Penyebab dan 10 Cara Alami Mengobati Penyakit Mata Ikan di Kaki

Cara Menghilangkan Mata Ikan di Kaki Secara Alami dan Cepat

Mata ikan (disebut plantar wart dalam bahasa Inggris) adalah istilah yang diberikan untuk benjolan keras yang muncul di telapak kaki. Tidak hanya di telapak kaki, mata ikan dapat muncul di tempat lain yang sering mendapatkan tekanan berulang, misalnya di jari kaki, antar jari kaki, atau samping telapak kaki. Penyakit ini dapat tumbuh ke dalam, di bawah lapisan kulit yang keras dan tebal jika terus mendapatkan tekanan dan gesekan yang kuat.

Lokasinya yang berada di telapak kaki kerap menumbulkan rasa tidak nyaman ketika berjalan. Pun ketika menggunakan alas kaki, pastinya akan ada rasa mengganjal yang sangat menggangu. Sudah tentu Anda ingin segera menghilangkannya dengan cepat dan kalau bisa menggunakan bahan alami agar aman di kulit.

Penyebab Mata Ikan Muncul di Kaki

Secara garis besar, penyakit mata ikan disebabkan oleh dua hal. Sebisa mungkin hindari faktor pengebabnya agar Anda tidak ikut terkena.

1. Tekanan dan Gesekan

Seperti yang telah dituliskan di paragraf awal, mata ikan dapat muncul jika permukaan kulit selalu mendapatkan tekanan dan gesekan yang konstan dan berulang. Penggunaan alas kaki seperti sepatu yang terlalu besar dan tidak pas di kaki menjadi salah satu pemicunya. Kaki akan kerap mendapat tekanan dan gesekan ke sepatu, yang beresiko memunculkan mata ikan. Inilah sebabnya ukuran alas kaki terutama sepatu harus pas, tidak kebesaran atau kekecilan.

2. Virus

Infeksi dari virus bernama HPV (Human Papillomavirus) menjadi penyebab mata ikan pada manusia. Virus ini dapat masuk ke dalam tubuh melalui beberapa cara:

  • Tertular dari orang lain yang telah terinfeksi
  • Lingkungan yang lembab dan hangat seperti kamar mandi
  • Luka atau goresan di kulit
  • Lantai dasar kolam renang atau lantai kamar mandi

Sebisa mungkin hindari kontak fisik secara langsung dengan orang yang sedang menderita mata ikan. Bertukar handuk mandi, kaos kaki, atau sepatu pun beresiko menyebabkan penularan. Begitupun jika Anda memiliki luka kecil pada kulit, segeralah obati untuk mencegah masuknya virus HPV.

Cara Mengobati Mata Ikan yang Ampuh

Umumnya, mata ikan akan hilang dengan sendirinya setelah satu atau dua tahun. Namun jika tidak kunjung hilang, atau menginginkan pengobatan yang cepat, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan mata ikan.

Namun perlu ditekankan bahwa tidak ada jaminan hasil ketika mencoba cara alami di bawah ini. Perhatikan dengan seksama isi kandungannya dan hindari jika Anda memiliki alergi terhadap bahan tersebut.

1. Berobat ke Dokter

Ya, cara paling ampun dan jitu tentu saja dengan berobat. Dokter akan lebih paham tentang kondisi Anda dan bisa menentukan pengobatan yang pas. Segera konsultasikan kesehatan ke dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) jika mata ikan semakin terasa sakit atau muncul di area tubuh yang sensitif (seperti lubang hidung, mulut, atau alat kelamin).

2. Obat dan Salep Mata Ikan

Cara mudah untuk menyembuhkan mata ikan adalah menggunakan obat yang dijual di apotek. Tersedia dalam berbagai bentuk seperti plester, cair, atau gel. Obat mata ikan biasanya mengandung asam salisilat yang berfungsi untuk melembutkan lapisan kulit mati. Obat ini tergolong ke jenis ringan dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Salah satu jenis yang terkenal adalah plester mata ikan. Bentuknya seperti cincin karet terbal dengan permukan yang memiliki perekat. Plester ini akan menarik kulit mati yang terinfeksi.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut Allicin yang bersifat antijamur dan antibakteri. Bumbu dapur yang satu ini tekenal sebagai salah satu bahan alami untuk menyembuhkan mata ikan yang ampuh dan mujarab.

Penggunaannya sangat mudah. Potong bawang putih segar dan gosok ke area mata ikan selama 1 menit. Selain itu, Anda bisa menumbuknya terlebih dulu lalu tempelkan dan bungkus dengan kain atau perban. Lalukan secara rutin pada malam hari sampai sembuh. Itulah cara menghilangkan mata ikan dengan bawang putih.

4. Batu Apung

Batu apung dapat membantu menghilangkan kulit mati dan melembutkan kembali kulit yang keras. Pertama-tama, rendamlah kaki selama 5 menit di dalam air hangat yang telah diberi sabun. Basahi batu apung dan gosok area kaki yang terdapat mata ikan dengan perlahan selama 2-3 menit. Setelah itu basuh kaki dengan air dingin sampai bersih.

Jangan mengosokkan batu apung terlalu keras, terlalu lama, atau terlalu sering dalam karena dapat menyebabkan luka dan infeksi.

5. Cuka Apel

Cuka apel berfungsi untuk melunakkan kulit keras akibat mata ikan. Kegunaan lainnya yaitu sebagai eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati. Sifat antibakteri cuka apel mampu melawan bakteri yang ada pada mata ikan.

Campurkan air hangat dan cuka apel secukupnya, misalnya 1 sendok makan. Rendam kaki sambil mengoleskan cuka apel menggunakan cotton bud (korek kuping kapas) ke area mata ikan. Oles dan tekan cotton bud perlahan selama 5 menit. Setelahnya bilas kaki sampai bersih.

6. Baking Soda

Sama seperti cuka apel, baking soda memiliki kemampuan eksofiliasi (mengangkat sel kulit mati). Bahan ini pun bersifat antiseptik yang mampu membersihkan kulit dari infeksi. Siapkan jeruk nipis sebagai tambahan.

Campurkan baking soda, perasan jeruk nipis, dan air. Aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada mata ikan di kaki dan diamkan semalaman. Lakukan setiap malam selama seminggu untuk melihat hasilnya.

7. Nanas

Iris tipis buah Nanas, tempelkan ke mata ikan menggunakan perban, kasa, atau kain halus agar tidak lepas. Diamkan semalaman dan buka saat bangun tidur. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

8. Lemon

Sama seperti Nanas, cara mengunakannya adalah dengan mengiris tipis buah Lemon lalu menempelkannya dengan bantuan kain halus, kasa, atau perban. Diamkan semalaman dan bawa tidur. Buka perban keesekoan harinya. Lakukan kegiatan ini dengan rutin setiap hari sampai hasilnya terlihat.

9. Pepaya

Blender buah Pepaya terlebih dulu sampai menjadi jus. Oleskan cairannya menggunakan kapas. Atau bisa juga diserut kasar dengan sendok dan tempelkan dengan bantuan perban atau kain. Diamkan semalaman dan cuci di pagi hari ketika bangun tidur.

10. Oatmeal

Oatmeal terdiri dari biji gandum utuh dan terbukti dapat menjadi cemilan atau sarapan pagi hari yang menyehatkan. Selain itu, ternyat oatmeal dapat dipakai untuk menghilangkan mata ikan. Ambil 1/2 cangkir oatmeal dan rebus atau seduh matang. Saring oatmeal karena Anda hanya membutuhkan airnya saja. Oleskan ke mata ikan pada kaki selama 10-15 menit dengan bantuan cotton bud atau kapas lalu cuci kaki hingga bersih. Lakukan 2 kali sehari yaitu pagi sebelum mandi dan malam sebelum tidur.

Itulah dia beberapa cara untuk mengobati mata ikan di telapak kaki dengan bahan alami yang aman di kulit. Selalu jaga kesehatan agar tubuh tidak gampang terpapar virus berbahaya yang berasal dari luar. Jika penyakit tidak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter untuk mencegah hal yang lebih serius di kemudian hari.

SHARE

Artikel Terkait

Subscribe Artikel via Email