R27mUISKY8MAeCpFpAtsSpjGWGukfoZYVKEfkHA4

5 Tips Persiapan Walk-in Interview dan Tahapannya

Tips Persiapan Walk In Interview

Walk-in interview adalah jenis wawancara kerja di mana para kandidat dapat datang langsung ke lokasi perusahaan atau tempat tertentu di waktu yang telah dijadwalkan sebelumnya. Biasanya, metode ini digunakan oleh perusahaan yang memiliki permintaan tinggi untuk jenis pekerjaan tertentu atau perusahaan dengan perputaran karyawan tinggi, seperti ritel, layanan pelanggan, atau industri perhotelan.

Persiapan untuk Walk-in Interview

Bagi kandidat yang ingin mengikuti walk in interview, dapat menyimak beberapa tips berikut:

1. Buat CV yang Menarik

CV adalah kunci penting saat melamar kerja. CV akan menjadi dokumen yang pertama kali dilihat oleh rekruter. Apabila CV Anda menarik, maka peluang lolos pun tinggi.

Kini, membuat CV tidak perlu report, Anda bisa menggunakan fitur CV builder. Tinggal isi data diri dan pengalaman lewat HP, maka dalam 10 menit, CV Anda pun jadi dan sudah siap dibagikan ke siapa saja secara online.

2. Pakaian dan Penampilan

Saat mengikuti walk-in interview, ada baiknya Anda berpenampilan secara profesional. Pasalnya, kesan pertama sangat penting dalam wawancara. Bagi laki-laki, Anda bisa mengenakan pakaian formal seperti kemeja, celana kain, dan sepatu.

3. Siapkan Jawaban

Siapkan jawaban untuk pertanyaan wawancara umum tentang kualifikasi, pengalaman, dan mengapa Anda ingin pekerjaan tersebut.

Gunakan komunikasi yang efektif saat wawancara. Berbicaralah dengan jelas dan tegas. Gunakan bahasa tubuh yang positif. Dengarkan pertanyaan dengan baik sebelum menjawab.

4. Riset Perusahaan

Lakukan penelitian tentang perusahaan dan peran yang Anda lamar sebelum datang ke interview. Mengetahui latar belakang dan budaya perusahaan dapat membantu Anda menyesuaikan respons saat nanti ditanya HRD.

5. Tunjukkan Minat dan Antusiasme

Sampaikan minat Anda terhadap pekerjaan dan perusahaan dengan jelas. Tanyakan pertanyaan yang menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset tentang perusahaan sebelumnya.

Tahapan Walk-in Interview

Pertanyaan yang Sering Muncul di Walk In Interview

Proses walk-in interview seringkali lebih singkat daripada proses rekrutmen biasanya. Berikut adalah tahapan umum dalam walk-in interview.

1. Pemberitahuan Tentang Walk-in Interview

Perusahaan akan memberitahukan tentang walk-in interview melalui berbagai saluran, seperti situs web perusahaan, iklan lowongan pekerjaan, media sosial, atau bahkan spanduk fisik di depan lokasi perusahaan atau tempat wawancara.

2. Penyediaan Dokumen dan Persyaratan Awal

Sebelum datang ke lokasi walk-in interview, kandidat dapat diminta untuk menyiapkan dokumen seperti resume, sertifikat, transkrip, atau formulir aplikasi yang mungkin diperlukan. Ini dapat diinformasikan dalam pemberitahuan.

3. Wawancara

Ketika giliran Anda tiba, Anda akan diwawancarai oleh perwakilan perusahaan atau pewawancara yang telah ditentukan. Wawancara mungkin berlangsung secara individu atau dalam kelompok tergantung pada kebijakan perusahaan.

4. Pengumuman Hasil

Setelah wawancara, beberapa perusahaan dapat memberikan pengumuman hasil langsung. Ini tergantung pada kebijakan perusahaan dan jumlah kandidat yang harus dievaluasi.

Jika Anda tidak berhasil, Anda mungkin akan diberitahu tentang penolakan atau diminta untuk menunggu pengumuman lebih lanjut.

5. Pelengkap Administrasi

Setelah berhasil melewati semua tahapan, Anda akan diminta untuk melengkapi pelengkap administrasi seperti penandatanganan kontrak atau perjanjian kerja.

Penting untuk diingat bahwa proses walk-in interview dapat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Beberapa perusahaan mungkin memiliki prosedur tambahan, seperti tes atau wawancara lanjutan setelah walk-in interview awal.

Selain itu, hasil dari walk-in interview mungkin tidak selalu diberikan secara langsung, tergantung pada kebijakan perusahaan. Jadi, selalu periksa informasi dan petunjuk yang diberikan oleh perusahaan yang Anda lamar.

Mengapa Perusahaan Melakukan Walk in Interview?

Tips Menjawab Pertanyaan Walk In Interview

Perusahaan melakukan walk-in interview karena mereka memiliki kebutuhan mendesak untuk mengisi posisi pekerjaan tertentu atau ingin mempercepat proses perekrutan. Lebih jelasnya, berikut alasan mengapa perusahaan memilih untuk melaksanakan walk-in interview.

1. Kebutuhan Mendesak

Terkadang, perusahaan memiliki posisi pekerjaan yang harus segera diisi karena alasan seperti peningkatan beban kerja, penggantian karyawan yang telah berhenti, atau proyek-proyek penting yang membutuhkan tenaga kerja tambahan. Walk-in interview memungkinkan mereka untuk segera mengidentifikasi kandidat potensial.

2. Menghemat Waktu

Walk-in interview dapat menghemat waktu dalam proses rekrutmen. Perusahaan tidak perlu menunggu lama untuk mengumpulkan dan mengevaluasi aplikasi secara online atau melalui proses rekrutmen tradisional.

3. Meningkatkan Peluang Menemukan Kandidat Berkualitas

Dengan mengadakan walk-in interview perusahaan dapat secara langsung mengamati keterampilan dan kepribadian kandidat. Ini dapat membantu mereka lebih cepat menentukan apakah seseorang sesuai dengan kebutuhan pekerjaan dan budaya perusahaan.

4. Meningkatkan Respons Terhadap Perubahan Pasar

Dalam industri yang cepat berubah, perusahaan mungkin perlu segera menyesuaikan angkatan kerja mereka untuk mengikuti perubahan pasar. Walk-in interview memungkinkan mereka untuk bergerak cepat dalam merespons perubahan-perubahan ini.

Artikel Terkait