R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

7 Kegiatan Ngabuburit Bermanfaat Untuk Menunggu Buka Puasa

Cara Ngabuburit Yang Bermanfaat

Ngabuburit, istilah ini lekat sekali dengan bulan Ramadhan. Yaitu moment menunggu saat berbuka puasa. Agar puasa terasa lebih ringan dan cepat berbuka maka orang-orang akan melakukan ngabuburit untuk menghabiskan waktu.

Ngabuburit itu sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara, sesuai keinginan dan mood masing-masing. Ada yang ngabuburit dengan keluar rumah, ada juga yang menghabiskan waktu di rumah sendiri atau dengan keluarga.

Berikut ini contoh dan referensi kegiatan ngabuburit yang berfaedah yang bisa teman-teman lakukan saat menunggu bulan puasa.

1. Beribadah

Cara Ngabuburit Yang Bermanfaat

Salah satu yang sangat dianjurkan dan sangat berfaedah yaitu ngabuburit dengan memperbanyak ibadah.

Buat yang kurang suka keluar rumah, mungkin bisa melakukan cara ini untuk ngabuburit. Misalnya mengaji, istigfar, dll. Selain waktu akan terasa cepat, pahala pun di dapat. Double nikmat kan?

2. Menonton Film

Kegiatan Ngabuburit yang Berfaedah

Kegiatan ini juga sering dilakukan oleh sebagian orang, terutama film addict. Mereka akan lebih memilih ngabuburit dirumah dengan menonton film.

Biasanya dengan marathon film-film yang belum pernah / sudah ditonton. Baik offline menggunakan file yang sudah di downlaod maupun streaming.

Kegiatan ini memang cukup asik dan menghibur, sehingga waktu berbuka pun tidak akan terasa lama

3. Membaca Buku

Aktifitas Menunggu Buka Puasa yang Menghasilkan Manfaat

Kalau tadi untuk si penikmat film, sekarang untuk si kutu buku nih. Untuk yang gemar membaca siapin aja deh buku-buku baru untuk mengisi waktu ngabuburit kamu. Membaca buku juga bisa dijadikan kegiatan ngabuburit menghabiskan waktu sambil menunggu buka puasa.

Baca Juga: Kata-Kata Ucapan Selamat Berbuka Puasa

Mungkin ini juga bisa dicoba untuk kamu yang kurang gemar membaca. Siapkan buku-buku seru untuk menemani ngabuburit kamu. Lumayan kan daripada tidak ada kegiatan.

Kalaupun tidak ada buku, mungkin bisa download e-book dari handphone, banyak kok. Zaman sekarang sudah serba simple.

4. Beres-Beres Rumah

Nah kegiatan berfaedah lain untuk mengisi waktu ngabuburit bisa dengan merapikan rumah. Kalau sudah serba bosen sama kegiatan ngabuburit yang itu-itu saja setiap hari, boleh nih dicoba yang satu ini.

Baca Juga: Gambar Kartu Ucapan Marhaban Ya Ramadhan 2020 / 1441 H

Selain menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka, membereskan rumah juga membuat suasana rumah semakin nyaman dan baru.

5. Memasak

Kegiatan Menunggu Adzan Magrib yang Berguna

Kalau ini sih ibu-ibu rumah tangga pasti sering melakukannya. Yang biasanya memasak dilakukan siang hari, coba deh di geser ke waktu-waktu menjelang buka. Untuk menambah kegiatan sembari ngabuburit mengunggu waktu berbuka.

Baca Juga: Kata-Kata Ucapan Idul Fitri Lebaran 2020 / 1441 H

Untuk para ladies yang belum berumah-tangga juga boleh tuh dicoba. Bantuin mamah masak ya, atau menyiapkan menu berbuka sesuai keinginan dan kesukaan sendiri supaya lebih semangat. Meskipun kamu tidak hobi memasak, tidak ada salahnya mencoba. Iseng-iseng sambil belajar juga, kan.

6. Olahraga

Cara Ngabuburit Yang Bermanfaat

Kegiatan satu ini juga banyak sekali manfaatnya, selain ngabuburit menunggu waktu berbuka. Mungkin banyak yang tidak kepikiran soal kegiatan yang satu ini, puasa kok olahraga. Padahal, why not? Sangat berfaedah kok. Tentunya olahraga di sore hari menjelang waktu berbuka ya, bukan panas-panasan tengah hari kok.

Baca Juga: Kata-Kata Ucapan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Waktu yang pas untuk olahraga sekitar jam 5. Sembari menikmati waktu sore, dan menunggu waktu berbuka. Selain buka puasa terasa cepat, ada manfaat lain yaitu badan menjadi sehat dan bugar. Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan yaa..

7. Berburu Takjil

Mencari Takjil Saat Ngabuburit Menunggu Buka Puasa

Kalau ini sih paling sering dilakukan sama kamu kayaknya ya. Atau sama ibu-ibu rumah tangga yang sedang malas masak di dapur. Biasanya sore hari mereka gunakan untuk berburu takjil berbuka puasa. Apalagi kalau sedang jadwal buka bareng teman-teman, pasti yang dilakukan adalah hunting takjil atau tempat buka bareng kan?

Berburu takjil sambil jalan-jalan itu memang seru sih, ya kan? Ga terasa lagi asik jalan-jalan, eh adzan magrib.

Itu dia beberapa contoh kegiatan-kegiatan yang bermanfaat yang bisa dilakukan untuk ngabuburit menjelang buka puasa.
Kamu lebih suka dan lebih sering melakukan yang mana?

Alfabetis
Informasi lengkap dari A sampai Z

Artikel Terkait