Kata-Kata Dakwah Aa Gym Terbaik Lengkap

Yan Gymnastiar atau lebih dikenal dengan nama Abdullah Gymnastiar atau sapaan akrabnya Aa Gym, adalah seorang dai kondang kebanggan Indonesia. Lahir di Bandung, Jawa Barat, 58 tahun lalu. Selain sebagai seorang pendakwah beliau juga penyanyi, penulis buku, pengusaha dan pendiri serta pengasuh Pondok Pesantren.

Kumpulan Quotes Aa Gym Untuk Caption
Kumpulan Quotes Aa Gym Untuk Caption

Aa Gym merupakan salah satu pendakwah yang sangat populer dan sangat diterima di masyarakat. Gaya penyampaian dakwahnya yang santai dan tenang, menyejukan hati siapa saja yang mendengarkan. Pesan-pesan dakwahnya diantaranya mengenai pengendalian diri, hati nurani, toleransi dan keteguhan iman.

Aa Gym memiliki banyak fans dan penggemar, terutama ibu-ibu rumah tangga. Meski pamornya sempat turun oleh karena urusan rumah tangganya beberapa waktu silam, namun kharisma dan kelembutan seorang Aa Gym tidak luntur dan tetap menjadi daya tarik sehingga menjadi panutan banyak orang.

Kutipan-kutipan dakwah Aa Gym yang berisi pesan kebaikan banyak dipakai dan dijadikan pengingat oleh umat. Ada banyak kata-kata mutiara dari Aa Gym yang sangat populer di masyarakat. Berikut alfabetis.com berikan kumpulan quotes yang dikutip dari dakwah Aa Gym terlengkap dan terbaik.

Quote Aa Gym Paling Arif dan Bijaksana

Harta manusia sesungguhnya terbagi tiga, yaitu apa yang dimakan lalu habis, apa yang dipakai lalu lusuh, dan apa yang disedekahkan akan tersimpan untuk akhir.
Tidak ada penghinaan yang akan membuat kita sengsara jika kita jadikan hal itu sebagai ladang amal untuk meningkatkan kemuliaan dengan memaafkan dan sabar.
Sekali kita berbohong maka kita harus melindungi bohong dengan bohong lainnya, begitupun bohong selanjutnya, maka jadilah pembohong yang tak tahu lagi mana yang benar.
Kemampuan merasakan nikmat sabar tergantung sejauh mana keimanan kita terhadap takdir yang Allah tetapkan.
yang paling mulia diantara manusia adalah orang yang paling banyak mengingat mati dan paling siap menghadapinya dengan bekal amal shalih.
Hati manusia berubah-ubah,sekarang marah mungkin besok lusa sudah reda,bahkan mungkin lebih sayang kepada kita. Oleh karena itu, jangan mendendam atau benci berkepanjangan.
Bila kita berbuat baik dengan tulus, maka kita akan menikmati kebaikan kita tanpa pusingkan penilaian orang lain, bila beramal tak ikhlas niscaya akan banyak mengeluh dan kecewa.
Boleh jadi Allah mengabulkan harapan kita dengan tak memberi apa yang kita inginkan karena Dia Maha Tahu bahaya yang akan menimpa dibalik keinginan kita.
Keberanian untuk mengatakan TAK TAHU untuk yang tak diketahuinya, jauh lebih menenangkan dan dihormati daripada selalu ingin terlihat SERBA TAHU atau SOK TAHU.
Setiap ketidakjujuran akan membuat diri ini selalu terancam. Hidup jujur, tulus, berani tampil apa adanya membuat hidup ringan dan bahagia.
Bijak terhadap kekurangan dan kesalahan orang lain. Berani mengakui jasa dan kelebihan orang lain. Lupakan jasa dan kebaikan diri sendiri. Lihat kekurangan dan kesalahan diri sendiri.
Bisnis yang tidak menjadi amal, tidak menjadi ilmu, dan memutuskan silaturahmi, walaupun menghasilkan uang tetapi itu semua sesungguhnya adalah bencana.
Semakin ingin menunjukan diri kita agar diakui, dihormati, maka semakin tertekan, tegang dan melelahkan bathin, dan biasanya makin tak disukai.
Hati yang bersih akan peka terhadap ilmu. Apapun yang dilihat, didengar, dirasa, akan jadi samudra ilmu yang membuatnya kian bijak, arif, dan tepat dalam menyikapi hidup ini.
Semakin sedikit dosa dan aib yang ada, semakin ringan dan merdeka hidup ini. Tak takut ada yang terbongkar. Maka jagalah diri senantiasa.
Sebuah musibah akan menjadi kenikmatan jika kita berhasil menyikapinya dengan sukur, sabar dan tawakal serta mampu mengambil hikmah dari setiap kejadian.
Menata Hati dengan Kelembutan Cinta.
Konflik biasanya terjadi karena SAYA BENAR dan KAMU SALAH. Berilah kesempatan hati mengatakan kita benar dan dia pun boleh jadi benar. Insya Allah akan mudah mencari solusi.
Semakin banyak keinginan, semakin diperbudak. Inginlah selalu taat kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupi segala kebutuhan kita.
Orang yang diangkat memegang amanah jabatan sedang ia tidak memintanya, akan dapat banyak pertolongan dalam tugasnya.

Baca Juga: 250+ Nasihat Bijak Cak Nun Tentang Kehidupan

Tak jujur adalah penjara, yang membuat diri dicekam takut terbongkar, mudah untuk berdusta, nikmat apapun tak akan ternikmati, maka jujur adalah hidup merdeka.
Mustahil semua orang akan menyukai kita walaupun kita berbuat baik semaksimal mungkin. Tidak usah aneh dan kecewa, terus saja berbuat yang terbaik karena itulah yang kembali kepada kita.
Kegemaran tampil dan pamer kemewahan adalah ciri – ciri orang yang kurang percaya diri terhadap kekuatan dan kematangan pribadinya.
Orang serakah tidak akan merasakan lezat dan manisnya kenikmatan, dia bagaikan orang makan yang pernah merasakan kenyang dan nikmatnya makan.
Hati yang bersih akan peka terhadap ilmu, apapun yang dilihat, didengar, dirasakan jadi samudera ilmu yang membuatnya kian bijak, arif dan tepat dalam menyikapi hidup ini.
Orang akan mengeluarkan apa yang dimilikinya. Orang hina akan mengeluarkan kata-kata hina dan menghina. Orang mulia akan mengeluarkan kata dan sikap mulia.
Tindakan tepat menghadapi pemimpin yang zhalim adalah dengan sabar, yaitu tidak mematuhinya ketika diperintah berbuat durhaka.
Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup.
Yang penting bagi pimpinan bukan memaksa anggotanya menaati kepada perintahnya, tapi membuat paham apa yang terbaik yang harus dilakukannya dengan penuh kesadaran.
Kunci sukses adalah kegigihan untuk memperbaiki diri dan kesungguhan untuk mempersembahkan yang terbaik dari hidup ini.
Kalau kita tetap berjuang menegakan keadilan, tidak akan berkurang kemuliaan kita walaupun dianiaya siapapun.
Bersabar dalam kemudahan, kesuksesan, dan pujian itu lebih berat dibandingkan sabar dalam kesempitan.
Sikap emosional merupakan ciri belum terampil mengendalikan diri. Bagaimana mungkin dapat mengendalikan orang lain dengan baik, bila diri sendiri kurang terkendali.
Jangan pernah kritik, koreksi, bahkan hinaan meresahkan dan memperlemah semangat kita. Bahkan, jadikanlah sebagai pembakar semangat untuk memberi bukti sebagai jawabannya.
Jika setiap orang dan saingan dicurigai atau dianggap sebagai musuh, maka kita tidak akan pernah memperoleh kemajuan.

Baca Juga: Kumpulan Kutipan Gus Dur Paling Populer Penuh Inspirasi

Diantara yang membuat kita dihargai orang lain adalah karena Allah masih menutupi aib, keburukan dan kekurangan kita.
Komentar spontan kita mungkin hanya satu patah kata, tapi bisa melukai hati dan menimbulkan kebencian mendalam, oleh karena itu waspadalah walau hanya sepatah kata.
Kian bening hati, kian peka terhadap lading amal. Kian mudah berbuat kebaikan. Ketahuilah rezeki terbesar kita bukanlah sesuatu yang didapatkan, melainkan amal yang dilakukan.
Orang yang suka mengadu domba, dia meniru cara setan ketika menggoda manusia agar saling bermusuhan.
Kita harus melatih hati kita agar tidak terlalu sensitif. Hati yang terlatih dan kuat akan terpelihara dari segala macam bentuk dendam kesumat.
Mustahil semua orang akan menyukai kita — walau kita berbuat baik semaksimal mungkin. Tak usah aneh dan kecewa, terus saja berbuat yang terbaik, karena itulah yang kembali kepada kita.
Jika kita berbuat bsik dengan tulus, kita akan menikmati kebaikan kita tanpa pusingkan penilaian orang lain. Jika beramal tak ikhlas, niscaya akan banyak mengeluh dan kecewa.
Jangan pernah membela orang – orang zhalim agar menang dengan mencelakai orang – orang shalih. takutlah akan balasan dari Allah!
Orang berilmu pengetahuan ibarat gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya.
Melawan kemarahan dengan kemarahan lebih banyak menimbulkan masalah baru. Ketenangan, kejernihan dan sikap yang terkendali, insya Allah akan lebih menjadi solusi.
Putuskan setiap harapan selain kepada Allah. Putuskan setiap kerinduan selain rindu ingin berjumpa dengan Allah.
Tidak ada yang lebih berbahaya bagi kita selain keburukan kita sendiri. Adapun keburukan orang lain akan menjadi ladang pahala dan kemuliaan jika kita dikapi dengan sikap terbaik.
Seorang ahli ikhlas akan menyembunyikan amal-amalnya dari pandangan manusia sebagaimana dia menyembunyikan keburukan-keburukannya.
Para pembohong akan dipenjara oleh kebohongannya sendiri, orang yang jujur akan menikmati kemerdekaan dalam hidupnya.
Akan ada saat hati menjadi sedih dan gelisah. Jangan biarkan larut akan mencuri hidup kita, bangkitlah, sibuklah, bergaulah dengan orang yang manfaat dan banyaklah berzikir.
Jujur kepada diri tak berharap orang lain menilai lebih dari kenyataan, adalah kunci ketenangan diri. Jangan gadaikan diri dengan menipu diri.

Baca Juga: Kutipan Bijak Penuh Semangat dari Novel Andrea Hirata

Lelah badan tak seberapa dibandingkan lelah batin, penyebab lelah batin diantaranya terlalu berharap dan bergantung kepada sesama makhluk bukan kepada Penciptanya.
Rontoknya iman terjadi pelan-pelan, terkikis sedikit demi sedikit sampai akhirnya tanpa terasa habis tandas tanpa sisa. Untuk itu waspadalah!!!
Jadikanlah setiap kritik bahkan penghinaan yang kita terima sebagai jalan untuk memperbaiki diri.
Berani hidup harus berani menghadapi masalah, jangan takut dan jangan gentar, hadapi dengan benar dan tawakal, karena setiap masalah sudah diukur Allah sesuai kemampuan kita.
Orang jahat bukan hanya para pembunuh. Orang yang bermuka dua juga sangat jahat, sebab ia mampu menghancurkan negara yang kuat sekalipun.
Kita merasa senang jika dihargai. Kita pun menaruh hormat kepada yang menghargai. Ketahuilah orang lain pun persis sama. Oleh karena itu, janganlah kikir untuk menghargai niscaya akan terhormat.
Kala musibah datang menimpa, maka segera kenakan pakaian sabar. Dengan sabar musibah yang terjadi akan membuka jalan bagi datangnya nikmat.
Bila kita dongkol dan tak menyukai pemarah, maka berjuanglah sekuat tenaga untuk tak jadi pemarah, karena bila sama-sama pemarah maka kita sama-sama tak disukai.
Ilmu yang benar akan membangkitkan sifat tawadhu. Seorang alim semakin bertambah ilmu semakin sadar akan luasnya ilmu Allah.
Sikap berhati-hati akan lebih aman dan menyelamatksn. Janganlah tergesa-gesa dan ceroboh dalam berkomentar. Berkata-kata, mengambil sikap dan keputusan, haruslah dengan kejernihan hati dan pikiran.
Orang yang berpenyakit dengki itu punya ciri, yaitu: Senang melihat orang lain susah dan susah melihat orang lain senang.
Kesempatan untuk memperbaiki diri senantiasa terbuka lebar. Hanya saja ada yang bersegera, terlambat, menunda nunda, bahkan lari darinya.
Dimana ada keinginan disana ada jalan, dimana tekad kian membaja rintangan tak akan jadi penghalang, kesuksesan kian menjelang.
Kalau hati kita bersih, tak ada waktu untuk berfikir licik, curang atau dengki sekalipun.
Berlatihlah untuk bicara secukupnya. Hentikan pembicaraan walau masih ingin karena yang penting adalah perlu dan manfaat yang dirasakan orang lain, bukan keinginan kita berbicara.

Baca Juga: 200+ Kata-kata Cinta Dee Lestari Bikin Meleleh

Orang yang ikhlas tidak akan membedakan amal yang kecil atau besar, karena kecil dalam pandangan manusia belum tentu kecil dalam pandangan Allah.
Betapa buruk perilaku munafik, seseorang menasihati orang lain agar rendah hati, padahal dirinya sendiri sedang berlaku sombong.
Kita tak memiliki apapun dan tak dimiliki siapapun selain milik Allah. Hidup di dunia hanyalah mampir sejenak, mencari bekal untuk pulang dan menanti saat maut menjemput.
Hawa nafsu adalah kendaraan setan. Orang yang mengikuti hawa nafsunya akan terhalang untuk berbuat amal saleh yang Allah ridhoi.
Luangkanlah waktu untuk mengenang saudara kita yang kelaparan, tak punya tempat berteduh, yang fakir miskin atau teraniaya, niscaya akan bertambah syukur terhadap nikmat yang ada.
Seseorang tidak akan berubah lebih baik, kecuali dia punya keberanian untuk melihat kekurangan dirinya.
Mengobral janji adalah mudah, menepati janji adalah amanah, janganlah mudah berjanji, dan ingatlah, ingkar janji adalah ciri orang munafik.
Kunci sukses adalah kegigihan untuk memperbaiki diri, dan kesungguhan untuk mempersembahkan yang terbaik dari hidup ini.
Beruntunglah wanita shalehah karena menjadi cahaya bagi keluarga dan melahirkan generasi dambaan. Kelak dia akan menjadi bidadari surga.
Jangan takut menjadi karena pasti menua. Namun, takutlah tidak menjadi dewasa karena kedewasaan sikaplah yang menjadi jalan kebahagiaan dan kemuliaan.
Lakukanlah segala pekerjaan dengan maksimal, sebab mengerjakan sesuatu setengah-setengah menunjukkan keragu-raguan, dan ragu-ragu adalah sifat orang munafik.
Seringkali kita egois, hanya mau mengingatkan orang lain namun enggan menerima masukan dari luar, padahal hal itu adalah kebaikan juga.
Kebiasaan melemparkan kesalahan dan tanggungjawab kepada orang lain, selain akan menambah masalah, juga akan menjatuhkan kredibilitas, dan menghilangkan kepercayaan.
Kemerdekaan hakiki adalah bila kita tidak diperbudak keinginan dipuji, dihargai, dihormati, dibalas budi oleh orang lain. Kemerdekaan adalah milik orang yang ikhlas.
Barang siapa yang selalu ingin mudah dan menghindar dari hal yang sulit, niscaya akan menjadi penuh kesulitan dan ketegangan dalam mengarungi hidup ini.
Tidak ada masalah dengan masalah, yang menjadi masalah adalah cara kita yang salah dalam menyikapi masalah.
Tidaklah berguna uang, harta, dan kebahagiaan kita jika orang-orang disekeliling kita masih menderita karena teraniaya oleh perilaku kita.
Orang yang sedikit pengetahuan, wawasan dan pengalaman, seperti yang terbelenggu dan dipenjara oleh keterbatasannya, hidup tak akan leluasa dan sulit untuk berbahagia.
Keluarga sakinah bukan keluarga yang tanpa masalah, tapi mereka terampil mengelola konflik menjadi buah yang penuh hikmah.
Barangsiapa yang selalu siap dan melatih diri untuk menghadapi situasi sulit, maka dia akan menghadapi kesulitan dengan tenang dan mudah.
Tidak layak orang takut resiko kritik, sebab orang tidak akan menjadi hina dan jatuh harga dirinya karena dikritik.
Awalilah setiap pekerjaan dengan perencanaan yang baik, karena gagal dalam merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan.
Hidup jauh lebih indah, aman dan menyenangkan bila saling menyayangi, namun kasih sayang tak akan datang dengan diminta, kasih sayang akan datang bila kita yang memberi.
Keikhlasan menjadikan pribadi menjadi lebih berani, kokoh, tegar dan penuh dengan cahaya keindahan.
Jangan sia-siakan kesempatan beramal dengan berlambat-lambat atau mengabaikannya. Kesempatan jarang datang dua kali. Sesungguhnya kesempatan itulah karunia yang membuka pertolongan ALLAH.

Demikian kumpulan kalimat-kalimat mutiara dari ceramah seorang dai kondang Aa Gym. Isi dari ceramah Aa Gym selalu menyejukan siapa saja yang mendengar. Apalagi mejelang bulan suci ramadhan biasanya kita perlu kata-kata motivasi islami untuk diberikan kepada teman-teman atau orang lain. Bisa juga untuk caption di Media Sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan WhatsApp.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email