13 Tips Terlihat Cantik Alami dan Glowing Tanpa Make Up

Tampil cantik dan bercahaya (glowing) adalah dambaan setiap wanita, baik muda maupun tua. Namun berbagai masalah kulit yang hadir, terutama saat masa remaja, membuat wajah sering terlihat kusam, berminyak, bahkan berjerawat sehingga mengganggu penampilan. Saat itulah peran make up dibutuhkan untuk menutupi area yang bermasalah.

Cara Agar Tetap Cantik Tanpa Pakai Make Up
Gambar: pexels.com

Namun terlalu sering memakai makeup tidak baik bagi kesehatan kulit. Ada hari dimana Anda harus membiarkan kulit beristirahat, polos tanpa olesan apapun. Tips cantik tanpa makeup bisa jadi rekomendasi agar tetap terlihat glowing setiap saat.

Bagaimana dengan wanita yang tidak suka atau malas memakai makeup? Apakah ada cara lain yang bisa digunakan agar selalu tampak asri bercahaya meski tidak merias diri? Ya, ternyata ada. Berikut adalah tips agar tetap cantik natural walau tidak pakai makeup.

Tips Tampak Cantik Natural Tanpa Make Up

Cantik natural tanpa olesa make up adalah impian setiap wanita. Untuk mencapainya, Anda perlu melakukan beberapa hal seperti memperbaiki pola hidup dan tinggalkan kebiasaan buruk. Rajin olahraga, minum air putih, dan makan teratur adalah salah satunya. Berikut tips lengkap cantik tanpa make up yang bisa dicoba.

1. Jaga Pola Makan Sehat

Merawat diri dari dalam sangat penting karena nutrisi yang didapatkan tubuh dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Hindari konsumsi junk food dan perbanyak makan kaya nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging tanpa lemak, atau cemilan yang berasal dari biji-bijian utuh semacam gandum.

2. Eksofiliasi Wajah

Eksofiliasi adalah proses pengangkatan sel-sel kulit mati. Kenapa mesti diangkat? Ini karena sel kulit mati membuat kulit tampak kusam dan dapat menyumbat pori-pori. Eksofiliasi dilakukan menggunakan scrub wajah dengan butiran kasar setiap seminggu sekali. Kulit akan terlihat lebih segar dan cerah.

3. Eksofiliasi Bibir

Sama seperti wajah, bibir pun memiliki sel kulit mati yang harus diangkat. Jika tidak, bibir akan terlihat hitam terutama di bagian pinggir. Bahan alami yang bisa digunakan adalah campuran kopi hitam, gula, dan sedikit air. Teksturnya yang kasar akan menggerus bibir sekaligus mengangkat sel kulit mati.

4. Rajin Pakai Masker Wajah

Selain perawatan dari dalam dengan pola makan sehat, kulit pun perlu perawatan dari luar. Salah satu cara agar kulit wajah mendapatkan nutrisi dari luar adalah dengan rutin menggunakan masker. Pilihlah produk yang sesuai dengan jenis kulit. Clay mask atau masker lumpur mempunyai kemampuan untuk membersihkan pori-pori sampai ke bagian terdalam. Gunakanlah clay mask sebagai permulaan sebelum mencoba varian lain dan rutin lakukan seminggu sekali setelah eksofiliasi atau scrub wajah.

5. Lakukan Double Cleansing

Double cleansing adalah proses pembersihan wajah dengan dua langkah. Jadi Anda memerlukan 2 produk berbeda. Langkah awal pembersihkan menggunakan cleanser seperti susu pembersih (milk cleanser) atau micellar water. Tujuannya untuk membersihkan make-up atau kotoran yang menempel. Jika tidak bersih, sisa kotoran ini akan menimbulkan jerawat.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Jerawat Secara Permanen dengan Bahan Alami

Langkah kedua adalah washing atau mencuci menggunakan sabun pencuci wajah untuk membersihkan sisa kotoran yang tidak tersapu pada langkah awal.

6. Rajin Minum Air Putih

Terdengar sepele padahal air adalah kebutuhan penting bagi manusia. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Kekurangan cairan akan membuat tubuh mengalami berbagai masalah, salah satunya adalah kulit kering yang dapat mengakibatkan keriput. Agar asupan cairan terjaga, Anda harus rutin minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Putih Secara Rutin Bagi Kecantikan Kulit

Dengan rutin minum air mineral, kelembapan kulit akan terjaga dan terhindar dari dehidrasi. Kulit akan senantiasa terlihat cerah, kenyal, dan sehat.

7. Pola Tidur Teratur dengan Waktu yang Cukup

Kurang tidur dapat menghambat regenerasi sel kulit dan menahan pelepasan hormon yang dibutuhkan tubuh. Begadang akan membuat lingkaran kantung mata semakin menghitam yang tentunya tidak membuat cantik. Usahakan minimal tidur selama 8 jam setiap harinya.

Baca Juga: Efek Buruk Begadang Bagi Kecantikan Wajah

Selain cukup waktu tidur, polanya pun harus teratur. Usahakan memiliki jam tidur yang sama setiap harinya. Misalnya tidur tepat jam 9 malam dan bangun jam 5 pagi.

8. Jaga Kesehatan Mata

Mata adalah jendela dunia. Bukan tanpa alasan begitu banyak make up yang khusus dibuat untuk area mata saja, padahal bagian itu sangat kecil. Ini karena mata dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Mata yang cerah dan berbinar cenderung membuat seseorang tampak lebih menarik. Sekali lagi, jangan begadang. Itu hanya akan membuat kantung mata Anda semakin hitam dan bergelambir. Sangat mengganggu penampilan.

Baca Juga: Tips Alami Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Kulit mata bagian bawah cenderung lebih tipis dibanding area wajah lainnya, karena itu dibutuhkan perawatan lebih ekstra. Gunakan krim khusus mata dan oleskan tiap pagi dan malam untuk mencegah keriput datang lebih awal.

9. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen bukan make up, melainkan produk skincare. Efek paparan sinar matahari yang terik mungkin tidak akan langsung terasa, namun dalam jangka panjang kulit Anda akan mengalami kerusakan yang diakibatkan sinar UVA dan UVB. Oleh karena itu selalu gunakan tabir surya setiap hari sebelum memulai aktivitas. Oleskan secara merata ke seluruh area wajah dan leher.

10. Gunakan Pelembab Bibir

Berbeda dengan lipstick yang fungsinya untuk memberi warna, pelembab bibir lebih berfungsi sebagai produk skincare untuk menjaga kelembapan. Ternyata bibir dapat menghitam jika sering terkena paparan sinar UVA dan UVB lho. Jadi gunakan pelembab bibir yang mengandung SPF jika sering beraktivitas di bawah sinar matahari.

11. Rawat Rambut Agar Berkilau

Rambut yang kusut dan kusam menjadi salah satu faktor berkurangnya daya tarik seseorang. Agar senantiasa memiliki wajah cantik alami tanpa make up sepanjang hari, Anda harus rajin merawat rambut dengan cara keramas dua hari sekali. Jangan lupa pakai conditioner juga ya. Gunakan masker rambut atau creambath seminggu sekali. Sebisa mungkin hindari pemakaian catokan atau bahan kimia pada rambut.

12. Rajin Olahraga

Cantik alami berawal dari kesehatan tubuh, dan olahraga adalah kunci mendapatkan tubuh yang sehat. Rajin berolahraga akan membantu melancarkan metabolisme dan membakar lemak jahat. Lakukan olahraga secara rutin 4 kali seminggu, dengan waktu minimal 30 menit setiap kalinya.

Baca Juga: Olahraga Ringan Sehari-Hari yang Bisa Dilakukan di Rumah

Pilih jenis olahraga yang gerakannya dapat membantu mengencangkan kulit dan otot seperti sit-up, squat, atau bridge. Namun pada dasarnya semua olahraga itu bermanfaat dan bagus selama gerakannya tepat.

13. Rajin Gosok Gigi

Gigi putih berseri membuat Anda lebih percaya diri saat mengobrol. Sikatlah gigi dua kali sehari, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur. Jika Anda senang minum teh atau kopi, gosok gigi tidak boleh dilewatkan. Kalau sampai jarang dilakukan maka lama-lama gigi akan menjadi kuning dan menimbulkan bau mulut tidak sedap.

Itulah beberapa tips yang bisa dipraktekan para wanita untuk membuat wajah cantik alami tanpa make up. Manakah yang sering Anda lakukan? Sebaiknya lakukan semuanya secara rutin agar bisa segera mendapatkan wajah cantik alami dengan cepat. Anda pun bisa bepergian dengan percaya diri meski tampil natural tanpa make up.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email