25 Tips Menambah Berat Badan dengan Cepat Secara Alami

Cara Menambah Berat Badan dalam Waktu Singkat

Tidak semua orang ingin terlihat kurus lho. Ya, memiliki tubuh yang terlalu kecil ternyata tidak selalu menyenangkan. Termasuk bagi Anda yang sedang membaca artikel ini, pasti ingin kan mendapatkan tubuh lebih berisi agar terlihat ideal.

Bagi sebagian orang, menaikkan berat badan bukanlah perkara mudah. Sudah rajin ngemil pun ternyata tidak memberikan efek signifikan. Apalagi bagi kaum pria yang sedang membentuk tubuh dengan rajin pergi ke gym, pastinya ingin agar badannya terlihat lebih besar. Salah satu caranya adalah dengan menambah berat badan agar tidak terlihat kerempeng. Begitupun bagi wanita terutama yang sedang hamil, pastinya penambahan bobot badan diperlukan demi kesehatan si jabang bayi.

25 Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat

Bagi Anda yang memiliki berat badan di bawah rata-rata, simaklah tips jitu berikut ini agar bisa membantu menaikkan bobot dalam waktu singkat tanpa obat-obatan berbahaya.

1. Periksa Kesehatan

Ini hal mendasar paling penting, yang sayangnya sering diabaikan banyak orang. Sebelum memulai program penggemukkan badan, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter terlebih dulu. Anda tidak pernah tahu apa yang terjadi di dalam tubuh yang menjadi penyebab berat badan berada di bawah standar. Jika Anda terkena penyakit, maka obati dulu agar semua usaha untuk menaikkan berat badan tidak sia-sia.

2. Rutin Olahraga

Terlepas dari masalah medis di atas, jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang lebih berisi bisa ditempuh dengan cara olah raga. Selama ini olahraga identik dengan membuat kurus, tapi nyatanya bisa juga untuk menambah berat badan. Selain membuat sehat, olahraga juga bisa membuat nafsu makan bertambah. Angkat beban, beranang, dan bersepada menjadi kegiatan yang patut dicoba. Banyak jenis lain yang sangat ampuh, selengkapnya silakan simak artikel Olahraga untuk Menambah Berat Badan Supaya Gemuk.

3. Batasi Latihan Kardio

Meski olahraga sangat diwajibkan, ada satu jenis latihan yang harus dikurangi atau dibatasi yakni kardio (cardio) seperti jogging atau aerobik. Apalagi jika Anda termasuk memiliki metabolisme tubuh yang cepat. Lakukanlah 5 kali dalam seminggu selama masing-masing 30 menit saja. Ini untuk mencegah berkurangnya lemak secara berlebihan yang mana sangat dibutuhkan dalam proses menggemukan badan pria dan wanita yang susah gemuk.

4. Konsumsi Makanan Sehat Tinggi Nutrisi

Cara terbaik untuk memperoleh tubuh ideal yang lebih berisi adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan gizi yang seimbang. Perbanyaklah makan produk dairy (yang berasal dari susu) seperti susu murni, keju, mentega, dan sejenisnya. Pilih juga buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan yang tinggi kalori. Ingin tahu daftar lengkapnya? Silakan temukan di artikel Makanan Penambah Berat Badan yang Sehat dan Enak.

5. Jangan Lewatkan Sarapan

Makanan Untuk Menambah Berat Badan

Anda mungkin terburu-buru untuk pergi beraktivitas di pagi hari dan sering melewatkan sarapan. Mulai sekarang sempatkanlah untuk makan pagi karena dampaknya sangat besar untuk kenaikkan berat badan. Tidak perlu ribet, cukup 1-2 butir telur rebus dan segelas jus atau smoothies untuk memberikan energi dalam memulai kegiatan dan membantu menambah berat badan secara instan. Bisa juga menjadikan telur dadar sebagai topping di atas roti gandum.

6. Makan Lebih Sering dengan Porsi Kecil

Selain mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi, Anda pun harus makan lebih sering dari biasanya. Jika dibandingkan makan 3 kali sehari, maka pola makan 5-6 kali sehari dalam porsi kecil lebih dianjurkan. Ini karena orang dengan berat badan yang kurang sering kali merasa lebih cepat kenyang. Karenanya makan sedikit-sedikit namun lebih sering dapat menjadi solusi.

7. Makan dengan Ukuran Piring yang Besar

Mungkin ini terdengar lucu, tapi sebenarnya memberikan efek psikologis yang cukup ampuh. Ini akan memberikan sugesti ke otak bahwa porsi makanan yang ada di hadapan kita lebih sedikit dari biasanya. Dengan begitu akan memicu nafsu makan lebih besar.

8. Jadwalkan Waktu Makan

Jika Anda termasuk orang dengan selera makan yang buruk, biasanya Anda akan cenderung mengabaikan rasa lapar yang datang. Padahal lapar adalah sinyal dari otak untuk memberitahu kita bahwa tubuh harus segera diberi makan. Jika alarm alami yaitu rasa lapar tidak bisa diandalkan, cobalah untuk membuat jadwal untuk mengingatkan kapan saatnya makan. Buatlah menjadi rutinitas agar lama-lama terbiasa.

9. Makan Camilan Sehat

Siapa sih yang tidak suka ngemil? Anda dapat mengkonsumsi camilan di sela-sela jam makan utama. Jangan asal makan, pilihlah camilan yang sehat seperti jagung rebus, kacang-kacangan, buah kurma, atau salad sayur. Sebisa mungkin hindari camilan yang direndam atau digoreng dengan minyak untuk mengurangi kolestrol jahat.

10. Kunyah Makanan Sampai Halus

Entah itu makanan pokok atau camilan, Anda harus mengunyahnya sampai halus sebelum ditelan. Tujuannya untuk meringankan tugas lambung dan usus dalam menggiling makanan sehingga tubuh lebih mudah untuk mencerna nutrisi yang terkandung di dalamnya.

11. Minum Jus atau Smoothies

Minuman Penambah Berat Badan

Smoothies adalah minuman yang dibuat dari buah-buahan, kacang, yogurt, dan susu yang dicampur dalam blender. Semua bahan dasar tersebut sangat sehat dan aman untuk dikonsumsi. Anda pun bisa membuat jus dari buah atau sayuran utuh. Nutrisi dalam smoothies dan jus lebih mudah diserap karena teksturnya lebih halus. Hindari minum kopi atau minuman bersoda yang tidak memiliki nutrisi.

12. Tambahkan Kalori pada Makanan

Kalori adalah sumber energi yang baik. Bisa didapatkan melalui keju parut yang ditaburkan di atas roti atau telur dadar yang ditambahkan ketika makan sup ayam. Kebutuhan kalori setiap orang berbeda, maka dari itu tetap perhatikan asupannya agar tubuh Anda tidak kelebihan lemak jahat atau kelebihan glukosa yang bisa menyebabkan diabetes.

13. Perbanyak Konsumsi Karbohidrat

Selain kalori, makanan lain yang bisa menaikkan berat badan dalam waktu singkat adalah yang mengandung karbohidrat. Contohnya sangat banyak dan mudah didapatkan seperti nasi, kentang, ubi jalar, gandum, singkong, dan tanaman umbi-umbian lainnya.

14. Perbanyak Konsumsi Protein

Protein dibutuhkan untuk membentuk otot baru. Jika ingin mendapatkan tubuh yang lebih berisi, maka menambah masa otot juga perlu dilakukan. Sumber protein yang mudah didapatkan diantara lain adalah ikan, telur, daging, atau biji-bijian.

15. Kebutuhan Lemak yang Tercukupi

Cukup disini artinya pas. Tidak kurang, tidak juga berlebihan. Jika kurang maka tubuh akan sulit gemuk karena lemak adalah zat yang dibutuhkan untuk menaikkan berat badan. Jika berlebihan maka akan menimbulkan masalah baru seperti obesitas. Maka jumlahnya harus benar-benar cukup agar tetap baik untuk kesehatan. Lemak bisa didapatkan melalui ikan, daging merah (sapi, kerbau, domba, kambing), bahkan minyak sayur dan minyak kelapa.

16. Jangan Minum Sebelum Makan

Minum terlalu banyak sebelum makan hanya akan membuat perut kenyang. Tentunya ini tidak baik karena nafsu makan akan berkurang dan otak akan berpikir bahwa tubuh sudah mendapatkan makanan yang dibutuhkan.

17. Minum 30 Menit Sebelum atau Sesudah Makan

Lebih baik minum ketika sedang makan, atau 30 menit sebelum / sesudah makan. Ini membantu tubuh untuk lebih baik dalam menyerap banyak kalori dan nutrisi.

18. Banyak Minum Air Putih

Minuman Untuk Membuat Gemuk denga Cepat

Tubuh manusia terdiri dari banyak air. Itulah sebabnya air sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Kekurangan carian akan berdampak buruk bagi kesehatan. Jenis air yang paling baik untuk diminum adalah air putih: tanpa bau, tanpa warna, tanpa rasa.

Rata-rata jumlah air putih per hari yang harus dikonsumsi orang dewasa adalah 2 liter. Tidak harus diminum semuanya sekaligus, bagilah beberap kali agar tidak mual dan bosan. Misalnya 2 jam sekali mulai dari bangun tidur di pagi hari sampai waktu tidur di malam hari. Asupan air putih yang cukup akan membantu usus dan lambung dalam menyerap nutrisi.

19. Minum Susu

Orangtua sering menasehati untuk banyak minum susu agar tubuh kita cepat besar. Ternyata hal itu benar adanya karena susu mengandung kalori lebih besar yang dibutuhkan dalam proses penggemukkan badan. Bahkan susu diminum oleh mereka yang sering pergi ke gym karena ternyata dapat meningkatkan masa otot.

Selain itu susu sangat bagus untuk kesehatan tulang. Ada baiknya Anda mengganti kopi dengan susu sebagai minuman dikala santai. Bisa juga didapatkan dari produk olahan seperti yogurt, keju, puding, bahkan eskrim.

20. Konsumsi Madu

Madu memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah untuk menaikkan berat badan secara cepat. Pastikan memilih madu alami tanpa tambahan gula buatan agar tidak memberikan efek buruh untuk tubuh.

21. Jangan Merokok

Sudah jelas bahwa rokok tidak baik untuk kesehatan. Tidak hanya bagi mereka yang menjadi perokok aktif, namun juga merugikan bagi yang menghirupnya dan menjadikan mereka perokok pasif. Rokok dapat menjadi pemicu berkurangnya nafsu makan. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak cukup maka badan tidak akan cepat gemuk dan tinggi.

22. Jangan Begadang

Mungkin begadang menjadi kebiasaan rutin sebagian besar kaum millenial, apalagi yang hobi bermain media sosial sampai larut malam. Padahal tidak ada efek baik apapun dari begadang. Justru kondisi kesehatan akan menurun jika terus dilakukan setiap hari.

Tidak hanya membuat kurus, begadang pun memperbesar risiko terkena penyakit ganas. Kebiasaan ini memang sulit dihilangkan, tapi berusahalah dengan keras demi kesehatan Anda sendiri. Jika terkena insomnia akut lebih baik periksakan diri ke dokter.

23. Waktu Tidur yang Berkualitas dan Cukup

Cara Agar Gemuk dengan Instan Tanpa Obat

Kekurangan istirahat di malam hari akan membuat metabolisme tubuh tidak lancar yang mengakibatkan nutrisi tidak bisa diolah secara maksimal oleh tubuh. Meskipun sudah banyak makan dengan gizi seimbang dan cukup olahraga, namun jika tidak diimbangi dengan tidur yang baik maka tidak akan membuahkan hasil. Tidur juga berpengaruh besar dalam pertumbuhan otot.

Menurut penelitian, inilah jam tidur yang ideal untuk berbagai rentang usia:

a. Usia 6-13th: 9-11 jam/hari
b. Usia 14-17th: 8-10 jam/hari
c. Usia 18-64th: 7-9 jam/hari
d. Usia 65th keatas: 7-8 jam/hari

24. Hidari Makan Cepat Saji

Mungkin junk food bisa menambah berat badan, tapi percayalah makanan ini tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sebagian besar kandungannya malah kurang baik.

25. Sabar dan Konsisten

Dua hal ini adalah kunci sukses untuk mencapai berat badan ideal. Sebab, jika Anda tidak sabar dan hanya melakukan rutinitas di atas dalam waktu singkat, harapan itu tidak akan tercapai. Anda perlu konsisten melakukannya setiap hari sampai mendapatkan apa yang diinginkan.

Itulah kumpulan tips 25 cara cepat gemuk bagi wanita dan pria kurus dengan alami dan tanpa obat. Sebenarnya cukup mudah dan tidak ada yang benar-benar berat. Semuanya tergantung dari seberapa besar niat Anda untuk mewujudkannya. Ingat kunci yang terakhir: sabar dan konsisten. Silakan langsung eksekusi hari ini juga. Sehat tidak perlu ditunda-tunda.

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email