R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

Kumpulan Quotes Andrea Hirata Terbaik Lengkap

Apakah kalian tau film Laskar Pelangi? Film yang terkenal tahun 2008 garapan sutrada Riri Riza itu merupakan karya adaptasi dari buku Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Film tersebut sangat laris bahkan menjadi salah satu film yang paling banyak ditonton.

Kumpulan Kata-kata Andrea Hirata Untuk Caption
Kumpulan Kata-kata Andrea Hirata Untuk Caption

Lalu siapakah Andrea Hirata yang menjadi penulis novel Laskar Pelangi? Dia merupakan seorang novelis terkenal asal Indonesia. Pria 53 tahun asal Pulau Belitung, Prov. Bangka Belitung ini memiliki banyak karya sastra berupa novel dan buku. Selain Laskar Pelangi, ada lagi buku karya Andrea Hirata yang cukup terkenal dan sudah diangkat menjadi sebuah film yaitu Sang Pemimpi (2009).

Buku-buku karya Andrea Hirata:

  • Laskar Pelangi (2005)
  • Sang Pemimpi (2006)
  • Edensor (2007)
  • Maryamah Karpov (2008)
  • Padang Bulan (2010)
  • Cinta di Dalam Gelas (2010)
  • Sebelas Patriot (2011)
  • Laskar Pelangi Song Book (2012)
  • Ayah (2015)
  • Sirkus Pohon (2017)
  • Orang-Orang Biasa (2019)

Dari karya-karya buku Andrea Hirata maupun filmnya, kutipan-kutipannya menjadi sangat terkenal. Kata-kata dari buku karya Andrea Hirata tentang perjuangan, semangat meraih mimpi dan cinta menjadi sangat populer dan sering dipakai. Berikut alfabetis.com berikan kumpulan quotes dari Andrea Hirata dengan sangat lengkap.

Kumpulan Kata-kata Indah Andrea Hirata Laskar Pelangi

Menerima kehidupan berarti menerima kenyataan bahwa tak ada hal sekecil apapun terjadi karena sebuah kebetulan.
Jika ada sesuatu yang paling ‘absurd’ di dunia ini, maka itu adalah cinta.
Tertawalah, seisi dunia akan tertawa bersamamu; jangan bersedih karena kau hanya akan bersedih sendirian.
Itulah orang pendiam, kata-katanya ditunggu orang.
Manusia bisa berada di tempat yang sama dalam waktu yang berbeda, tetapi tak bisa berada di tempat yang berbeda dalam waktu yang sama, semua itu karena pencipta manusia mau agar manusia setia.
Setiap peristiwa di jagad raya ini adalah potongan mozaik.
Bermimpilah dalam hidup, jangan hidup dalam mimpi.
Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.
Pesimistis tak lebih dari sikap takabur mendahului nasib.
ke mana pun aku merantau, setiap ada kesempatan, sesingkat apa pun, aku pulang untuk melihat ayah dan ibuku.
Keteguhan pendirian, tentang ketekunan, tentang keinginan kuat untuk mencapai cita-cita.
Orang cerdas berdiri dalam gelap, sehingga mereka bisa melihat sesuatu yang tak bisa dilihat orang lain. Mereka yang tidak dipahami oleh lingkungannya, terperangkap dalam kegelapan itu. Orang yang tidak cerdas hidup di dalam terang. Sebuah senter menyiramkan sinar tepat di atas kepala mereka dan pemikiran mereka hanya sampai batas batas lingkaran cahaya senter itu.
Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.
ceritakan mimpimu, agar Tuhan bisa tertawa.
Kebosanan itu kejam, tetapi kesepian lebih biadab daripada kebosanan. Kesepian adalah salah satu penderitaan manusia yang paling pedih.
Temukan sendiri potongan mozaik hidupmu, yang akan membuka hatimu untuk mengerti dan memahami siapa sebenarnya diri kita.
Namun, ternyata, jika seseorang hanya memikirkan seseorang, bertahun-tahun, dan dari waktu ke waktu mengenai isi hatinya sendiri dengan cinta hanya untuk orang itu saja, maka saat orang itu pergi, kehilangan menjelma menjadi sakit yang tak tertangguhkan, menggeletar sepanjang waktu.

Baca Juga: Quotes Romantis Dewi Lestari, Jleb Banget di Hati!

Jika kita berupaya sekuat tenaga menemukan sesuatu, dan pada titik akhir upaya itu hasilnya masih nihil, maka sebenarnya kita telah menemukan yang kita cari dalam diri kita sendiri, yakni kenyataan, kenyataan yang harus dihadapi sepahit apapun keadaanya.
Ajaibnya sang waktu, masa lalu yang menyakitkan lambat laun bisa menjelma menjadi nostalgia romantik yang tak ingin dilupakan.
Kegagalan yang pahit adalah lebih baik daripada hanya berpangku tangan.
Hiduplah untuk memberi yang sebanyak-banyaknya, bukan untuk menerima yang sebanyak-banyaknya.
Gila itu ada 44 macam, semakin kecil angkanya, semakin parah gilanya.
Tuhan tahu tapi menunggu.
Aku ingin menghadapi suatu kesulitan yang membuatku terus berkembang, aku ingin menjadi bagian dari sesuatu yang penting dan besar. Aku berpikir untuk meninggalkan pekerjaan.
Kesulitan akan gampang dipecahkan dengan mengubah cara pandang.
Pengalaman selalu menunjukkan bahwa hidup dengan usaha adalah mata yang ditutup untuk memilih buah-buahan dalam keranjang.
Beri aku sesuatu yang paling sulit, aku akan belajar!
Janganlah bersedih, waktu mengambil seorang sahabat, dan waktu akan menggantikannya dengan sahabat yang lain. Berdamailah dengan waktu, karena waktu akan menumbuhkan dan menyembuhkan.
Orang cerdas memahami konsekuensi setiap jawaban, dan menemukan bahwa di balik setiap jawaban tersembunyi beberapa jawaban baru.
Darinya, aku mengambil filosofi bahwa belajar adalah sikap berani menantang segala ketidakmungkinan; bahwa ilmu yang tak dikuasai akan menjelma di dalam diri manusia menjadi sebuah ketakutan.
Orang-orang itu telah melupakan bahwa belajar tidaklah melulu untuk mengejar dan membuktikan sesuatu, namun belajar itu sendiri, adalah perayaan dan penghargaan pada diri sendiri.
Tanpa mimpi dan semangat orang seperti kita akan mati.
Selingkuh ibarat ular yang menggigit ekornya sendiri, takkan berkesudahan.
Pengalaman yang sama dapat menimpa siapa saja, namun sejauh mana, dan secepat apa pengalaman yang sama tadi memberi pelajaran pada seseorang, hasilnya akan berbeda, relatif satu sama lain.
Cinta adalah sahabat yang licik.
Di sekitar kita ada kawan yang selalu hadir sebagai pahlawan.
Aku masih seekor pungguk buta dan mimpi-mimpi itu masih rembulan, namun sebenderang rembulan dini hari ini, mimpi-mimpi itu masih bercahaya dalam dadaku.
Namun, bukankah kita tidak benar-benar hidup jika kita hidup tanpa penyesalan?
Hidup ini memang dipenuhi orang-orang yang kita inginkan, tetapi tak menginginkan kita, dan sebaliknya.
Bertahun lewat, langit yang menyimpan kutukan itu, hari ini mngguyurkannya ke sekujur tubuh kami.
Jika berfikir positif, ternyata mengenal seseorang secara emosional memberikan akses pada sebuah bank data kepribadian tempat kita belajar banyak hal baru.
Setidaknya sang waktu tak berdaya menyamarkannya.
Mengapa orang-orang yang tepat selalu datang terlambat?
Mozaik-mozaik itu akan membangun siapa dirimu dewasa nanti. Lalu, apa pun yang kau kerjakan dalam hidupmu akan bergema dalam keabadian. Maka, berkelanalah di atas muka bumi ini untuk menemukan mozaikmu!
Jika ada hal lain yang sangat menakjubkan di dunia ini selain cinta, adalah sepak bola.
berbuat yang terbaik pada titik di mana aku berdiri, itulah sesungguhnya sikap yang realistis.
Sekarang aku mengerti mengapa Sigmund Freud tak dapat memahami keinginan wanita meskipun telah melakukan penelitian tentang wanita selama tiga puluh tahun, semuanya karenaa wanita sendiri sering tak tahu apa keinginannya.
Di dunia nan fana ini, cinta bersemi dan terempas tiada jeda.
Belajar dengan keras hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang bukan penakut.
Hidup tanpa usaha adalah seperti mata yang tertutup untuk mencari kucing hitam dalam kamar yang gelap, sedang kucingnya tidak ada.
Langit adalah kitab yang terbentang.

Baca Juga: Belajar Jadi Anak Muda Berkualitas Dari Quotes Soe Hok Gie

Dan dari tempat kami berdiri, di Pulau Belitong yang terpencil dan hanya berdiameter seratus lima puluh kilometer ini, cita-cita kami sekolah ke Prancis, menjelajahi Eropa sampai ke Afrika adalah potongan-potongan mozaik yang tak dapat dihubungkan dengan logika apapun, bahkan dengan pikiran yang paling gila sekalipun.
Semua hal terjadi untuk sebuah alasan.
Tak ada yang dapat dicapai di dunia ini tanpa usaha yang rasional.
Ayahku adalah hal terbaik yang pernah terjadi dalam hidupku.
Itulah penyakit kalian, orang Melayu. Terlalu manja, banyak teori kiri kanan, ada sedikit harta, ada sedikit ilmu, sudah sibuk bersombong-sombong.
Sekolah tidak mengajarkan hal-hal apa yang harus kita pikirkan, tapi mengajarkan kita cara berpikir, demikian guna sekolah barangkali.
Adakalanya pertukaran itu sulit, yaitu antara apa yang kita anggap benar dan orang lain menganggap apa yang kita anggap benar itu salah (kurasa itulah yang telah terjadi antara aku dan ayahku). Dalam pertukaran itu setiap hari kita membuat pilihan dan keputusan, dan masing-masing punya risikonya sendiri-sendiri.
Kalau kau datang untuk belajar dengan tersenyum, ilmu akan menyambutmu dengan tertawa.
Lelaki pendiam sesungguhnya memiliki rasa kasih sayang yang jauh berlebihan berbanding lelaki yang berlagak disiplin dan merepek sahaja mulutnya.
Begitu banyak hidup orang berubah lantaran sebuah pertemuan. Disebabkan hal itu, umat Islam disarankan melihat banyak tempat dan bertemu dengan banyak orang supaya nasibnya berubah.
Orang seperti kita tak punya apa-apa kecuali semangat dan mimpi-mimpi, dan kita akan bertempur habis-habisan demi mimpi-mimpi itu.
Konon, hari paling penting dalam hidup manusia adalah hari saat manusia itu tahu untuk apa dia dilahirkan.
Kami jatuh, bangkit, jatuh lagi, dan bangkit lagi.
Sepak bola adalah satu-satunya cinta yang tak bersyarat di dunia ini.
Sudah kukatakan padamu, Kawan, di negeri ini, mengharapkan bahagia datang dari pemerintah, agak sedikit riskan.
berbuat yang terbaik pada titik dimana aku berdiri, Itulah sesungguhnya sikap yang realistis.
Bagi orang-orang tertentu, nasib sial selalu datang pada saat yang tidak tepat, begitu pula nasib baik.
Orang tak hanya bertemu begitu saja, pasti ada sesuatu di balik itu.
aku belajar menaruh hormat kepada orang yang menegakkan martabatnya dengan cara membuktikan dirinya sendiri, bukan dengan membangun fikiran negatif tentang orang lain.
Kami adalah kanon yang siap meledak dahsyat kapan saja.
Sabari tak melawan, hanya tersenyum, karena dia takkan merendahkan dirinya sendiri dengan menggunakan mulutnya untuk memaki dan takkan menghinakan dirinya sendiri dengan menggunakan tangannya untuk memukul.
Berpikirlah tiga langkah ke depan, sebelum langkah pertamamu kamu ambil.
Sebagian besar orang tak seperti bagaimana mereka tampaknya, dan begitu banyak orang salah dipahami, di sisi lain manusia gampang sekali menjatuhkan penilaian.
aku tak habis mengerti, mengapa orang-orang gampang sekali mengata-ngatai pemerintah. Kalau bicara, sekehendak hatinya saja. Apa mereka kira gampang mengelola negara? Mengurusi ratusan juta manusia? Yang semuanya tak bisa diatur. Kalau mereka sendiri yang disuruh mengurusi negara, takkan becus juga!
Manusia modern bisa terjebak dalam suatu situasi yang sangat runyam hanya untuk mengisi perut.
Bolehlah orang membuat lagu karena tak suka Senin. Namun, Sabari tidak termasuk dalam golongan orang-orang itu. Dia suka Senin. Senin adalah langkah awal menuju segala-galanya. Senin mengandung semua kebaikan dari hari-hari. Senin buah manis dari pohon Minggu. Senin adalah hari yang disayangi Tuhan dan dibenci iblis, dan Senin ini akan menjadi hari paling indah dalam hidupnya.
Aku ingin hidup! Ingin merasakan sari pati hidup!
Berkelanalah, jelajahi Eropa, jamah Afrika, temukan mozaik nasibmu di pelosok-pelosok dunia.
Kawan, kadang kala, cinta dan gila samar bezanya.
Tapi diperlukan upaya yang keras untuk dapat sukses!

Baca Juga: Kalimat-kalimat Motivasi dari Buya Hamka yang Melegenda

Bahwa apa yang diceritakan mata lebih terang daripada apa yang diucapkan mulut.
Namun, tak pernah kusadari bahwa sikap realistis itu sesungguhnya mengandung bahaya sebab ia memiliki hubungan dekat degan rasa pesimis. Realistis tak lain adalah pedal rem yang sering menghambat harapan orang.
Cerita saya adalah kisah orang lupa suara dan bersuara.
jika anda memiliki kesempatan mendapatkan cinta pertama di sebuah toko kelontong, meskipun toko itu bobrok dan bau tengik, maka rebutlah cepat-cepat kesempatan itu, karena cinta semacam itu bisa menjadi demikian indah tak terperikan!
Sungguh beruntung manusia yang dapat mengail kesenangan dari hal-hal kecil yang sederhana.
Benar kata orang, sekuat apa pun halangan, setinggi apa pun tembok menjulang, tak ada yang tak dapat diluruhkan seorang anak.
Kalau aku susah, cukuplah ku tangisi semalaman. semalam suntuk. Esoknya aku tak mau lagi menangis. Aku bangun dan tegak kembali.
Maka di negeri ini, para pemimpi adalah pemberani. Mereka Kesatria di tanah nan tak peduli. Medali harus dikalungkan di leher mereka.
Maka Arai adalah seorang pemimpi yang sesungguhnya, seorang pemimpi sejati.
Tuhan selalu menghitung, dan suatu ketika, Tuhan akan berhenti menghitung. Inilah saatnya suatu ketika itu.
Prestasi tertinggi seseorang, medali emasnya, adalah jiwa besarnya.
Setiap orang mempunyai jalan yang berbeda untuk memahami sesuatu.
Aku telah mengidap sakit gila nomor enam belas: yakni penyakit manusia yang membuat dunia sendiri dalam kepalanya, menciptakan masalah-masalahnya sendiri, terpuruk di dalamnya, lalu menyelesaikan masalah-masalah itu, sambil tertawa-tawa, juga sendirian.
Kebiasaan adalah racun, rutinitas tak lain adalah seorang pembunuh berdarah dingin.
seorang lelaki yang mencintai perempuan di seberang meja itu lebih dari apa pun di dunia ini, sedangkan perempuan itu membenci lelaki itu, lebih dari apa pun di dunia ini, dan mereka akan segera menikah. Cinta sungguh, sungguh ajaib.
Hidup bisa demikian bahagia dalam keterbatasan jika dimaknai dengan keikhlasan berkorban untuk sesama.
Tak ada pengecualian!! Tak ada kompromi, tak ada katebelece, dan tak ada akses istimewa untuk mengkhianati aturan. Inilah yang terjadi dengan bangsa ini, terlalu banyak kongkalikong!
Awan dan angin tak terpisahkan karena mereka saudara kandung. Ibu mereka adalah bulan, ayah mereka matahari. Setiap sore angin menerbangkan awan ke barat, matahari memeluk anak-anaknya dan dunia mendapat senja yang megah.
Dulu guru mengajiku pernah mengajarkan bahwa pertemuan dengan seseorang mengandung rahasia Tuhan. Maka, pertemuan sesungguhnya adalah nasib.
Hari ini aku belajar satu hal penting darinya bahwa jika tidak bersedih atas sebuah kehilangan menimbulkan perasaan bersalah, hal itu merupakan kesalahan baru, sebab kesedihan harusnya menjadi bagian dari kebenaran.
Semua yang tak tampak, tapi ada akibatnya adalah misteri.
Kemiskinan susah diberantas karena pelakunya senang menjadi miskin.
Cinta bagi kebanyakan perempuan adalah dedikasi dalam waktu yang lama, tuntutan yang tak ada habis-habisnya sepanjang hayat, dan semua pengorbanan itu tak jarang berakhir dengan kekecewaan yang besar.
Kerja Tuhan tidak boleh diramal. Nasib, usaha dan takdir bagaikan tiga bukit biru samar-samar yang memeluk manusia dalam lena.
Pekerjaan itu tidak memberiku kelimpahan tapi memberiku keamanan finansial sekaligus kehidupan yang itu-itu saja.
Ke manapun tempat yang ku tempuh, apapun yang telah aku capai, dengan siapapun aku berhubungan, tetap saja aku manusia biasa.
Jika hati kita tulus berada di dekat orang berilmu, kita akan disinari pancaran pencerahan, karena sesungguhnya kepintaran sangat mudah menjalar.

Baca Juga: Kata-kata Bijak Sujiwo Tejo, Jadi Sentilan untuk Motivasi Diri

Pelajaran moral nomor Sembilan belas: cinta, bisa saja berbanding terbalik dengan waktu, tapi pasti berbanding lurus dengan gila.
Ini aku! Putra ayahku! Berikan padaku sesuatu yang besar untuk kutalukkan! Beri aku mimpi-mimpi yang tak mungkin karena aku belum menyerah! Takkan pernah menyerah. Takkan pernah!
Kini aku siuman di sini, mendapati diriku tak lebih dari seorang anak kampung di sudut dunia yang tak dipedulikan siapapun, yang tak pernah tampak di petamanapun.
Mereka yang menghirup kopi pahit umumnya bernasib sepahit kopinya. Makin pahit kopinya, makin berlika-liku petualangannya. Hidup mereka penuh intaian mara bahaya. Cinta? Berantakan. Istri? Pada minggat. Kekasih? Berkhianat di atas tempat tidur mereka sendiri! Bayangkan itu. Bisnis? Mereka kena tipu. Namun, mereka tetap mencoba dan mencipta. Mereka naik panggung dan dipermalukan. Mereka menang dengan gilang-gemilang lalu kalah tersuruk-suruk. Mereka jatuh, bangun, jatuh, dan bangun lagi. Dalam dunia pergaulan zaman modern ini mereka disebut para player.
Mencintai sepak bola adalah seluruh antitesis dari susahnya mencintai manusia.
Dapat mengambil keputusan sendiri adalah kemerdekaan yang indah.
Darinya, aku mengambil filosofi bahwa belajar adalah sikap berani menantang segala ketidakmungkinan; bahwa ilmu yang tak dikuasai akan menjelma di dalam diri manusia menjadi sebuah ketakutan. Belajar dengan keras hanya bisa dilakukan oleh seorang yang bukan penakut.
Salah satu manfaat pendidikan adalah agar manusia dapat membedakan.
Bolehlah kita ini miskin, bodoh, jelek, pesek, tapi janganlah kita berhenti sekolah.
Semua taktik yang merugikan diri sendiri itu, jika boleh disebut dengan satu kata, itulah cinta.
Mencintai seseorang merupakan hal yang fantastis, meskipun orang yang dicintai itu merasa muak.
Sejarah telah memperlihatkan semua hal tentang kerakusan, kesombongan, kekejaman, keikhlasan, pengorbanan, dan daya juang di mana semua orang dapat becermin. Namun tampaknya manusia lebih bernafsu membuat sejarah ketimbang belajar dari sejarah.
Hidup dengan usaha adalah mata yang ditutup untuk memilih buah-buahan dalam keranjang. Buah apapun yang didapat, kita tetap mendapat buah.
Demikianlah karnaval kami setiap tahun. Tak melambangkan cita-cita. Mungkin karena kami tak berani bercita-cita.
Ayah juara satu seluruh dunia.
Cemburu adalah perahu Nabi Nuh yang tergenang di dalam hati yang karam. Lalu, naiklah ke geladak perahu itu, binatang yang berpasang-pasangan yakni perasaan tak berdaya-ingin mengalahkan, rencana-rencana jahat-penyesalan, kesedihan-gengsi, kemarahan-keputusasaan, dan ketidakadilah-mengasihani diri.
Aku benci pada diriku karena tidak bisa melupakan A Ling. Tapi aku juga benci pada diriku sendiri karena membenci diriku sendiri yang tak bisa melupakan A Ling.
Cinta terlalu kuat untuk di lawan. Harapan kosong, itulah yang selama ini kugantang.
Segala hal dalam hidup ini terjadi tiga kali, boi. Pertama lahir, kedua hidup, ketiga mati. Pertama lapar, kedua kenyang, ketiga mati. Pertama jahat, kedua baik, ketiga mati. Pertama benci, kedua cinta, ketiga mati. Jangan lupa mati, boi.
Aku pun tercenung, rupanya segenggam cinta yang setia takkan habis untuk seorang kekasih sepanjang hidup, tapi segantang cinta, takkan pernah cukup dibagi-bagi.
Namun, bukankah adakalanya, menyerahkan diri pada godaan dan memelihara rahasia, menjadi bagian dari indahnya menjalani hidup ini?
Kawan, seandainya kita bisa tahu kepada siapa kita akan berjumpa lalu jatuh cinta seperti tak ada lagi hari esok, maka beruk bisa melamar pekerjaan menjadi ajudan bupati.
Orang yang cemburu sepertiku, jika bercermin membelah cermin. Jika Pemilu-menjual suara. Jika tak punya uang-jadi penipu. Jika punya uang-jadi rentenir. Jika menjadi supporter-menyalah-nyalahkan wasit. Jika mencintai-menyakiti. Jika menjadi politisi-korupsi.
Sastra adalah Muara dari segala keindahan.
Hal paling sinting yang mungkin dilakukan umat manusia d muka bumi ini sebagian besar berasal muasal dari cinta.
Gali lubang tutup lubang, mirip tabiat ibu pertiwi masing-masing.
orang2 yg menang di hidup tidak selalu kuat, cepat, pintar. Pada akhirnya yang menang adalah orang yang percaya pada dirinya sendiri.
Jangan tanyakan nama dan alamat pada orang yang tinggal dikebun.
Allah Suka Angka Ganjil.
Maryamah adalah pribadi istimewa yang tak punya tabiat mengasihani diri. Ia tak pernah mengiba-iba.

Itulah kumpulan kata-kata bijak nan indah dari Andrea Hirata si penulis novel Laskar Pelangi. Semoga bisa menambah pengetahuan dan koleksi quotes untuk caption media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter dll.

Alfabetis
Informasi lengkap dari A sampai Z

Artikel Terkait