14 Gerakan Olahraga Ringan Pagi Hari Untuk Dicoba di Rumah

Olahraga teratur sangat penting untuk kesehatan tubuh. Tidak harus pergi ke gym atau lapangan jika Anda sibuk, rumah pun bisa dijadikan tempat untuk berolahraga.

Bermacam gerakan olahraga ini cukup sederhana sehingga bisa dicoba setiap pagi hari di rumah sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Dan lagi tidak memerlukan bantuan alat apapun, jadi Anda bisa hemat karena tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk membeli alat olahraga. Berikut adalah berbagai jenis olahraga pemasanan ringan pagi hari untuk di rumah bagi orang yang sibuk maupun pekerja kantoran.

1. Jalan-Jalan

Anda bisa berjalan bolak-balik di koridor rumah selama beberapa menit sampai otot kaki mulai terasa panas. Bisa juga berjalan di depan rumah atau mengelilingi sekitar komplek.

Olahraga Ringan Jalan-Jalan di Rumah
Gambar: pixabay.com

2. Jogging

Jika Anda bangun lebih pagi bisa mencoba untuk lari ringan atau jogging beberapa putaran mengelilingi komplek perumahan. Anda pun dapat merasakan sinar matahari pagi hangat yang bagus sebagai vitamin alami kulit.

3. Naik Turun Tangga

Olahraga ringan di rumah yang satu ini dapat memperkuat otot betis dan tulang kaki. Lakukan bolak-balik selama beberapa putaran hingga betis terasa kencang.

4. Yoga Sederhana

Yoga membantu Anda untuk lebih rileks dan melatih konsentrasi. Tidak perlu gerakan rumit, cukup lakukan pose ringan saja seperti bertapa, cobra pose, child pose, dan sebagainya.

Contoh Olahraga Yoga Ringan Sehari-Hari
Gambar: pexels.com

5. Push Up

Ternyata push up tidak hanya melatih otot tangan lho. Area kaki, perut, dan bokong pun ikut merasakan manfaatnya. Lakukan 2x8 set setiap hari.

Olahraga Ringan Bagi Pekerja Kantoran
Gambar: pixabay.com

6. Sit Up

Ini cara pintar untuk mengecilkan otot perut. Bisa menggunakan bantuan sofa untuk menahan kaki. Lakukan 4x8 set rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga: Jenis Olahraga Untuk Membuat Gemuk dan Menambah Massa Otot

Olahraga Ringan Sehari-Hari di Rumah
Gambar: freeepik.com

7. Crunch

Gerakannya sama seperti sit up namun badan hanya diangkat setengahnya saja dan kaki tidak menapak ke lantai melainkan diangkat. Jika Anda belum kuat melakukan sit up, maka bisa mencoba melakukan gerakan crunch terlebih dulu.

Olahraga Ringan di Kantor
Gambar: freeepik.com

8. Squat

Gerakan ini akan mengencangkan area bokong sehingga terlihat lebih padat berisi dan seksi jika dilakukan dengan benar. Lakukan 4x8 set secara rutin tiap pagi.

Cara Melakukan Gerakan Squat yang Benar
Gambar: freeepik.com

9. Jumping Jack

Jumping jacks dimulai dengan posisi badan tegap lalu melompat sambil melebarkan kaki dan mengangkat kedua tangan lurus ke atas. Seluruh badan akan bergerak sehingga bagus untuk membakar lemak. Lakukan 4x8 set.

Gerakan Olah Raga Ringan Lompat Jumping Jack
Gambar: cleanpng.com

10. Plank

Contoh olahraga ringan di pagi hari yang lain adalah plank. Gerakan ini dimulai dari tengkurap lalu mengangkat tubuh menggunakan kaki dan lengan sampai lengan membentuk sudut 90 derajat. Cukup lakukan selama 15-30 detik saja di awal. Jika sudah kuat maka durasinya bisa ditambah.

Baca Juga: Manfaat Rajin Minum Air Putih Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Cara Melakukan Gerakan Olahraga Plank
Gambar: pexels.com

11. Lunges

Bagus untuk membentuk kaki yang lebih jenjang dan ramping. Dimulai dari posisi berdiri kemudian berlutut, namun jangan sampai dengkul menyentuh lantai. Pastikan membentuk sudut 90 derajat. Lakukan 4x8 set.

Cara Melakukan Gerakan Olahraga Lunges
Gambar: pexels.com

12. Side Leg Lift

Perut seringkali menggelambir di bagian pinggir. Gerakan olahraga ringan bagi pemula yaitu side lift cocok untuk mengurangi lemak tersebut. Tubuh harus miring ke samping dan topang kepala dengan tangan. Angkat satu kaki ke atas seperti gambar di bawah ini. Lakukan bergantian dengan kaki satunya.

Olahraga Sederhana di Rumah Side Leg Lift
Gambar:

13. Latihan Otot Perut

Ab exercise ini dapat membentuk otot perut. Mulai dari pose tidur dengan tangan diangkat ke atas. Lalu secara bersamaan angkat satu lutut yang membentuk dudut 90 derajat dan turunkan satu tangan sampai telapaknya menyentuh dengkul. Lakukan secara perlahan dan bergiliran dengan kaki dan tangan satunya.

Baca Juga: Akibat Buruk Begadang Bagi Kesehatan Tubuh

Jenis Olahraga Ringan Pagi Hari di Rumah
Gambar: popsugar.com

14. Bridge

Berguna untuk mengencangkan otot perut, bokong, dan pinggang. Dimulai dari tidur terlentang dan posisikan lengan di samping. Tekuk lutut dan betis secara lurus namun telapak kaki tetap menyentuh lantai. Angkat pinggul ke atas perlahan, tahan 5 detik, lalu turun perlahan. Lakukan berulang.

Latihan Olahraga Sederhana Sehari-Hari
Gambar: openfit.com

Contoh olahraga sederhana sehari-hari di rumah untuk pemula ini bagus jika dilakukan secara rutin 4 kali seminggu. Pastikan melakukan gerakannya secara benar agar hasilnya maksimal. Minum air putih setelah berolahraga dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh dan jangan lewatkan sarapan pagi.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email