5 Kebiasaan Sepele yang Membuat Hidupmu Susah Maju

Kebiasaan yang Membuat Hidup Sulit Sukses

Sering merasa kalau hidupmu gitu-gitu aja dan tidak berubah? Mungkin kamu sering melakukan kebiasaan kurang baik yang membuat kehidupanmu diam di tempat. Hal berikut mungkin terlihat sepele, namun ternyata dampaknya cukup besar. Yuk mari cek bersama-sama.

1. Menyalahkan Orang Lain

Sebagai manusia, melakukan kesalahan adalah hal yang sangat wajar. Namun menjadi tidak baik jika menyalahkan orang lain atas kesalahan yang telah diperbuat. Justru kita bisa belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut agar menjadi pribadi yang lebih baik, bertanggung jawab dan dewasa.

Yuk stop menyalahkan orang lain dan mulailah belajar dari kesalahan di masa lalu. Dan sebisa mungkin hindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.

2. Mengeluh

"Duh capek deh banyak kerjaan."
"Ih ribet harus ini itu!

Eits, STOP mengeluh! Iya, kita mengerti kalau kamu banyak pekerjaan. Namun jika terus sibuk mengeluh, bukannya cepat selesai malah semakin lama kan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Yuk kerjakan satu-persatu, nanti juga selesai kok. Kalau kamu lelah, istirahat saja dulu. Bukannya mengeluh.

Baca Juga: Quotes Bijak Penuh Motivasi untuk Kehidupan

3. Takut Mencoba

Semua orang ingin sukses. Tapi bagaimana bisa mencapainya kalau mencoba saja takut? Untuk mencapai kesuksesan, kita harus berani mencoba berbagai macam cara, bahkan mungkin tidak cukup sekali dua kali. Entah hasilnya sukses atau gagal, setidaknya sudah berusaha sebaik mungkin. Kegagalan bukanlah hal yang harus ditakutkan kok.

Baca Juga: Langkah Mudah Mewujudkan Resolusi Tahunan

4. Menunda Pekerjaan

Hal ini menjadi penyakit yang sulit dihilangkan. Kita merasa masih punya banyak waktu, jadi pekerjannya ditunda deh sampai rasa malasnya hilang. Padahal jika terus-menerus ditunda, pekerjaan malah makin menumpuk lho. Waktu yang dibutuhkan juga semakin mepet. Jika sudah mendekati deadline baru deh kalang kabut untuk menyelesaikannya.

Kebiasaan Buruk Sehari-hari

5. Menghabiskan Waktu di Media Sosial

Sekarang ini sepertinya media sosial menjadi kebutuhan primer, terutama di kalangan anak muda. Sehari saja tidak update status atau upload foto rasanya ada yang kurang. Jari ini terus saja scrolling layar handphone. Eh tahu-tahu sudah berjam-jam waktu yang kita habiskan hanya untuk media sosial.

Padahal waktu yang terbuang sia-sia tersebut bisa digunakan untuk hal lain yang jauh lebih bermanfaat. Kamu bisa melakukan hal produktif lain jika menguatkan tekad untuk mengurangi waktu bermain Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, dan lainnya.

Semua keputusan ada di tanganmu. Apakah mau hidup terasa jalan di tempat tanpa perubahan berarti? Yuk kurangi semua kebiasaan buruk di atas yang membuat hidup sulit maju.

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email