17 Makanan dan Minuman Khas Bogor yang Terkenal

Bogor di provinsi Jawa Barat dikenal karena kesejukan udaranya. Tak heran banyak sekali tempat wisata yang mengusung tema alam, terutama di daerah Puncak. Daerah yang diberi julukan kota hujan ini selalu dibanjiri wisatatawan lokal maupun luar kota yang ingin mencoba berlibur di berbagai destinasi wisata yang tersedia

Kuliner Khas Bogor yang Enak dan Murah
Kuliner Khas Bogor yang Enak dan Murah

Karena itulah muncul berbagai macam aneka kuliner khas Bogor untuk memuaskan wisatawan yang datang. Beragam makanan, minuman, cemilan, dan jajanan daerah Bogor ini bisa dinikmati langsung di tempat ataupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Apakah kamu sedang mencari rekomendasi makanan enak di Bogor yang kekinian dan populer? Berikut rangkuman alfabetis.com yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Soto Mie

Rekomendasi Soto Mie di Bogor
Gambar: backpackerjakarta.com

Soto dari kota Bogor memiliki ciri khas tersendiri, yaitu adanya mie kuning di dalamnya. Kuahnya cenderung bening dan rasanya gurih. Dalam satu porsi soto mie Bogor terdapat isian seperti potongan risol kering atau kroket, bihun, mie kuning, dan daging sapi.

2. Soto Kuning

Rekomendasi Soto Kuning di Bogor
Gambar: Instagram @perutkarets

Berbeda dengan soto mie, soto kuning tidak memiliki mie di dalamnya. Kuahnya berwarna kekuningan yang berasal dari kunyit. Isiannya beragam mulai dari daging sapi, kikil, dan berbagai jeroan. Banyak yang berjualan di sekitar jalan Surya Kencana, karena itu bisa dibilang soto kuning adalah kuliner khas Surya Kencana. Ada beberapa penjual soto kuning legendaris yang sangat terkenal di Bogor, berikut kami berikan rekomendasinya.

1. Soto Kuning Pak Yusup (memakai huruf 'p')
Lokasi: Jl. Surya Kencana, Gang. Aut, Bogor Tengah

2. Soto Kuning M. Yusuf (memakai nama 'M' dan huruf 'f')
Lokasi: Jl. Surya Kencana No.244
Berdiri sejah tahun 1977.

3. Soto Kuning Pak Salam
Lokasi: Jl. Siliwangi No.298, Sukasari
Berdiri sejak 1980.

4. Soto Kuning PD. Hasan Bogor
Lokasi: Jalan Raya Tajur No.103, Sidnangrasa, Bogor Timur

3. Toge Goreng

Toge Goreng Haji Omah Khas Bogor
Gambar: Instagram @visitbogor

Sebenarnya toge tidak digoreng dengan minyak sama sekali, melainkan direbus dan dicampur dengan mie kuning dan irisan tahu. Terakhir disiram dengan bumbu berbahan dasar tauco yang segar. Taburan kerupuk membuat penampilannya kian menggoda.

Berikut rekomendasi lokasi toge goreng yang enak di Bogor.

1. Toge Goreng Haji Omah
Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No. 23 A, Pabaton, Bogor Tengah, Sempur
Berdiri sejak tahun 1970. Saking terkenalnya, toge goreng di tempat ini pernah dipesan oleh Presiden Jokowi untuk makanan saat rapat kabinet.

2. Toge Goreng Mang Gebro
Lokasi: Pasar Anyar Blok B.2, Jalan Dewi Sartika No.35, Tabason, Cibogor.
Berdiri sejak 1967.

3. Toge Goreng Mak Evon
Lokasi: Jalan Suryakencana, Gang Besi (belakang Bank CIMB Niaga)

4. Toge Goreng Cibatok
Lokasi: Kawasan Ah Poong, Sentul City

5. Toge Goreng Pak Iwon
Lokasi: Jalan Padjajaran, Baranangsiang

4. Asinan Bogor

Resep Asinan Buah dan Sayur Khas Bogor
Gambar: Instagram @faraleyama

Asinan Bogor terbuat dari campuran berbagai buah dan sayuran dengan kuah yang telah dicampur dengan sambal dan cuka. Rasanya yang segar dan pedas akan membuatmu ketagihan dan tidak bisa berhenti mengunyah.

5. Talas Bogor

Oleh-Oleh Khas Bogor Dari Talas Asli
Aneka jenis olahan talas menjadi makanan.

Umbi-umbian ini sangat legendaris dan telah menjadi makanan ciri khas Bogor sejak dahulu kala. Untuk menikmatinya cukup kukus umbi mentah dan sajikan dengan taburan kelapa parut.

Baca Juga: Rekomendasi Lokasi Wisata di Bogor yang Paling Terkenal

Saking melekatnya talas dengan Bogor, banyak sekali olahan-olahan lain yang menggunakan talas sebagai bahan dasar dan menjadikannya nilai jual lebih. Beberapa contoh oleh-oleh khas Bogor yang menggunakan talas antara lain Bolu Lapis Sangkuriang, Strudel Bogor, Bika Bogor Talubi, Stik Talas Bogor 'Istana', dan mr.BrownCo. Hampir sebagian besar makanan oleh-oleh asal Bogor menggunakan talas sebagai embel-embelnya.

6. Laksa

Resep Laksa Bogor Campur Oncom yang Mudah
Gambar: Facebook @Laksa Bogor Kang Dadi

Yang membedakan laksa Bogor dengan lainnya adalah adanya campuran oncom. Isiannya sendiri antara lain ada bihun, ketupat atau lontong, toge, tahu kuning, telur rebus, dan taburan daun kemangi.

7. Ubi Bakar Cilembu

Ubi Bakar Cilembu Bogor
Gambar: Facebook @pusatubicilembu

Makanan tradsional ini cukup terkenal bagi kalangan wisatawan karena telah ada sejak dulu. Ciri khas umbi Cilembu adalah rasanya yang sangat manis dan legit. Saat dibakar, ubi akan mengeluarkan cairan kental seperti madu. Banyak sekali pedagang yang menjajakannya di sepanjang jalan kawasan Puncak.

8. Roti Unyil

Lokasi Roti Unyil di Bogor
Gambar: tokopedia.com

Kuliner khas bogor yang terkenal lainnya adalah Roti Unyil. Roti ini memiliki ciri khas yaitu bentuknya yang kecil seperti boneka Unyil. Biasanya roti ini akan habis hanya dalam sekali lahap saja. Karena ringkas, Roti Unyil cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh makanan khas Bogor yang tahan lama. Rasanya bermacam-macam dengan beraneka isian, toping, dan model.

9. Cungkring

Cungkring Asli Khas Daerah Bogor
Gambar: eatologi.com

Dalam bahasa Sunda, cungkring berarti kurus. Namun tidak demikian dengan makanan ini. Terbuat dari kaki sapi yang secara khusus dibagi menjadi 4 bagian: kikil, dampal, kulit, dan urat. Dimasak menggunakan bumbu kuning dan diberi siraman saus kacang seperti bumbu sate.

Baca Juga: Daftar Kuliner Khas Yogyakarta yang Wajib Dicoba

10. Asinan Jagung Bakar

Lokasi Asinan Jagung Bakar Terkenal di Bogor
Gambar: traveloka.com

Seperti namanya, makanan ini hanya terdiri dari jagung saja. Jagung manis akan dibakar dan diparut, kemudian disirami kuah asinan yang terbuat dari campuran cuka dan cabai. Meski sederhana, asinan jagung terlihat sangat menggoda karena rasanya yang segar sekaligus pedas. Cocok dinimkati saat hujan atau sebagai makanan khas Bogor malam hari saat cuaca dingin.

11. Bapatong (Bakso Kupat Gentong)

Lokasi Bapatong Taman Kencana
Gambar: bogor.net

Namanya unik ya? Bapatong adalah singkatan dari bakso kupat gentong. Selain berisi bakso, ada ketupat yang akan dipotong kotak dadu lalu ditambahkan iga sapi. Kaldu sapi diambil dari dalam gentong tempat menyimpan kuah setelah memasak. Rekomendasi tempat membeli bapatong adalah Taman Kencana Bogor.

12. Lumpia Basah

Lumpia Basah Bogor
Gambar: tripadvisor.com/LocationPhotoDirectLink-g297706-d7309356-i190529826-Suryakencana_Street_Food-Bogor_West_Java_Java.html

Makanan khas Bogor yang wajib dicoba berikutnya adalah Lumpia. Berisi beberapa bahan antara lain irisan bengkuang, toge, tahu, ebi, dan telur. Semua isian tersebut telah dimasak sampai matang terlebih dulu. Kemudian isian disajikan di atas adonan kulit lumpia yang tidak digoreng, itulah kenapa dinamakan lumpia basah.

Baca Juga: Kuliner Khas Daerah Bandung Paling Hits dan Enak

Proses membungkusnya pun tidak digulung, melainkan dilipat saja sampai menjadi seperti bantal. Makannya pakai sumpit dan pembeli bisa merobeknya sampai semua isian menyeruak keluar.

13. Doclang

Resep Doclang Khas Bogor Sederhana
Gambar: @saepullohnamina

Doclang kurang lebih sama seperti kupat tahu. Berisi ketupat atau lontong, tahu, telur rebus, kentang rebus, dan terkadang diberi tambahan toge atau sayuran lain sebagai pelengkap. Terakhir disiram dengan saus kacang dan sedikit kecap manis.

14. Kacang Bogor Istana

Harga Kacang Bogor Istana
Kacang Bogor Istana Mentah dan Goreng

Cemilan sederhana yang menjadi makanan khas daerah Bogor ini berbeda dengan kacang tanah pada umumnya karena berbentuk bulat dan berwarna ungu di dalamnya. Dapat dengan mudah ditemui sekitar bulan Februari sampai April saat musim panen datang dan banyak dijajakan oleh penjual keliling.

Karena keterbatasan waktu itulah maka dibuat versi lainnya, yaitu kacang Bogor goreng agar lebih awet dan bisa dinikmati sepanjang tahun. Bisa juga dijadikan oleh-oleh untuk sahabat dan keluarga di rumah karena versi goreng ini banyak dijual di toko.

15. Bir Kotjok

Bir Kotjok Bogor
Gambar: Twitter @kurniaameliaa

Minuman khas Bogor ini memang bernama bir, namun ternyata bukan alkohol dan tidak memabukkan sama sekali. Sekilas mirip Bir Pletok dari Betawi karena sama-sama terbuat dari berbagai rempah alami seperti jahe merah, kayu manis, cengkeh, gula aren, dan gula putih. Tentunya bir kotjok ini sangat baik untuk kesehatan dan membuat badan lebih bugar.

Baca Juga: Kuliner Khas Asli Betawi yang Terkenal Lezat dan Legendaris

16. Sop Duren Lodaya

Lokasi Sop Duren Lodaya di Bogor
Gambar: google.com

Berlokasi di Jalan Bangbarung Raya Nomor 69, Bogor Utara, Sop Duren Lodaya merupakan nama sebuah rumah makan. Di tempat ini terdapat banyak olahan yang berbahan dasar duren.

17. Es Pala

Es Pala Daerah Bogor
Gambar: Instagram @bukit_tajhal

Sudah eksis sejak jaman Belanda masih di Indonesia. Terbuat dari pala yang direbus bersama gula pasir dan sedikit garam. Akan diberikan es batu saat disajikan. Rasanya manis, beraroma harum, dan pastinya sangat segar.

Itulah info lengkap mengenai makanan dan minuman khas Bogor yang paling terkenal. Apakah kamu sudah mencoba salah satunya? Jika belum, pastikan untuk mencicipinya ya ketika berkunjung ke kota itu. Terima kasih telah membaca artikel mengenai kuliner khas daerah Bogor yang paling enak dan banyak dicari wisatawan ini. Semoga bermanfaat untuk kamu semua.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email