13 Cara Alami Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Jernih

Mata merupakan organ penting bagi manusia. Dengannya, kita dapat melihat banyak hal. Itulah mengapa ada istilah mata adalah jendela dunia. Menjaga kesehatan mata sejak dini sangat penting agar dapat terhindar dari resiko penyakit serius di kemudian hari. Bahkan yang paling serius adalah kehilangan fungsi pengelihatan.

Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami Agar Tetap Jernih
Gambar: pixabay.com

Di jaman digital seperti sekarang, penggunaan gadget tidak dapat dihindari. Kita sering menghabiskan waktu menatap layar handphone maupun monitor komputer. Kebiasaan ini dapat menimbulkan penurunan fungsi mata jika tidak penggunaannya tidak diatur dengan baik.

Tips Merawat Kesehatan Mata Secara Alami

Kebiasaan bermain smartphone dan laptop secara terus-menerus dapat membuat mata menjadi cepat lelah. Memang, penggunaan barang elektronik tersebut sudah lumrah di jaman modern seperti sekarang. Namun Anda harus mampu menjaga kesehatan mata agar tidak terkena resiko penyakit mata lain yang lebih serius. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata agar tetap jernih.

1. Makan Buah dan Sayur

Perawatan dari dalam dimulai dengan asupan makanan yang alami dan menyehatkan, diantaranya adalah dengan mengkonsumsi buah dan sayur organik. Berbagai kandungan dan nutrisi di dalamnya sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Wortel sangat baik karena mengandung banyak beta karoten yang berperan sebagai anti oksidan untuk mengurangi resiko degenerasi makula. Selain itu makanan yang bagus buat mata antara lain sayuran berdaun hijau, tuna, salmon, kacang-kacangan, jeruk, dan telur.

2. Gunakan Mentimun

Masih berkaitan dengan sayuran, namun kali ini bisa digunakan sebagai masker. Iris tipis mentimun dan ambil 2 buah potongannya. Masukkan ke dalam kulkas dan pakai di malam hari. Kompres mata menggunakan mentimun dingin, diamkan selama 10-15 menit. Lakukan sebelum tidur untuk membuat mata terasa segar dan mencegah pembengkakan.

3. Tidak Merokok

Banyak sekali efek negatif yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok, salah satunya adalah kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina. Merokok pun meningkatkan resiko degenerasi makula dan penyakit katarak.

4. Jangan Melihat Cahaya Terang Secara Langsung

Sangat tidak dianjurkan untuk melihat langsung ke arah matahari karena sinarnya sangat menyilaukan dan dapat merusak mata. Selain matahari, sinar terang lainnya tidak boleh ditatap secara langsung.

5. Gunakan Kacamata Hitam

Tidak hanya berdampak pada kulit, sinar matahari pun bisa mempengaruhi kesehatan mata. Meski Anda tidak menatap matahari secara langsung, cuaca yang terik dan silau bisa memberikan efek buruk bagi mata. Oleh karena itu gunakanlah kacamata hitam jika sedang berada di luar ruangan dengan cuaca yang cukup terik. Lebih baik jika memakai kacamata yang memiliki perlindungan anti UV (ultraviolet).

Baca Juga: Cara Memiliki Wajah Cantik Alami Tanpa Make Up

Mata yang terlalu sering terpapar sinar UV beresiko terkena katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, bahkan pada level serius sampai terkena kanker mata. Pilih kacamata hitam yang mampu menangkis sinar UVA dan UVB. Ditambah pakai topi akan lebih bagus untuk melindungi mata dari sinar matahari.

6. Jangan Terlalu Lama Menatap Layar Elektronik

Cara menjaga kesehatan mata yang mudah adalah hindari menggunakan ponsel dan komputer terlalu lama. Istirahatkan mata setiap 20 menit dan lihat objek lain sejauh 6 meter selama 20 detik. Bisa juga diistirahatkan setiap 15 menit tiap 2 jam sekali. Saat menatap layar elektronik, kita cenderung jarang berkedip sehingga mata terasa kering. Maka dari itu seringlah berkedip untuk membasahi mata.

Atur cahaya dan kontras layar, jangan sampai terlalu gelap atau terlalu cerah. Pastikan jarak layar ke mata lebih dari 60 centimeter.

7. Atur Pencahayaan Ruangan

Tidak hanya cahaya layar elektronik, cahaya ruangan pun patut diatur. Lampu yang terlalu redup tentu kurang nyaman untuk membaca. Terlalu terang pun malah membuat silau. Aturlah senyaman mata Anda, terutama ruang kerja dan kamar dimana kita sering menghabiskan waktu.

8. Jangan Pakai Make Up Lama

Make up yang terlalu lama disimpan, terutama yang berbentuk krim atau cairan, dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Buang make up yang sudah 3 bulan lebih tidak dipakai. Hindari untuk meminjam dan meminjamkan make up pada orang lain agar tidak saling menularkan bakteri.

Baca Juga: Cara Alami Menghilangkan Lingkaran Mata Hitam

Hapus semua make up yang menempel di wajah agar Anda tidur dalam keadaan muka yang bersih. Jangan pernah tidur sambil memakai lensa kontak karena sangat berbahaya!

9. Hindari Penggunaan Lensa Kontak Terlalu Lama

Batas wajar penggunaan lensa kontak adalah 8 jam. Jika lebih dari itu sebaiknya dilepas saja agar mata dapat beristirahat. Pemakaian lensa kontak bertahun-tahun dan dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada mata.

10. Gunakan Kacamata Pelindung Jika Perlu

Jika Anda sedang berada di daerah yang berdebu, penuh bahan kimia, atau udara kotor, ada baiknya menggunakan kacamata bening sebagai pelindung. Ini untuk mencegah partikel kecil masuk ke dalam mata.

11. Kurangi Penggunaan Tetes Mata

Tetes mata memang bisa digunakaan sesekali saat mata merah atau gatal terkena iritasi. Namun penggunaan jangka panjang sangat tidak dianjurkan. Jika berlebihan malah dapat mengakibatkan kerusakan mata.

12. Jangan Kucek Mata

Kebiasaan ini reflek dilakukan jika mata terasa perih atau gatal. Namun mengucek mata terlalu sering tidak baik, apalagi jika ada benda asing yang mengganjal di mata. Nantinya benda asing tersebut malah akan bergesekan langsung dengan mata, tentunya sangat berbahaya. Jika terasa perih atau gatal, gunakanlah tetes mata. Cukup sesekali ya, tidak untuk jangka panjang.

13. Rutin Cek Mata

Cara terbaik untuk merawat kesehatan mata dengan cerdas adalah dengan rajin memeriksakan diri ke dokter spesialis mata. Anak-anak dan dewasa dianjurkan untuk memeriksakan mata setidaknya 2 tahun sekali. Ini untuk mendeteksi masalah pengelihatan yang mungkin dapat mempengaruhi kemampuan belajar dan bekerja.

Sementara bagi orang dewasa di atas umur 40 tahun disarankan memeriksakan mata setahun sekali untuk mencegah penyakit usia lanjut seperti degenerasi makula, katarak, dan glaukoma.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan mata agar tetap jernih. Rawatlah baik-baik karena mata sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Kita bisa melihat banyak hal dan menikmati indahnya dunia melalui mata yang sehat. Rajin periksakan diri ke dokter agar bisa mencegah resiko penyakit berbahaya sejak dini. Jangan malas merawat kesehatan mata ya!

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email