Ads 720 x 90

15 Manfaat Minum Air Putih Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Air Putih Hangat Bagi Tubuh

Lebih dari 60% tubuh manusia terdiri dari cairan, oleh karena itu keberadaan air sangat penting bagi kelangsungan hidup. Rajin minum air putih adalah salah satu cara untuk menjaga asupan cairan. Tubuh membutuhkan air untuk proses pencernaan, penyerapan nutrisi dan kandungan dalam makanan, sirkulasi darah, membilas racun di organ vital, dan menghasilkan kelembaban bagi berbagai jaringan dalam tubuh. Oleh karenanya, tubuh yang kekurangan cairan tidak bisa bekerja dengan normal.

Berapa Jumlah Air Putih yang Harus Diminum Tiap hari?

Kita sering mendengar bahwa manusia harus minum minimal 8 gelas air (setara dengan 2 liter) setiap hari. Hal itu memang benar, namun ternyata Institut of Medicine’s Food and Nutrition Board merekomendasikan jumlah yang lebih banyak lagi. Wanita dewasa memerlukan setidaknya 2,6 liter dan pria dewasa sebanyak 3,7 liter. Hal ini setara dengan pengeluaran urin rata-rata orang dewasa sebanyak 1,5 liter per hari.

Manfaat Minum Air Putih Bagi Tubuh

Tubuh mengeluarkan cairan setiap saat melalui keringat, pernapasan, urin, dan saat buang air besar. Manusia harus rutin minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang tersebut. Cairan berperan penting dalam berbagai proses alamiah yang terjadi dalam tubuh. Berikut adalah berbagai manfaat air bagi kehidupan sehari-hari dan pengaruhnya bagi tubuh.

1. Memelihara Fungsi Ginjal

Ginjal berfungsi sebagai filter alami yang memisahkan dan membuang racun sisa proses pencernaan. Racun dalam tubuh dikeluarkan dalam bentuk urin dimana proses tersebut terjadi karena bantuan cairan yang berperan sebagai alat "transportasi" untuk mengangkut sisa kotoran tersebut. Jika cairan tubuh tercukupi, urin akan berwarna jernih dan tidak berbau. Sebaliknya, saat kekurangan cairan, urin akan berwarna kekuningan bahkan kecoklatan dan mengeluarkan bau. Hal ini menjadi salah satu ciri gangguan pada ginjal, seperti timbulnya batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Makanan yang dikonsumsi dapat masuk ke dalam usus dengan lancar sehingga sistem pencernaan bisa berjalan dengan baik dan mencegah resiko terkena sembelit. Selain itu bisa mencegah asam lambung naik dan meminimalisir resiko sakit maag. Jika konsumsi air kurang, usus akan menyerap cairan dari kotoran atau feses sehingga akan sulit buang air besar.

3. Menyehatkan Kulit dan Membuatnya Bercahaya

Keriput, jerawat, dan gangguan kulit lainnya sangat rentan terjadi jika jarang minum air putih. Minum satu gelas air putih di malam hari dapat melancarkan proses regenerasi sel kulit. Sementara minum satu gelas di pagi hari dapat membantu meningkatkan aliran darah di kulit. Itulah manfaat minum air putih untuk kecantikan.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Cepat dengan Bahan Alami

Manfaat Minum Air Putih Untuk Ginjal

4. Membentuk Ludah dan Lendir

Ludah atau saliva menjaga bagian hidung, mulut, mata selalu lembab dan tidak kering agar tidak terjadi kerusakan. Selain itu, minum cukup air membuat mulut tetap segar, bersih, dan terhindar dari bau mulut.

5. Menyehatkan Mulut dan Bibir

Gangguan paling umum yang sering terjadi di sekitar mulut akibat kekurangan cairan yaitu sariawan, bibir pecah-pecah, dan ujung bibir yang menghitam. Konsumsi air dalam jumlah cukup membantu tubuh menghasilkan ludah dan lendir yang dapat mencegah gangguan tersebut.

6. Membangkitkan Otot

Sering merasa lemas saat kurang minum, bukan? Sel otot yang kekurangan cairan tidak mampu untuk membangkitkan elektrolit sehingga otot merasa lelah dan terkadang terjadi kram. Apalagi jika sedang berolahraga, banyak minum air putih sangat penting dalam proses regenerasi dan penambahan massa otot. Direkomendasikan untuk minum 2 jam sebelum olahraga sebanyak 0,5 liter.

Baca Juga: Jenis Olahraga yang Menambah Berat Badan Agar Gemuk

Manfaat minum air putih setelah olahraga diantara lain: dapat membakar kalori lebih maksimal, melindungi organ seperti jantung, menghindari kram otot, serta menyegarkan tubuh.

7. Meningkatkan Konsentrasi dan Kinerja Otak

Kemampuan seseorang untuk fokus dan konsentrasi diatur oleh otak. Saat dehidrasi, struktur dan fungsi otak akan terpengaruh dan tidak bisa bekerja secara optimal. Itulah sebabnya kita cenderung merasa kurang fokus saat dehidrasi. Jika tubuh kekurangan cairan berkepanjangan dikhawatirkan akan menyebabkan masalah yang berkaitan dengan penalaran dan pemikiran.

8. Mengendalikan Kalori Saat Diet

Orang yang sedang menurunkan berat badan biasanya minum air putih lebih banyak dari biasanya. Bukan tanpa alasan, ternyata manfaat minum air putih untuk diet adalah sebagai pengganti minuman berkalori. Ini akan memangkas konsumsi kalori dan menggantinya dengan air putih yang jelas lebih sehat.

9. Melumasi Sendi

Tulang rawan yang terdapat di sendi dan cakram tulang belakang mengandung sekitar 80% air. Dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan penurunan kemampuan tubuh dalam menyerap goncangan yang mengakibatkan nyeri pada sendi.

10. Mengatur Suhu Tubuh

Keringat yang keluar saat tubuh memanas berasal dari air yang disimpan di tengah lapisan kulit. Keringat berfungsi untuk mendinginkan suhu tubuh saat berolahraga atau cuaca sedang panas. Saat kekurangan cairan, tubuh kurang mampu untuk mengatasi regangan panas dan keringat yang keluar akan lebih sedikit.

Manfaat Banyak Minum Air Putih Saat Perut Kosong

11. Melancarkan Saluran Udara

Saat kekurangan cairan, tubuh membatasi udara yang keluar untuk mengurangi kehilangan cairan lebih banyak. Hal ini tentu berakibat buruk apalagi bagi yang menderita penyakit asma atau alergi.

12. Melancarkan Aliran Darah dan Oksigen

Darah manusia mengandung lebih dari 90% air dan fungsi darah adalah sebagai pembawa oksigen ke seluruh tubuh. Saat kandungan air mencukupi, maka aliran darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh akan lebih lancar.

13. Membersihkan Sisa Racun dan Kotoran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air berperan besar pada proses pencernaan makanan di usus dan ginjal. Sisa pencernaan tersebut dibuang dalam bentuk keringat, air seni (urin) dan kotoran saat buang air besar.

Baca Juga: Makanan Penambah Berat Badan yang Alami dan Sehat

14. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Memperkuat Imun

Minum air putih saat perut dalam keadaan kosong membantu menyeimbangkan cairan getah bening, dimana hal tersebut berhubungan dengan daya tahan tubuh. Imun yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh pun akan menjadi lebih kuat.

15. Memperbaiki Mood

Dehidrasi mempengaruhi emosi, mood, dan menurunkan suasana hati menjadi tidak bersemangat. Air putih berkhasiat untuk memperbaiki suasana hati menjadi lebih positif dan mengubah mood menjadi lebih ceria.

Meski minum air putih adalah kegiatan yang tidak berat, namun ternyata masih banyak yang malas untuk melakukannya secara rutin. Setelah mengetahui semua manfaatnya, tidak ada salahnya untuk mencoba rajin minum air putih sesuai dengan jumlah yang dianjurkan, apalagi di pagi hari, sebelum tidur, saat perut kosong, dan setelah berolahraga.

Tidak terbanyang berapa banyak gangguan kesehatan yang akan menghampiri hanya karena malas minum air putih. Maka dari itu sempatkan dan lakukan tiap hari ya.

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email