sqIus80d5VwRjHCsULqdp1Lmmq7jVxCChULbkU68
Makanan Penambah Berat Badan yang Sehat dan Enak

Iklan 728x90

Makanan Penambah Berat Badan yang Sehat dan Enak

Makanan yang Bisa Menambah Berat Badan

Mungkin kita sering mendengar cerita dari orang yang ingin sekali menurunkan berat badan. Namun sebaliknya, banyak juga kesulitan menaikkan berat badan karena merasa terlalu kurus sehingga jauh dari kesan ideal. Mengkonsumsi sejumlah makanan penambah berat badan adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan.

Tidak asal makan banyak, tapi haruslah pintar dalam memilih makanan yang sehat dan aman. Berikut adalah daftar makanan yang bisa Anda coba demi mendapatkan tubuh ideal yang diimpikan.

Daftar ini mencakup makanan, buah, dan sayuran yang banya mengandung protein, kalori, lemak, dan karbohidrat.

1. Makanan

Jenis pangan ini umumnya berupa makanan pokok, produk organik, dan produk olahan yang dibuat dari bahan alami.

Makanan Untuk Gemuk Alami Tanpa Obat

1.1. Nasi

Pangan yang satu ini sangat mudah didapatkan karena menjadi makanan pokok orang Indonesia. Jika ingin menambah berat badan dengan cepat, Anda harus menambah porsi nasi putih setiap makan. Semakin banyak dikonsumsi maka asupan karbohidrat ke dalam tubuh semakin banyak dan bisa membantu mempercepat proses penggemukan. Nasi putih adalah sumber karbohidrat terbaik dan termudah yang bisa Anda dapatkan. Lebih enak jika dikonsumsi dalam keadaan hangat dan dicampur dengan mentega agar lebih terasa gurih.

Gizi: 129 kalori / 100 gram

1.2. Roti Gandum

Mengandung banyak serat yang baik untuk pencernaan. Cocok jika dipadukan dengan selai kacang atau mentega. Roti gandum sangat baik dikonsumsi di pagi hari sebagai sarapan karena memberikan rasa kenyang lebih lama.

Gizi: 69 kalori / 100 gram

1.3. Telur

Banyak mengandung vitamin A, D, E, kolestrol, dan protein. Para binaragawan sering mengkonsumsi telur mentah untuk membentuk otot dan tubuh. Cara mengkonsumsi telur yang baik adalah dengan direbus. Telur yang bisa dimakan berupa telur ayam, bebek, dan puyuh.

Gizi:
a. Telur ayam mentah: 74 kalori / 50 gram
b. Telur ayam rebus: 77 kalori / 50 gram
c. Telur ayam goreng: 90 kalori / 50 gram
d. Telur asin (bebek): 137 kalori / 75 gram
e. Telur puyuh: 14 kalori / buah

1.4. Susu

Tidak terbatas pada susu sapi saja, tapi bisa juga dari hewan lain seperti kambing , kerbau unta, bahkan susu bubuk dan susu kental manis. Susu murni memiliki kandungan vintamin A, D, dan lemak yang lebih tinggi daripada susu yang sudah melalui tahap sterilisasi dan proses lainnya.

Gizi:
a. Susu sapi: 52 kalori / 100ml
b. Susu murni: 62 kalori / 100ml

1.5. Keju

Produk olahan yang berasal dari susu ini dapat dijadikan cemilan yang nikmat. Bisa juga ditambahkan dengan roti gandum dan selai kacang. Jenisnya beragam mulai dari mozzarella, cheedar, parmesan, dan lainnya. Cocok juga dijadikan topping tambahan ketika membuat telur goreng.

Gizi: 430 kalori / 100 gram

1.6. Daging Merah

Sudah jadi rahasia umum jika daging adalah makanan yang bisa membuat gemuk. Daging yang dimaksud bisa berupa daging sapi, kambing, dan mamalia darat lainnya. Selain tinggi lemak dan kalori, daging merah adalah sumber protein yang baik jika dimasak dengan cara yang tepat. Daging panggang mengandung kurang lebih 150 kalori per 70 gram. Lalu daging rendang mengandung 370 kalori per 100 gram. Kandungan kalori pada daging merah memang berubah setelah diolah, biasanya akan semakin tinggi. Untuk menambah kenikmatan bisa ditambahkan kentang ke dalam daging yang sudah dimasak.

Gizi: 220 kalori / 100 gram

Baca Juga: Olahraga untuk Menambah Berat Badan Supaya Gemuk

2. Buah

Berikut adalah daftar buah yang bisa membantu menambah bobot badan agar cepat gemuk. Sudah pasti semuanya aman dikonsumsi karena berasal dari alam.

Makanan yang Bikin Gemuk dalam Seminggu

2.1. Alpukat

Selain mengandung kalori yang cukup tinggi, alpukat juga mengandung vitamin E, V, asam folat, dan potasium.

Gizi: 85 kalori / 100 gram

2.2. Pisang

Buah dengan "jaket" ini efektif menambah berat badan jika dikonsumi secara rutin. Selain kalori, pisang juga mengandung kalium untuk mengontrol tekanan darah dan fosfor untuk memperkuat otot. Sangat enak jika dimakan bersama madu asli.

Gizi: 100 kalori / 100 gram

2.3. Kurma

Buah ini menjadi ciri khas sebagai oleh-oleh selepas pulang umrah dan haji. Bisa pula didapatkan dengan mudah ketika memasuki waktu puasa di bulan Ramadhan. Gula alami yang terdapat dalam kurma membuatnya mengandung kalori yang sangat tinggi. Hindari mengkonsumsi kurma muda karena zat gula di dalamnya belum terbentuk dengan sempurna.

Gizi: 282 kalori / 100 gram

2.4. Mangga

Buah kuning dan manis ini menjadi favorit banyak orang Indonesia dan masuk ke dalam daftar buah yang bisa membuat gemuk karena kandungan gula alami di dalamnya cukup tinggi.

Gizi: 72 kalori / 100 gram

2.5. Anggur

Tidak hanya kandungan kalorinya yang tinggi, anggur juga diperkaya zat yang mampu mencegah penyakit Alzheimer dan serangan jantung. Rajinlah mengkonsumsinya karena anggur masuk ke dalam daftar makanan agar cepat gemuk.

Gizi: 130 kalori / 100 gram

2.6. Pepaya

Lagi-lagi ada buah yang mengandung gula alami yang tinggi. Ya, ini dia pepaya. Gula memang dikenal sebagai zat yang membuat badan cepat gemuk.

Gizi: 46 kalori / 100 gram

2.7. Durian

Sang "raja buah" durian mengandung fosfor yang penting untuk menangkal radikal bebas.

Gizi: 29 kalori / gram

3. Sayuran

Mungkin ada diantara Anda yang kurang suka mengkonsumsi sayuran karena rasanya yang hambar. Namun demi mendapatkan tubuh ideal yang diinginkan, tidak ada salahnya untuk mencoba menyukainya. Sayur bisa diolah sedemikian rupa menggunakan rempah-rempah khas Indonesia agar rasanya lebih nikmat. Berikut adalah daftar sayuran untuk membuat badan cepat gemuk.

Menu Makanan Sehat yang Enak untuk Gemuk

3.1. Kacang

Jenisnya sangat beragam, misalnya: kacang tanah, almond, walnut, hazel, macadamia, dan brasil. Semuanya dapat dikonsumsi langsung sebagai cemilan. Jika ingin praktis bisa didapatkan melalui selai kacang yang dioleskan pada roti.

Gizi:
a. Kacang tanah: 567 kalori / 100 gram
b. Almond: 575 kalori / 100 gram
c. Walnut: 654 kalori / 100 gram
d. Hazel: 628 kalori / 100 gram
e. Macadamia: 718 kalori / 100 gram
f. Brasil: 655 kalori / 100 gram

3.2. Kentang

Konsumsilah beserta kulitnya agar mendapatkan kalori yang lebih banyak. Jika diolah menjadi kentang goreng atau perkedel, kandungan kalorinya akan menjadi lebih banyak. Orang di belahan benua lain, misalnya Amerika, telah terbiasa mengkonsumsi kentang sebagai pengganti nasi. Ini karena kentang membuat perut cepat kenyang sehingga menjadi makanan agar cepat gemuk.

Gizi:
a. Kentang dan kulitnya: 70 kalori / 100 gram
b. Kentang rebus: 83 kalori / 100 gram
c. Kentang goreng: 140 kalori / 100 gram
d. Perkedel: 246 kalori / 100 gram

3.3. Kubis

Kubis atau kol bisa membantu membuat badan gemuk jika dikonsumsi lebih banyak dari biasanya.

Gizi: 24 kalori / 100 gram

3.4. Jagung

Cara paling praktis untung mengolahnya adalah dengan direbus atau dibakar. Apalagi jika jagung bakar yang ditambah mentega, sudah pasti kalorinya akan semakin tinggi. Selain itu jagung bisa menjadi pengganti nasi sebagai makanan pokok sehari-hari.

Gizi:
a. Jagung rebus: 93 kalori / 100 gram
b. Jagung dengan mentega: 106 kalori / 100 gram
c. Jagung manis: 86 kalori / 100 gram

3.4. Tomat

Tomat sering dijadikan campuran sambal atau lalapan. Sebuah tomat merah berukuran sedang mengandung 22 kalori. Jika Anda mengkonsumsinya beberapa buah per hari, hitung saja kalori yang akan Anda peroleh. Jika dihitung per 100 gram, maka rata-ratanya adalah 18 kalori.

Gizi: 18 kalori / 100 gram

3.5. Wortel

Selama ini wortel dikenal sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Tapi tahukan Anda bahwa 100 gram wortel mengandung 41 kalori. Jika Anda sedang membuat sop daging, pastikan untuk menambahkan wortel ke dalamnya.

Gizi: 41 kalori / 100 gram

Itu dia daftar lengkap makanan alami yang menaikkan berat badan dengan cepat secara aman tanpa obat-obatan. Yang terpenting semuanya tetap enak untuk dikonsumsi. Harap diingat bahwa tidak boleh makan secara berlebihan. Sesuaikan dengan jumlah yang Anda butuhkan, karena semua yang berlebihan itu tidak baik.

Imbangi dengan pola hidup sehat lainnya seperti tidur teratur, tidak begadang, rajin olah raga, tidak merokok, dan banyak minum air putih. Jika semuanya dilakukan dengan baik, niscaya berat badan anda akan naik dengan cepat.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel Via Email