7 Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan, sudah seharusnya kita menjaga tubuh agar tetap sehat. Karena kalau badan sehat, akan mendukung proses ibadah kita selama satu bulan penuh. Untuk itu penting banget nih mengetahui informasi tentang cara menjaga kesehatan tubuh saat puasa.

Tips Menyehatkan Tubuh Meski Sedang Puasa

Apalagi bulan ramadhan 2020 ini sangat berbeda sekali, dimana kita juga sedang dihadapkan kondisi sulit ditengah pandemi virus corona atau covid-19 yang masih mewabah. Tantangan untuk menjaga kesehatan tentu lebih berat lagi ya. Tapi jangan khawatir, selama kita tetap tinggal di rumah dan menjalankan protokol kesehatan, semua akan baik-baik saja. Tetap berfikir positif dan jangan lengah.

Di artikel ini kami akan memberikan informasi tentang bagaimana cara menjaga stamina saat sedang berpuasa, sehingga tubuh tetap bugar, semangat dan tidak gampang lemas.

Tips Menjaga Kebugaran Tubuh Saat Puasa

Saat berpuasa otomatis akan terjadi perubahan pola makan, juga berkurangnya aktifitas fisik. Tubuh perlu penyesuaian untuk memastikan kesehatannya tetap terjaga. Meski sedang berpuasa selama kurang lebih 13 jam per hari, namun tidak boleh menyurutkan semangat dalam berakitifitas ya. Beberapa tips sehat menjalankan puasa versi alfabetis.com berikut ini mungkin membantu:

1. Rutin Melakukan Sahur

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Puasa
Gambar minews.id

Sahur diibaratkan sebagai sarapan, sangat penting untuk menunjang aktifitas hari-hari kita. Makan sahur memberikan tambahan energi kepada tubuh untuk digunakan seharian. Termasuk juga membekali kadar cairan yang sangat penting untuk tubuh. Selain itu, makan sahur juga mencegah kita berlebih-lebihan saat berbuka akibat terlalu lapar. Dan jangan lupa guys, "ada keberkahan pada sahur" seperti sabda Rasulullah S.A.W.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Isolasi Diri di Rumah

2. Konsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Menjaga Tubuh Agar Tetap Bugar Saat Puasa
Gambar pexels.com

Mau sedang puasa ataupun tidak, mengkonsumsi makanan yang sehat sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih ketika kita sedang berpuasa, tubuh perlu dua kali lipat asupan gizi seimbang supaya tubuh kuat hingga waktu berbuka. Mengkomsumsi sayur dan buah adalah salah satunya, karena kedua jenis makanan itu kaya nutrisi dan baik untuk tubuh. Kurangi makanan digoreng yang berlemak untuk menu sahur dan buka puasa.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Menjaga Imun Tubuh Agar Kuat Puasa
Gambar pexels.com

Nah, tips sehat menjalankan puasa yang ketiga ini juga tidak kalah pentingnya. Tips simple yang kadang sering terlewat untuk dilakukan. Ya, minum air putih yang cukup. Kebanyakan orang lebih suka minum minuman dingin dan manis saat buka puasa dan sahur. Padahal minum air putih yang banyak justru yang diperlukan tubuh, karena kekurangan cairan akan membuat tubuh lemas dan dehidrasi.

Baca Juga: 25+ Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan Tubuh

4. Istirahat yang Cukup

Tidak Mudah Sakit Saat Puasa
Gambar: pexels.com

Ketika bulan puasa kita diharuskan bangun lebih awal di 1/3 malam untuk melaksanakan sahur. Artinya jam tidur kita jadi berkurang. Hal itu bisa berpengaruh pada stamina kita di siang hari, karena mengantuk. Tips agar memiliki waktu istirahat yang cukup bisa dengan tidur lebih awal alias jangan begadang. Jika memungkinkan, lakukan tidur siang untuk mengganti jam tidur kita yang berkurang.

Kesalahan yang sering terjadi adalah tidur selepas shalat subuh. Padahal itu kurang baik untuk tubuh lho, karena menggangu metabolisme tubuh. Malah akan membuat badan lemas, pusing dan tidak bersemangat.

5. Olahraga

Rutin Berolahraga Saat Puasa

Tips sehat selanjutnya tentu saja olahraga. Olahraga memang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh terlebih saat puasa. Rutinlah berolahraga setiap hari meski dengan durasi yang singkat. Tidak perlu olahraga yang berat, sesuaikan saja dengan kondisi tubuh kamu meski hanya olahraga ringan di rumah.

Jangan lupa untuk berolahraga di waktu yang tepat. Karena dalam kondisi sedang berpuasa, ada waktu yang kurang cocok digunakan untuk olahraga.

Baca Juga: Tips Olahraga yang Benar dan Aman Saat Puasa

6. Konsumsi Multivitamin

Makanan yang Sehat Dikonsumsi Saat Puasa
Gambar: health.detik.com

Untuk sebagian orang mengonsumsi multivitamin sudah menjadi kebiasaan di tengah mewabahnya virus covid-19 atau corona akhir-akhir ini. Minum multivitamin juga sangat baik untuk orang yang berpuasa demi penunjang kesehatan dan kebugaran tubuh. Disamping mengonsumsi makanan dan minuman sehat kaya gizi.

7. Jauhi Stres

Tips Menjaga Stamina Saat Puasa
Gambar: pexels.com
Tips yang terakhir untuk menjaga stamina adalah harus pintar-pintar mengendalikan stres. Stres sangat berpengaruh pada imunitas tubuh manusia. Apalagi kita sekarang harus menjaga imun untuk puasa ditengah pandemi, double kan jadinya. Menjaga imunitas agar tetap stabil salah satunya dengan berpikiran positif, hindari hal-hal yang membuat cemas, panik maupun ketakutan.

Tidak mudah lho mengontrol kestabilan emosi dan mood dalam keadaan harus berdiam diri di rumah, pasti kita akan merasa bosan dan akhirnya stres. Mungkin kita bisa mensiasatinya dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, semisal melakukan hobi atau lainnya.

Mungkin itu saja tips singkat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh untuk orang yang berpuasa. Banyak hal yang harus diadaptasi oleh tubuh ketika kita berpuasa, karena banyak yang harus dirubah. Contohnya pola makan, pola tidur dan aktifitas sehari-hari lainnya. Namun semakin hari tubuh akan menjadi terbiasa, jadi nikmati saja ya prosesnya.

Selamat berpuasa bagi yang sedang menjalankan. Semoga puasanya lancar dan tubuh tetap sehat.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email