15 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Cepat dan Alami

Cara Mengempeskan Pori-Pori Besar Bekas Jerawat di Pipi dan Wajah

Pada dasarnya, keberadaan pori-pori dibutuhkan sebagai media untuk mengeluarkan keringat dan minyak. Namun lain halnya jika kondisi pori-pori terlalu terbuka. Selain menganggu penampilan, kondisi ini dapat memicu masalah kulit lain. Bakteri dan kotoran bisa masuk dengan mudah jika lubang pori-pori membesar.

Kondisi itu dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Saat tersumbat itulah komedo dan jerawat tumbuh di permukaan kulit. Apalagi jika Anda memiliki banyak kegiatan di luar rumah, tentu akah akan lebih sering terkena debu dan kotoran. Hal ini memicu pori-pori menjadi lebih besar lagi dan jerawat semakin banyak.

Mengempeskan Pori-Pori Wajah yang Besar Secara Permanen

Kondisi ini pun membuat kulit terlihat lebih kusam. Terutama bagi kaum wanita, biasanya akan menurunkan rasa percaya diri. Anda tidak bisa menutupinya dengan make-up terus-menerus. Harus dilakukan tindakan secepat mungkin untung mengecilkan pori-pori agar bisa tampil lebih percaya diri dan terhindar dari masala kulit yang tidak diinginkan.

Anda bisa mencari cara mengecilkan pori-pori yang tampak besar melalui artikel berikut. Diutamakan menggunakan bahan alami yang bebas bahan kimia agar aman untuk kulit wajah. Anda bisa melakukan perawatannya di rumah tanpa harus pergi ke salon.

1. Pilih Pencuci Wajah Sesuai Tipe Kulit

Mencuci wajah menggunakan produk kecantikan berbahan sabun sudah menjadi kegiatan yang lumrah. Namun pilihlan produk untuk mengecilkan pori-pori wajah yang tepat sesuai dengan kondisi masing-masing. Kulit normal dan kering dianjurkan untuk memilih pembersih wajah berbentuk krim. Sementara kulit berminyak disarankan memilih yang berbentuk gel.

2. Bersihkan Wajah Dengan Benar

Jika selama ini Anda hanya asal-asalan saat mencuci wajah, maka mulai sekarang ubah kebiasaan itu. Akan lebih baik jika menggunakan air hangat ketimbang air dingin. Lalu usapkan sabun pencuci ke area wajah dan leher dengan gerakan melingkar searah jarum jam. Lakukan sambil pijat perlahan selama 30-60 detik lalu bilas sampai bersih. Keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk lembut, bukan digosok. Kegiatan membersihkan wajah ini harus dilakukan dua kali sehari, yaitu pagi saat mandi dan malam sebelum tidur.

3. Es Batu

Pastikan es batu terbuat dari air matang agar tidak ada bakteri. Bungkus es batu menggunakan plastik higienis atau kain tipis lalu oleskan pada wajah selama 10-15 menit. Lakukan berjeda, jangan terus-menerus ditempelkan tanpa henti. Hindari mengoleskan langsung pada kulit tanpa perantara apapun karena beresiko merusak pembuluh kapiler di bawah kulit. Itulah cara mengecilkan pori-pori wajah dengan es batu.

4. Air Tajin (Rendaman Beras)

Jangan buang air hasil mencuci beras karena masih bisa dimanfaatkan. Air tajin dapat mengecilkan pori-pori wajah karena mengandung asam ferullic serta allantoin. Diamkan air tajin sampai mengendap dengan sendirinya dan gunakan sebagai masker. Diamkan sampai mengering kurang lebih 10-15 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

5. Teh Hijau

Teh hijau dapat membantu memperlancar regenerasi kulit sehingga dapat mengangkat sel kulit mati yang terperangkap dalam pori-pori. Teh hijau pun mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Jika ingin dijadikan masker, gunakanlah bubuk teh hijau. Siapkan 1 sendok makan bubuk teh hijau dan campur dengan air, aduk sampai membentuk pasta. Oleskan menggunakan kuas ke wajah dan diamkan 10-15 menit.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata Hitam Secara Permanen dan Cepat

Jika ingin berbentuk cairan biasa, cukup gunakan daun teh hijau yang utuh. Rendam daun menggunakan air panas selama 15 menit. Celupkan kapas ke dalam air dan oleskan pada wajah secara merata. Bisa juga cukup ditempelkan saja kapasnya. Diamkan selama 10-15 menit untuk kemudian dibilas sampai bersih.

6. Madu

Madu mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Selain itu berperan sebagai pelembab alami yang dapat menyegarkan dan mencerahkan kulit. Cara menggunaannya sangat sederhana. Cukup sediakan 1 sendok makan madu murni dan oleskan merata pada wajah. Diamkan selama 20-30 menit sampai kering lalu bilas wajah menggunakan air hangat.

7. Lidah Buaya

Bahan satu ini sangat terkenal dalam dunia kecantikan. Biasanya digunakan sebagai perawatan rambut. Namun ternyata bisa juga digunakan sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat. Ambil gel lidah buaya yang berwarna putih, yang berada di tengah. Gunakan bantuan sendok agar mudah. Oleskan gel ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit.

8. Lemon dan Jeruk

Lemon dan jeruk mengandung banyak sekali vitamin C yang sangat bagus untuk perawatan kulit. Anda cukup menggunakan salah satunya, bisa Lemon atau Jeruk. Buah ini mengandung asam alpha hidroksi dan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Peras buah sampai keluar airnya. Gunakan kapas untuk mengoleskan air tersebut pada wajah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat Secara Permanen dan Alami

Atau bisa juga dengan mengiris tipis buah dan tempelkan potongannya langsung ke wajah. Diamkan selama 10-15 menit sampai kering dan bilas wajah hingga bersih.

9. Kulit Lemon dan Jeruk

Apakah Anda tahu bahwa kulit Lemon dan Jeruk mengandung lebih banyak vitamin C dibanding buahnya? Artinya kulit Lemon dan Jeruk sangat bagus dijadikan bahan alami untuk mengecilkan pori-pori di pipi. Jemurlah kulit sampai benar-benar kering lalu tumbuk sampai halus. Campurkan bubuknya dengan air hingga berbentuk pasta. Oleskan ke wajah dengan merata menggunakan kuas masker. Diamkan selama 20-30 menit hingga kering lalu cuci muka pakai air hangat. Lakukan seminggu sekali untuk hasil maksimal.

10. Mentimum

Iris tipis mentimun dan tempelkan ke seluruh area wajah dan leher. Diamkan selama 30 menit dan lakukan sambil tiduran agar tidak ada irisan mentimun yang jatuh.

Cara alternatif jika tidak mau menggunakan irisan adalah dengan menggunakan ekstrak airnya. Parut mentimun dan saring, cukup ambil airnya saja. Ambil kapas dan oleskan air mentimun secara merata ke seluruh wajah plus leher. Diamkan selama 20-30 menit lalu cuci muka dengan air hangat sampai bersih.

11. Bengkuang

Anda pasti sering melihat produk kecantikan yang mengandung Bengkuang di dalamnya. Hal ini wajar mengingat buah ini mengandung banyak vitamin B dan C yang mampu mencerahkan sehingga kulit terlihat lebih putih. Selain itu Bengkoang mampu mengangkat sel kulit mati dan dapat digunakan dalam cara mengecilkan pori pori wajah.

Parut Bengkuang dan saring sampai keluar airnya. Gunakan kapas untuk mengoleskan air itu ke wajah. Diamkan selama 10-15 menit dan bilas bersih. Lakukan rutin agar terhindar dari wajah kusam dan pori-pori besar.

12. Putih Telur

Putih telur mengandung banyak protein dan sumber mikronutrien yang dapat mengencangkan kulit kendur sekaligus membuatnya kenyal. Pecahkan 1 butih telur dan ambil bagian putihnya saja. Oleskan ke wajah menggunakan kuas khusus masker. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menambahkan 1 sendok makan air perasan lemon atau jeruk nipis. Diamkan sampai benar-benar kering lalu cuci muka dengan air hangat. Anda akan merasakan sensasi kulit yang lebih kencang dari sebelumnya.

13. Cuka Apel

Cuka apel mengandung zat asam yang sifatnya membantu mempercepat regenerasi sel kulit. Bisa berfungsi sebagai toner alami untuk wajah. Celupkan kapas ke dalam air cuka apel dan oleskan merata pada wajah. DIamkan selama 10-15 menit untuk kemudian dibilas sampai bersih.

14. Tomat

Anda mungkin sering menggunakan produk sunscreen alias tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang berasal dari matahari. Ternyata tomat bisa lho dijadikan tabir surya alami untuk mengurangi kerusakan akibat sinar UV. Selain itu, Tomat mengandung senyawa lycopine yang bisa menutup pori-pori di pipi dan area wajah sekitarnya.

Tumbuk satu buah Tomat sampai halus. Oleskan ke wajah menggunakan kuas khusus yang biasa digunakan untuk masker. Diamkan selama 30 menit dan cuci muka dengan air bersih.

15. Kopi dan Gula

Salah satu efek dari pori-pori besar adalah kulit yang terlihat lebih kusam karena banyak sel kulit mati yang tertinggal di dalam pori. Karena itu, perlu dilakukan scrub yang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat untuk membuat kulit tampak cerah kembali. Campurkan 1 sendok teh kopi hitam, 1 sendok teh gula, dan sedikit air. Aduk sampai membentuk pasta. Gosokkan pada wajah secara perlahan selama 1-2 menit. Tidak usah didiamkan karena ini bertujuan untuk scrub, bukan masker.

Itulah beberapa cara mengecilkan pori-pori di wajah bekas jerawat secara permanen menggunakan bahan alami. Lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan gunakan produk skincare yang tidak terdaftar di BPOM agar terhindar dari kerusakan kulit yang serius. Lebih baik gunakan bahan alami seperti yang disebutkan di atas. Selain murah, mudah didapatkan, tentu lebih aman di kulit. Semoga pori-pori muka dan pipi Anda kempes permanen dan tidak kembali membesar.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email