Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes yang Harus Dihindari

Pantangan Makan dan Minuman Penderita Diabetes

Seseorang yang telah terkena diabetes wajib memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi, misalnya saja mengganti nasi putih menjadi nasi merah atau brown rice. Selain nasi, ada beberapa daftar makanan yang dilarang untuk penderita diabetes agar kadar gula darah tetap stabil. Apa saja daftarnya?

Gula yang berlebihan dan tidak terkendali adalah faktor utama yang menyebabkan timbulnya penyakit diabetes. Sumber gula terbesar yang masuk ke dalam tubuh berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Faktor penyebab itulah yang harus dibatasi atau bahkan dihentikan sama sekali.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Berikut adalah beberapa jenis makanan, sayuran, atau buah-buahan yang termasuk ke dalam jenis yang wajib dihindari. Secara garis besar, makanan pantangan diabetes adalah yang tinggi gula, kalori, lemak, dan karbohidrat.

1. Nasi Putih dan Roti Putih (Makanan Berbahan Dasar Tepung)

Makanan jenis ini mengandung banyak sekali karbohidrat. Sebenarnya karbohidrat dibutuhkan tubuh untuk menambah energi dan tenaga setiap harinya. Namun saat seseorang terkena diabetes, mau tidak mau penderita harus membatasi zat nutrisi ini. Jika penderita mengkonsumsi karbohidrat dalam jumlah berlebih, kadar gula dalam tubuh akan naik sangat tinggi dan bisa berakibat fatal seperti merusak saraf dan pembuluh darah.

Untuk tetap mendapatkan energi dan menghilangkan rasa lapar, konsumsilah makanan yang tinggi serat dan protein. Ganti nasi putih menjadi nasi merah, jagung, atau ubi jalar rebus / bakar (tidak digoreng) sebagai makanan pokok.

Sementara untuk camilan berat seperti roti putih bisa diganti menjadi roti gandum, atau makanan yang berbahan dasar biji-bijian utuh.

2. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng menggunakan minyak mengandung lemak trans. Lemak trans pun umum ditemui pada margarin, selai, dan makanan yang diawetkan. Sebenarnya lemak trans tidak hanya harus dihindari oleh penderita diabetes saja, namun oleh semua jenis penyakit.

Jadi stop konsumsi camilan seperti gorengan, kentang goreng, atau keripik kentang kemasan. Kombinasi minyak goreng dan karbohidrat di dalamnya dapat memicu naiknya kadar gula darah.

3. Kulit Ayam atau Bebek

Kudapan ini menjadi favorit anak muda, apalagi di gerai makanan cepat saji dimana kulit ayam digoreng sampai kering. Jika Anda adalah seorang penderita diabetes, sebaiknya jangan mencoba untuk makan ini, baik yang digoreng maupun diolah dengan cara lain. Ini disebabkan karena kulit unggas mengandung lemak yang cukup tinggi. Konsumsilah dada ayam tanpa kulit yang diolah dengan cara direbus atau dijadikan sop.

4. Buah Kering yang Diawetkan

Kita tahu bahwa buah sangat baik bagi tubuh. Namun jika buah tersebut telah melalui proses pengolahan, maka pikirkan lagi untuk mengkonsumsinya. Jenis ini terbuat dari potongan buah yang diawetkan dan dikeringkan untuk mengurangi kadar air. Ini bertujuan agar buah dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama dibanding buah segar.

Namun pada proses pengeringan biasanya ditambahkan gula sebagai penambah rasa. Belum lagi proses tersebut cenderung menurunkan kandungan gizi dalam buah. Alhasil gula dan gizi rendah tersebut menjadi alasan mengapa jenis ini patut dihindari. Buah yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes adalah yang telah dikeringkan dan diawetkan.

5. Salad Sayur yang Ditambahkan Mayonaise dan Keju

Sayur memang menyehatkan. Apalagi jika beragam jenis sayur dicampur menjadi salad, sedap sekali dan rasanya menjadi beragam. Tapi lain cerita jika ditambahkan saus pelengkap seperti mayonaise. Belum lagi ditaburi keju parut. Wah, kalau sudah begitu, Anda patut waspada. Pasalnya, kedua jenis tambahan tersebut mengandung gula dan lemak yang cukup tinggi.

Baca Juga: Makanan Harian Khusus Penderita Diabetes yang Enak dan Aman

Jika masih ingin menambahkan taburan, gunakanlah saus berbahan dasar minyak seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Sayuran yang berbahaya bagi penderita diabetes adalah yang telah ditambahkan mayonaise dan keju.

6. Madu dan Sirup

Meskipun madu tergolong sebagai pemanis alami pengganti gula, nyatanya status "alami" yang disandang tidak lantas membuat madu menjadi makanan yang bisa dengan bebas dikonsumsi penyandang diabetes. Ini disebabkan karena kandungan gula dalam madu sangat tinggi. Bahkan sebenarnya lebih tinggi dibanding gula putih sekalipun.

Sirup yang sering digunakan sebagai pengganti gula pun sama-sama mengandung gula yang tinggi. Tentunya tidak baik untuk dikonsumsi penyandang diabetes.

7. Kopi dengan Pemanis Atau Topping

Kopi yang aman dan baik dikonsumsi adalah kopi hitam atau espresso tanpa tambahan pemanis apapun. Lain halnya jika ditambahkan topping tambahan seperti sirup, madu, krimer, karamel, atau whipped cream. Ini karena semua jenis topping tersebut mengandung banyak gula dan pemanis buatan.

Jika masih ingin menambahkan sesuatu, gunakanlah gula khusus diabetes yang telah banyak dijual di pasaran. Atau bisa juga menggunakan susu rendah lemak.

8. Minuman Bersoda

Tidak hanya kopi dengan topping, minuman bersoda pun mengandung gula yang cukup tinggi karena telah melalui proses pengolahan. Umunya soda mengandung 38 gram gula per 350 ml. Oleh sebab itu Anda harus memperhatikan kandungan nutrisi yang tercantum pada kemasan.

9. Minuman Berenergi Penambah Stamina (Energy Drink)

Minuman berenergi mengandung kafein untuk merangsang sistem saraf yang membuah tubuh lebih bertenaga. Kadar kafein ini dapat mengurangi sensitivitas insulin, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Selain tinggi kafein, minuman berenergi pun mengandung gula yang banyak.

10. Susu Full Cream dan Yoghurt Tinggi Lemak

Yang dipantang adalah susu berjenis full cream karena mengandung lemak cukup tinggi, yakni sekitar 3.25%. Gantilah dengan susu skim karena kandungan lemaknya sengaja dihilangkan menjadi sangat rendah saat proses pengolahan, yaitu kurang dari 0,5%.

Karena yoghurt dibuat dari bahan dasar susu, Anda harus memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi yang tercantum pada label kemasan. Pastikan memilih yoghurt rendah lemak.

Penyakit diabetes memang tidak bisa disembuhkan. Namun penyakit itu tidak lantas menurunkan kualitas hidup dan membuat Anda tidak bisa menyantap makanan enak. Masih banyak jenis makanan yang aman dikonsumsi, dengan catatan Anda harus memperhatikan menu makanan yang dilarang bagi penderita diabetes seperti yang telah dituliskan di atas. Salam sehat.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email