Kumpulan Quotes Buya Hamka Terbaik Lengkap

Dialah Hamka, tokoh sastrawan dan ulama Indonesia yang lebih terkenal dengan sebutan Buya Hamka. Memiliki nama lengkap Prof. DR. H. Abdul Malik Karim Amrullah gelar Datuk Indomo Lahir di Nagari Sungai Batang, Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Kumpulan Kata-kata Bijak Buya Hamka Untuk Caption
Kumpulan Kata-kata Bijak Buya Hamka Untuk Caption

Jauh sebelum kiprahnya di politik, Buya Hamka adalah seorang wartawan, penulis dan pengajar. Dia menjabat sebagai ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pertama dan aktif di organisasi Muhammadiyah hingga akhir hayat. Ia meninggal tahun 1981 pada usia 78 tahun.

Buya Hamka menginggalkan banyak karya dalam berbagai bidang ilmu. Hamka tercatat sebagai penulis Islam paling produktif dalam sejarah modern Indonesia. Karya-karyanya mengalami cetak ulang berkali-kali dan banyak dikaji oleh peneliti Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Konon Hamka telah melahirkan 84 judul buku. Minatnya akan bahasa banyak tertuang dalam karya-karyanya. Karya-karya yang berhasil melambungkan nama Hamka sebagai sastrawan antara lain Di Bawah Lindungan Ka'bah, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, dan Merantau ke Deli.

Dari karya-karya sastra Hamka tersebut banyak sekali kutipan-kutipan yang menjadi daya tarik dan populer di kalangan masyarakat. Diantaranya kutipan-kutipan bijak tentang kehidupan dan agama yang berisi nasihat-nasihat baik. Selain kutipan dari buku-bukunya juga dari khutbah dan ceramahnya. Hamka dikenal sebagai ulama yang humanis, rendah hati dan santun.

Berikut alfabetis.com berikan kumpulan quote Buya Hamka paling dari yang populer maupun tidak untuk bahan referensi kawan-kawan. Kata-kata mutiara Buya Hamka ini selain untuk menginspirasi diri sendiri bisa juga diberikan kepada orang lain baik kerabat maupun sahabat, karena berisi nasihat yang baik dan bijak.

Kumpulan Kutipan Buya Hamka Penuh Nasihat Kebaikan

Kalau hidup hanya sekedar hidup, kera di rimba juga hidup. Kalau kerja hanya sekedar kerja, kerbau di sawah juga kerja.
Manusia itu asalnya dari tanah, makan hasil tanah, berdiri di atas tanah, dan akan kembali ke tanah. Lalu kenapa masih bersifat langit?
Air mata berasa asin itu karenanya air mata adalah garam kehidupan.
Saat kau dilahirkan engkau menangis tetapi orang lain ketawa, tetapi berjuanglah sampai di saat kau mati, orang lain menangisi kepergianmu tetapi engkau tertawa dalam senyuman.
Cinta itu adalah perasaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setitis embun yang turun dari langit, bersih dan suci. Jika ia jatuh pada tanah yang subur, di sana akan tumbuh kesucian hati, keikhlasan, setia, budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai terpuji.
Jangan Takut Gagal ! Karena yang tak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tak pernah melangkah.
Iman tanpa ilmu bagaikan lentera ditangan bayi. Namun ilmu tanpa iman bagaikan lentera di tangan pencuri.
Cinta itu perang, yakni perang yang hebat dalam rohani manusia. Jika ia menang, akan didapati orang yang tulus ikhlas, luas pikiran, sabar dan tenang hati. Jika ia kalah, akan didapati orang yang putus asa, sesat, lemah hati, kecil perasaan dan bahkan kadang-kadang hilang kepercayaan pada diri sendiri.
Salah satu pengerdilan terkejam dalam hidup adalah membiarkan pikiran yang cemerlang menjadi budak bagi tubuh yang malas, yang mendahulukan istirahat sebelum lelah.
Kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu seseorang. Bukan terletak pada wajah dan pakaiannya.

Baca Juga: Kumpulan Kutipan Sujiwo Tejo Terbaik dan Terpopuler

Jika hati senantiasa berniat baik, Allah akan pertemukan kita dengan hal yang biak, orang orang baik, atau setidaknya peluang dan kesempatan untuk bisa berbuat baik, maka isi hati kita dengan prasangka baik, harapan baik, keinginan baik, dan tekan untuk menjadi lebih baik.
Hidup itu laksana lautan jika tidak berhati-hati maka kamu akan tergulung ombak.
Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat.
Yang melemahkan semangat ada dua; pertama prasangka, kedua hati busuk.
Kata-kata yang lemah dan beradab dapat melembutkan hati dan manusia yang keras.
Peluang yang besar, itu datang secara tiba-tiba, datang tidak menentu masa, datang disaat kita kesusahan, nilailah dengan bijaksana, rebutlah peluang yang besar itu.
Orang berakal hidup untuk masyarakatnya, bukan buat dirinya sendiri.
Kehidupan itu laksana lautan. Orang yang tiada berhati-hati dalam mengayuh perahu, memegang kemudi dan menjaga layar, maka karamlah ia digulung oleh ombak dan gelombang. Hilang di tengah samudera yang luas. Tiada akan tercapai olehnya tanah tepi.
Hujung akal itu fikir, pangkal agama itu zikir.
Kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu.
Kemunduran negara tidak akan terjadi kalau tidak kemunduran budi dan kekusutan jiwa.
Jangan takut jatuh, kerana yang tidak pernah memanjatlah yang tidak pernah jatuh. Yang takut gagal, kerana yang tidak pernah gagal hanyalah orang-orang yang tidak pernah melangkah. Jangan takut salah, kerana dengan kesalahan yang pertama kita dapat menambah pengetahuan untuk mencari jalan yang benar pada langkah yang kedua.
Tidak ada harga atas waktu, tapi waktu sangat berharga. Memiliki waktu tidak menjadikan kita kaya, tetapi menggunakannya dengan baik adalah sumber dari semua kekayaan.
Saya akan pikul rahsia itu jika engkau percayakan kepada saya dan saya akan masukkan ke dalam perbendaharaan hati saya dan kemudian saya kunci pintunya erat-erat. Kunci itu akan saya lemparkan jauh-jauh sehingga seorang pun tak dapat mengambilnya kedalam lagi.
Sebesar-besar atau seberat-berat urusan, jangan dihadapi dengan muka berkerut. Kerut muka itu dengan sendirinya menambahkan lagi kerut pekerjaan itu.
Agama tidak melarang sesuatu perbuatan kalau perbuatan itu tidak merusak jiwa. Agama tidak menyuruh, kalau suruhan tidak membawa selamat dan bahagia jiwa.
Kata-kata yang lemah dan beradab dapat melembutkan hati dan manusia yang keras.
Lebih banyak orang menghadapi kematian di atas tempat tidur daripada orang yang mati di atas pesawat. Tetapi kenapa lebih banyak orang yang takut mati ketika menaiki pesawat daripada orang yang takut menaiki tempat tidur.
Aku hanya orang kecil apa dayaku kekayaanku hanya satu, dik hati. hati yang luas tak bertepi, cinta yang dalam tak terajuk.

Baca Juga: Kumpulan Quotes Soekarno Tentang Semangat Berbangsa

Pemuda haruslah mempunyai cita-cita tinggi supaya hidupnya berarti. Apabila cita-cita tercapai, terutama di hari tuanya, dia akan menekur melihat anak tangga yang dilaluinya dahulu dengan tersenyum.
Jelas sekali bahwasanya rumah tangga yang aman damai ialah gabungan di antara tegapnya laki-laki dan halusnya perempuan.
Oleh sebab itu maka bertambah tinggi perjalanan akal, bertambah banyak alat pengetahuan yang dipakai, pada akhirnya bertambah tinggi pulalah martabat iman dan Islam seseorang.
Bahwasanya air mata tiadalah ia memilih tempat untuk jatuh, tidak pula memilih waktu untuk turun.
Tiga rukun yang benar dan perlu dalam mencapai keutamaan; yaitu dengan tabiat, dengan pengalaman, dan dengan pelajaran.
Panggilan 'ayah' dari anak-anak, ketika si buruh pulang dari pekerjaannya, adalah ubat duka dari dampratan majikan di kantor. Suara 'ayah' dari anak-anak yang berdiri di pintu, itulah yang menyebabkan telinga menjadi tebal, walaupun gaji kecil. Suara 'ayah' dari anak-anak, itulah urat tunggang dan pucuk bulat bagi peripenghidupan manusia.
Selama dua tahun empat bulan saya ditahan, saya merasa itu semua merupakan anugerah yang tiada terhingga dari Allah kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan kitab tafsir Alquran 30 juz.
Bahwasanya cinta yang bersih dan suci (murni) itu, tidaklah tumbuh dengan sendirinya.
Tidak ada karib atau kerabat yang lebih setia daripada seorang teman yang menyokong dan membantu membesarkan hati memberanikan kita di dalam menempuh suatu perbuatan baik.
Positif, bukan negatif. Aktif, bukan pasif.
Tuhan menilai apa yang kita beri dengan melihat apa yang kita simpan.
Ikhlas dan sejati akan bertemu di dalam senyuman anak kecil, senyum yang sebenarnya senyum, senyum yang tidak disertai apa-apa.
Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian anda dapat.
Kemunduran negara tidak akan terjadi kalau tidak kemunduran budi dan kekusutan jiwa.
Anak lelaki tak boleh dihiraukan panjang, hidupnya ialah buat berjuang, kalau perahunya telah dikayuhnya ke tengah, dia tak boleh surut palang, meskipun bagaimana besar gelombang. Biarkan kemudi patah, biarkan layar robek, itu lebih mulia daripada membalik haluan pulang.
Jika ingin melihat orang islam maka lihatlah ketika hari raya idul fitri, itulah orang islam. Tetapi jika mau melihat orang beriman maka datanglah ke masjid ketika shalat subuh.
Kerana apabila saya bertemu dengan engkau, maka matamu yg sebagai bintang timur itu sentiasa menghilangkan susun kataku.
Jika kita dapat menyelamatkan diri kita sendiri, para Nabi tidak perlu ada untuk keselamatan kita.
Biarkan kemudi patah, biarkan layar robek, itu lebih mulia daripada membalik haluan pulang.
Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan.
Satu hati lebih mahal dari pada senyuman. Satu jiwa lebih berharga dari pada sebentuk cincin.
Semakin banyak ilmu, semakin lapang hidup. Semakin kurang ilmu, semakin sempit hidup.
Kadang-kadang cinta bersifat tamak dan loba, kadang-kadang was-was dan kadang-kadang putus asa.
Adil ialah menimbang yang sama berat, menyalahkan yang salah dan membenarkan yang benar, mengembalikan hak yang empunya dan jangan berlaku zalim di atasnya. Berani menegakkan keadilan, walaupun mengenai diri sendiri, adalah puncak segala keberanian.
Biarpun seribu kapal tenggelam di lautan. Namun, cita-cita manusia tidak pernah padam.
Oleh sebab itu maka bertambah tinggi perjalanan akal, bertambah banyak alat pengetahuan yang dipakai, pada akhirnya bertambah tinggi pulalah martabat Iman dan Islam seseorang.
Di belakang kita berdiri satu tugu yang bernama nasib, di sana telah tertulis rol yang akan kita jalani.
Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena di dalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.
Salah sekali persangkaanmu, Sahabat! Bahwasanya air mata tiadalah ia memilih tempat untuk jatuh, tidak pula memilih waktu untuk turun. Air mata adalah kepunyaan berserikat, dipunyai oleh orang melarat yang tinggal di dangau-dangau yang buruk, oleh tukang sabit rumput yang masuk ke padang yang luas dan ke tebing yang curam, dan juga oleh penghuni gedung-gedung yang permai dan istana-istana yang indah. Bahkan di situ lebih banyak orang menelan ratap dan memulas tangis. Luka jiwa yang mereka idapkan, dilingkung oleh tembok dinding yang tebal dan tinggi, sehingga yang kelihatan oleh orang luar atau mereka ketahui hanya senyumnya saja, padahal senyum itu penuh dengan kepahitan.
Membaca buku-buku yang baik berarti memberi makanan rohani yang baik.
Jika ghirah telah hilang dari hati, gantinya hanya satu, yaitu kain kafan tiga lapis. Sebab kehilangan ghirah sama dengan mati.
Tetapi Tuan... kemustahilan itulah yang kerap kali memupuk cinta.
Jangan pernah merobohkan pagar tanpa mengetahui mengapa didirikan. Jangan pernah mengabaikan tuntunan kebaikan tanpa mengetahui keburukan yang kemudian anda dapat.

Baca Juga: Kumpulan Quotes Semangat Merry Riana Tentang Kesuksesan

Bukan dilarang membuat cita-cita yang baru, tetapi berfikirlah dengan wajar. Yang akan datang itu disyukuri, yang telah ada itu lebih disyukuri lagi.
Di belakang kita berdiri satu tugu yang bernama nasib, di sana telah tertulis rol yang akan kita jalani. Meskipun bagaimana kita mengelak dari ketentuan yang tersebut dalam nasib itu, tiadalah dapat, tetapi harus patuh kepada perintahnya.
Kenal akan keindahan dan sanggup menyatakan keindahan itu kepada orang lain adalah bahagia.
Jaranglah orang berjasa yang mendapat pangkat dunia. Sebab pangkat dunia itu didapat dengan saling berebutan dan saling berkejaran, saling menekan, dan saling memfitnah.
Kita memang hanya akan dipertemukan dengan apa-apa yang kita cari.
Semangat yang lemah buanglah jauh jiwa yang kecil segera besarkan yakin percaya iman pun teguh zaman hadapan penuh harapan.
Apakah keuntungan dan bahagianya cinta yang tiada berpengharapan? Bukankah cinta itu sudah satu keuntungan dan pengharapan?
Hanya menumpahkan air mata itulah kepandaian yang paling penghabisan bagi seorang wanita.
Jangan tangisi yang telah hilang, tapi syukuri yang masih ada.
Takut akan kena cinta, itulah dua sifat dari cinta, cinta itulah yang telah merupakan dirinya menjadi suatu ketakutan, cinta itu kerap kali berupa putus harapan, takut cemburu, hiba hati dan kadang-kadang berani.
Bertobat tidak hanya berarti menyesali dosa tetapi juga membenci dosa.
Jika engkau fakir miskin, senangkan pulalah hatimu, karena engkau telah terlepas dari suatu penyakit jiwa, penyakit kesombongan yang selalu menimpa orang kaya. Senangkanlah hatimu karena tiada orang yang akan hasad dan dengki kepada engkau lagi, lantaran kemiskinanmu. Kefakiran dan kemiskinan adalah nikmat, yang tidak ada jalan bagi orang lain buat kecil hati, dan tidak ada pintu bagi kebencian.
Saya merasa ingat kepadanya adalah kemestian hidup saya, rindu kepadanya membukakan pintu angan-angan saya menghadapi zaman yang akan datang.
Satu-satunya alasan kita untuk hadir di dunia ini adalah untuk menjadi saksi atas keesaan Allah.
Kita tidak pernah dapat berkorban begitu besar kepada mereka yang bersedia mengorbankan segalanya bagi kita.
Supaya engkau mendapat sahabat, hendaklah diri engkau sendiri sanggup menyempurnakan menjadi sahabat orang.
Hidup terbina antara pahit dan manis. Jikalau selalu saja pahit, hati akan menjadi rawan; dan kalau senantiasa saja manis, hati akan menjadi bosan.
Tuan boleh kata muslim itu fanatik, tapi tuan juga harus denga kata hati tuan bahwa itu adalah modal besar bagi kemerdekaan Indonesia. Untuk tuan tahu, itu bukanlah fanatik, itu adalah gairah.
Hapuskanlah perasaan itu dari hatimu, jangan ditimbul-timbulkan juga. Engkau tentu memikirkan juga, bahwa emas tak setara dengan loyang, sutra tak sebangsa dengan benang.
Emas tak setara dengan loyang. Sutra tak sebangsa dengan benang.
Jika kau goreskan luka di hati ibumu, surga sudah bukan menjadi milikmu.
Tali yang paling kuat untuk tempat bergantung adalah tali pertolongan Allah.
Orang beradab pasti pandai menghormati keyakinan orang lain, walaupun dia sendiri tidak sesuai dengan keyakinan itu.

Baca Juga: umpulan Quotes BJ Habibie Terbaik dan Terpopuler

Al-Quran yang dibaca baik-baik adalah tanda jiwa yang kenyang akan makanan bergizi.
Kalau tuhan tidak menjadikan perhambaan dan perbudakan,tentu tidak akan timbul keinginan hendak mengejar kemerdekaan. Memang kalau tiada kesakitan, orang tidak mempunyai keinginan untuk mengejar kesenangan.Oleh itu tidak keterlaluan jika dikatakan bahawa sakit dan pedih adalah tangga menuju kejayaan.
Kalau yang bernama kemajuan itu meruntuhkan rumah tangga, meramaikan kedai kopi, memenuhi gedung-gedung bioskop, merusak akal budi, maka jadi setanlah kemajuan itu.
Tahan menderita kepahitan hidup sehingga penderitaan menjadi kekayaan adalah bahagia.
Yang amat ajaib ialah peperangan di antara otak dan hati. Beberapa saat dia dapat dilupakan dan hati mengikut dengan patuh apa kehendak otak. Tapi bila kelihatan rumah tangganya, atau kelihatan rupanya sendiri, dan kadang-kadang bila namanya disebut orang, hati lupa akan perintah otak, ia kembali berdebar ia surut kepada kenang-kenangannya yang lama. Ini yang kerap kali mengalahkan anakanda.
Cinta itu perang, yaitu perang yang hebat di dalam rohani manusia. Bila jiwa yang suci beroleh kemenangan, kelak akan didapati seorang yang tulus, ikhlas luas faham, sabar dan terang hati. Jika ia kalah, akan didapati seorang putus asa sesat, lemah hati, kecil perasaan, bahkan kadang-kadang hilang kepercayaan kepada diri sendiri.
Orang yang berakal pergi ke medan perang membawa senjata. Berbantah dan bertukar pikiran dengan cukup alasan. Berlawan dengan kekuatan. Karena dengan akallah tercapai hidup, dengan budi tenanglah hati, dengan pikiran tercapai maksud, dengan ilmu ditaklukkan dunia.
Hanya orang takut yang bisa jadi berani, karena keberanian adalah melakukan sesuatu yang ditakuti. Maka bila merasa takut, anda akan punya kesempatan untuk bersikap berani.
Undang-undang adab dan budi pekerti membentuk kemerdekaan bekerja. Undang-undang akal membentuk kemerdekaan berfikir. Dengan jalan menambah kecerdasan akal, bertambah murnilah kemerdekaan berfikir.
Tegakkan cita-cita lebih dahulu sebelum berusaha.
Perempuan itu adalah makhluk yang kalau disakiti dia ingat betul siapa yang menyakitinya dan itu tersimpan dalam di dalam hatinya. Tapi dia lupa, dia juga sering menyakiti orang lain.
Riwayat lama tutuplah sudah sekarang buka lembaran baru. Baik hentikan termenung gundah, apalah guna lama terharu.
Perempuan adalah lautan, bila kita tidak kuat merenangi, kita akan ditelannya.
Semangat yang lemah buanglah jauh, Jiwa yang kecil segera besarkan, Yakin percaya iman pun teguh, Masa hadapan penuh harapan.
Waktu bagi orang Islam adalah sesuatu yang harus dipertanggungjawabkan.
Dalam situasi apapun, jangan biarkan emosimu mengalahkan kecerdasanmu.

Demikianlah kumpulan kata-kata bijak dan motivasi dari Buya Hamka terbaik yang berhasil alfabetis.com rangkum. Semoga bisa menjadi bahan referensi dan menjadi inspirasi untuk kita menjalani kehidupan sehari-hari. Quotes diatas juga bisa dijadikan status untuk postingan media sosial.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email