18 Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Alami dan Cepat

Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Permanen

Lingkaran hitam di bawah mata atau biasa dikenal sebagai mata panda kadang membuat seseorang tidak percaya diri karena kurang sedap dipandang. Bagi generasi muda dan remaja, kantung mata hitam sering disebabkan karena begadang atau terlalu lelah beraktivitas. Faktor lain yang umum terjadi antara lain adalah stres, kurang istirahat, gaya hidup kurang sehat, perubahan hormon, faktor keturunan, pertambahan usia, bahkan karena penggunaan produk skinacare yang tidak tepat.

Keberadaannya kerap membuat penampilan menjadi tidak fresh. Anda dapat menghilangkan kantung mata menggunakan bahan alami yang bebas dari kandungan kimia agar lebih aman di kulit. Berikut adalah kumpulan bahan yang bisa dicoba.

1. Mentimum

Sayuran yang satu ini sangat terkenal keampuhannya dalam menghilangkan kantung mata secara alami. Iris tipis mentimum lalu masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit. Akan lebih baik jika mendinginkannya selama 24 jam untuk kemudian dipakai keesokan hari. Tempelkan di bawah mata selama 10-15 menit sambil berbaring lalu cuci muka.

Mentimum mengandung vitamin A, B, D, kadar air tinggi, serta berbagai mineral seperti silikon, kalium, dan magnesium yang dapat membuat mata terlihat segar dan sehat.

2. Kantung Teh Celup Dingin

Jika Anda senang minum teh, jangan buang kantungnya karena masih bisa dimanfaatkan. Kandungan tannin yang terdapat di dalamnya dapat membantu mengurangi perubahan warna lingkaran mata, pembengkakan, mengecilkan pori-pori, dan mengencangkan kulit. Jenis yang direkomendasikan adalah chamomile dan teh hijau.

Siapkan dua kantung teh bekas pakai lalu masukkan ke dalam kulkas selama 10 menit. Atau jika tehnya baru, rendam bersama air secukupnya dan masukkan ke dalam kulkas dengan waktu yang sama. Kompres mata dengan kantung tersebut selama 20-30 menit lalu bilas wajah sampai bersih.

3. Sendok Dingin / Beku

Cara Menghilangkan Kantung Mata dengan Sendok

Bahan sederhana yang sangat mudah didapatkan di dapur. Cara menghilangkan kantung mata dengan sendok adalah: simpan dua buah sendok berbahan besi atau stainless ke dalam freezer kulkas semalaman. Cuci muka terlebih dulu, lalu gunakan di pagi hari dengan cara menempelkan bagian punggung sendok yang telah dingin dan membeku tersebut ke area sekitar kantung mata. Diamkan dan tahan sampai sendok menjadi hangat dengan sendirinya. Anda bisa lakukan ini setiap hari karena bahannya mudah didapat.

4. Es Batu

Es batu adalah bahan paling mudah didapatkan yang terdapat di sekitar Anda. Namun pastikan esnya terbuat dari air matang ya agar tidak ada bakteri yang menempel. Es batu dapat membantu meredakan pembengkakan di sekitar area mata. Ambil es batu secukupnya lalu masukkan ke dalam plastik atau bungkus dengan kain tipis. Oleskan dan kompres bagian mata selama 30 menit.

Pastikan untuk megoleskannya secara berkala, artinya jangan terus-menerus ditempelkan tanpa henti. Anda bisa coba untuk mengaplikasikannya selama 1 menit, lalu istirahat sejenak, dan ulangi. Teruskan sampai 30 menit. Jangan menempelkan es batu secara langsung ke mata tanpa perantara apapun karena dapat merusak pembuluh kapiler di bawah kulit yang dapat menimbulkan masalah kulit baru. Itulah cara menghilangkan kantung mata dengan es batu.

5. Air Putih

Salah satu faktor pemicu munculnya kantung mata hitam adalah karena kekurangan cairan. Minum air putih dengan takaran yang cukup dapat membuat tubuh bekerja maksimal. Hal ini membawa dampak positif seperti kulit yang dapat beregenerasi dengan cepat, tidak kering karena kelembabannya terjaga, dan tentu saja mata terlihat lebih segar.

Baca Juga: Manfaat Rajin Minum Air Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pastikan untuk minum air minimal 8 gelas sehari agar kerutan dan kantung mata hitam dapat diobati dari dalam. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung alkohol atau kafein dan perbanyaklah minum air putih / mineral.

6. Tomat

Ternyata salah satu cara menghilangkan kantung mata dengan cepat bisa dilakukan dengan bantuan tomat lho. Oleskan satu sendok tomat yang telah dihaluskan (bisa juga yang telah menjadi jus) di bawah mata. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas. Bisa juga dicampur dengan jus lemon agar aromanya semakin sedap dan khasiatnya makin bagus. Perpaduan dua bahan ini mampu membuat kulit di area mata menjadi halus dan kenyal.

7. Jeruk Nipis Atau Lemon

Banyak sekali tips kecantikan yang menggunakan jeruk nipis atau lemon sebagai bahan olahan alami. Bukan tanpa sebab, kedua buah ini ternyata mengandung banyak manfaat bagi kulit. Salah satunya adalah dapat menghilangkan lingkaran mata hitam.

Irislah jeruk nipis atau lemon dan masukkan ke dalam kulkas selama 30 menit. Tempelkan pada kedua mata selama kurang lebih 10-15 menit. Agar hasilnya maksimal, lakukanlah rutin setiap hari.

8. Putih Telur

Putih telur berkhasiat mengencangkan kulit saat dijadikan masker wajah. Oleh sebab itu, putih telur pun dapat menghilangkan kantung mata hitam secara permanen yang terkesan kendur. Oleskan putih telur secukupnya ke area kantung mata yang menghitam lalu biarkan sampai benar-benar mengering, kurang lebih 15-20 menit. Setelah selesai cuci pakai air hangat.

9. Madu

Madu terkenal sebagai salah satu bahan masker alami karena dapat membantu mempercepat regenerasi kulit sehingga wajah terlihat lebih sehat, cerah, dan fresh. Jika sedang malas memakai masker ke seluruh wajah, Anda dapat mencoba mengoleskannya hanya di area kantung mata saja selama 20-30 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air hangat. Pakailah setiap hari saat malam sebelum tidur.

10. Lidah Buaya

Selain terkenal karena khasiatnya yang bagus untuk rambut, lidah buaya pun dapat dipakai di area kulit sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata hitam secara permanen. Kandungan vitamin A, C, dan E di dalamnya mampu menutrisi dan memperbaiki kulit. Tumbuk lidah buaya sampai halus, atau cukup pakai bagian gel yang berwarna putih saja. Oleskan pada kantung mata selama 10-15 menit. Anda tidak perlu membilasnya, kecuali kalau benar-benar terasa lengket.

11. Kentang

Tidak hanya enak dimakan, kentang juga dapat dipakai untuk bahan perawatan kulit. Untuk memakainya, kupas kentang dan cuci bersih lalu tumbuk sampai benar-benar halus. Tempelkan pada area mata selama 10-15 menit. Jika kesulitan karena kentangnya berjatuhan, bungkuslah menggunakan kain tipis yang halus.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah parut atau blender kentang lalu ekstrak airnya. Rendam kapas atau kain tipis halus dalam air tersebut lalu tempelkan di kedua mata. Kandungan asam sitrat dan asam fosfat dalam kentang dapat menjaga kelenturan kulit dan mengurangi peradangan.

Cara ketiga yang lebih praktis yaitu cukup iris kentang lalu tempelkan pada mata, sama seperti ketika menggunakan mentimum. Diamkan selama 15 menit lalu bilas wajah.

12. Daun Mint

Daun mint terkenal karena aromanya yang menyegarkan. Selain itu dapat dipakai untuk menghilangkan kantung mata bengkak. Tumbuk beberapa helai daun mint lalu campur dengan sedikit air sampai teksurnya seperti scrub. Usapkan ke area kantung mata selama 10-15 menit lalu cuci bersih menggunakan air dingin. Rutinlah menggunakannya selama 1 minggu agar hasilnya maksimal.

13. Kunyit

Kunyit berkhasiat untuk mengencangkan kulit kendur dan lelah. Jika dipadukan dengan daun mint, keduanya dapat mengobati mata panda yang bengak secara maksimal. Blender daun mint sampai jadi bubur lalu peras sampai airnya keluar. Tambahkan kunyit sebanyak 1/4 sendok teh pada perasan air. Usapkan ke sekitar mata panda yang menghitam dan diamkan selama 15-20 menit lalu bersihkan pakai air dingin.

14. Susu Dingin

Cara ini kurang familiar tapi percayalah khasiatnya sama besar seperti yang lain. Siapkan susu dingin yang telah dimasukkan ke dalam kulkas, celupkan kapas ke dalam susu, lalu tempelkan ke area kantung mata. Diamkan beberapa saat misalnya 10 menit lalu cuci wajah sampai bersih. Lakukan secara rutin agar hasilnya bisa segera terlihat.

15. Air Mawar

Saat ini air mawar sudah dijual secara bebas dalam bentuk kemasan baik di warung maupun minimarket. Celupkan kapas ke dalam air mawar lalu kompres kantung mata selama 10-15 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat setelah selesai.

16. Minyak Zaitun

Antioksidan dalam minyak zaitun sangat berkhasiat untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Cukup usapkan minyak zaitun secukupnya pada area bawah mata lalu pijat perlahan selama beberapa menit. Tidak perlu dibilas, langsunglah pergi tidur. Bersihkan besok hari saat mandi. Lakukan secara rutin setiap hari saat malam sebelum tidur. Itulah dia cara menghilangkan kantung mata hitam dengan minyak zaitun.

17. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laktat yang membantu mengencangkan kulit. Selain itu terdapat kandungan antioksidan dan vitamin E untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Sama seperti minyak zaitun, pemakaian minyak kelapa pun cukup dioleskan ke area kantung mata sambil dipijat perlahan selama beberapa menit. Biarkan mengering sendiri dan bawa tidur. Cuci keesokan harinya saat bangun.

18. Minyak Almond

Kacang almond terbukti mengandung banyak vitamin E yang bermanfaat bagi wajah. Minyak yang terdapat di dalamnya berguna sebagai emollient untuk mengencangkan dan melembabkan kulit. Tidak perlu repot menumbuk kacang almond dan mengekstraknya karena sekarang sudah banyak minyak almond yang dijual di pasaran. Oleskan ke area mata panda yang menghitam dan pijat pelan-pelan. Biarkan semalaman sampai tidur dan cuci saat bangun pagi.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan kantung mata hitam secara permanen dan cepat. Karena menggunakan bahan alami, sudah tentu metodenya bisa dilakukan dengan mudah karena bisa didapatkan di banyak tempat tanpa susah mencari. Tidak perlu memakai bahan dan perawatan yang mahal untuk mengatasi kantung mata hitam.

Terapkan pola hidup sehat agar kantung mata hitam tidak timbul kembali. Rajin berolahraga, banyak minum air putih, dan tidur tepat waktu adalah beberapa hal dasar yang patut Anda lakukan. Silakan praktekan dan semoga berhasil.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email