20 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Alami

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Jerawat

Siapa sih yang tidak kesal dengan jerawat? Apalagi jika kedatangannya sangat tiba-tiba dan tanpa ada pertanda apapun. Pasti bikin kalang-kabut deh. Jerawat memang menjadi masalah yang cukup sering dialami baik oleh wanita maupun pria sekalipun. Kemuculannya kerap menjadi penyebab berkurangnya rasa percaya diri. Belum lagi jika jumlahnya lumayan banyak, sudah tentu akan mengganggu penampilan, bukan?

Tentunya semua orang ingin memiliki kulit yang sehat, mulus, dan bebas jerawat. Perlu Anda ketahui, sekarang ini sudah banyak cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat tanpa menimbulkan efek samping apapun. Anda bisa langsung mencobanya di rumah dengan bahan yang mudah diapat.

Penyebab Munculnya Jerawat

Sebelumnya, Anda perlu tahu hal-hal yang dapat memicu timbulnya jerawat di kulit wajah. Berikut adalah faktor penyebab jerawat yang umum terjadi di masyarakat:

  1. Perubahan hormon
  2. Masa pubertas
  3. Malas mencuci muka, atau sebaliknya, terlalu sering mencuci muka
  4. Perawatan kulit yang keliru
  5. Genetik atau keturunan
  6. Terkena debu dan kotoran yang menempel
  7. Penggunaan kosmetik yang tidak tepat
  8. Efek samping dari mengkonsumsi obat-obatan
  9. dan lain sebagainya

Bagaimana Agar Jerawat Cepat Hilang dengan Alami?

Karena faktornya sangat beragam dan banyak sekali, Anda pun memiliki beberapa pilihan untuk menghilangkan jerawat sesuai dengan faktor pemicunya. Berikut adalah beberapa bahan yang bisa anda olah untuk untuk membasmi jerawat membandel secara aman tanpa resiko.

1. Minyak Kelapa

Minyak Alami Untuk Menyembuhkan Jerawat Batu

Minyak kelapa mengandung antibakteri dan antiinflamasi. Senyawa tersebut dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat, mengurangi pembengkakan, dan mengurangi kemerahan. Luka terbuka yang disebabkan oleh jerawat pun dapat disembuhkan dengan mengoleskan minyak kelapa ke area kulit yang terkena.

2. Lidah Buaya

Bahan yang satu ini sangat terkenal dan populer sejak jaman dahulu kala untuk memberantas jerawat. Sama seperti minyak kelapa, lidah buaya juga memiliki kandungan senyawa antibanteri dan antiinflamasi. Lidah buaya pun memiliki kandungan Polifenol, asam salisilat dan sulfur yang berperan untuk menghilangkan jerawat secara menyeluruh jika rutin dipakai pada kulit wajah. Kandungan air yang ada dalam lidah buaya cukup banyak sehingga mampu menjadi pelembab alami, apalagi jika digunakan oleh orang yang memiliki kulit kering.

Untuk menggunakannya sangat mudah. Pertama, bersihkan kulit wajah dengan seksama agar terhindar dari debu dan kotoran. Setelah itu ambil gel yang terdapat dalam lidah buaya dan oleskan secara tipis dan merata ke seluruh area wajah. Diamkan kurang lebih 30 menit dan bilas kembali menggunakan air bersih.

3. Bawang Putih

Zat sulfur yang terkandung di dalam bawang putih mampu menghilangkan jerawat dengan cepat dalam 1 hari dengan ampuh. Bawang putih pun mengandung senyawa lain seperti antijamur, antiseptik, antivirus, dan antioksidan yang dapat membantu meredakan bahkan menghilangkan peradangan kulit.

Untuk menggunakannya sebagai pengusir jerawat alami, ambil 1 siung bawang putih dan belah menjadi 2 bagian. Gosokkan dan tempelkan langsung pada area yang berjerawat, lalu diamkan selama 15 menit. Setelahnya cuci muka dengan air hangat sampai bersih. Namun harus berhati-hati, karena terlalu sering menempelkan bawang putih langsung ke jerawat dapat membuat kulit terasa panas dan menimbulkan iritasi. Oleh karenanya lakukanlah hanya pada saat benar-benar dibutuhkan. Menambah bawang putih sebagai bumbu ke dalam makanan pun dapat menjadi alternatif lain jika Anda tidak ingin menempelkannya ke kulit wajah.

4. Mentimun

Mentimum memiliki kandungan asam amino, vitamin, dan anti oksidan yang cukup tinggi yang dipercaya mampu mengusir jerawat dengan cara alami. Mentimun juga bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan yang disebabkan oleh jerawat serta memberikan efek dingin dan sejuk pada wajah. Untuk menggunakannya, jadikan mentimun sebagai masker dan gunakan secara rutin pada kulit yang berjerawat.

5. Madu

Cara Membuat Masker Madu Untuk Jerawat

Madu dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat karena mampu menjaga bakteri baik yang ada pada kulit. Untuk menggunakannya, campurkan 3 sendok makan madu dengan 1 sendok makan kayu manis dan masukkan ke dalam microwave selama 30 detik. Tunggu beberapa saat sampai campuran menjadi dingin lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

6. Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan enzim lysonzim yang ternyata cukup ampuh untuk menghilangkan jerawat dengan aman dan cepat. Selain itu putih telur bisa mengencangkan kulit, mencegah terjadinya penyumbatan pori-pori, dan mengontrol produksi minyak pada kulit. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan baku masker alami. Pisahkan putih dan kuning telur, lalu hanya gunakan bagian putihnya saja dan oleskan merata pada kulit wajah. Diamkan sampai putih telur mengering dengan sendirinya kurang lebih selama 10-15 menit lalu cuci muka sampai bersih menggunakan air hangat. Bisa juga menambahkan perasan air lemon ke dalamnya jika ingin.

7. Air Lemon

Lemon memiliki kandungan asam askorbat yang tinggi dan bisa dimanfaatkan untuk mengusir jerawat. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya menggunakan bahan ini adalah dengan memeras 1 buah lemon dan ambil airnya saja lalu gunakan sebagai masker setiap hari.

8. Kulit Jeruk

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat, ternyata kulit jeruk pun masih bisa digunakan lho. Siapa sangka kulit jeruk ternyata mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi, dimana kedua kandungan ini sangat baik untuk regenasi kulit. Selain itu pun terdapat kandungan vitamin A dan flavonoid yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat batu pada muka.

Cara menggunakannya adalah dengan parut kulit jeruk lalu campurkan bersama air, aduk dan tekan sampai keduanya bercampur sempurna dan membentuk seperti pasta. Oleskan pada wajah yang terkena jerawat dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas sampai bersih.

9. Tomat

Sama seperti kulit jeruk, tomat pun memiliki kandungan vitamin A dan C. Untuk menggunakannya sangatlah mudah, cukup iris beberapa potong tomat dan oleskan secara merata pada wajah. Anda pun bisa mengahluskannya jika ingin. Diamkan selama 30 menit untuk kemudian dibilas sampai bersih.

10. Es Batu

Cara Mengempeskan Jerawat Dalam Satu Malam

Pastikan Anda membuat es batu menggunakan air matang yang sudah direbus, bukan air mentah. Ini bertujuan untuk membasmi berbagai bakteri jahat yang bersarang di air. Dingginnya es batu mampu meredam peradangan, pembengkakan, dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Untuk menggunakannya cukup tempelkan es baru pada bagian yang sedang berjerawat parah selama 1 menit. Hal ini cukup efektif sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dalam semalam.

11. Cuka Apel

Beberapa jenis asam organik yang terdapat dalam cuka apel mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit dan kandungan antiseptiknya dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Untuk menggunakannya, berihkan wajah terlebih dahulu agar tidak ada debu dan kotoran yang menempel. Campurkan 1 sendok makan cuka apel dan 3 sendok makan air. Oleskan pada wajah menggunakan kapas atau kuas yang bersih. Diamkan sampai kering kurang lebih antara 1 sampai 3 menit lalu bilas sampai tidak ada yang tersisa.

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, pastikan untuk mencampurkan lebih banyak air. Cuka apel pun dapat menimbulkan iritasi bagi beberapa orang, jadi jangan terlalu sering menggunakannya. Cukup satu bulan sekali atau sesuai kebutuhan.

12. Teh Hijau (Green Tea)

Bahan satu ini menjadi favorit di kalangan masyarakat sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami. Katekin atau zat antioksidan polifenol yang terkandung di dalamnya terdapat dalam jumlah yang banyak sehingga dapat membantu memperbaiki kerusakan sel dan menghilangkan kotoran. Anda bisa mengkonsumsinya dengan rutin setiap hari sebanyak dua gelas di pagi dan malam hari. Bubuk teh hijau juga bisa dijadikan masker. Caranya campurkan bubuk dengan air sampai agak kental seperti pasta lalu oleskan dengan merata.

13. Minyak Kelapa

Bakteri penyebab jerawat dapat dihancurkan dengan kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang terdapat pada minyak kelapa. Cukup oleskan pada bagian yang berjerwat saja, tidak pelu dijadikan masker.

14. Tea Tree Oil

Sama seperti minyak kelapa, tea tree oil juga mengandung antibakteri dan antiinflamasi sehingga mampu menjadi bahan anti radang dan bisa mengempiskan jerawat yang sedang memerah.

15. Rosemary

Rosemary yang telah diekstrak memiliki senyawa yang bersifat antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan. Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak Rosemary dapat mengurangi peradangan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

16. Ekinase (Echinacea)

Virus dan bakteri penyebab jerawat dapat dihancurkan oleh Ekinase. Selain itu, banyak orang mempercayai bahwa Ekinase mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kita dapat melawan berbagai macam bakteri dan infeksi, termasuk dalam mencegah timbulnya flu dan masuk angin. Ekinase pun terdapat dalam bentuk suplemen sehingga lebih mudah dikonsumsi.

17. Banyak Minum Air Putih

Ini adalah hal terpenting yang mudah dilupakan dan dianggap sepele. Padahal dengan meminum air putih dalam jumlah banyak akan membantu mempercepat proses penyaringan racun dalam tubuh sehingga penyakit atau bakteri penyebab jerawat pun bisa dimimalisir. Selain itu minum air putih juga dapat menjaga kulit tetap lembab, tidak kering, dan tidak cepat berkerut.

18. Jangan Begadang

Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Timbulnya Jerawat

Orang yang sering begadang memiliki resiko terkena jerawat lebih besar. Ini karena tubuh, termasuk kulit, tidak diberikan waktu yang cukup untuk beristirahat. Selain menimbulkan jerawat, begandang bisa membuat wajah terlihat lelah, tidak segar, mata menjadi merah dan memiliki kantung hitam, serta hal negatif lainnya. Maka pastikan Anda memiliki jam tidur yang cukup setiap harinya.

19. Rajin Berolahraga

Olahraga mempu meningkatkan sirkulasi darah, menyegarkan sel-sel kulit, dan menjaga tubuh tetap sehat. Ini membuat bakteri penyebab jerawat sulit untuk bersarang di wajah. Dengan rutin berolahraga setiap hari, Anda pun akan mendapatkan badan yang bugar dan tidak mudah terserang penyakit lainnya.

20. Kurangi Stress

Menurut penelitian, stres dan kecemasan menjadi faktor pemicu timbulnya jerawat pada seseorang. Hormon yang dilepaskan saat stres meningkatkan produksi sebum dan peradangan kulit sehingga dapat memperparah kondisi jerawat. Cukup istirahat dan rajin berolahraga adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress. Selain itu anda pun dapat melakukan yoga dan meditasi.

Itulah dia kumpulan cara dan bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat kecil-kecil, membandel, atau jerawat batu sekalipun dengan cepat dan aman tanpa efek samping. Jika kondisi Anda tidak kunjung membaik dalam waktu yang lama, ada baiknya periksakan diri ke dokter spesialis kulit (Sp.KK) agar segera mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Terbaru Lebih lama

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email