R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Kumpulan Quotes Fiersa Besari Terbaik Lengkap

Kumpulan Kata-Kata Mutiara Fiersa Besari

Fiersa Besari adalah seorang penulis pria kelahiran Bandung. Beberapa karyanya antara lain Arah Langkah, Catatan Juang, Konspirasi Alam Semesta, dan Garis Waktu: Sebuah Perjalanan Menghapus Luka.

Selain itu, dia adalah seorang pemusik. Salah satu albumnya yang bertajuk 11:11 laku keras di pasaran. Tak berhenti di situ, Fiersa Besari juga merupakan seorang pecinta alam. Bahkan dia sempat menjadi brand ambassador sebuah merk peralatan outdoor terkenal. Tak heran banyak sekali tulisan dan lirik lagunya bertema tentang alam.

Kombinasi dari penulis, pemusik, dan pecinta alam menjadikannya sosok yang diidolakan banyak anak muda Indonesia. Dia sering membagikan quotes Fiersa Besari hasil pikirannya melalui media sosial berbentuk kalimat singkat. Kata-kata ini sering dikutip oleh banyak orang (khususnya remaja) untuk dijadikan caption di Instagram, postingan Facebook, status WhatsApp dan Twitter.

Kali ini Alfabetis.com akan membagikan kumpulan kata-kata Fiersa Besari tentang senja, gunung, alam, cinta, rindu, sahabat, teman, dan lainnya yang dijamin bikin baper siapapun yang baca. Yuk simak terus sampai habis.

Quotes Fiersa Besari Tentang Cinta

Seperti apakah warna cinta? Apakah merah muda seperti rekahanya Ataukah kelabu seperti pecahanya? - Konspirasi Alam Semesta
Aku yakin kamu bisa bikin orang yang kamu sayangi bahagia. Kamu cuma hadir di waktu yang salah. - Konspirasi Alam Semesta
Cinta adalah reaksi kimia yang kelak mungkin saja bisa menghilang. - Garis Waktu
Cinta memang buta aksara, maka dari itu, butuh komitmen dua anak manusia untuk menjadikannya mengeja.
Cinta tidak menjadi keren dengan relationship goals, atau dengan anniversary bulanan, atau dengan penembakan dramatis bak sinetron-sinetron. Cinta menjadi keren ketika seorang lelaki datang kepada orangtua perempuannya untuk melamar.
Jatuh cinta dan patah hati berulang kali tidak membuktikan kau bodoh, itu hanya membuktikan kau cukup berani untk mencoba berbahagia.
Yang boleh digantungkan setinggi langit itu cita-cita, bukan cinta.
Cinta sejati adalah dia yang bahkan saat kau jauh darinya. Setiap kali kau memikirkannya, kau sudah merasa ada di rumah.
Bukankah bahagia itu hak? Lalu mengapa kau masih bertahan disakiti? Cinta pun harus waras.
Cinta takkan pernah habis meski wujud telah habis.
Jika jatuh cinta tanpa alasan kenapa putus cinta butuh alasan?
Cinta itu tidak kenal etika, hilang tanpa permisi bahkan di waktu tak terduga. kadang kita harus mengalah pada kenyataan bahwa apa yang kita berikan tidak mesti sama dengan apa yang kita terima.
Kau bisa tidak percaya dengan orang yang kau cinta, tapi kau selalu bisa cinta pada orang yang kau percaya.
Ketika alam sedang berkonspirasi, ada garis waktu yang harus kugapai untuk menemukan apa warna cinta sesungguhnya?
Cinta membuatmu bertekuk lutut. Jika ia merendahkanmu, tinggalkan. Jika ia rela bertekuk lutut bersamamu, jangan lepaskan.
Cinta bukan menyatukan perbedaan, tapi memahami dan menerima perbedaan. Bukan menyeragamkan, tapi mewarnai satu sama lain.
Cinta memang sederhana. Tapi juga perlu sebuah keseriusan. Kuharap dia tahu ku disini menyapanya.
Darimu aku belajar untuk mendamba, berharap, jatuh cinta, patah hati, hingga kemudian sembuh dan mampu melangkah lagi.
Bahwasannya cinta bukan hanya harta dan tahta, tapi juga wisata.
Ada yang memandang ia yang angkuh menjulang. Ada yang menanti ia yang tak punya hati. Ada yang lupa bahwa jatuh cinta tidak diminta. Ada yang lupa bahwa rasa tidak bisa dipaksa.
Komunikasi adalah kunci. Karena kelak saat kita sudah tua dan tak bisa apa-apa, yang akan kita lakukan hanyalah duduk di kursi goyang, memandang gemintang sambil berbincang.
Karenamu, saya mendefinisikan ulang kata "aku" menjadi tidak boleh egois, "kau" menjadi alasan untuk tetap melangkah, dan “kita” menjadi sesuatu yang harus diperjuangkan.
Sebaik-baiknya cendera mata, bukanlah yang indah dipajang di lemari, melainkan yang indah dikenang di hati.
Twitter tidak bisa menenangkanmu dengan pelukan. Aku bisa.
Cemberutmu yang merayu, rambutmu yang bau apek, obrolanmu yang tak fokus kudengarkan, tawamu yang adiktif, matamu yang menjelma bimasakti, genggamanmu yang membuat jantungku berlomba. Tolong kosongkan sampingmu, karena di sanalah tempatku pulang.
Hujan dan gebetan itu mirip. Ada yang mengaku suka, tapi hanya memandangnya dari tempat duduk yang hangat, berkata-kata romantis tanpa pernah mau bersinggungan. Ada yang betulan suka, mengalahkan rasa tidak nyaman, langsung berinteraksi dengannya meski berisiko sakit.
Membenci dan mencemburui masa lalu adalah hal yang melelahkan. Kita takkan pernah bisa mengubahnya, kita hanya bisa belajar darinya.
Tak usah repot-repot menyisakan ruangan di hatimu untuk seseorang yang tidak mau menetap.
Lain kali main ke hatimu, aku mau bawa spidol permanen supaya bisa menulis namaku di sana.
Sebuah pertemuan anak-anak manusia yang sedang kasmaran akan selalu terasa singkat, sepanjang apa pun waktu yang dihabiskan.
Yang main-main tidak perlu dianggap serius. Yang tidak punya hati tidak perlu dimasukkan dalam hati. Yang tidak punya perasaan tidak perlu dibawa perasaan.
Terlalu banyak pekerjaan. Terlalu sedikit waktu. Terlalu ada kamu untuk diperjuangkan.
Dulu, saya selalu merasa, apa yang rusak, baiknya dibuang saja—termasuk hubungan. Sekarang, saya tahu, ada kalanya kita harus mencoba memperbaiki, perlahan. Prosesnya tidak selalu lancar. Seringkali mesti menemui jalan buntu. Tapi, bukankah perjuangan memang tidak mudah?
Tidak usah memedulikan cibiran orang-orang. Nanti, pada masanya, mereka akan mengerti mengapa hati kita begitu keras kepala memperjuangkan.

Baca Juga: Kumpulan Kata-Kata Bijak Tentang Cinta yang Romantis

Bertualang itu tidak harus selalu berpasangan, karena yang terpenting adalah menjadi rumah untuk satu sama lain.
Jatuh cinta bagi beberapa orang: saling menipu diri dengan profile picture penuh manipulasi.
Perjuangan bukan menyoal maju terus pantang mundur. Melainkan perihal maju, berhenti, atur strategi, maju lagi, mundur sedikit, cari jalan lain kalau jalan yang di depan buntu. Tidakkah mobil pun akan menabrak jika digas pol terus-terusan tanpa mengenal rem?
Mampukah kekasihmu setangguh aku? Menunggu tapi tak ditunggu. Bertahan tapi tak ditahan.
Perasaan tidak bisa dilarang-larang. Tapi, bukan berarti tidak bisa disikapi dengan bijaksana.
Perasaan tidak pernah salah, tidak pernah bisa diatur. Cara menyikapi dan mengutarakannya yang menentukan apakah kita akan salah atau tidak.
Senyum saja. Tidak perlu banyak marah-marah. Nanti cepat tua. Daripada tua sendiri, lebih baik tua berdua bareng saya.
Biarlah dia mirip aku, mereka mirip mereka, atau siapa mirip siapa. Yang kutahu, kau mirip jodohku.
Nyatakan perasaan, hentikan penyesalan, maafkan kesalahan, tertawakan kenangan, kejar impian. Hidup terlalu singkat untuk dipakai meratap.
Dijaga, bukan dikekang. Dipeluk, bukan dicekik. Dipercayai, bukan dicurigai. Diperjuangkan, bukan dipaksakan.
Jatuh hati tidak pernah bisa memilih. Tuhan memilihkan. Kita hanyalah korban. Kecewa adalah konsekuensi, bahagia adalah bonus.
Cinta bukan melepas tapi merelakan. Bukan memaksa tapi memperjuangkan. Bukan menyerah tapi mengikhlaskan. Bukan merantai tapi memberi sayap.
Untuk apa memajang foto kita berdua? Cita-citaku ingin fotomu ada di buku nikahku.
Menyayangimu sangatlah mudah, aku bisa melakukannya berulang kali tanpa pernah bosan. Yang sulit itu cara menunjukkannya.
Tidak perlu bersama selamanya. Selamanya terlalu lama. Seumur hidup saja. Untukku, itu sudah lebih dari cukup.
Jika kita berjodoh, walaupun hari ini dan di tempat ini tidak bertemu, kita pasti akan tetap dipertemukan dengan cara yang lain.
Aku tidak mahir mengejar, tapi aku tahu cara menunggumu.
Aku tidak mahir melawak, tapi aku tahu cara membuatmu bahagia.
Aku tidak mahir berkata-kata, tapi aku tahu cara mendoakanmu.
Aku tidak mahir memimpin, tapi aku tahu cara menuntunmu.
Aku tidak mahir memberi saran, tapi aku tahu cara mendengarkanmu.

Quotes Fiersa Besari Tentang Rindu

Kadang 'rasa' hanya untuk dinikmati dalam kesendirian, dengan setumpuk harapan. - Konspirasi Alam Semesta
Dan seperti musik, sejenuh apapun kita pada cinta, pada akhirnya akan selalu ada satu lagu yang mampu membuat kita kembali merindukan seseorang. kemudian, kita kembali terjatuh, kembali hancur dan kembali sembuh. - Catatan Juang
Ternyata, bangun lebih pagi adalah pembunuh gerutu. Karena kita punya waktu untuk secangkir kopi, setampuk lamunan, dan secarik rindu.
Kadang, yang terindah tak diciptakan untuk dimiliki. Cukup dipandangi dari jauh, lalu syukuri bahwa ia ada di sana untuk dikagumi dalam diam.
Janjian. Tidak perlu memberi tahu kalau sedang rindu. Malah membuat tidak fokus bekerja dan ingin cepat bertemu. Semisal pekerjaan sudah beres, saya langsung ke sana saja. Nanti gantian, kau yang ke sini. Sementara waktu, saling mendoakan.

Baca Juga: Kumpulan Quotes Tentang Jarak dan Rindu yang Bikin Baper

Ternyata, bangun lebih pagi adalah pembunuh gerutu. Karena kita punya waktu untuk secangkir kopi, setampuk lamunan, dan secarik rindu.
Kau dengan duniamu saja. Biar saya dengan dunia saya. Tidak perlu saling saling memaksa suka hobi masing-masing. Nanti, kalau sudah waktunya bertemu, kita akan punya banyak hal untuk diceritakan, juga didengarkan. Tapi, selagi jauh, tolong jaga kepercayaan. Terima kasih.
Kalau sampai rindu, aku tidak akan bilang-bilang, aku akan datang. Tidak ada yang berat, selama hati kita masih erat.
Dan aku hanya bisa menjadi pendosa, sementara engkau terus menjadi pendoa. Dan aku selalu sibuk dengan keakuanku, sementara kau selalu sibuk merindukanku.
Beberapa rindu memang harus sembunyi-sembunyi. Bukan untuk disampaikan, hanya untuk dikirimkan lewat doa.
Biarlah "Apa kabar?" menjadi pengganti "Aku rindu", "Jaga dirimu baik-baik"menjadi pengganti "Aku sayang kamu".

Quotes Fiersa Besari Tentang Patah Hati

Aku hanya pengagummu di balik layar saja. Apakah ini yang dirasakan cinta rahasia banyak nyeseknya?
Kau tahu, kenapa kebanyakan pegiat alam susah dapat jodoh? Karena, di gunung, kami banyak belajar tentang cara berbagi, cara mendengarkan, cara merawat, juga cara mencintai. Tapi, kami tidak pernah belajar tentang cara memiliki.
Kemudian, satu orang tersebut akan menjadi bagian terbesar dalam agendamu. Dan hatimu takkan memberikan pilihan apa pun kecuali jatuh cinta, biarpun logika terus berkata bahwa risiko dari jatuh cinta adalah terjerembab di dasar nestapa.
Katanya "cinta itu tidak boleh egois". Bukankah hati akan egois, jika separuh darinya meninggalkan tangis?
Cara terburuk untuk patah hati adalah dengan memperlihatkan pada orang yang sudah membuat kita patah hati bahwa kita semenyedihkan itu. Jangan! Buktikan bahwa hidup kita lebih baik tanpa dia. Bekerja lebih keras, berkarya lebih banyak.
Di dunia ini, ada yang jika diselingkuhi akan pergi meski sakit, lalu memulai hidup baru dengan orang lain. Ada juga yang jika diselingkuhi akan membalas dendam dengan karya, lalu sukses. Ada juga yang jika diselingkuhi akan mencoba bunuh diri.
Kita berdua hanyalah dua orang yang senang membohongi perasaan masing-masing. Pura-pura tidak peduli hingga akhirnya patah hati.
Pura-pura tidak peduli boleh saja, tapi harus siap juga untuk pura-pura tidak sakit hati.
Tidak ada satu pun orang yang suka diperlalukan sebagai pilihan untuk urusan hati.
Kau tahu, persamaanmu dengan senter yang baterainya sudah lemah? Sama-sama membuatku tahu arah melangkah. Di saat yang sama, sama-sama membuat segalanya tidak jelas.

Baca Juga: Kumpulan Kata-Kata Galau Bagi yang Sedang Patah Hati

Dijaga, bukan dikekang. Dipeluk, bukan dicekik. Dipercayai, bukan dicurigai. Diperjuangkan, bukan dipaksakan.
Perasaan laksana hujan, tak pernah datang dengan maksud yang jahat. Keadaan dan waktulah yang membuat kita membenci kedatangannya.
Pada cinta yang tertunda, bertahanlah. Pada cinta yang terputus, tersenyumlah. Dia akan datang dalam bentuk yang lebih indah.
Sebenar-benarnya cemburu yang menyakitkan adalah cemburu pada seseorang yang tidak peduli akan perasaan kita.
Jatuh hati kurang menyenangkan jika dilakukan sendirian.
Hari Minggu beberapa tahun yg lalu aku main ke rumahmu, bertemu orang tuamu. Meski gugup, rasanya menyenangkan. Hari Minggu kali ini aku scroll timeline, melihat foto keluarga kecilmu yang bahagia, Aku menghela napas. Rasa benci dan perihnya sudah lama hilang. Kenangannya menetap.
Bagi beberapa orang, move on tidak semudah itu. Ada pengalaman pahit dan trauma yang membuat seseorang enggan membuka hati untuk orang baru. Kita pernah merasakan itu. Alangkah tidak baiknya memaksa seseorang move on jika kita tidak tahu latar belakangnya.
Tidak peduli ujungnya bakal sakit hati, memang sudah menjadi kebutuhan manusia untuk jatuh hati. Sama seperti orang kenyang yang akan lapar lagi.
Dulu, kau biasa melenguh di atasku. Kini, kau mahir mengeluh di sebelahnya. Ini bahagiamu?
Hidup adalah tentang hilang, datang, dan segala diantaranya.
Awal kita berbeda, paham kita berbeda, pemikiran kita berbeda, karya kita berbeda, rasa kita berbeda, kita berbeda, lalu untuk apa kau memaksaku menjadi apa yang engkau mau? Tak perlu repot-repot. Aku telah tiba di titik kesadaran di mana hidupku adalah milikku, bukan milikmu.
Tidak semua yang bersandar, berlabuh. Tidak semua yang singgah, betah.
Selalu ada hari baru untuk setiap napas. Selalu ada kesempatan baru untuk kembali tersenyum. Patah hati tidak harus selamanya, kan?
Dulu kita selalu mengucap kata sayang di penghujung malam. Kini, kita tidak lebih dari dua orang asing yang merindukan masa lalu secara diam-diam.
Beberapa orang berhenti menyapa bukan karena perasaannya berhenti, melainkan karena telah mencapai titik kesadaran untuk berhenti disakiti.
Dulu, pada suatu ketika, senja pernah indah, seindah janji-janji yang berujung menjadi sumpah serapah.
Hatimu dicuri, lalu kau kesal ketika ia tidak memberikan hatinya. Hatimu jatuh, lalu kau kecewa ketika sakit. Peringatan sudah ada sedari awal. Kau saja yang ngeyel.

Quotes Fiersa Besari Tentang Senja, Gunung dan Alam

Jangan ambil apa pun, termasuk foto. Jangan tinggalkan apa pun, termasuk jejak. Jangan buang apa pun, termasuk waktu,” ujar hutan pada manusia yang tidak bisa menepati janjinya.
Hal yang paling menyebalkan dari petualangan adalah: sekali kau terkena racunnya, kau akan kecanduan. Kau akan mencari cara untuk kembali berkelana, meski harus menumpang mobil, tidur mengemper. Dan ketika kau tiba di destinasi impianmu, kau tahu semua pengorbanan itu sepadan.
Tidak ada pencinta alam senior atau junior. Semua sama di mata semesta, sama-sama harus mawas diri, sama-sama harus rendah hati.
Dalam hidup ini, ada beberapa hal yang tidak ingin saya lakukan, tapi ketika sudah melakukannya, saya bisa sebahagia itu. Berenang bersama pari Manta adalah salah satunya.
Kita adalah titik-titik kecil yang terkorelasi oleh alam semesta. Duka mereka, duka kita. Sakit mereka, sakit kita. Doa mereka, doa kita.
Kakimu bisa kau taruh di tempat tertinggi,tapi apakah hatimu bisa kau taruh di tempat terendah?

Baca Juga: Kata-Kata Mutiara Bijak Tentang Alam dan Manusia

Kebaikan pada alam bisa dilakukan dengan hal yang paling sederhana, jangan buang sampah sembarangan, misalnya, terlepas ada yang melihat atau pun tidak.
Beberapa penyair sibuk bersembunyi di balik senja, hujan, gemintang, ufuk, gunung, pantai, jingga, lembayung, kopi, renjana, juga berbagai kata romantis lainnya, untuk kemudian lupa pada fakta bahwa dunia sedang tidak baik-baik saja. Hingga akhirnya kata-kata hanyalah hiasan semata.
Gunung bukanlah tempat untuk pamer, tempat untuk berhitung ketinggian, apalagi tempat untuk menambah jumlah puncak yang sudah kita daki.
Senja memang membawa kita menuju kegelapan. Tapi, kalau kita tahu cara bersyukur, banyak bintang dalam gelap yang menunggu untuk dinikmati.
Kasihan matahari. Terlalu terik, dikutuk mereka yang takut hitam. Memamerkan kecantikan di kala senja, diledek indie. Dihampiri gerhana dan dilingkari cincin, tapi tak dinikahi. Kelak, matahari ngambek, lalu terbit dari barat.

Quotes Fiersa Besari yang Nyeleneh dan Unik

Seringkali, saya iri kepada mereka yang mudah sekali tertawa, yang sudah ketawa duluan sebelum beres cerita, yang ketika sudah beres cerita, ternyata tidak lucu.
Roda kehidupan berputar. Yang terbiasa diberi undangan pun kelak akan memberi undangan.
Tiap kali kau susah bangun, ingin kubisikkan di telingamu, "Man Robbuka".
Jefri Nichol bisa mendapatkan hati netizen Twitter dengan six pack-nya. Nicholas Saputra bisa mendapatkan hati netizen Instagram dengan selfie-nya. Tapi saya yakin, cuma saya yang bisa mendapatkan hati ayahmu dengan pembuktian bahwa saya akan membahagiakan anaknya.
Beberapa orang menganggap Sabtu dan Minggu adalah hari kerja sementara lima hari lainnya untuk berlibur.
Kalau pacarmu terus-terusan kau bentuk menjadi sesuai imajinasimu, kau paksa ia menjadi apa yang kau mau, kau larang ia mengejar impiannya, bukankah lebih baik kau berpacaran dengan dirimu sendiri saja?
Enak atau tidaknya ucapan "selamat malam" dan "selamat pagi" itu tergantung siapa yang mengucapkan.
Catatan untuk diri sendiri: Tetap sebarkan kebaikan. Siapa tahu besok meninggal.
Pada akhirnya kau akan tersadar, tidak apa-apa berwajah standar, asal bisa jadi tempat bersandar.
Sudah memperhatikan, sudah menyapa, sudah ngobrol, sudah tanya-tanya, sudah janjian, sudah ketemuan, saya merasa cocok, eh ternyata tidak jadi . Dasar jual-beli online.

Baca Juga: Kumpulan Quotes dari Spongebob Squarepants. Unik dan Bermakna

Heran saya. Tiap segerombolan cowok melihat cewek lewat di depan mereka, langsung bisik-bisik, "Tuh, lihat. Bulet banget". Ya, memangnya, apa yang Anda harapkan? Jajaran genjang?
Ngaso sambil makan gorengan dan minum kopi kapal api adalah sebenar-benarnya kenikmatan setelah beres-beres rumah.
Kalau tiap hari dipamerkan, mungkin ada baiknya mulai dipertanyakan: itu pasangan atau pajangan?
Manusia berevolusi dari bertanya "kamu udah punya pacar belum?" ke tidak bertanya dan lebih memilih untuk stalking Instagram lalu menyimpulkan seseorang sudah punya pacar atau belum dari ada atau tidak foto couple ber-caption romantis di feed-nya.
Wahai yang berpasangan, tidak perlu mengejek yang sendirian. Yang sendirian belum tentu akan berpasangan. Tapi yang berpasangan suatu saat nanti pasti akan sendirian.
Iya, tapi....” adalah bentuk setuju untuk tidak setuju.
Sehebat-hebatnya pengkritik, takkan berani mengkritik pasangan yang sedang sensi. Percayalah, saya sudah mencoba, dan hasilnya buruk.
Lebih baik bilang duluan, daripada keduluan orang lain.
Sudah sama-sama dewasa, tidak lelah main kucing-kucingan?
Manusia: Yang sendiri ingin berdua. Yang berdua ingin sendiri. Yang sendiri ingin berdua. Yang berdua ingin orang ketiga.
Kapan-kapan” adalah "tidak akan" yang dihaluskan.
Lucu, kita membentuk pola pikir anak kecil agar tumbuh menjadi seperti kita. Padahal, diam-diam kita rindu menjadi anak kecil lagi.
Heran saya. Jadian sudah lama, dan enggak pernah pamer cinta-cintaan, disebut bucin. Lantas, Anda sendiri yang tiap malam senyum-senyum sendiri padahal cuma diberi harapan tanpa kepastian, disebut apa? Bucinhalu?
Kelakuanmu. Dijadikan bahan gibah dosa, tak dijadikan bahan gibah mubazir.
Kurangi ngotot. Perbanyak ngaca. Kurangi bacot. Perbanyak baca.
Segala sesuatu di muka bumi, cepat atau lambat akan berakhir. Kita pakai jalur yang paling lambat saja, ya.
Kau tahu, kan, ada yang sepandai itu menebar pesona, memberi harapan, membuat caption yang seolah-olah untukmu, membuatmu senyum-senyum sendiri. Jangan senang dulu. Siapa tahu, dia seperti itu ke banyak orang.
Semoga kekurangajarannya mengajarimu sesuatu.
Kalaupun harus gagal, setidaknya gagal dengan cepat dan tegas. Daripada berputar-putar, masuk friendzone, jadi teman curhat, menunggu dia putus, main kode, berusaha jujur, eh sudah begitu gagal-gagal juga.
Jangan sampai bekerja, tapi malah dikerjain. Bermanfaat, tapi malah dimanfaatin.
Kau unik, satu-satunya di antara tujuh miliar manusia. Tidak perlu mengklasifikasikan sifatmu dalam batas zodiak atau golongan darah.
Jangankan dipaksa melupakan, dipaksa tidur saja tidak enak.

Quotes Fiersa Besari Tentang Kehidupan

Sahabat mencarimu ketika yang lain mencacimu. Mereka merangkulmu ketika yang lain memukulmu.
Hidup adalah serangkaian kebetulan. Kebetulan adalah takdir yang menyamar.
Beberapa memang harus dibiarkan menjadi rahasia. Bukan untuk diutarakan. Hanya untuk disyukuri keberadannya.
Kalau punya mesin waktu, saya ingin menghentikan waktu yang membuat keriput dan uban Ibu bertambah. Saya benci melihatnya menua.
Semua orang bisa memegang gitar yang sama. Tidak semuanya akan memainkan lagu yang sama.
Tidak perlu semuanya diceritakan pada dunia. Tetap sisakan misteri. Bukankah rasa penasaran yang membuat mereka terus menggali lebih dalam tentangmu?
Rendahkan hati, bukan rendahkan diri. Dikasihi, bukan dikasihani.
Ternyata memang benar, ketika pujian membuat seseorang besar kepala, ia tidak lagi besar hati untuk menerima saran.
Jangan cuma lihat senangnya, coba rasakan sedihnya. Hidup siapa pun tidak ada yang sempurna.
Terima saja bahwa perbedaan tidak perlu disamakan, dan keberagaman bukan untuk diseragamkan.

Baca Juga: Kata-Kata Mutiara Bijak Tentang Kehidupan Penuh Motivasi

Cobaan bukan alasan untuk berhenti mencoba.
Jangan sampai terlalu sibuk menghidupi diri sendiri sampai lupa caranya menikmati hidup sendiri.
Saya masih saya yang sama. Caramu menilai saja yang mungkin berbeda.
Tidak pernah terlalu pagi untuk berbahagia. Tidak pernah terlalu siang untuk memaafkan.
Mungkin, kita terlalu pandai berpura-pura hingga kita lupa bahwa kita sedang berpura-pura. Dan akhirnya kepura-puraan tersebut kita anggap kebenaran.
Tidak semua yang makin berisi makin menunduk. Beberapa harus menengadah dan melawan.
Terlalu memikirkan kebahagiaan orang lain, lupa merasakan kebahagiaan sendiri.
Mengeluh sajalah, manusiawi. Tapi jangan lupa bersyukur karena masih bisa mengeluh.
Hidup adalah perjalanan. Bahkan jejak yang terburuk pun berhak melangkah menuju kebaikan. Bahkan manusia yang terbangsat pun berhak mendapatkan pengampunan.
Hidup dapat sangat mengecoh. Yang kita percaya bisa menikam dari belakang. Yang kita hindari malah mampu jadi penyelamat.
Terlalu pandai menduga-duga, lalu mundur karena berprasangka tanpa memastikan. Ternyata salah paham. Lantas menyesal.
Menyalahkan pengakuan orang lain itu mudah. Mengakui kesalahan sendiri itu yang sulit.
Kita butuh empati, lebih dari penghakiman. Butuh berbagi pendapat, lebih dari penghukuman. Butuh solusi, lebih dari sekadar kritik dan makian. Karena, yang lebih menyedihkan dari melihat seseorang yang berbuat kesalahan, adalah melihat orang-orang memaki seseorang yang berbuat kesalahan.
Ada manusia yang senang mendengar hanya demi menunggu kesempatan untuk mematahkan pendapat orang lain. Ada manusia yg senang diperhatikan tanpa tahu caranya memperhatikan. Ada manusia yg senang menghakimi tanpa pernah mau mengerti sudut pandang orang lain.
Tidak perlu terlalu bergantung pada orang lain. Orang lain juga punya kepentingan masing-masing.
Semakin kuat dirimu, semakin banyak yang ingin melemahkanmu. Semakin besar dirimu, semakin banyak yang ingin mengerdilkanmu. Semakin bebas dirimu, semakin banyak yang ingin mengekangmu. Semakin kau menjadi dirimu, semakin banyak yang ingin menjadi dirimu.
Lebih baik memastikan biarpun menyakitkan, daripada selamanya bertahan dalam ketakutan.
Berani bertindak tapi tidak berani berpikir kritis sama saja dengan berjalan tapi tidak tahu ke mana harus mengambil belokan yang tepat.
Kadang, kita terlalu banyak berpikir dan terlalu sedikit merasakan, sampai-sampai kita lupa kalau kebahagiaan itu dirasakan bukan dipikirkan.
Kalau sampai tenggelam, cari jalan untuk naik ke permukaan. Kembali bernapas, lalu temukan daratan. Jangan sampai mengambang tak tentu arah
Kita pernah muda, bodoh, dan tidak berani menyatakan rasa. Hingga akhirnya kau bertanya, "Lho, kenapa enggak bilang dari dulu?" ketika semuanya sudah terlambat.
Setiap kesalahan adalah bagian dari proses. Penanda di peta yang mengatakan kita tidak boleh pergi ke mana. Jadi, untuk apa melupa?
Selama belum bisa menghitung napas, semoga tidak lupa untuk bersyukur sebelum mengeluh, memberi sebelum meminta, berdoa sebelum berjuang.
Tunjukkan kegelapan dan aku bisa melihat cahaya. Tunjukkan semua keburukanmu dan aku masih bisa melihat kebaikan yang tersisa.
Kesalahan kebanyakan orang adalah terlalu mempermasalahkan asal muasal yang berbeda, kemudian lupa menyamakan arah tujuan.
Betapa banyak dari kita senang meributkan hal-hal kecil hingga terlupa akan gambaran besarnya.
Ternyata betul, semakin kita memandang segala sesuatu dengan negatif, semakin dunia memandang kita dengan negatif pula. Semakin kita berbagi kebaikan, semakin banyak pula kebaikan yang kita dapatkan. Teori ini tidak penah terlalu tua.
Kau boleh lari dari kenyataan, asalkan tahu jalan pulang. Pergi dengan kekanakan, pulang dengan pendewasaan.
Karena kita masih bernapas, semoga tidak lupa untuk bersyukur sebelum mengeluh, memberi sebelum meminta, berdoa sebelum berjuang.
Seiring waktu, kita akan mengerti mana yang betulan baik dan mana yang sekadar pencitraan.
Ya, namanya juga hidup. Apa yang dicita-citakan tidak selalu sejalan dengan kenyataan. Tapi, kita selalu memiliki pilihan. Diam untuk menyesali bencana, atau bergerak untuk menyusun rencana.

Itu dia 250+ kumpulan kata-kata mutiara dan quotes bijak dari Fiersa Besari dengan tema cinta, rindu, galau, sedih, patah hati, gunung, alam, senja, dan kehidupan. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kamu semua.

Artikel Terkait