dan untuk mobil membayar 10 ribu rupiah.

16. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: hipwee.com

idak hanya di Bali, di kota Bogor, Anda pun dapat menikmati keindahan pura layaknya di kota Bali. Dengan pemandangan sekitar yang asri yakni view Gunung Salak, teman-teman bisa berkunjung ke Pura Parahyangan Agung Jagatkarta.

Konon Pura Parahyangan merupakan pura terbesar di Jawa, dan terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih di Bali. Dibangun di atas tanah seluar 2,5 hektar di lereng Gunung Salak, di atas tanah suci yang konon merupakan petilasan dari Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran.

Letak Pura Parahyangan berada di Kampung Warung Loak, Ds. Taman sari, Kec. Ciapus, Bogor.

17. Taman Wisata Matahari

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: travelspromo.com

Taman wisata bermain keluarga yang satu ini masih berada di Puncak, Bogor. Sesuai motto-nya "Recreation and Education Park", Tempat wisata di Bogor yang satu ini selain mempunyai banyak wahana permainan yang seru juga bisa menjadi sarana mengkedukasi anak-anak untuk lebih dekat dengan alam.

Dengan fasilitas yang lengkap dan tiket masuk yang relatif murah, taman wisata matahari selalu menjadi incaran. Terbukti selalu penuh sesak ketika akhir pekan tiba.

Taman wisata Matahari ini belokasi di Jalan Raya Puncak KM 77 Cisarua, Bogor. Dengan tiket masuk sebesar 50.000 saat weekday, dan 60.000 saat weekend.

18. Curug Cigamea, Air Terjun Indah di Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: tempatwisataindonesia.id

Merupakan salah satu curug Indah di Bogor. Tepatnya berada di Ds. Gunungsari Kec. Pamijahan, Bogor.

Yang unik dari Curug Cigamea adalah terdapatnya 2 curug yang saling berdampingan, tapi berbeda. Suasana di lokasi air terjun yang masih alami, menjadikan tempat ini selalu menjadi buruan para wisatawan yang ingin berbaur dengan alam.

Untuk masuk ke Air Terjun ini perlu melewati 2 kali tiket masuk. Yaitu 1x tiket masuk kawasan Gunung Salak sebesar 7.000, dan 1 lagi tiket masuk curug 3000.

19. Curug Cikuluwung, Kolam Alami Berair Biru

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: travelosofi.blogspot.com
Curug ini terbilang baru dibuka, tetapi sudah menjadi favorit para wisatawan yang datang. Karena keindahan alam yang ditawarkan sungguh menakjubkan. Meski tidak terlalu besar, namun curug yang satu ini memiliki karakteristik yang unik. Dari jauh sudah terlihat kolam yang jernih dan berwarna kebiruan. Di sisi-sisinya ada tebing berbatu yang menjulang tinggi. Begitu indah dan hawanya juga sejuk menyegarkan.

Lokasi Curug Cikuluwung berada di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan. Tiket masuk adalah 10.000, tetapi jika ingin menggunakan pelampung untuk berenang harus menyewa di lokasi.

20. Bukit Alesano, Tempat Menikmati City Light Kota Bogor

Tempat Wisata Bogor Paling Baru dan Menarik
Sumber gambar: travelingyuk.com

Setiap kota dataran tinggi, selalu menyajikan spot-spot perbukitan yang indah. Salah satunya yang berada di Bogor ini.

Bukit Alesano merupakan spot camping, dengan pemandangan hamparan lampu kota ketika malam hari. Pemandangan siang hari pun tidak kalah memukau, hijau memanjakan mata.

Aktifitas terbaik ketika mengunjungi Bukit Alesano adalah berkemah atau camping. Sehingga bisa melihat panorama di Bukit Alesano ketika malam hari. Pun bisa menikmati sunset dan sunrise sekaligus.

Lokasi Bukit Alesano sendiri berada di Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk tiket masuknya yaitu 10.000, sedangkan untuk camping perlu menambah 15.000 rupiah.

Itulah beberapa list tempat wisata Bogor beserta tarif harga tiket masuk tempat wisata di Bogor. Semoga bisa memberikan referensi untuk teman-teman yang akan mengunjungi kota hujan dalam waktu dekat. Selain itu, mengagendakan wisata ke Bogor menjadi ide yang bagus ketika sudah sumpek dengan rutinitas. Apalagi untuk teman-teman yang berdomisili di Jabodetabek, karena Bogor merupakan lokasi yang tidak terlalu jauh.

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email